iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sebuah harapan…..masukan….dan keinginan dilayangkan oleh cak Ivan yang mengaku sebagai fans Yamaha. Tren pasar dan perkembangan yang menjadi perhatian doi sebagai pengguna brand yang digandrungi namun harus menyerah karena godaan ADV-150. Satu surel yang cukup menarik karena disana unek-unek yang menggambarkan rasa hati. Sebuah surat untuk Yamaha, dan inilah isinya cak….

Selamat malam cak,

Saya sudah lama mengikuti tulisan-tulisan cak IWB, baik di blog maupun di medsos, karena berita-beritanya yg akurat, hasil penerawangan telik sandinya cak IWB.

iklan iwb
iklan iwb

Saya juga penggemar lama Yamaha, terutama Yamaha Indonesia, karena model yang menarik dan fresh, serta mesinnya yang amat sangat bisa diandalkan. Apalagi mesin 2-taknya, breem banget.

Khusus ketika Yamaha menunda-nunda launching NMax facelift, saya agak kecewa. Menambah kekecewaan saya ketika Yamaha hanya merelase terbatas Tricity karena setting harganya yang uedan mahal untuk motor 155cc CBU Thailand.

Saya bersyukur ketika ADV150 di-launch Honda kemarin, maka ada secercah harapan supaya NMax facelift cepat release juga. Namun memang harus saya syukuri, karena awalnya saya mau beli Aerox untuk kemudian dimodif mirip X-ADV, (apalagi setelah minum racun IWB) jadilah saya SPK 1 unit ADV150 hehehe.

Kalau boleh dan kalau ada kesempatan, jika cak IWB ketemu para petinggi YIMM, saya ingin titip masukan dari seorang pecinta Yamaha kepada para beliau ini.

Yamaha sudah terkenal bukan sebagai pabrikan pengekor/follower melainkan innovator dan trendsetter. Maka tetaplah berada di jalur yang benar tersebut.

Untuk menghadapi ADV150 yang diperkirakan akan amat laku keras, ada baiknya Yamaha segera meluncurkan Tricity250 dengan harga tidak jauh dari XMax, diikuti dengan Tricity155 yang harganya mirip dengan ADV150. Walaupun tentunya hal ini sudah menjadi pertimbangan para petinggi YIMM sebelumnya saat meluncurkan Tricity155 sebelumnya, namun mungkin bisa menjadi refresh ulang sekaligus curi start dengan meluncurkan Tricity250 sebelum ADV250 🙂 karena potensi masyarakat menegah ke atas Indonesia sedang ramai-ramai beralih dari mobil ke motor.

Namun materi marketing campaign-nya dibuat berbeda dengan sebelumnya. Jika dulu marketing campaign seadanya dengan alasan niche market, maka dengan perluasan pasar, diharapkan market baru akan terbentuk. Yaitu market orang-orang Indonesia yang peduli safety di motor. Hal ini sudah terbukti di beberapa sektor. Misal LMPV, dengan masuknya Xpander yang memakai ABS+EBD, ESS dsb di varian tertinggi, nyata-nyata varian tersebut yang palibg laku. Demikian juga dengan ADV150 ABS, yang infonya termasuk paling banyak dibooking (CMIIW, cak IWB lebih tahu tentang hal ini).

Jadi materi marketing campaign difokuskan ke safety dengan pemakaian 3 roda, disamping teknologi leaning-wheel-nya. Misal:
1. Jalanan Indonesia yang banyak berlubang sebagai salah satu penyebab laka lantas, yg mana dengan 3 roda, maka motor lebih stabil.
2. Motor roda 2 cenderung lebih labil bagi pengendara (pemula) sehingga banyak laka lantas terjadi karena menyenggol truk/bus sehingga terjatuh.
3. ABS di 3 roda (masih 2 channel kah) yang bisa menghindari roda depan belakang terkunci.
Dan sebagainya, karena saya yakin marketing YIMM jauh lebih mumpuni.

Namun jangan dilupakan marketing soal performa mesin VVA 155cc yang menurut saya pribadi, jauh lebih baik daripada mesin Honda 150cc. Selain marketing soal ketersediaan spare part karena mengambil basis mesin dari XMax dan NMax.

Namun apalah saya ini yang hanya seorang penggemar Yamaha (saat ini berpaling ke ADV150), yang sedang sedih melihat performa Yamaha di MotoGP dan kemungkinan melemahnya performa penjualan NMax di Indonesia, sehingga saya banya bisa menumpahkan uneg-uneg dan mimpi saya ke cak IWB. Semoga gayung bersambut, cak. Aamiin.

Terima kasih sebelumnya cak.

Salam juoz gandoz 🙂

  • Ivan Mahendra –

Wihhh bener-bener curhatan hati yang sangat dalam cak. Asli IWB merasakan betul apa yang dirasakan cak Ivan perkara Yamaha. Masukan dan curahan hati karena rasa sayang doi pada pabrikan pujaan yang sepertinya kali ini memang kalah agresif melawan Honda. Namun semua pasti ada pertimbangan matang perihal setiap langkah dalam menelurkan motor baru. Apalagi Tricity, motor ini tentu sangat segmented dan beda segmen. Harapan cak Ivan jelas ingin supaya Yamaha tetap menjadi 1st mover bukan followers…

Last…ADV-150 sukses mencabik-cabik celengan para fansboy yang nggak kuat nahan celengan. Walau harapan mereka tetap, Yamaha-lah yang akan menelurkan matic advance semi adventure seperti ADV150. Mungkin sudah pernah ada X-Ride namun paket yang diberikan memang tidak seganas ADV-150. Hingga akhirnya merekapun menyerah dengan membeli ADV-150, brand yang sebelumnya tidak pernah dilirik sama sekali. Yah…mungkin siapa tahu setelah lahir ADV kedepan ada X-Ride 155? siapa tahu. Sayang dari radar IWB kehadiran sosok ini minus tidak terendus sama sekali. So….semoga surat cak Ivan ini dibaca oleh pabrikan pujannya agar semakin agresif dengan produk terbaiknya. Semoga saja…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

152 COMMENTS

    • Nah, ayo bangkit.. memang susah memungkiri klo ADV ini keren, sebelum ADV ini nongol, saya sangat kagum dengan design aerox yg menurut saya gagah dan enak dilihat, namun setelah ADV ini dateng, menurut saya motor matic 150cc dengan tampilan kekar dan enak d lihat adalah ADV selanjutnya aerox. Meski saya gak tertarik beli sih krna memang bukan penggemar matic.

    • Udah ga ada yg bisa diarepin lagi dari Yamaha.
      Yamaha skrg kayak orang bingung…, saking bingungnya ngelawan produk2 Honda jadi terkesan asal bikin/facelift aja.

      Lihat Scorpio, Byson, Vixion, X-Ride, dll yg semakin difacelift malah semakin jelek.

    • Apa yang dirasakan saudara kita ivan tsb adalah rasa dimana semua efbeye rasakan , Y bukannya gak bisa sept sediakala…namun saat ini Y memang lagi depresi berat.
      Tekanan dari pusat membuat Y asia bagian indo n thai semakin demam menggigil.
      Untuk merealisasikan mimpi saudara ivan diatas..memang sangat sangat butuh waktu bagi Y saat ini. Diluar sana..sepakterjang H makin menggila, Strategi Siluman yang terus menerus menggempur semakin menumpulkan taji kecil yang dimiliki Y.sebagai Penguasa H ‘ hanya menjawab tantangan ‘ dari kompetitor. Tiada produk kompetitor yang bisa aman dan melenggang dg aman dari intaian Silumannya.
      Dan lihat sekarang ,strategi Siluman H diwujudkan juga lewat salah 1 produx Silumannya .
      Yang bisa dilakukan Y saat ini adalah mencari kesembuhan..kemudian menjawab tekanan jepang..kemudian andaaaii..masih ada keberpihakan Nasib baik, saat itulah nanti Y mencoba bangkit.
      Karena Y dan pabrikan lain pun sadar.. H dengan Strategi Silumannya bisa sewaktu waktu memporakporandakan keadaan.

    • kayaknya doi lagek SPANENG Cak,
      Lah piye maneh, motogp kalah mulu,
      di sini pun TUMBANG.
      Terus aku kudu piye
      Pensiun ta?
      NGUDANG Anak ning NDESO 🙂
      Jossss

    • Sekarang Campange Honda Lebih Bergenre Adventure dan Retro Classic yang notabene sedang digandrungi oleh banyak kalangan, Coba lihat aja CRF1000 Africa Twin dengan Dual Clutch , X-Adv 750 , CB500X , CRF250 Rally , CRF150L , Honda Monkey , Super CUB125 , CB150 Ex Motion, CB650 Neo Sport , CB1000R Neo Sport Cafe,CB1100 EX/RS dll , namanya juga The God of Bicycle Brand , lebih baik dalam hal Kontribusi atau sponsorship After Sales ke pengguna setia Honda , seperti ngajak touring bareng atau Trabas Bareng dengan produk yang sudah mereka beli , jadi nggak langsung ditinggal oleh pabrikan , Udah beli produk nya , Ehh besoknya Keluar baru lagi padahal basis dan genrenya sama cuma beda bentuk dan fitur

    • Yao, roti bakar betul..dari semua lini dan lineup yang dimilikinya..H sangat mendominasi’ kebutuhan ‘ konsumen dunia. Spek dan fitur sebuah produx dilahirkan atas dasar kebutuhan sekaligus menjawab persaingan yang ditebar kompetitor.
      Tiada kata mahal untuk produx2 H..harga tidak mengikat,karena dibelakangnya nanti..H memberikan banyak perhatian dengan program2nya dan itu adalah kompensasi dari harga yang diberikan kepada konsumen.

    • Motor ngebul haus oli ditungguin…berapa kali gw nyetut motor yamaha yg aerox,nmax,soul gt pigson..gegara aki lemah mesin kaga nyala….bukti kalo mesin yamaha mesin bosok

    • Diharapkan segera keluar nmex nya..kompetisi tetap berlanjut.. Adv adalah sebuah awalan sebuah produx siluman H.. akan banyak Siluman2 lain yang datang tiba2 , bisa saja saat Nmex itu lahir.
      Sebagai konsumen..kita semua harus siap .

    • Sek ta Y n H gelut dewe..
      Apa kalian kalian gak kasian liat pabrik lainya cem S dan K…
      Jangan launching terus..kasih lah napas buat S , K dan Pabrikan lain.

  1. Yamaha makin lama kaya honda tempo dlu.. yg ga pernah denger konsumen..
    Mungkin research & developmentnya yg dulunya masih muda sekarang udah tua, jadi masih kebawa egonya pernah merasa superior. Dan sekarang reseach & developmentnya ahm berganti sama yg lebih muda.

    • rnd yamaha sekarang berdiri sendiri agar kerja dan kreasi bisa lebih luas…..karyawannya juga muda muda…..lo ngawur……sok tau

    • Sebenarnya H dari dulu dan sekarang masih memiliki basic yang sama..menyesuaikan diri dengan zaman adalah mutlak.
      Jika Y dulu pernah punya momen bagus dg produknya ,itu hanya lapis tertentu. Sept. Saat di mio , mionya aj yang moncer.. lainnya standar. Saat vixon ,vixonnya aj yang bagus..lainnya standar.
      Sangat kontras dg H , dimana produk2 H bisa mengisi 8 bahkan 10 besar dalam ratingnya.
      Zaman Y gemilang memang dizaman dimana rxking itu ada dulu.

    • Emang kesannya demikian, sekarang bagian tester Yamaha makin kacau,masak ngetes shock aja gak bisa, rata2 produk sekarang pada gak nyaman, harusnya bisa lebih baik dari produk H, tapi ego kumat lagi terlalu terlena, NMax siap2 nyusul si Vixion

  2. Krn racun lek Iwan mo beli vario 150 g jadi malah inden ADV150 CBS yg estimasi 1bln utk daerah Gresik Jatim harga 34.930.00

  3. Preet…ini surat semi semi ngajak beli adv alus alusan ehehehe…. Paket yamaha sudah cukup lengkap, dan makin hari semakin banyak pemakai Maxi series : lexi, aerox, Nmax, hampir tiap hari saya ketemu Nmax plat baru. Klo pcx jarang bgt hampir ngga ada bisa dicek ke kota kota anda eheheheh… IMHO… Last pasar yg belum yamaha garap ada di motor trail dan xsr150… klo matic adventure sudah ada xride yg lebih lincah dan kuat buat melahap semak belukar dan batang pohon
    Eheheehe

    • Emang betul pendapat anda, banyak lexy, nmax, dan aerox baru ditiap kota….

      Tapi pcx baru lebih banyak…apalagi vario dan beAT….hadeuh….

    • Harusnya memang nmex ttap ada yang baru dari dealer, karena sekarang lagi diskon2 ngabisin stock yang amat sangat banyak. Namun nyatanya gak begitu..dg program diskon2 pun nyaris tak ada pengaruh. Salah 1 Kesalahan adalah , karena konsumen Y lebih cendrung menunggu nmex FL yang belum jelas kapan keluarnya . Jadi disini..konsumen Y hanya bisa memanfaatkan saja, disaat Y terpurux mereka hanya bisa menunggu tanpa membantu ?

    • Gak bro. Di kampung gw, nmax shok tabung nyaris ga keliatan. Justru pcx yg menurut gw body nya aneh itu, makin banyak yg berkeliaran. Kalo dari Yamaha, leci yg mulai banyak muncul di jalan.

    • kayaknya ada yg kebakaran jenggot klo ada produk Honda laris.
      Dagangannya makin susah laku ya bro?
      wkwkwkkk

  4. Biasa namanya produk baru suka heboh diawal doang, ditambah congor rasa sales yg udah disumpel, nanti juga ADV gak bakal laku sama kayak PCX… liat aja desainnya ADV keren dan tidak jelek gitu tidak cepet ngebosenin, trus mesinnya jadul 2 klep yg terbukti lemot n gredek… ditambah harganya yg jauh diatas Nmax dan Aerox, konsumen juga mikir 2x beli metik gredek gitu… lebih baik beli yg pasti aja Nmax atau Aerox

    • PCX pertama x keluar pabrik cuma buat 15.000 per bulan…inden berbulan2…skr kapasitas produksi di tambah jadi 25.000 per bulan eh tetep inden…coba ke dealer honda cari PCX yg ga inden…ga ada bro…kalo di dealer yamaha nmax ready stock semua warna…aerox baru inden yg tioe S warna hitam.

    • H menerapkan kelas tersendiri bagi motor2nya , jika ada kompetitor yang membanding bandingkan kesetaraan dg pcx atau Adv..itu hanya ‘ pingin Nebeng ketenaran H ‘ ?
      Kenapa nmex ngorox gak dibanding bandingkan dg Vario? Apa trauma? Betapa supernya si vario..baik dijalanan ataupun penjualan . saran gua sih ,mending Nebeng tenar lewat vario..kan Vario posisi kedua setelah beat , ya mana tau bisa ikut laris ?

    • Ini pasti sales, realistis lah jadi orang, q pengguna Yamaha mulai Jupiter z, soul GT, MX, Vixion, NMax n terakhir aerox sangat kecewa dengan Yamaha skrng,produknya makin kesini makin g nyaman, shock keras mulai NMax, kalo q perhatiin yang salah ini para tester yg g pengalaman, banyak terjadi kode eror di aerox, harusnya kalo penjualan bagus jangan terlena n kesannya masa bodo, dengerin tu konsumen

  5. yang paling menyakitkan, cape2 nunggu R25 dgn berbagai gosip dan renderannya, tapi kenyataan yg keluar malah mengecewakan…New MX King yg gosipnya pake mesin VVA, malah hanya merubah batok doank…AEROX yg tipe tertingginya S, malah mengecewakan, ga seperti yg di luar negeri dgn paket lengkap…..NMAX hanya gosip terussss

  6. Hati2 konsumen. Ntar kena racunnya. Klo dah kena racun, mo bagus mo jelex kualitas produknya ambroolll celengan. Mmueehhheee. .

  7. Saya setuju sama bro ivan ini. Terutama untuk tricity 155nya. Untuk orang yg biasa pake mobil tapi sudah muak sama kemacetan jalan gak akan berpikir dua kali ambil model ini jika harganya masuk akal apalagi jika di tambah lock di multi wheelnya jadi gak perlu turun kaki waktu berhenti. Walau mungkin tidak selincah motor 2 roda tapi masih bisa selip2 dikemacetan lewat lorong antar mobil. Dan yg penting lebih aman saat menikung dan lewat jalan yg kurang bagus di banding roda 2.
    Untuk urusan performa bukanlah tujuan utama dikelas ini menurut saya. Untuk urusan keren dengan model yg sekarang pun tetap akan jadi pusat perhatian bagi orang yg seneng tampil keren…

  8. Ayo YAMAHA bangkit.

    Mulai bapak sy yamaha 75 sampai alfa, terus RX spesial, JUPITER Z, Sekarang pario.

    Ayo yamaha jgn kalah dg dominasi honda

  9. Terus aja yamaha ngga dengerin konsumennya, kesalahan fatal dulu mengatakan Vixion anak istimewa ngga taunya desain ancur, apa ngga cukup Scorpio sama Byson jadi pelajaran ?! Cuman konsen ke matic yang sekarang mulai kalah lagi, lupa lagi sama kasus Mio dulu? Mana yang dulu bilangnya Yamaha itu penantang?! Kalau begini tidak lama Yamaha bakalan senasib kayak Suzuki. Kunci sukses pabrikan di Indonesia ni cuma satu, dengerin suara konsumen dong. Komentar2 para konsumen/calon konsumen tersebar di blog2/blog2 tanah air. Kecewa namun tetap berharap Yamaha bangkit lagi.

  10. Era ymki dulu sihh yamaha jozz gandos..iklan nya jg di tv pancen oye bombastis ama bang komeng plus neng thesa kaunang..
    Setelah yimm malah melendoy..ditambah motogp efect..
    Auu ahh gelapp..harusnya yamaha berbenah total…

  11. Terlalu prematur bilang kalo adv bakal laris ?
    Menurut saya malah adv bakal jadi produk gagal, kemarin yang pada beli adv hanya karena terbawa euforia,

  12. Yamaha bingung, mau bikin motor first mover kayak gimana juga ujung2nya bakal kelelep sama honda.. dah mending jualan piano sama gitar aja, dah selesai

  13. Wkwkwwwkwk tim swat sales honda nyamar jadi fby, fby beneran apalagi pecinta otomotif mana mungkin mau dan tergoda dengan mesin pario salomeh tenaga juga di kebiri hmmm sudah kuduga bakal ada artikel ini akan keluar kesannya menjatuhkan produk tetangga

  14. Curahan hati Fans Boy Smart dengan Budget tak terbatas…
    Fans Boy dengan Budget cekak hanya bisa bacot sambil meratapi nasib…

  15. 1. RnD ne berbenah
    2. Strategi marketing e kudu masif
    3. Survey kondisi pasar + keinginan konsumen, (termasuk kaum mending)…. ?

    • H kasih mesin kuat diatas Y ..liat dulu.. Y langsung tepar dan berbenah.. sekarang H kasih mesin yang disunatpun, gak ngaruh bagi konsumen . Karena kebutuhan utama bukan kecepatan.
      Y hanya memenuhi bagian kecil dari keinginan konsumen- pasar.. makanya selalu gagal dalam penjualan. Padahal tujuan mutlak jualan adalah merebut konsumen sebanyak banyaknya yang pasti berakhir dg Keuntungan.

    • Honda lemah mesin apaan?
      Motor harian pak, yg dicari nyaman nya.
      Jumlah klep? Ada yg iseng pamerin part ini? Belum pernah denger.

  16. Haiyyyaaa lu ouwlang mo protes mpe berbusa kgk guna waaa
    Yamaha-honda ibarat xenia-avanza
    Saling mendukung untuk eksistensi brand jepun waaa

    Last kalo emang your voice adv150 nikmati gk perlu koar2
    Owe pake NINJA H2 biasa aj gk bnyk cakap
    Waaaa

  17. Masih ada harapan untuk yamaha dgn XSR155 pengganti RXking moga bkn sekedar rumor dan jgn ditunda2 ngeluarinnya
    #2020BintangIklannyaKomengLagi

  18. AHM sekarang sudah jauh berbenah di bidang desain. Kalau yamaha tidak berbenah bakal ketinggalan semakin jauh.

  19. ADV 150 MMG AKAN MENJADI SEJARAH BARU YG DESAIN NYA MEMANG MELUARRRR LUARRRR
    BIASAA JUOZZZZZ GANDOZNYAAA ??? TIADA TANDING WESSSSS…..kalo yamahaa ga All out dessin

  20. Sebagai bikers bukan fansboy.. Yamaha itu punya teknology croosplane..dri 4-2 silindernya di MT07 itu faktor suara dan power tak diragukan. Ya klo MT07 hanya brita melulu, harusnya yg 250cc pke CP2 buat open pasar dan bermain sendiri. Ah sudahlah ,,moge lokal sj brita dr 2016

    • Efbeyek Alergi dg Mahal bro ? harga naik aj pusing..ntar nmex brojol juga naik tuh ? akhirnya ‘ mending nunggu sekennya Adv ‘ wkwk.
      Ngelawan adv ( nebeng Tenar ) Mosox nmex brojol shock belakangnya polos lagi? Malah harga dinaikin juga ? alangkah baiknya dipake Kyb ori. Ntuh baru markotop

  21. Kalau saya kebalikannya cak ivan,.. saya penggemar honda yang hampir ga tahan dengan godaan desain aerox,untunglah celengan udah ambrol sejak new vario150 rilis,sampai sekarang kalau ada aerox parkir deket rumah selalu tak sawang,dalam hati: andai itu brand honda mungkin saya udah jual warisan,warisan punya tetangga..?

  22. Nmax masih laku keras kr banyak faktor:
    1. Teknologi mesin Matic 4 valve SOHC VVA ( di honda hanya bisa didapat Matic premium forza 250 harga 80jutaan)
    2. Masih adanya Konsumen yg lebih memilih produk yg sudah teruji kualitasnya selama 4 tahun dan mengesampingkan keunggulan keyless, esp, facelift dan harga sparepart yg jauh lebih mahal.
    Konsumen mrmilih pcx juga kr faktor:
    1. Brand honda
    2. Model fresh meski masih didukung teknologi mesin SOHC 2 Valve Non VVA

    Konsumen tinggal pilih sesuai kebutuhan, value for money dan durability yg lama.

    • Menurut saya pribadi VVA ntu bukan sesuatu hal yg di anggap Wah ato sangat dibutuhkan, lebih baik produsen kita memberikan yg memang sangat dibutuhkan masyarakat kita macam kunci Keyless, Rem ABS tentunya design keren dan Kenyamanan yg memang sangat jauh bermanfaat
      Negri ini butuh itu bukan gimmic semata

    • Yg aneh, udah pake 4 klep + VVA + 5 cc tapi powernya cuma beda 0.5 HP.
      Cuma beda 0.5 HP aja digembor2kan sampai ke ujung dunia.
      Honda ga perlu VVA + 4 klep, klo mau cuma nambah 5 cc aja power udah di atas motor Yamaha yg +5 cc + VVA + 4 klep.
      Masalahnya Honda tau, ini matik…, kenyamanan yg diutamakan.
      Klo pengen performa oke ya pilih CBR250RR.
      Apa mau pilih R25 yg terlemot di kelasnya?

    • Value apaan ni gue berani sumpah demi Allah itu temen gue nemex nya baru 2 bulan liwat jalan banjir cuma setinggi cvt doang mesin jebol lah diklaim malah ga bisa garansi katanya ini melintasi banjir aneh bin ajaib matic yg laen gpp

  23. Apakah gk ketularan sakit nya si vario ni?krn mesin gk jauh beda, Saya baru 4 bulan minang si new vario 150 hitam dop, dan skrg sudah sangat terasa gredek2 nya, tarikan awalnya sangat getar apalagi boncengan. Maaf bukan bc tp ini keluhan saya, dan para teknisi ahas jg tidak ada kejelasan dan solusi smpai skrg.

    • Dah basi bro ? vario udah bergenerasi..bahkan rating kedua dibawah beat , semua metix juga getar kok

    • Sok tahu Bro pakai bilang semua Matic. Matic Yamaha( nmax, aerox)dan Suzuki (Skywave)beli nggak pakai Getar.
      Nggak getar kr ruang vbeltnya pakai dual filter dan dimensi kampas gandanya yg kurang panjang dan lebar serta tentu Kualitasnya.
      Anda kalau blm pernah pakai jangan ngawur bikin statement menyesatkan.

    • Sok tahu Bro pakai bilang semua Matic. Matic Yamaha( nmax, aerox)dan Suzuki (Skywave)beli nggak pakai Getar.
      Nggak getar kr ruang vbeltnya pakai dual filter dan dimensi kampas gandanya yg LEBIH panjang dan lebar serta tentu Kualitasnya.
      Anda kalau blm pernah pakai jangan ngawur bikin statement menyesatkan

  24. Sebagai penggemar motor ymh saya rada kcewa dg ymh skrg, setiap kali facelift bukannya tambah bagus malah jadi hancur… Contohnya vixion, r25, xride dll…. Sudah waktunya ymh ganti designer…. Sekarang aja di deket rmh saya (rawa belong) jumlahnya makin sedikit… Satu persatu pada tutup bengkelnya, dealer yg lumayan besar aja di jalan tali sekarang jg tutup, beberapa ganti jadi bengkel honda, sempet saya salah masuk bengkel langganan.. Mau servis nmax ditolak… Ternyata dah berubah jadi bengkel honda :hammer:

  25. Sedikit masukan jga buat yamaha nih sebagai FBY kadang saya merasa heran dengan yamaha yg cendrung menjauhi blogger atopun Vlogger dmna 60-70% masyarakat kita kususnya masyarajat millenial dapat info dari sana, karna menurut saya blogger dan Vlogger jembatan komunikasi yg paling efektip soal cari informasi
    Ini jaman dunia digital bukan dunia koran, hari ini beli besok tuh koran tak kiloin,, di dunia digital informasi akan ada seumur hidup,, terlepas blogger amplop atopun sejenisnya ,toh ini hukum alam dmna akan ada hubungan mutualisme, jangan dengarkan fans boy fanatik yg hnya jas jes joas doang beli kaga, jngn dengarkan fansboy yg mendewakan suatu prodak yg akhirnya memperlambat develop yg seharusnya berjalan cepat bak teknologi yg sangat pesat,,

    Pliss stop BC yg ujungnya menyesatkan, stop gimmic yg tidak berfaedah,
    Kita harus dukung safety bukan ugal2an yg mengatasnamakan kencang, dengarlah suara rakyat negri ini, Honda aja mampu knapa kau budegg,,

    Salam satu aspal

    Ttd
    Vixioner

  26. @Kang Iwan : Percuma kang,, Yamaha Indonesia Gak bakal ndengerin suara konsumen kalo urusan produk baru,,
    suka2 mereka mengeluarkan model gimana,, jadi kalaupun didengerin,, cuma ditampung doang
    RnD nya kepedean banget

    TTD
    Kang Komen

  27. surat buat fby dari pabrik yahaha,

    dear fby, tolonglah dengar derita kami:

    – tahun 2010 ketika kami menguasai 42,xx persen marketshare dengan produksi 3,2xx juta unit pertahun, kami bangun perluasan pabrik dengan investasi trilyunan rupiah berkapasitas 4 juta ++ motor per tahun, tetapi bukannya membeli produk kami, kalian jas jes jos tapi belinya malah mbit, malah dharmo beli 2 biji beat, tahun 2009 dan 2015, apakah hati kami tidak sakit?

    – tahun 2018 kemaren jualan kami di bawah 1,5 juta unit, sebenernya kalian fby pada beli motor apa sih? jujur deh!

    – tahun 2016 kami impor 16 unit tricity seharga 66 juta ++ per unit, fby malah gak ada yg beli, menumpuk semua di dealer, bagaimana hati kami tidak sakit? bandingkan ama tetangga, 10 unit jatah goldwing seharga 1 milyar ++ langsung ludes dibeli, 30 unit jatah x adv 750 seharga 400 juta ++ langsung ludes sold out terjual, akutuh iri berat tauk!

    – kami tidak impor bigbike 500cc up, karena kalian fby ngaku2 kaya tapi belinya mbit, sementara tetangga tanpa banyak bacot, bigbike honda 500 cc up nya dalam 3 tahun terakhir laris manis terjual 400-500 unit pertahun, apa kami tidak iri berat dengan tetangga? bila kami impor bigbike mt07 kek, mt09 kek apakek terus nasibnya persis seperti penjualan tricity mau ditaruh dimana muka kami?

    salam kurang sejahtera untuk fby, dimanapun berada.

  28. Alhamdulillah, mulai astrea Setar, trus embit, trus perjah, trus sibier plus parioh nggak pernah terkecewakan.
    Kuwalitas Honda mana yang kau dustakan?

  29. Kayaknya R n d yamama pada pindah ke honad, paduan desain n brand image yang pas ditambah yamama masih budeg menaun ga dengerin saran netijen wajar penjualan Honad moncer
    Btw adv emang keren

  30. Kang Iwan… tolong di cek Youtube channel Ikhsan Jumaris… yg kayaknya Sales si Suzi.. rela beli ADV 150… buat menjatuhkan si Adv doang… tuh katanya Adv tarikan nya sopan lebih sopan dibanding Vario 150 terbaru..dah gitu suspensi depan jedak jeduk lewat poldur..dan suspensi belakang keras… bahkan sampai suruh om Faiz Prolevoo Channel ikutan review kejelekan si Adv ..hehehehe

    • Santai aja.. yg kayak gini udh wajar.. tinggal kredibilitasnya aja nnt yg dipertaruhkan.. klo ternyata impresinya orang2 beda sm omongannya y berarti doi ga ada bakat jd reviewers.. dl jg ada itu utuber bikin drama nyesel beli pcx, kecewa sm bengkel resmi, merasa pcx not worth to buy. sementara doi positioning dirinya sbg org yg punya moge sm mobil jg jadi biar buat ngebuktiin bukan sales atau haters… tp pcx laku2 aja..

    • Biarin aja gan, apa yg kau tanam itupula yg kau tuai, itu pribahasa yg tepat ,ntu sudah hukum alam, cepet naik cepet pula turunnya,, munkin sensasi bikin cepet naik retingnya ketimbang, sementara prestasi mengalami proses yg panjang,

      Satu lagi jngn di tonton apalagi di komentari, ntu orang akan makin seneng bin bahagia, klo di abaikan ntar jga mati sendiri

  31. Kadang gue heran ini liat sales yamama ntah fans boy nya yamama ehh tong lu tau ga maksud matic selonjoran gini apaan ini matic bakal cruiser jd mau 4 klep kek 2 klep kek vva kek apa kek kaga ngaruh krn yg dikejar vva itu bukan top speed lu bole tanya ama mekanik vva itu klo di matic selonjoran gini cuma buat konstan atasnya doang biar lu ga keteteran bejek gas ni maap maap ni kadang gue kesel sendiri ama ni fby ato sales yamama lu bego bole DUNGU jgn lu jualan kaga ada yg larang tapi paling ga BC pake isi gue juga pemake yamama yamama gue jupiter z 2005 generasi terakhir cuma maenin di napas sama otak atik karbu itu motor jwoss bgt trus ada rx king 2002 gue nah yg ini spek road race juga gue ada vario 150 2017 gue maenin bgn cvt sama ganti koil doang ni motor dalam keadaan statis tembus 140kpj klo dijalan baru tembus 120kpj doang itu jg gue udah ngeri krn apa krn ni matic bukan peruntukan speed jadi klo jualan congor lu cuma koar koar matic kenceng artinya lu DUNGU motor itu sesuai peruntukan klo lu mau kenceng ya pake motor laki bukan matic jd kesininya knp yamama kalah sama ngahaem ya krn DUNGU nya sales sama fby ini

  32. Analisanya cak ivan kurang tepat, tricity mnrt sy tdk akan laku di sini, krn imagenya itu motor untuk (maaf) penyandang disabilitas. Mending NMax dan aerox yg difacelift.
    Strategi yamaha yg menjadi follower bukan lg first mover, sy rasa jg tepat. Krn lbh mudah menjadi follower dibanding first mover, dan trbukti AHM selama ini bisa leading penjualan dgn strategi follower.

  33. percayalah pabrikan itu tidak begitu perduli dengan kata konsumen aplg yg sampai memohon begini.

    yamaha, honda, suzuki, kawasaki dan ducati dll nya itu adlh pabrikan yg berdiri dari awalnya sudah punya komitmen dan idealisme mereka masing masing. merekalah yg menciptakan sehingga memunculkan keinginan bukan krna keinginan baru tercipta mereka..

    pricing desain dll itu sdh ada perhitungan dan pertimbangannya bukan semata mata keinginan konsumen..

    contoh XRIDE siapa dulu yg kepikiran ada motor matic genre offroad, ga ada… mereka yg menciptakan itu kemudian timbul kesadaran dan keinginan yg berkelanjutan utk barang seperti itu terus ada..

    so buang buang wkt saja nulis bgtu..

    ingat mereka punya idealisme dan kalkulasi yg proper jdi anda boleh berharap mereka yg menentukan

  34. Curhat yang lumayan, tapi soal ide Tricity pakai mesin 155, menurut saya tidak bakal laku wkwkwk. Dari pengamatan saya di kota tempat tinggal saya saja, yang sekarang banyak di jalan itu scooter, dan yang penting body gemuk, rear shock double atau rear shock single hampir horizontal, kalau bisa semua lampu pakai LED, bisa selonjor atau semi selonjor, front shock kalau bisa USD lebih mantap lagi, itu dasar yang lagi laku sekarang. Baik itu ADV, PCX, NMAX, AEROX, empat motor ini yang paling banyak saya lihat di jalan sekarang.

  35. ni orang apa kurang cerdas ya?? dibilang si yameki kgk pernah ngekor apa? contoh: iss,standart samping otomatis dan esp suara motor lebih senyap saat dihidupkan. lu kira tu yg buat duluan pabrikan sesembahan ente??? ???

  36. udah mm93, pcx150 sekarang adv150……zzzz bobo aje deh

    Ayo2 vva155 Semangat2 yo !
    Nmax soal selonjoran paling yahud lah cuma tinggal perbaiki sektor kapasitas bagasi & tangki bensin . untuk aerox Kpasitas tangki bensin & RDB

  37. Yamaha Tricity dibikin lokalin? ya gk mungkin lah bro. mereka itu gk akan ngluarin product yg nilai keuntnganya kecil,. walaupun dilokalin yg gk akan laku di jakarta atau kota2 besar, sumpek masuk gang roda depanya nyangkut lah, blm buat simpangan pengendara lain. walaupun org kaya mau beli jg gk dipake buat harian, dipake di desa2 jg gk lah harganya mahal walaupun dah lokal, mending pake becak/motor sekalian muat banyak. *logika cak ivan terlalu Pro. makanya yamaha klo mau buat motor dengerin konsumen, jgn bawa2 product indihe ke indo(big wrong).

  38. 1 lagi, honda sgt loyal sama bloger dan komunitas, sampe ada wadah sendiri dikomunitas, ahj contohnya. kominitas itu penyelamat suatu product, dimana di kominitas tsb byk tips dan trik seputar tunggangan mereka. makanya ahm punya wadah buat komunitas2 club motor, komunitass2 tsb jg bisa buat kamapnye product2 baru motor2 mereka diikut sertakan dlm peluncuran2 product baru mereka, aatau banyaknya event jg mengundang ank2 club. yamaha sampe segitu gak? “semakin keras usaha semakin dekat kesuksesan diraih”

  39. Kalau menurut saya yang ngehancurin Yamaha itu dealer2nya sendiri, tahun 2008 kepingin banget Vixion mau beli di daerah Tunjungan SBY,dimintai tanda jadi 2juta (bkn termasuk DP) sales-nya cuek banget ga mau denger calon konsumen, akhirnya langsung beli Megapro di dealer sebelahnya Krn kecewa berat sama Yamaha..sampe sekarang anti yamaha

  40. Saya juga penggemar Yamaha, dulu juga sangat seneng sekali dengan Brand Yamaha, karena emang produknya scr kualitas menurut saya lbh baik drpd Honda, Vega Jupiter series Vixion Old, tapi melihat perkembangan Yamaha akhir2 ini saya jadi bodo amat. Saya tetep suka Vixion Old dan Jupiter MX semua generasi. Udah itu aja,mau ada pcx kek nmax aerox adv saya ga tertarik

  41. Hmmm,,, bru mau test ride aj. Selanjutnya ga tau dah wkakakaka… Pertimbangan harga, fitur, kapasitas bagasi & BBM dan tampilan.

  42. Yamaha jangan cuman ngandelin Nmex, Liat tu honda gebrakannya masif, leading terus, Ambrol cak gara2 ADV 150, jangan sampe nasibnya kaya moto GP Yamaha semakin di belakang, tp masih mending drpd SiJuki bingung mau melangkah kemana, mo bikin apa ?

  43. Lagi rame vlog nya ikhsan jumaris yg bli adv150 baru 2 hari udah dijual lagi, mungkin kuciwa gk sesuai ekspektasi. Dari beberapa komen nya adv150 paling sopan(bkn bilang lemot) dari nmax,aerox,pcx bahkan vario150, shock blkg keras, bodi yg krg rapet ? saya pribadi interest bgt pgn beli adv ini cm kyk nya harus nahan nunggu review pengguna adv yg lain paling gk setaun lah, biar gk terlalu cepet ngjudge adv jelek, siapa tau unit yg diterima ikhsan jumaris emg kebetulan ada yg kurang greget blm tentu juga yg lain sama ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here