iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…betul-betul drama luar biasa di Suzuka 8 Hours. Pertarungan 4 pabrikan Jepang yang sangat alot. Kawasaki, Yamaha, Honda dan Suzuki. Namun beda dengan tahun lalu, kali ini Kawasaki memang edian ngacir cak. Tampil sangat kencang dengan mengandalkan 3 riders andalanya yakni Jonathan Rea, Leon Haslam dan Toprak Razgatlioglu….akhirnya Kawasaki juara di Suzuka 8 Hours mengalahkan para rival. Yup…sejarah terukir pakdeeee !

Putaran Final Endurance World Championship digelar di Suzuka dengan mengusung format 8 Jam yang sudah menjadi Tradisi setiap tahunnya Yamaha masih tidak terkalahkan. Namun tidak tahun ini….

Sejauh ini SRC Kawasaki Team memimpin Kelasemen Sementara dengan 132 Poin unggul tipis lima poin dari Suzuki Endurance Team, sementara itu Juara Dunia musim lalu F.C.C Honda berada diposisi tiga dengan 109 Poin, Secara matematis Ketiganya masih berpeluang menjadi Juara dunia musim ini. Namun perjuangan mereka tidaklah mudah cakkk..

iklan iwb

Yupss…Seperti yang kita ketahui Peserta Wildcard Seperti Yamaha Racing Team, Kawasaki Racing Team, Musashi RT Harc-Pro sangat mendominasi di depan Publiknya sendiri. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi ketiga tim yang berjuang merebutkan Juara Dunia EWC.
Tercatat dalam 4 tahun terakhir Yamaha Racing Team sapu bersih podium tertinggi Suzuka 8 Hours cakkkk. Tentu pasukan terkuat lainnya akan bertekad menjegal dominasi Yamaha tersebut. Sementara itu Tim Yang dibela Andi Farid Izdihar yaitu Honda Asia Dream Team berniat mengulang hasil terbaiknya seperti musim lalu dimana mereka mampu merampungkan Race diposisi tujuh….

Race Akhirnya dimulai Pukul 11.30 Hingga 19.30 Waktu Setempat,
Tiga Grid terdepan ditempati Yamaha Racing Team (Katsuyuki Nakasuga), Kawasaki Racing Team (Leon Haslam) dan Redbull Honda (Takumi Takahasi). Sementara Honda Asia Dream Team (Zaqhwan Zaidi) memulai race dari Posisi sembilan belas.

Dua Lap Awal Yoshimura F.C.C Honda bersaing ketat berebut posisi pertama, tiga Lap berselang Yoshimura Suzuki (Sylvain Guintoli) memimpin Race dan membuat Gap 1 Detik dari F.C.C? Honda. Sementara itu perebutan Posisi kedua berlangsung ketat antara F.C.C Honda, Kawasaki Racing Team, Yamaha Racing dan Redbull Honda. Sementara Honda Asia berada diposisi enam belas.

Lap kesepuluh Lima besar ditempati Yoshimura Suzuki, F.C.C Honda, Yamaha Racing Team, Kawasaki Racing Team, dan Redbull Honda. Dua Lap kemudian Safety Car keluar akibat Mobius Grand Kawasaki Crash.

Lap keenam belas Race kembali berjalan normal lagi, sejauh ini Yoshimura Suzuki masih memimpin diikuti Kawasaki Racing Team, Yamaha Racing Team, F.C.C Honda dan Redbull Honda.

Satu Jam terlalui !!
Lap ke dua puluh Akhirnya Yamaha Racing Team ambil alih posisi pertama dari Yoshimura Suzuki, Diikuti Kawasaki Racing Team, Redbull Honda dan F.C.C Honda, sementara itu Honda Asia Dream naik keposisi dua belas. Selang beberapa Lap beberapa Tim mulai masuk pit stop dan berganti Rider.

Lap ke tiga puluh posisi kini berubah Redbull Honda Memimpin Race sementara dengan Stefan Bradl, Diikuti F.C.C Honda dengan Mike Di Meglio dan Yamaha Racing Team dengan Alex Lowes. Tiga Laps kemudian Kawasaki Racing Team dengan Jonathan Rea naik keposisi tiga menggeser F.C.C Honda. Sementara itu Yoshimura Suzuki dengan Kazuki Watanabe melengkapi lima besar.

Lap ke empat puluh satu Yamaha Racing Team Ambil alih posisi puncak dari Redbull Honda. Diikuti Kawasaki Racing Team, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki. Disisi lain Honda Dream asia turun keposisi lima belas dengan Tappei Nagoe. Sementara itu Pertunjukan Luar Biasa dipertontonkan Musashi Harc Pro lewat Dominique Aegerter. Dimana ia harus menelan pil pahit dengan mendapatkan penalty berupa start dari Pit Line plus tambahan waktu 90?Detik?baru boleh mengikuti Start, kini ia sudah bertengger diposisi dua belas, edann tenann rekkk

Dua Jam Terlalui !!
Lap ke Lima puluh lima Yamaha Racing Team masih memimpin dengan Alex Lowes, disusul Redbull Honda dengan Stefan Bradl dan Kawasaki Racing Team dengan Jonathan Rea. Beberapa saat kemudian beberapa Tim mulai melakukan Pit Stop dan pergantian Rider untuk yang kedua kalinya. Dan lima besar kini berubah Kawasaki Racing Team dengan Leon Haslam memimpin disusul Redbull Honda memimpin dengan Takumi Takahashi dan Yamaha Racing Team dengan Michael Van Der Mark. Posisi empat dan Lima ditempati F.C.C Honda dengan Freddy Foray dan Yoshimura Suzuki dengan Yukio Kagayama. Sementara itu Honda Asia berada diposisi empat belas dengan Zaqhwan Zaidi

Lap ke enam puluh lima Redbull Honda Ambil alih posisi puncak dari Kawasaki Racing Team, diikuti Yamaha Racing Team, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki. Sedangkan pimpinan kelasemen sementara SRC Kawasaki tercecer diposisi lima belas.

Lap ke Tujuh Puluh Empat Lima besar belum ada perubahan. Sementara itu posisi enam hingga sepuluh ditempati YART Yamaha (Broc Parkes), Musashi Harc Pro (Xavi Fores), S-Pulse Dream Team (Bradley Ray), Suzuki Endurance (Vincent Phillipe) dan KYB Moriwaki (Troy Herfoss). Dan Honda Asia masih bertahan diposisi empat belas.

Tiga Jam Terlalui !!
Lap ke delapan puluh dua Redbull Honda masih memimpin diikuti Kawasaki Racing Team, Yamaha Racing Team, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki. Sepuluh menit kemudian? Kawasaki Racing Team, Yamaha Racing Team, F.C.C Honda, Yoshimura Suzuki Masuk pit dan berganti Rider.

Lap ke Sembilan puluh giliran Redbull Honda melakukan Pit Stop stop dan Stefan Bradl kembali masuk. Posisi kedua saat ini ditempati Kawasaki Racing Team (Jonathan Rea) dan ditempel ketat Yamaha Racing Team (Katsuyuki Nakasuga). Disisi lain Honda Asia Dream naik keposisi tiga belas dengan rider Tappei Nagoe. Andi Farid Izdihar sejauh ini belum turun sekalipun.

Empat Jam Terlalui !!
Lap ke Seratus Delapan Kini Kawasaki Racing Team memimpin Race sementara diikuti Yamaha Racing Team dengan Gap Lima detik. Redbull Honda, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki melengkapi Lima besar. Sementara itu Honda Asia Dream naik keposisi dua belas. Selang beberapa Lap Kawasaki Racing Team dan Yamaha Racing Team masuk pit lagi untuk mengganti Ridernya. Otomatis pimpinan Race diambil Alih Redbull Honda yang memilih bertahan di Track.

Lap ke seratus delapan belas Redbull Honda masuk Pit, Takumi Takahasi Masuk menggantikan Stefan Bradl. Kawasaki Racing Team (Leon Haslam) kembali pimpin Race sementara diikuti Yamaha Racing Team (Alex Lowes), Redbull Honda, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki (Kazuki Watanabe).

Sementara posisi enam hingga sepuluh ditempati YART Yamaha (Marvin Fritz), Musashi Harc Pro (Dominique Aegerter), S-Pulse Dream Team (Bradley Ray), Suzuki Endurance (Etienne Masson) dan KYB Moriwaki Team (Tomoyoshi Koyama). Honda Asia Dream naik lagi ke posisi dua belas dengan Zaqhwan Zaidi. Andi Farid Izdihar sejauh ini tak kunjung Turun cakkk, mungkin ada dampak dari Cedera Jari kelingking kanan yang ia dapatkan saat menjalani Qualifiying 2.

5 Jam Terlalui !!
Lap ke seratus tiga puluh lima Kawasaki Racing Team memimpin Race diikuti Redbull Honda yang berhasil mengovertake Yamaha Racing Team. Beberapa Laps Kemudian Kawasaki Racing Team dan Yamaha Racing Team masuk Pit Stop dan mengganti Ridernya.

Lap ke seratus empat puluh tiga Redbull Honda masih bertahan di Track dan belum masuk untuk berganti Rider. Disisi lain Head To Head dipertontonkan Kawasaki Racing Team (Jonathan Rea) dan Yamaha Racing Team (Michael Van Der Mark) untuk berebut posisi kedua. Disisi lain Live Standing kini menunjukkan bahwa Suzuki Endurance berada di posisi pertama dengan 145 Poin dan berpeluang besar rebut gelar Juara dunia mengingat saat ini SRC Kawasaki cukup Struggling di luar sepuluh besar.

Lap ke seratus empat puluh Tujuh Redbull Honda lakukan pergantian Rider, Stefan Bradl masuk menggantikan Takumi Takahasi. Otomatis Kawasaki Racing Team kembali pimpin race sementara diikuti Yamaha Racing Team, Redbull Honda, F.C.C Honda, Yoshimura Suzuki, YART Yamaha, Musashi Harc Pro, S-Pulse Dream Team, Suzuki Endurance dan KYB Moriwaki melengkapi sepuluh besar. Honda Asia Dream bertahan diposisi dua belas dengan Tappei Nagoe dan sepertinya Andi Farid Izdihar tidak akan turun hingga akhir nanti.

6 Jam Terlalui !!
Lap ke seratus enam puluh tiga Kawasaki Racing masih memimpin Race dengan gap 5 Detik dari Yamaha Racing Team. Redbull Honda, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki melengkapi lima besar. Dalam kurun enam lap kemudian Kawasaki Racing Team dan Yamaha Racing Team masuk Pit dan berganti Rider, Sedangkan Redbull Honda masih dengan strategi bertahan di Track dan masuk Pit diakhir.

Lap ke seratus tujuh puluh lima Redbull Honda Masuk Pit, Takumi Takahashi menggantikan Stefan Bradl. Lima besar Posisi sementara kini ditempati Kawasaki Racing Team (Leon Haslam), Redbull Honda, Yamaha Racing (Katsuyuki Nakasuga), F.C.C Honda (Josh Hook) dan Yoshimura Suzuki (Sylvain Guintoli). Dan posisi enam hingga sepuluh tidak ada perubahan posisi..

7 Jam Terlalui !!
Lap Ke Seratus Sembilan puluh satu Redbull Honda sementara memimpin Race diikuti Kawasaki Racing Team, Yamaha Racing Team, F.C.C Honda dan Yoshimura Suzuki. Makin panass pakdee. Waktu akhir menjelang kemenanganan. Redbull Honda dan Kawasaki Racing bersaing ketat untuk mematahkan Rekor Yamaha. Sementara itu banyak Tim yang mulai masuk Pit untuk yang terakhir kalinya termasuk Lima besar teratas….

Hingga Akhirnya Jonathan Rea ditugaskan menjadi Rider terakhir dan kini ia ngacir didepan dengan Gap 25 Detik didepan Redbull Racing. Selang beberapa saat menjelang menit akhir Yamaha Racing Team ambil alih Posisi dua dari Redbull Honda. Namun menjelang Finish Rintik hujan mulai turun di beberapa Sector, hampir seluruh rider memilih bermain aman dan tidak mengambil resiko berlebihan..

Drama Pertama Terjadi Suzuki Endurance yang sedikit lagi mengesahkan Gelar Juara dunia harus menelan Pil pahit karena Ngebull di sepuluh menit akhir. Emann poll rekkk. Termasuk Jonathan Rea yang sudah ngacirr di depan Dlosorr, kekecewaan sangat mendalam pasti hinggap di Garasi Kawasaki. Bayangin wae cak sedikit lagi menjelang Finish malah Dlosorrr. Saat itu red flag dikibarkan…

So….dengan dlosornya beberapa riders, Yamaha Racing Team (Katsuyuki Nakasuga, Michael Van Der Mark, Alex Lowes) memasuki garis finish pertama dengan menempuh 217 Laps. Tapi hasil ini dianulir cak sebab meski hasil awal Yamaha Racing Team dinyatakan menang akibat Blunder dari Kawasaki Racing Team, akhirnya setelah mengajukan Banding Kemenangan Mutlak diberikan kepada Kawasaki karena Red Flag di Lap 217. Jika kita menyimak dalam ajang apapun Hasil yang di jadikan Final ketika Red Flag berkibar maka diambil dari full lap normal sebelumnya (lap ke 216) yang otomatis dipegang Jonathan Rea (Kawasaki). Wihhhh Ninja lageee cakkk….

Last….resmi Kawasaki patahkan Dominasi Yamaha yang berkuasa di Suzuka 8 Hours sejak 2015 Hingga 2018. Buat Kawasaki tentu Suzuka 8 Hours sebuah pencapaian luar biasa karena green team terakhir juara Suzuka 8Hours terakhir pada tahun 1993. Apalagi Dengan DNFnya Suzuki Endurance, Otomatis SRC Kawasaki akhirnya juga berhasil meraih Gelar Juara Dunia World Endurance Championship Musim ini. Lengkap sudah. Sebagai gambaran berikut hasil lengkap Suzuka 8 Hours 2019. Selamat buat geng ijo…juozz ! (Cc for iwb)

Top Ten Result !!!
1.Kawasaki Racing Team [216 Laps]
(Jonathan Rea, Leon Haslam, Toprak Razgatlioglu)
2.Yamaha Racing Team
(Katsuyuki Nakasuga, Alex Lowes, Michael Van Der Mark)
3.Redbull Honda Team
(Takumi Takahashi, Stefan Bradl, Ryuichi Kiyonari)

4.F.C.C TSR Honda
(Fred Dy Foray, Mike Di Meglio, Josh Hook)
5.Yoshimura Suzuki
(Sylvain Guintoli, Yukio Kagayama, Kazuki Watanabe)
6.YART Yamaha
(Broc Parkes, Marvin Firtz, Niccolo Canepa)
7.Musashi RT Harc Pro
(Dominique Aegerter, Ryo Mizuno, Xavi Forres)
8.S-Pulse Dream Racing
(Bradley Ray, Tommy Bridewell, Hideyuki Ogata)
9.KYB Moriwaki Racing
(Tomoyoshi Koyama , Yuki Takahashi, Troy Herfoss)
10.Honda Dream RT Sakurai
(Sodo Hamahara, Shinichi Ito, Kosuke Sakumoto)

11.Honda Asia Dream Team
(Zaqhwan Zaidi, Tappei Naggoe, Andi Farid Izdihar)

27 COMMENTS

  1. udah selebrasi malah di anulir, panitia nya pas hujan bbo dlu enak soalnya dingin. jos kawasaki pabrikan masspro jepang paling kencang.

  2. Dah DNF malah juara, harusnya pas suzuki mleduk red flag sehingga suzuki juara ewc trus kawasaki juara suzuka 8 hours. Yamaha harusnya menanglah,secara itu kan DNF bukan red flag tapi pembalapnya msh ditrek Ahsudahlah…

    • marquez gamau bawa mesin race spec 178hp, sudah pasti kalah, ingat power on wheel cbr1000rr itu paling kecil. sekitar 165an standar, full spec biasanya ketambahan 20hp+. paling besar kawasaki sama suzuki kawasaki full spec sbk bisa 225hp suzuki katanya 220hp spek bsb.

  3. Honda kencang di motogp aja. Superbike nya cupu. Emang konsumen bisa beli rc213v. Paling kenceng kan cbr1000rr ( di alam bawah sadar fbh).

Comments are closed.