iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Akhirnya Kemunculan Sirkuit Baru yang akan masuk dalam kalender MotoGP Musim depan resmi digunakan Test untuk pertama kalinya. Yups Kymi Ring, Finlandia sudah hampir rampung dalam pembangunannya pakdee..

Proyek Sirkuit Kymi Ring sebelumnya dimulai sejak tahun 2016 Silam, namun karna ada beberapa Faktor membuat pembangunannya terhambat sehingga beberapa bulan terakhir Proyek baru dikebut guna mempersiapkan diri sebagai Tuan Rumah pada gelaran MotoGP Musim depan.

Kymi Ring terletak di Iitti, Kymenlaakso yang berjarak 135 km dari ibu kota Finlandia, Helsinki. Nah untuk Sirkut ini sama seperti Track pada umumnya cakk yaitu berkarakter Clockwise atau Searah jarum jam, untuk Panjang keseluruhan Track adalah 4,6 Km dengan 18 Tikungan dan memiliki beberapa Straight. Straight terpanjang disirkuit ini mencapai 1,2 Km. Untuk Perkiraannya kapasitas Kymi Ring ini berkisar antara 100 – 150 Ribu Pengunjung, Seperti yang diungkapkan Tapio Nevala, Presiden Finlandia Motor Union melalui MotoGP.com

iklan iwb

Debut Kymi Ring akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Agustus. Test Rider masing masing pabrikan akan turun langsung dan mencoba Track baru tersebut untuk pertama kalinya. Telah dikonfirmasi secara resmi bahwa akan ada 6 Rider yang akan mengikuti Test yaitu Stefan Bradl (Honda), Jonas Folger (Yamaha), Michele Pirro (Ducati), Sylvain Guintoli (Suzuki), Bradley Smith (Aprilia) dan Local Hero Mika Kallio (KTM). Sementara itu kemungkinan besar Niki Tulli (Ajo Motorsport E Team) selaku tuan Rumah dan Pemenang MotoE pertama kalinya dalam sejarah akan melakukan Beberapa Lap Test dengan Motor MotoE.nya..

Menarik ikii pakdee karna Kymi Ring akan sangat dinantikan publik Finlandia, mengingat sudah hampir tiga dekade Finlandia tidak masuk dalam kalender MotoGP, terhitung sudah 29 Tahun sejak Grand Prix Swedia terakhir diadakan di sirkuit Anderstorp. Namun sebelumnya Sirkuit Imatra lebih dulu berakhir pada tahun 1982 silam. Dua sirkuit yang masih berada dalam kawasan Finlandia tersebut dikenal sebagai Track yang sulit. Anderstorp berada di Kawasan Flat Aerodrome. Sementara itu Sirkuit Imatra yang memang notabenya Track Jalanan, memiliki Jalur yang lebih ekstrim ketika ditempuh. Para rider harus melintasi hutan, danau bahkan Jalur Kereta Api. Edann tenannnn cakkk.. Tercatat Beberapa pembalap Legendaris mampu memenangi diantara kedua Grandprix Tersebut seperti Angel Nieto, Giacomo Agostini, Mike Hailwood, Freddie Spencer.

Last…Finlandia akan masuk dalam Kalender MotoGP mulai musim depan pakdee, kabarnya siap menggusur Sirkuit Brno, Cheko dimana Mereka mengalami Krisis dana dan masih berjuang keras Agar Brno tetap berada di MotoGP. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada 20 Seri dalam Kalender MotoGP musim depan. Btw Indonesia koq nggak ada kabarnya yo cak……(Cc for iwb)

15 COMMENTS

    • clockwise lek, nganan
      si engkez balapan mbi merem kui nek sirkuite anti clockwise alias ngiri

  1. Ky gk tau indo aja lek…bisanya cm koar2 bnyak nacot mau bikin sircuit gp lah..bla…bla…bla…! Metune blekutuk…ky kodok udut..udah dikasih ksmpatan jd tuan rumah moto gp aja kgk niat!! Alias ora mogattt!!! Sircuit wae drng digarap! ngipi wae jd tuan rumah moto gp! ???

  2. Indo gak akan pernah lagi jadi tuan rumah motogp lahan luas tapi gak punya duit coy ditambah pemerintah gak ada yg suka balap

  3. Mosok indo kalah seko Buriram Thailand. Padahal nak di piker piker kayane indonesia kiy negara luwih sugih daripada thailand

Comments are closed.