iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sebuah harapan…..masukan….dan keinginan dilayangkan oleh cak Ivan yang mengaku sebagai fans Yamaha. Tren pasar dan perkembangan yang menjadi perhatian doi sebagai pengguna brand yang digandrungi namun harus menyerah karena godaan ADV-150. Satu surel yang cukup menarik karena disana unek-unek yang menggambarkan rasa hati. Sebuah surat untuk Yamaha, dan inilah isinya cak….

Selamat malam cak,

Saya sudah lama mengikuti tulisan-tulisan cak IWB, baik di blog maupun di medsos, karena berita-beritanya yg akurat, hasil penerawangan telik sandinya cak IWB.

iklan iwb

Saya juga penggemar lama Yamaha, terutama Yamaha Indonesia, karena model yang menarik dan fresh, serta mesinnya yang amat sangat bisa diandalkan. Apalagi mesin 2-taknya, breem banget.

Khusus ketika Yamaha menunda-nunda launching NMax facelift, saya agak kecewa. Menambah kekecewaan saya ketika Yamaha hanya merelase terbatas Tricity karena setting harganya yang uedan mahal untuk motor 155cc CBU Thailand.

Saya bersyukur ketika ADV150 di-launch Honda kemarin, maka ada secercah harapan supaya NMax facelift cepat release juga. Namun memang harus saya syukuri, karena awalnya saya mau beli Aerox untuk kemudian dimodif mirip X-ADV, (apalagi setelah minum racun IWB) jadilah saya SPK 1 unit ADV150 hehehe.

Kalau boleh dan kalau ada kesempatan, jika cak IWB ketemu para petinggi YIMM, saya ingin titip masukan dari seorang pecinta Yamaha kepada para beliau ini.

Yamaha sudah terkenal bukan sebagai pabrikan pengekor/follower melainkan innovator dan trendsetter. Maka tetaplah berada di jalur yang benar tersebut.

Untuk menghadapi ADV150 yang diperkirakan akan amat laku keras, ada baiknya Yamaha segera meluncurkan Tricity250 dengan harga tidak jauh dari XMax, diikuti dengan Tricity155 yang harganya mirip dengan ADV150. Walaupun tentunya hal ini sudah menjadi pertimbangan para petinggi YIMM sebelumnya saat meluncurkan Tricity155 sebelumnya, namun mungkin bisa menjadi refresh ulang sekaligus curi start dengan meluncurkan Tricity250 sebelum ADV250 🙂 karena potensi masyarakat menegah ke atas Indonesia sedang ramai-ramai beralih dari mobil ke motor.

Namun materi marketing campaign-nya dibuat berbeda dengan sebelumnya. Jika dulu marketing campaign seadanya dengan alasan niche market, maka dengan perluasan pasar, diharapkan market baru akan terbentuk. Yaitu market orang-orang Indonesia yang peduli safety di motor. Hal ini sudah terbukti di beberapa sektor. Misal LMPV, dengan masuknya Xpander yang memakai ABS+EBD, ESS dsb di varian tertinggi, nyata-nyata varian tersebut yang palibg laku. Demikian juga dengan ADV150 ABS, yang infonya termasuk paling banyak dibooking (CMIIW, cak IWB lebih tahu tentang hal ini).

Jadi materi marketing campaign difokuskan ke safety dengan pemakaian 3 roda, disamping teknologi leaning-wheel-nya. Misal:
1. Jalanan Indonesia yang banyak berlubang sebagai salah satu penyebab laka lantas, yg mana dengan 3 roda, maka motor lebih stabil.
2. Motor roda 2 cenderung lebih labil bagi pengendara (pemula) sehingga banyak laka lantas terjadi karena menyenggol truk/bus sehingga terjatuh.
3. ABS di 3 roda (masih 2 channel kah) yang bisa menghindari roda depan belakang terkunci.
Dan sebagainya, karena saya yakin marketing YIMM jauh lebih mumpuni.

Namun jangan dilupakan marketing soal performa mesin VVA 155cc yang menurut saya pribadi, jauh lebih baik daripada mesin Honda 150cc. Selain marketing soal ketersediaan spare part karena mengambil basis mesin dari XMax dan NMax.

Namun apalah saya ini yang hanya seorang penggemar Yamaha (saat ini berpaling ke ADV150), yang sedang sedih melihat performa Yamaha di MotoGP dan kemungkinan melemahnya performa penjualan NMax di Indonesia, sehingga saya banya bisa menumpahkan uneg-uneg dan mimpi saya ke cak IWB. Semoga gayung bersambut, cak. Aamiin.

Terima kasih sebelumnya cak.

Salam juoz gandoz 🙂

  • Ivan Mahendra –

Wihhh bener-bener curhatan hati yang sangat dalam cak. Asli IWB merasakan betul apa yang dirasakan cak Ivan perkara Yamaha. Masukan dan curahan hati karena rasa sayang doi pada pabrikan pujaan yang sepertinya kali ini memang kalah agresif melawan Honda. Namun semua pasti ada pertimbangan matang perihal setiap langkah dalam menelurkan motor baru. Apalagi Tricity, motor ini tentu sangat segmented dan beda segmen. Harapan cak Ivan jelas ingin supaya Yamaha tetap menjadi 1st mover bukan followers…

Last…ADV-150 sukses mencabik-cabik celengan para fansboy yang nggak kuat nahan celengan. Walau harapan mereka tetap, Yamaha-lah yang akan menelurkan matic advance semi adventure seperti ADV150. Mungkin sudah pernah ada X-Ride namun paket yang diberikan memang tidak seganas ADV-150. Hingga akhirnya merekapun menyerah dengan membeli ADV-150, brand yang sebelumnya tidak pernah dilirik sama sekali. Yah…mungkin siapa tahu setelah lahir ADV kedepan ada X-Ride 155? siapa tahu. Sayang dari radar IWB kehadiran sosok ini minus tidak terendus sama sekali. So….semoga surat cak Ivan ini dibaca oleh pabrikan pujannya agar semakin agresif dengan produk terbaiknya. Semoga saja…..(iwb)

152 COMMENTS

  1. Kadang gue heran ini liat sales yamama ntah fans boy nya yamama ehh tong lu tau ga maksud matic selonjoran gini apaan ini matic bakal cruiser jd mau 4 klep kek 2 klep kek vva kek apa kek kaga ngaruh krn yg dikejar vva itu bukan top speed lu bole tanya ama mekanik vva itu klo di matic selonjoran gini cuma buat konstan atasnya doang biar lu ga keteteran bejek gas ni maap maap ni kadang gue kesel sendiri ama ni fby ato sales yamama lu bego bole DUNGU jgn lu jualan kaga ada yg larang tapi paling ga BC pake isi gue juga pemake yamama yamama gue jupiter z 2005 generasi terakhir cuma maenin di napas sama otak atik karbu itu motor jwoss bgt trus ada rx king 2002 gue nah yg ini spek road race juga gue ada vario 150 2017 gue maenin bgn cvt sama ganti koil doang ni motor dalam keadaan statis tembus 140kpj klo dijalan baru tembus 120kpj doang itu jg gue udah ngeri krn apa krn ni matic bukan peruntukan speed jadi klo jualan congor lu cuma koar koar matic kenceng artinya lu DUNGU motor itu sesuai peruntukan klo lu mau kenceng ya pake motor laki bukan matic jd kesininya knp yamama kalah sama ngahaem ya krn DUNGU nya sales sama fby ini

  2. Analisanya cak ivan kurang tepat, tricity mnrt sy tdk akan laku di sini, krn imagenya itu motor untuk (maaf) penyandang disabilitas. Mending NMax dan aerox yg difacelift.
    Strategi yamaha yg menjadi follower bukan lg first mover, sy rasa jg tepat. Krn lbh mudah menjadi follower dibanding first mover, dan trbukti AHM selama ini bisa leading penjualan dgn strategi follower.

  3. percayalah pabrikan itu tidak begitu perduli dengan kata konsumen aplg yg sampai memohon begini.

    yamaha, honda, suzuki, kawasaki dan ducati dll nya itu adlh pabrikan yg berdiri dari awalnya sudah punya komitmen dan idealisme mereka masing masing. merekalah yg menciptakan sehingga memunculkan keinginan bukan krna keinginan baru tercipta mereka..

    pricing desain dll itu sdh ada perhitungan dan pertimbangannya bukan semata mata keinginan konsumen..

    contoh XRIDE siapa dulu yg kepikiran ada motor matic genre offroad, ga ada… mereka yg menciptakan itu kemudian timbul kesadaran dan keinginan yg berkelanjutan utk barang seperti itu terus ada..

    so buang buang wkt saja nulis bgtu..

    ingat mereka punya idealisme dan kalkulasi yg proper jdi anda boleh berharap mereka yg menentukan

  4. Curhat yang lumayan, tapi soal ide Tricity pakai mesin 155, menurut saya tidak bakal laku wkwkwk. Dari pengamatan saya di kota tempat tinggal saya saja, yang sekarang banyak di jalan itu scooter, dan yang penting body gemuk, rear shock double atau rear shock single hampir horizontal, kalau bisa semua lampu pakai LED, bisa selonjor atau semi selonjor, front shock kalau bisa USD lebih mantap lagi, itu dasar yang lagi laku sekarang. Baik itu ADV, PCX, NMAX, AEROX, empat motor ini yang paling banyak saya lihat di jalan sekarang.

  5. ni orang apa kurang cerdas ya?? dibilang si yameki kgk pernah ngekor apa? contoh: iss,standart samping otomatis dan esp suara motor lebih senyap saat dihidupkan. lu kira tu yg buat duluan pabrikan sesembahan ente??? ???

  6. udah mm93, pcx150 sekarang adv150……zzzz bobo aje deh

    Ayo2 vva155 Semangat2 yo !
    Nmax soal selonjoran paling yahud lah cuma tinggal perbaiki sektor kapasitas bagasi & tangki bensin . untuk aerox Kpasitas tangki bensin & RDB

  7. Yamaha Tricity dibikin lokalin? ya gk mungkin lah bro. mereka itu gk akan ngluarin product yg nilai keuntnganya kecil,. walaupun dilokalin yg gk akan laku di jakarta atau kota2 besar, sumpek masuk gang roda depanya nyangkut lah, blm buat simpangan pengendara lain. walaupun org kaya mau beli jg gk dipake buat harian, dipake di desa2 jg gk lah harganya mahal walaupun dah lokal, mending pake becak/motor sekalian muat banyak. *logika cak ivan terlalu Pro. makanya yamaha klo mau buat motor dengerin konsumen, jgn bawa2 product indihe ke indo(big wrong).

  8. 1 lagi, honda sgt loyal sama bloger dan komunitas, sampe ada wadah sendiri dikomunitas, ahj contohnya. kominitas itu penyelamat suatu product, dimana di kominitas tsb byk tips dan trik seputar tunggangan mereka. makanya ahm punya wadah buat komunitas2 club motor, komunitass2 tsb jg bisa buat kamapnye product2 baru motor2 mereka diikut sertakan dlm peluncuran2 product baru mereka, aatau banyaknya event jg mengundang ank2 club. yamaha sampe segitu gak? “semakin keras usaha semakin dekat kesuksesan diraih”

  9. Yamaha menjawab : “Kami sudah biasa ditikung Honda… dan kami biasa menahan tangis”

  10. Kalau menurut saya yang ngehancurin Yamaha itu dealer2nya sendiri, tahun 2008 kepingin banget Vixion mau beli di daerah Tunjungan SBY,dimintai tanda jadi 2juta (bkn termasuk DP) sales-nya cuek banget ga mau denger calon konsumen, akhirnya langsung beli Megapro di dealer sebelahnya Krn kecewa berat sama Yamaha..sampe sekarang anti yamaha

  11. Saya juga penggemar Yamaha, dulu juga sangat seneng sekali dengan Brand Yamaha, karena emang produknya scr kualitas menurut saya lbh baik drpd Honda, Vega Jupiter series Vixion Old, tapi melihat perkembangan Yamaha akhir2 ini saya jadi bodo amat. Saya tetep suka Vixion Old dan Jupiter MX semua generasi. Udah itu aja,mau ada pcx kek nmax aerox adv saya ga tertarik

  12. Hmmm,,, bru mau test ride aj. Selanjutnya ga tau dah wkakakaka… Pertimbangan harga, fitur, kapasitas bagasi & BBM dan tampilan.

  13. Yamaha jangan cuman ngandelin Nmex, Liat tu honda gebrakannya masif, leading terus, Ambrol cak gara2 ADV 150, jangan sampe nasibnya kaya moto GP Yamaha semakin di belakang, tp masih mending drpd SiJuki bingung mau melangkah kemana, mo bikin apa ?

  14. Lagi rame vlog nya ikhsan jumaris yg bli adv150 baru 2 hari udah dijual lagi, mungkin kuciwa gk sesuai ekspektasi. Dari beberapa komen nya adv150 paling sopan(bkn bilang lemot) dari nmax,aerox,pcx bahkan vario150, shock blkg keras, bodi yg krg rapet ? saya pribadi interest bgt pgn beli adv ini cm kyk nya harus nahan nunggu review pengguna adv yg lain paling gk setaun lah, biar gk terlalu cepet ngjudge adv jelek, siapa tau unit yg diterima ikhsan jumaris emg kebetulan ada yg kurang greget blm tentu juga yg lain sama ?

Comments are closed.