iklan iwb

Iwanbanaran.com – Asli cak…saat ini kita dibuat buta dengan angka penjualan akibat distopnya data AISI sejak hampir setahun lalu. Data yang menjadi acuan kita untuk melihat pergeseran Market Share tersebut kini tidak lagi diumbar. Tidak heran mindset dan asumsi kita selalu mengambil dari data terakhir yang sudah lewat. Mungkin hampir enam bulan atau nyaris 1 tahun lalu ? Pertanyaannya Apakah betul angka penjualan masih tetap sama dengan 6 atau 10 bulan yang lalu? Apakah sang raja masih tetap bertengger di singgasananya atau justru semua hanya asumsi tanpa data? …

Sekarang tidak satupun media atau Blogger membahas data distribusi ataupun penjualan detil masing-masing pabrikan karena akses kesana sudah sangat terbatas. Semua data di kekepin dan tidak diumbar ke khalayak sejak munculnya kasus kartel. Mungkin ada beberapa media yang masih mengulas data distribusi ataupun penjualan motor di masa lalu. Tapi data tersebut tidak masuk kedalam alias hanya menyodorkan data secara umum tidak per-varian. Hal ini beda dengan satu atau dua tahun sebelumnya yang membedah satu persatu data penjualan motor. Sekarang tidak bisa cak…

Oleh karena itu sebutan laris sekarang hanyalah berdasarkan asumsi dan klaim semata tanpa data (kecuali rilis resmi pabrikan). Siapakah raja motor sport 150cc? Pabrikan mana yang menguasai market skutik 125 cc atau 150cc? Atau Apakah benar Yamaha masih menjadi raja di kelas Maxi scooter 150cc? Serta apakah Honda masih menjadi raja di kelas entry level skutik ? Tidak ada bukti. So…IMHO klaim raja saat ini menurut IWB hanya berdasarkan asumsi Semata. Lha piye cak…data wae nol, dari mana kita tahu posisi tersebut masih tetap dipegang jika pergeseran tren berlangsung sangat cepat?

iklan iwb

Khusus untuk kelas Maxi skutik, untunglah pada saat bertemu dengan Pak Thomas Wijaya selaku direktur marketing PT Astra Honda Motor minggu kemarin, IWB sempat mendapatkan sedikit pencerahan tentang produksi Honda PCX 150 yang ternyata semakin merangkak naik cak. “ Pak…piye produksi Honda PCX150 berapa sekarang ? Sudah tembus 30 ribu unit belum? “ uber IWB. “ Wah…mancing mulu neh mz Iwan ? “ seru Pak Thomas tersenyum. “ Iya pak…penasaran karena dibeberapa daerah masih banyak inden neh..” tukas IWB. “ Belum sih kalau kalau 30 ribu. Tapi produksi Honda PCX 150 sudah ditingkatkan perbulan berkisar 25 ribuan. Harapannya lamanya inden bisa dipangkas. Kita nggak nyangka responnya sangat baik. ..” serunya membuat IWB terkejut. Weehhh…gede juga yak produksinya sekarang. Padahal seingat IWB dulu produksi Honda PCX 150 hanya berkisar 18 ribuan…

Dari konfirmasi di atas tentu kita pun jadi penasaran sebenarnya berapa sih daya serap pasar kelas Maxi scooter mengingat Honda PCX 150 saja sudah mampu tembus 25ribuan/bulan. Apakah angka tersebut merupakan pasar yang baru terbentuk atau justru angka tersebut hasil merongrong porsi dari rival dekatnya Yamaha NMax 155? Tidak ada jawaban pasti karena data penjualan Yamaha saat ini bersifat confidential alias bukan untuk konsumsi publik. Jika produksi Honda PCX 150 sekarang sudah tembus 25.000-an/bulan…terus berapa produksi NMAx155 ? Semua masih menjadi misteri dan jelas hanya pabrikan yang tahu kondisi sesungguhnya….

Last…data distribusi produk AISI menjadi acuan sahih performa buruk atau cemerlangnya produk di pasar. Makanya ditutupnya akses data penjualan jelas menyulitkan cak. Yang IWB heran masih cukup banyak komentator yang secara pede mengatakan….produk A nggak laku dan produk B masih raja tak tergeser. Kasihan produk A sehingga sampai melahirkan produk C untuk mengeroyok produk B….asli cak, IWB garuk-garuk dengkul….lha kuwi data tahun kapan ? Jangan-jangan data setahun lalu kieee. Kita sebagai insan blogger yang memiliki akses luas saja “buta huruf”….apalagi fansboy? Pengen gulung koming cak rasane baca komentar adu debat yang asal mangap :mrgreen: . So…siapa raja maxi skuter 150cc sekarang ? emboh IWB ora iso jawab karena nggak ada datanya. Sampeyan punya nggak pakdeeee ? :mrgreen: …..(iwb)

128 COMMENTS

  1. Jawab pertanyaan-pertanyaan di atas : Saya pribadi lbh seneng sama ADV, harganya memang tidak berbeda jauh tapi ADV masih better. Yang terlanjur dah DP PCX mending diganti, harusnya sih bisa

  2. Beber bro last

    Maxy yamaha emang cocoknya buat tukang ojek.

    Klo maxy Honda lewelnya beda bro…

  3. Kmrn kan mas IWB dapet pcx gratisan dari AHM, mgkn skrg dikasih lagi ADV gratisan .. asal posting jelek2in yamaha. Yaa udah lah sampe kapan juga blogger marketing honda yaa pasti jualan produk tuannya.

    Dan dia pinter bikin artikel nya biar narik internet hit nya yaa gini .. bikin emosi Fby, atau mungkin nanti Fbk, Fbs, dll.

    Semoga usaha om IWB semakin barokah lah .. kita tetap doakan. Karena kita tidak perlu membalas air susu dengan air tuba yaa.

  4. yang sabar ya mas IWB, mau fansboy fitnah apa juga tetep kok acuan blog motor indonesia ya IWB n TMCblog.

    NB: buat para FBY cepet datengin dealer2 yamaha terdekat dan langsung beli nmax, jangan mau kalah ya (biarpun pada bilangnya pcx ga bner2 kejual)

    • Wkwkwkkk.. ane mah beli motor selalu pake acuan blog ini. Keren benerrr….. selalu akurat, ada data, dan isinya tidak pnggiringan opini melulu. Tidak Lebayyy ahhh…. ????

  5. akhir2 ni, pcx makin berswliweran d jalanan dgn plat thn 2019-2021. nmax memang msh bludak, tp thn’a thn lama. klo d bandingin mgkn dh seimbang lah. apakah kasus mio v beat atau vixi v cb bakal trulang…

Comments are closed.