iklan iwb

Iwanbanaran.com – Asli cak…saat ini kita dibuat buta dengan angka penjualan akibat distopnya data AISI sejak hampir setahun lalu. Data yang menjadi acuan kita untuk melihat pergeseran Market Share tersebut kini tidak lagi diumbar. Tidak heran mindset dan asumsi kita selalu mengambil dari data terakhir yang sudah lewat. Mungkin hampir enam bulan atau nyaris 1 tahun lalu ? Pertanyaannya Apakah betul angka penjualan masih tetap sama dengan 6 atau 10 bulan yang lalu? Apakah sang raja masih tetap bertengger di singgasananya atau justru semua hanya asumsi tanpa data? …

Sekarang tidak satupun media atau Blogger membahas data distribusi ataupun penjualan detil masing-masing pabrikan karena akses kesana sudah sangat terbatas. Semua data di kekepin dan tidak diumbar ke khalayak sejak munculnya kasus kartel. Mungkin ada beberapa media yang masih mengulas data distribusi ataupun penjualan motor di masa lalu. Tapi data tersebut tidak masuk kedalam alias hanya menyodorkan data secara umum tidak per-varian. Hal ini beda dengan satu atau dua tahun sebelumnya yang membedah satu persatu data penjualan motor. Sekarang tidak bisa cak…

Oleh karena itu sebutan laris sekarang hanyalah berdasarkan asumsi dan klaim semata tanpa data (kecuali rilis resmi pabrikan). Siapakah raja motor sport 150cc? Pabrikan mana yang menguasai market skutik 125 cc atau 150cc? Atau Apakah benar Yamaha masih menjadi raja di kelas Maxi scooter 150cc? Serta apakah Honda masih menjadi raja di kelas entry level skutik ? Tidak ada bukti. So…IMHO klaim raja saat ini menurut IWB hanya berdasarkan asumsi Semata. Lha piye cak…data wae nol, dari mana kita tahu posisi tersebut masih tetap dipegang jika pergeseran tren berlangsung sangat cepat?

iklan iwb

Khusus untuk kelas Maxi skutik, untunglah pada saat bertemu dengan Pak Thomas Wijaya selaku direktur marketing PT Astra Honda Motor minggu kemarin, IWB sempat mendapatkan sedikit pencerahan tentang produksi Honda PCX 150 yang ternyata semakin merangkak naik cak. “ Pak…piye produksi Honda PCX150 berapa sekarang ? Sudah tembus 30 ribu unit belum? “ uber IWB. “ Wah…mancing mulu neh mz Iwan ? “ seru Pak Thomas tersenyum. “ Iya pak…penasaran karena dibeberapa daerah masih banyak inden neh..” tukas IWB. “ Belum sih kalau kalau 30 ribu. Tapi produksi Honda PCX 150 sudah ditingkatkan perbulan berkisar 25 ribuan. Harapannya lamanya inden bisa dipangkas. Kita nggak nyangka responnya sangat baik. ..” serunya membuat IWB terkejut. Weehhh…gede juga yak produksinya sekarang. Padahal seingat IWB dulu produksi Honda PCX 150 hanya berkisar 18 ribuan…

Dari konfirmasi di atas tentu kita pun jadi penasaran sebenarnya berapa sih daya serap pasar kelas Maxi scooter mengingat Honda PCX 150 saja sudah mampu tembus 25ribuan/bulan. Apakah angka tersebut merupakan pasar yang baru terbentuk atau justru angka tersebut hasil merongrong porsi dari rival dekatnya Yamaha NMax 155? Tidak ada jawaban pasti karena data penjualan Yamaha saat ini bersifat confidential alias bukan untuk konsumsi publik. Jika produksi Honda PCX 150 sekarang sudah tembus 25.000-an/bulan…terus berapa produksi NMAx155 ? Semua masih menjadi misteri dan jelas hanya pabrikan yang tahu kondisi sesungguhnya….

Last…data distribusi produk AISI menjadi acuan sahih performa buruk atau cemerlangnya produk di pasar. Makanya ditutupnya akses data penjualan jelas menyulitkan cak. Yang IWB heran masih cukup banyak komentator yang secara pede mengatakan….produk A nggak laku dan produk B masih raja tak tergeser. Kasihan produk A sehingga sampai melahirkan produk C untuk mengeroyok produk B….asli cak, IWB garuk-garuk dengkul….lha kuwi data tahun kapan ? Jangan-jangan data setahun lalu kieee. Kita sebagai insan blogger yang memiliki akses luas saja “buta huruf”….apalagi fansboy? Pengen gulung koming cak rasane baca komentar adu debat yang asal mangap :mrgreen: . So…siapa raja maxi skuter 150cc sekarang ? emboh IWB ora iso jawab karena nggak ada datanya. Sampeyan punya nggak pakdeeee ? :mrgreen: …..(iwb)

128 COMMENTS

    • Kayaknya NMAX udah tumbang deh bro.
      Lihat di jalanan banyak banget PCX plat baru bahkan banyak yg blm ada plat nomernya.
      NMAX?
      Hanya NMAX lama yg berseliweran di jalan, nyaris ga pernah lihat ada NMAX baru yg berkeliaran.

    • Yamaha emang bener2 cerdas.
      Bukan cuma pinter oprex regulasi balapan, AISI juga berhasil mereka oprex agar tidak mempublish data penjualan.
      Biar ga malu.
      Smart…

    • printilan dalam motor baru bisa diterawang lewat ilmu gonjang ganjing mlumeh tengkurep , apalah..kalau cuma data tentang Laris yang mana ? mereeem Lek.
      Gak mesti akurat dan detail layaknya hitungan Aisi namun cukup dijadikan data.. cincaaii iku .. apalagi para blogger punya banyak akses dan link mengetahuinya.
      Ane aj bisa…moso yang lain gk bisa ? pizza

    • Saat produsen mobil berlomba2 membuat mobil murah dengan tambahan inovasi, sedangkan motor berlomba2 menambahkan inovasi baru dengan harga yg lebih mahal..
      Penjualan nmax moncor karena gada lawan.nya ketika dikasih lawan mumet ndase..

    • Belum lama setelah lahir , 15 ribu pcx hanya untuk jkt n tangerang ? edian tow ?

    • kalau gak bisa cek lewat data AISI, mungkin bisa di cek via data leasing / asuransi.
      harusnya cukup mendekati data penjualan AISI

    • di Jalanan lebih buaanyaakkkk NMax155vva Bro… PCX bisa d itung jari dikit. ini di Jakrta ya… sy ngga tau d tempat lain.

    • Kalau hitunghan kalkulasinya berdasarkan sliweran dijalan, ga bisa dijadikan acuan yang tepat, karna kita sama sama tahu bahwa NMAX lahir duluan yang otomatis populasinya lebih dulu memenuhi tiap daerah, yang patus dipertanyakan itu jumlah produksi dari bulan ini atau ditahun 6 bulan terakhir, karna banyak yang inden dan belum mendapat unitnya juga,

    • Kalau saya cek real dan realitanya makin banyak tukang ojek online yg pakai maxi series lexi, aerox nmax, itu real bukang omong doang ya hehe. Alasannya beragam ya gaess, selain biar ojek online itu tampil lebih berwibawa dan berkelas katanya biar dapat bintang 5 dari konsumen yg puas karna naik motor mewah ehehehe… Klo ga percaya bisa cek sendiri loh di kota kota anda

    • Itu ojek.. yg ngojeknya cuma buat gaya2n..
      Yg asli ngojek.. jelas nyari yg Irit..

      Ga usah bohongi diri sendi karna fanatiksme..

    • dari review review konsumen ojek online yg Drivernya pakai maxi series “lexi, aerox, nmax”
      beberapa saya rangkum sbb:

      1.Vita : mantab…mas motornya enak, mewah jok nya lega dan empuk sy kasih bintang 5

      2.Andri : alhamdulilah saya ga telat ngantor, lexi memang gesit dan cepat banget…!! Sy kasih bintang 5 mas.. Nuhun

      Dewi17 : nyaman banget brangkat kerja sm mas driver yg satu ini Nmax gila…euy, motornya mewah jok empuk, dan bau mesin sm knalpotnya juga harum.. Mas nya juga wangi dan rapi, ga kaya tukang ojol yg pake metik mini udah dekil, bau apek huekk… Bintang 5 ya

      Eheheheh

    • Ya begitulah..survey dari beberapa leasing..sudah 5 bulan nemex dibikin tepar si pcx ?

    • Beber bro last

      Maxy yamaha emang cocoknya buat tukang ojek.

      Klo maxy Honda lewelnya beda bro…

    • Sekarang jamannya banyak2in klaim pabrik. Kayak iklan kecap. Semua bisa ngaku paling laris……wkwkwk

    • Kalo patokannya hanya ojek online ya malu lah bro. Itu maxi yamaha emang kerja sama dengan pihak grab. Jadi grab memfasilitasi kredit maxi yamaha. Saya dapet juga kok penawaran ini. Cuma berhubung saya liat sendiri, ojol matik honda vs matik yamaha, saya cenderung ke matik honda. Sampe jadi bahan ledekan kok, kalo matik yamaha lewat suaranya udah kaya mesin jet rusak. Coba nongkrong dah liat dan buktikan sendiri. Kalo beat mah jangan ditanya lagi. Favorite ojol dia. Irit gesit. Kalo soal top speed, ojol di pantai via gps oleh operator, jadi percuma aja vva + 5 cc kalo speed di batasi oleh operator. Ok salam waras

    • Kalo mau rasain naik grab sensai sumber kencono, cari ojol di cibubur pake honda blade lama. Cibubur – cianjur cuma 2 jam. Pokoknya udah kaya naik bis jawa timuran dah. Jangan remehin top speed, kalo cuma 100-115an (race logic) dapet tuh. Soal kenyamanan juga dapet. Jok udah ganti latex. Oh iya. Itu motor ojol mungkin udah oprekan. Tapi mesin gak berisik kok.

  1. Kl 25 ribu perbulan kok kenyataan inden masih lebih dr 1 bln, permainan sales nakal berarti ini.
    Bikin sy ndak jadi ambil pcx, trus. Pinfah ke ADV

    • 25.000 di sebar ke seluruh indonesia bre. 1 dealer kemungkinan cuma dapet 2 unit perhari ada juga yg ga kebagian, itu juga ga mungkin langsung di kirim paling engga nunggu >6 unit baru dikirim (dealer besar). Karena ongkos kirim juga di pertimbangin bre.. kalau dealer kecil biasanya cuma ambil unit dari dealer yg besar. kalau ente inden di dealer besar, kemungkinan ente juga bersaing sama dealer kecil bre buat dapetin unitnya.

    • Semenjak pcx lahir..H sudah punya planning dg adv ini..makanya produksi pcx gak dilebihkan atau ditingkatkan lagi..walaupun itu bisa dilakukan ,salah 1 penyebab inden ya karena itu.
      Disisi lain .. jumlah indener itu diluar ekspektasi atau membludak diluar perkiraan , makanya akan selalu antri.
      Dan sekarang..hadir Adv , bertujuan untuk semakin memuluskan niat indener walaupun harus memilih diantara 2 metix ini. Toh adv yang dilahirkan juga bikin mata dan perasaan terhipnotis..maka disini konsumen untung..H pun untung karena memanfaatkan celah ini lewat Adv berdasar pada animo konsumen terhadap pcx yang tinggi.
      Sekarang, 2 metix yang menjadi pasangan Sempurna ini memiliki tempat dihati masing2 peminangnya..tinggal pilih mau genre yang mana karena keduanya Aduhaaaaai ?

    • Mau sales kaisar juga ga masalah bre bikin blog, asal jangan bikin blog ngejelekin merk lain aja bre… Lagi pula banyak orang nyari produk X ngapain ngebahas yg produk Z, mikir bre mikir..

    • Mayoritas vroh, dapet uangnya dari situ. Yamama mah pelit sih makannya selalu jadi bulan2an media haha

      Liat deh blog nya enoanderson.com yg bener2 netral ngomong apa adanya sekarang jadi apa?

  2. Kayaknya NMAX udah tumbang deh bro.
    Saat data AISI dibungkam, saat itulah momen kekalahan NMAX Vs PCX.
    Pinter2 Yamaha aja melobi AISI agar tidak mengumbar data kekalahan semua segmen Yamaha.
    Lihat di jalanan banyak banget PCX plat baru bahkan banyak yg blm ada plat nomernya.
    NMAX?
    Hanya NMAX lama yg berseliweran di jalan, nyaris ga pernah lihat ada NMAX baru yg berkeliaran.

    • Entah apa yg terjadi sma yamama,kalo ada pembca lama d warung ini,pasti msh ingat donk btpa smbng nya fby ktika mtor sesembhan nya melenggang sndirian !seiring waktu baru lah AHM serius bwt ngerecokin dan seiring waktu pula mtor yg dsmbngkn oleh para fby punah seketika ,cntoh aja mio series sampai vixion pdhal kurang kejam gmna coba BC an fby ,dan skarang mtor kebanggaan fby udah d ujung tanduk pula d gampar ama s matic muka barongsai …

    • Bener sih, goyangnya nemex sebagai tulang punggung memang disaat lahirnya pcx , masih ingat dulu kan? Gak lama setelah brojol.. Hanya dijakarta dan tangerang pcx sudah tembuz 15 ribu .
      coba masukin sebaran si pcx secara keseluruhan …nah ?

    • Saya sebagai masyarakat pantura yang sudah lumrah mengamati lalu lintas truk pengangkut kendaraan bermotor, untuk distribusi motor honda dan yamaha tiap hari melewati pantura, perbandinganya memang signifikan 3 truk trailer Honda varian matic berbanding 1 truk gandeng merk Yamaha dengan varian matic juga.

    • Itu hanya berlaku di daerah u bambaaang .di daerah w Nmax tahun muda bnyk bngt berseliweran apalagi yg tipe ABS ,,

    • di daerah ane msih bnyk NMAX plat putih kinyis2, trmasuk tetangga ane sndiri, daerah pedesaan sih, mungkin masih kebawa imej lama, tapi PCX jg ga kalah banyaknya..
      Salam netral sampluk sandal

  3. Artikel gini aja para f by gulung koming.. padahal lek iwan berimbang lhoo… ..strategi a hm.. di saat n mex tergusur langsung kluarin ploduk baru….

  4. Kang Iwan terlalu berani.
    AISI sengaja dibungkam biar ga ada yg tau KLO NMAX kalah malah dibongkar.
    Hati2 lho kang, pasti banyak kirik2 yg ga terima.

  5. wkwkwk 2 foto terakhir sudah bisa jadi ‘gambaran’ skutik maksi 150 nih, nmax mulai tumbang/miring2, pcx nomor 1

    #seriusbangetsih

  6. Konsumen sekarang lebih banyak pilihan. Jika ingin matic yg mengutamakan teknologi mesin pilih Nmax SOHC 4 valve VVA ABS 2 channel.
    KONSUMEN yg mengutamakan tampilan, fitur keyless dengan teknologi downgrade SOHC 2 Valve non VVA AbS 1 Channel dengan harga parts body yg jauh lebih mahal pasti pilih PCX.

    • Ada angka produksi, angka distribusi dan angka penjualan. Laku tidaknya motor dilihat dr angka penjualan Bro. Jaringan dealer AHM lebih banyak dr yamaha otomatis kebutuhan produksi juga banyak, dg demikian menumpuk tidaknya motor digudang dealer kita semua nggak tahu Bro.

    • Iya sih… dlm kondisi normal, diproduksi blm tntu trjual. Tp klo msh ada inden, brarti yg diproduksi bs trjual habis.

  7. Negara, dlm hal ini pemerintah jg ga bisa tau cak?
    *Klo pemerintah bisa tau, apa ada aturan atau kode etik yg tdk membolehkan mengumumkan ya cak?

    *Klo pemerintah ga boleh tau, rasanya aneh jg ya cak?

    • Klo dr sisi aturan, pemerintah berhak tahu. Namun dmkn, pemerintah tdk brwenang mempublish data scr rinci (Ini brlaku scr Internasional).

  8. Isi ne berita cuma obong obong urung tau blog iki mbahas mesin mesak no rek urip mu golek duit iso ne mung adu adu

  9. Bayangin produksi kendaraan yg terus berusaha ditingkatkan,
    Kok saya malah ngeri sama dampak buat lingkunganya ya cak,
    Apalagi akhir2 ini isu polusi udara lg santer bgt,
    Dr pabrikan ada bantuan solusi ke pemerintah ga cak buat nanggulangin dampak kaya bgni?
    Krna mau ga mau salah satu penyebab nya kan dr produksi mereka,
    Apa mgkn ud waktu nya kendaraan listrik yg digencarkan yah?,
    Wlpun mgkn masih ada dampak negatif buat lingkungan, tp masih jauh lbh baik drpd kendaraan bahan bakar minyak kya skrg,

    • ini segelintir comment yg smart.. i agree bro.. pertumbuhan kota yg gak sebanding pertambahan manusia + memiliki kendaraan sudah jadi ‘gaya hidup’ bukan skdar alat transportasi = kemacetan & polusi udara maksimal.. jempol buat VIAR yg sudah menjual skuter listriknya ? ?. Ini PR utk pabrikan sekelas AHM & Yamaha yg sudah bertahun2 menikmati profit penjualan untuk segera mengembangkan teknologi electric bike yg handal, aman, terjangkau & good desain. PR juga bagi pemerintah utk edukasi masyarakat utk beralih ke electric vehicle (EV) setidaknya utk kendaraan RODA DUA, semisal dgn free pajak tahunan utk EV (disaat yg sama menaikkan pajak utk kendaraan bensin), membuat stasiun pengisian bahan bakar electric yg bisa ditambahkan di unit SPBU yg sudah ada.. u like it or not EV IS THE FUTURE.

    • solusinya gampang bro…jangan perbolehkan pembelian kendaraan dengan sistem kredit.
      auto pertumbuhan kendaraan gak terlalu masiv

    • Gak sebegitu gampang juga bro, automotif itu devisanya banyak buat pemasukan negara dan pertumbuhan ekonomi..belum lagi keuntungan buat tenaga kerja dan banyak lagi rentetannya..solusi yang paling dekat hanyalah pembatasan usia pakai kendaraan. Yaa..sebagai permulaan ,bolehlah diterapkan usia pakai hanya boleh 10 tahun.membatasi pembeli dampaknya bisa berlapis2 buat ekonomi secara keseluruhan.

    • Hrsnya astra kolor jdi pionir motor listrik utk lingkungan jgn pas udh booming lgsng nyemplung… dasar otak ngekor

    • Setahu saya ada bro, berupa dana CSR. Namun di Indonesia, dana ini biasanya digunakan tdk sesuai nomenklaturnya. Dana CSR perusahaan motor, harusnya utk penanganan polusi, tp oleh pemerintah di Indonesia (baik pusat maupun daerah) biasaz digunakan utk hal lain, misal utk beasiswa. Meski utk hal? yg positif, tetap saja itu tdk sesuai dg peruntukan yg seharusnya.

  10. Indikatornya gampang aja sih kalo mau liat nmax masih berjaya.. liat aja di jalanan yang dominan motor apa untuk pembelian tahun ini..

    • Itu yang gua maksud, salah 1 bisa dikorek dari data penjualan by kredit dari aneka leasing ?

      Pernah baca..hampir 5 bulan nemex dilengserkan? ? Nah..

  11. owwhh baru data produksi aja toh, belum dapat menyatakan berapa yg terjual..

    produksi aja dulu banyak banyak kan g masalah tinggal cambukin aja sales salesnya suruh jual, semua beres???..

    saya menyebutnya sebagai strategi penguat kepercayaan diri, bikin banyak banyak biar berasa pede gimana nanti tinggal cara cambuknya aja yg nentukan???..

  12. sebagus apapun produknya kalau marketingnya kurang cermat jangan harap jadi leader ,jadi bisa dikatakan kalau marketing lebih dominan di banding produk

  13. Duh motor dibawah 250cc makin rame, kayak kacang goreng jualnya. Dijalan jarang suara moge neh.

  14. Coba cek di situs OL* z bro banyak bgt tuh yg di Lego..Ampe di FB group yg tadinya 20 skrg turun harga jdi 17,18 kayaknya ngebet pengin ganti adv deh tuh owner

  15. pertempuran hampir selesai jhon…dan pemenangnya sudah dipastikan si produk H….
    isi sendiri gw kgk tega ma produk sebelah? ???

  16. Apa perlu diadakan survei oleh Litbang dan barometer untuk mengetahui siapa yang unggul dalam perolehan suara market share di indonesia… Hhhhee…

  17. Mudah2an forza g dlokalin yak,,biar kasi angin lah jual xmax aj…kan fby bnyk wong sugih

  18. keluar dari topik,
    aku baru saja liat di Ungaran: beberapa Genio sudah mulai dikirim pake truck ekspedisi campur sama beat, scoopy & beat street
    kalo ADV sudah keseringan oom

  19. Segitu masih blum bisa ngejar NMax. Makanya digeber pake Adeve biar cepet bisa ditumbangin….

    • Nemex itu cuma tulang punggung Y , sudah 5 bulan dilengserkan pcx yang baru setahunan ?

    • Keknya udah timbang dari kemaren2. Di jogja pcx populasinya di jalan udah mulai sebanyak nmax.

  20. Udah udah, ndak usah pada komen yg ngaco. Kalo kalian pngen tau berapa motor yg laku tiap bulannya mending kalian tanya ke Diler satu persatu seluruh Indonesia. .

  21. itu mah akal2an petinggi AHM ajja kang iwan, dia mau biang 40rb, 30rb, ya prcaya ajja lah itukan cuma omongan, emang e mas IWB dikasih data tertulis dr petinggi AHM itu? jebule… so, jgn lebay ahh jang, jgn buat artikel yg gak jelas tanpa data cakkk…… udah kayak sales ajja. ediaaaannnnnnn…….

    • Manfaat data AISI dibungkam ya seperti ini bro…
      Sales bisa asal klaim semaunya.
      Dan sales2 yg jualannya terus menurun pasti merasa terbantu.
      Betul…???

    • Itukan data sales beneran. Wajar. .namanya juga kerjasama dg merek H. Klo bikin artikel ga sesuai harapan bos. .siap aja putus kontrak. .ga ush dipikirin lagh. .yg nulis artikel jg dia. .ya smau dia. .lu ngomong apa aja pling dia cm ketawa. .mueheehe. .

  22. Tenang ajah bro…kode B6H (new Nmax) sudah siap meluncur…selama ini ditahan dulu..karena Kode 2DP (old Nmax) masih laku…

    • Beda genre keduanya Aduhaaai..silahkan dipilih.
      Pcx itu konoy Texas
      Adv itu indian apache

Comments are closed.