iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….agresifnya Honda ternyata juga tidak lepas dari pantauan followers dan pembaca IWB. Mereka-mereka yang juga mampu menganalisa mencoba urun rembug memberikan opini. Namun dari sekian komentar yang masuk kenewsroom, IWB cukup tertarik dengan opini cak Azka yang tajam dan kritis. Dan dari opini tersebut IWB bisa menangkap poin yang diutarakan doi yakni Honda Agresif, Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? intip detil surelnya dibawah ini….

Assalamu’alaikum kang iwb. Salam joss gandos sebelum nya. Sbg silent reader sya hny sdkit menanggapi kelahiran ADV 150. Seperti kita tahu sosok ADV mencuri perhatian luar biasa biker lokal maupun internasional, mungkin bahkan dunia gaib. Hahaha

Buat sya ini menarik tentang ahm yg skrg, seperti kita tahu. Skrg kita tdk bisa melihat data penjualan ATPM dr AISI. Seperti kita tahu penjualan ahm luar biasa kentir cak. Bahkan saat PCX lokal lahir inden luar biasa melebihi espektasi ahm. Nah ini menarik buat sya yg pernah bekerja d sana selama 3.5 tahun, d 2 departemen berbeda, assy unit dan die casting. Kita tahu ahm sdh pny 5 plant. Baik utk produksi lokal maupun ekspor…

iklan iwb

Yg menarik buat sya adlh kelahiran segmen baru skutik genio dan ADV. Yups bulan lalu ahm menargetkan penjualan genio sekitar 50rb/bln. Jelas bukan angka yg sedikit, angka tsb bisa d capai 1 line produksi. Dlu 1 line produksi perhari 2250. Mungkin skrg sdh lebih dr 2500/hr. Itu artinya ahm perlu menambahkan 1 line up produksi baru, krna ini segmen baru, sedangkan line up yg lain produksi nya pun sya yakin tetap kentir terutama varian keluarga beat dan Vario. Aplg seminggu yg lalu honda jg mengeluarkan new winner, sbg mn kita tau unit tsb buatan ahm jg.

Dan yg makin menarik lahirnya ADV tnyata ready stok unit jg byk, bahkan siap distribusi awal bln dpn. Ini mirip strategi d masa lalu dmn sblum launching unit motor sdh siap d distribusi kan. Klw dlu biasanya produk kelas menengah bawah. Nah utk ADV ini produk premium tp ahm berani mengambil langkah tsb, ini menandakan ahm sgt yakin produk ini akan laris bak kacang goreng. Ambisi ahm memang luar biasa cak, selain kekuatan modal yg bisa dibilang tanpa batas, dipercayanya ahm oleh honda Jepang dalam hal r&d (dlu thailand lebih d utamakan).

Berubah mindset ahm yg skrg jelas mendengarkan ap kta konsumen. Belajar dr persaingan tahun 2009 yg mna ahm hampir d kalahkan yamaha, wkt itu ahm sengaja nyetok 50000 unit demi brand no 1 tdk direbut cak. Sejak saat itu kita lihat ahm berambisi menjadi raja d semua segmen. Tepat 10 tahun mungkin tahun ini ahm bisa meraih penjualan 80% Nasional. Jelas ini mengerikan buat ATPM lainnya, aplg mereka lama utk berbenah dan byk melakukan inovasi, aplg lambat dalam hal pengembangan.

Yes skrg skrg keluarga nmax msh leading. Tp dgn keluar nya PCX, Forza, dan ADV, tdk menutup kemungkinan kejadian mio dan vixion bisa terulang. Ahm tdk hny menggempur pasar yg d kuasai yamaha saja, bahkan Suzuki dgn satriany sdh d kalahkan, kawasaki dgn KLX ny pun lewat. Next mungkin ahm akan mulai berambisi menguasai d segmen retro clasic/modern d kelas sport. Yup bisa kita lihat ahm sdh menjual monkey secara resmi dr thailand.

Besar kemungkinan ad ke depan ad kejutan dr segmen trsebut, wlpn segmented tp kelas tsb jg laris cak, bisa kita lihat w 175 melenggang kangkung tanpa lawan, utk kelas 250 mngkin byk pilihan selain royald Enfield dkk. Yess utk sementara utk clan cb seperti sengaja ditahan, hnya utk fokus d segmen big scootik. Kita bisa lihat segmen big skutik, retro clasic dan adventure perkembangan nya benar-benar menggiurkan. Zaman wis kentir cak, jualan motor lbih laris ketimbang jualan kacang goreng. Ngono wae cak. Maju terus buat iwb. Joss gandos pokoke – Azka Muslim

Juozz gandozz cak. Opininya dowo bin panjanggg banget namun tajam setajam cutter (hiayahhh). Dari penjabaran yang cukup panjang satu poin menarik yang bisa kita ambil adalah, Honda Agresif, Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? yupp…poin dari beberapa kalimat cukup jelas cak Azka menyebut kejadian mio dan vixion bisa terulang. Ahhhh nggak mungkinnnn, masih leading coyyyyy…mana mungkin penjualan NMAx 155 tumbang karena produk ini disukai dan sangat larisss. Pertanyaannya….bagaimana kita bisa tahu penjualan maxi skuter ini masih leading disaat data diatas kertas sudah tidak lagi diumbar ? ….

Dengan ditutupnya data AISI memang memberikan keuntungan bagi beberapa pabrikan yang marketnya terus menciut sebab image yang terekam dipublik adalah masa lalu saat data AISI masih diumbar. Oleh karena itu memang sulit bagi kita untuk menyimpulkan…siapa raja sesungguhnya dikelas maxi skuter saat ini ?? tidak ada bukti cak. Apapun itu, Yamaha memang tidak boleh terlalu santai diam ditempat. Harus melakukan gebrakan kecuali mereka siap semakin tertinggal jauh dari rival….

” Masa lalu Yamaha selalu menjadi raja diberita online…”

Lha piye, Blogger wae sampe bingung mau bahas Yamaha karena saking ademnya. Nggak ada tema cak. Celingak-celinguk di GIIAS 2019, welehh nggak ono pakde. Hanya 3 pabrikan Jepang yang eksis yakni Honda, Kawasaki dan Suzuki. Padahal dua terakhir market sharenya hanya kisaran 1 %…gurem lah dibandingkan garputala. Tapi mereka tetap konsisten eksis guna menyapa konsumennya. Sedang garputala ? diam dalam sangkar. Toh GIIAS hanya setahun sekali sayang tidak digunakan sebaik-baiknya. Iyo ora cak…

Last..hasil tidak akan mengkhianati usaha, kuwi wis hukum alam cak. Ibarat ada petani…satunya rajin nyangkul disawah serta memberikan pupuk tanamannya tiap saat, petani satunya leyeh-leyeh tiap hari rokokan dan ongkang-ongkang kaki, pasti hasilnya berbeda. Nggak mungkin hasil panen sama. Wisss hukum sang pencipta kuwi cak. Sama kayak IWB aja. Kalau IWB males-malesan ngetik artikel, mana mungkin warung ini laris…iyo ora. Kuwi hanya contoh. So…Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? apakah sampeyan salah satu yang setuju dengan opini tersebut ??…(iwb)

167 COMMENTS

  1. Seingat sy ‘perubahan’ honda sudah mulai saat rilis cb150r tahun 2012-2013, sejak itu semua produk barunya selalu laris direspon konsumen..yamaha cuma menang tahun 2015 saat awal rilis NMax & MX King -yg mana ditahun2 berikutnya semua produk yamaha gagal aka beginning of downfall for yamaha.
    sy sendiri pemakai produk yamaha+honda dari scorpio facelift, new jupiter mx, supra helm-in, cb150r gen1, mio m3, aerox, beat fi, mx king. testimoni objective sy adalah : produk yamaha pling bagus cuma new jupiter mx, semua produk yamaha utk part durability kalah sama honda (aka lebih boros sparepart), built quality menang yamaha tapi engine honda lebih smooth & refine. Overall secara performance, quality, comfort, durability menang honda…intinya data sales emang gak bohong, yg lebih baik pasti lebih laku 🙂

    • Yg kayak gini ga bakal di serap.. bagi sebagian fanboy, plastik bagus artinya semua bagus smpe ke baut2 mesin.

    • setuju. saya sebagai pengguna 2 merek itu bisa bener2 merasakan yg mana yg lebih bagus secara overall.

    • Setuju…saya juga pemakai multi brand satu periode 5 6 7 tahun 2unit Y n H dan pakainya sampai ancur (tapi tetep perawatan standart maksimal) baru jual.masalah part duability yamama kalah plus harga jual baliknya masih tinggi H.

  2. yamaha itu aneh. katanya pabrikan motogp, nyatanya ketinggalan soal teknologi dari kompetitornya. keok di motogp, keok di motor jualan. elektrik starter saja harus contek ACGnya honda di aerox dan lexi lalu ZRSGnya sym di freego.

  3. siapa bilang yamaha absen di GIASS 2019? mereka sekarang lagi fokus ke bintangnya GIASS wan (adv 150), tuh sampai dibikinin artikelnya berjilid-jilid. ibaratnya udah ngalahin jumlah artikel yang bahas adv 150 punya tmcblog digabung iwb

  4. DI era serba cepat hanya revolusi yang bisa memenangkan dalam persaingan. Review saja Honda pada 80 – 90 an, dimana produknya cuma itu2 aja, sampe2 sayapun buenci sama merek yg satu ini. Dimana saat itu Yamaha bisa merangkul jiwa muda dengan RXZ, RZR, F1, FIZ, FIZR, Satria 2T, bahkan impor TZM tapi Honda melulu di GL, Grand, Supra, bagus di ya Tiger, bahkan NSR aja yg 150R ( padahal thailand udah RR, SP, FSX ). Tapi makin kemari HOnda berevolusi desain dan strategi.Apa yg menjadi unggulan Yamaha mulai ditumbangkan satu persatu oleh Honda ( yg terpopuler adalah tragedi Beat the Mio ).
    Revolusi Honda tak sekedar strategi tapi juga berani mendobrak tradisi. Bbrp cth : konep2 Tadao Baba pada CBR yg simple mulai ditinggalkan denganc desain sharp shape, dan sangat diterima pasar, karena memang ditunggu2.
    AHM mengorientasikan 4 stroke tidak lagi pada kendaraaan famili tapi juga pada speed dan anak muda.
    Makanya, kalo mau rebut pasar ( walau agak terlambat ), berani berevolusilah atau bertahan fokus di segmen tertentu ( cth : kawasaki yg setia bikin sprot doang )

  5. Yups, memang bener lek IWB, YIMM skrg seperti kurang inovasi…
    Entah ada apa dengan mereka, beda bgt dgn zaman dulu, saat masih gempur F1ZR,VEGA R,MIO,NOUVO lanjut VIXION,SCORPIO,BYSON dan terus kembangin matic sampe SOUL,XEON pun hadir… tp setelah Mio Ambruk dihantam perkembangan BEAT juga Xeon,Mio Soul Series yg g berdaya melawan Vario Series
    Apalagi AHM gebrak dgn 3 varian Varionya 110.125.150 sudah jelas konsumen dimanjakan AHM, Tp YIMM bergeming seakan udah cukup dengan NMAX nya dan jg AEROX & LEXI nya yg “LUMAYAN” masih laris, entah knp mereka hanya berpatok pada 3 model itu ???
    Sedang Segmen Lain yg sepi aja berani main seperti MT-15, Bagus sih ada varian baru Free GO, sepertinya jg lumayan diminati Pasar, tp kyky blm bisa klo untuk mellawan kejayaan VARIO, butuh Design yg lewih WAH dan EYE Catching,
    Layaknya skrg ADV-150 yg menggebrak mata Dunia… nyaris tanpa celah dr segi Designnya…
    Semoga YIMM segera berbenah dan GERAK CEPAT jangn LAMBAN
    NMAX Facelif segera di release buat apa ditahan lg wong gambar dah tersebar lama juga. Keburu Konsumen bosen nunggu akhirnya pindah ke merk lain.
    Masukan jg sekalian buat SIS, yg LAMAAAA BGT Kembangin New Produknya
    Kalo mau bersaing ya FAST PROJECT Lahhh SIS…
    G usah banyak mikir, Ambil 2 design Haoujue (HJ150T & DR160)
    Udah bawa 2 motor itu dulu drpd mikir riset lama” g jadi jadi SIS
    #SALAM JUOS GANDHOS LEK IWB

  6. Apa mungkin karna Yamaha indo d jadiin basic prod globl/asia,JD yamaha ky bnyak menahan diri? Kesannya serba Kagok. Tpi y sudah lah kalah ya kalah aja yg pnting Yamaha sudah bikin Honda JD seperti sekarang penuh inovasi

  7. klo power mesin matic 150cc honda sudah sanggup melampaui power mesin 155cc yamaha, mungkin honda bisa mengambil pasar penjualan matic yamaha, krn daya tarik konsumen matic 155cc yamaha adlh terletak pada power yg lebih unggul dri matic 150cc honda, jdi jalan satu satunya honda utk mnjdi raja segmen adh dgn membangun mesin 150 yg baru yg punya power lebih besar atau tambah 5cc macem yamaha.

  8. mau ngampleng balik?
    ya jualan sport (sport classic-adventure) atau sport matic 2 silinder 250-400 cc pengapian 270 saja Yamaha
    yamaha kan msh punya nama baik kalau urusan
    – pengadaan part
    – kosmetik
    – part body terjangkau
    – fansboy militan
    – mumpung msh ada Rosi
    – di tipe tertentu kelas yg sama Yamaha bsa jual 2-3 jt lbh murah.
    udah manut aja deh

  9. Produk Yamaha masih pada geter, klo sektor ini ndak dibenahi, bakal jadi sasaran bully terus hehehe. Apa susahnya nyontoh peredaman produk-produk Honda sih 😀

  10. selama buat AHM atas lounching ADV nya yang lumayan tajam dan runcing di semua sudut. yang kaya makin kaya yang miskin tambah ndowoh,..
    masukan untuk YIIM buat montor yang up2date, sedang dan tdk bongsor, harga terjangkau kembali ke level 15-20 juta lah, awet, suku cadang murah. harga sekarang sepertinya konspirasi para juragan jepang. kita gak sadar sudah dijajah secara mindset dan ekonomi siang malem untuk urusan dunia (kerja) demi motor/mobil pujaan.

  11. saya pribadi setuju dg mayoritas komentar teman2 diatas. Dengan terus2an ngelakuin blunder mulu, terus terang yamaha sedang menuju kehancuran (paling tidak di indonesia), ibarat tanding MMA, udah fisik dari awal kalah gede, bukannya dilawan dengan teknik, taktik cerdas dan kegesitan dlm bermanuver, eh malah sok kuat leha-leha, ngendurin penjagaan, alhasil dikamplengin mulu, ini ibarat sempoyongan babak belur tinggal dua nafas terakhir yg masih tersisa (nmax-mx150), tinggal nunggu the last punch dari honda K.O deh yamaha.
    Salam netral dari penunggang setia jupe burhan n GL125 ?

    • Fiks kurleb kek BAnya si Mbah46 gak pernah mau koreksi kedalam selalu merasa Uda sempurna.

  12. padahal loh ya , bos bos e yamaha dan honda dan suzuki di jwpang sana pada ngopi karo rokok an, cekikan ngguya ngguyu ndelok wong -62….

    guampang temen bujukane, karo.kipasaan duik yen

    wkwjwjwj

  13. Wow mantapppp….nih ulasannya…tapi secara pribadi saya sangat kawatir jika pangsa pasar dalam negeri hanya didominasi satu merk…. bisa bisa harga dia yg akan menentukan……jadi lagi lagi konsumen yg akan merugi…..

    • Semoga Suzuki bangkit dan tidak budek lagi.bosan lihat yamama yg ketika Uda bisa bersaing dgn Honda selalu terulang jumawanya.

  14. Menurut opini pribadi saya,next year 2020 Yamaha sudah nyiapin motor2 baru lek Iwan,bisa sampai 5 produk baru loh.new nmax,new aerox monoshock,new Mio,trail,dan new jupi z atau new soul GT.

  15. silent reader coba post ya

    matic +- 30jt
    pcx 150 scooter elegant
    adv 150 scooter adventure
    vario 150 scooter ‘hampir’ sporty
    …… 150 scooter retro (ini kalau sampai keluar… sapu bersih semua segmen tersedia)

    komen sing sopan

  16. Pergerakan Yamaha senyap sekali sekarang. Yg juli ini harusnya testing MT25 malah off. Kabar trail juga yg di jadwalkan rilis januari kemarin malah diundur total. Kan bege malah nelurin freego.

    Kenapa dengan Yamaha apa perlu Saham YIMM 40% di ambil oleh orang indo lagi biar kembali jaya seperti era YMKI dahulu yg bisa gempur honda AHM. Untuk QC serahkan ke Yamaha Jepang dan Thailand. YMKI dulu jaya QC juga di serahin ke Jepang dan thailand sebelum ekspor. Design yamaha dulu malah bagus2 ketimbag sekarang ( untuk moped + naked sport ). Untuk sportnya saya hanya melihat bagus di R15 saja. Untuk R25 maap dari samping oke seperti kakaknya. Dari depan ? No!

    Tinggal nunggu waktu beberapa tahun lagi Yamaha akan mati suri menghadapi gempuran Honda. Oke untuk Sport diatas 300cc Yamaha masih mendominasi di Daratan Eropa, Australia dan Amerika. Sisanya ? Di Asia ambruk di hajar Honda.

  17. Mau tumbang atau kagak yg untung ya jepang. Lagian harga motor baru juga gak pernah head to head biar bisa sama sama survive tuh produk jepang. Mau ada yg disuntik mati juga toh merk jepang yg lain juga masih ada. Jadi ya woles. Yg goublok itu yg pusing mikirin ???

  18. Assalamualaikum Wr. Wb. Cak Iwan.. arief dr sby sbgai silent rider.. judul d atas pas bgt Tumbangnya NMAX tinggal menunggu waktu cak IWB,, sperti terlenanya Era Mio Sporty sampai akhirnya Honda Beat pelan2 mendominasi penjualan skutik di Indonesia..karakter mesin yg ringan di tarikan bawah dan lbh irit drpda mio sporty dan di dukung AHM yg sangat kuat dr sektor manapun.. akhirnya bikin Yamaha kaget dan skrg nama Mio pun tenggelam…
    Begitu pun NMAX jika Yamaha masih terlena dgn disain NMAX skrg…bukan tak mungkin, PCX pun secara silent oleh Honda d revisi sedikit dan NMaX pun punah pelan2

  19. Saya rasa yahmama akan tetap punya user loyal, taruhlah 10% dari MS roda 2 nasional, itu udah sangat bagus jika menghadapi astra group sengan segala yang dimilikinya

  20. Gua kasih bocoran kenapa yamaha seperti budeg dan terkesan mengabaikan suara konsumen:

    Pada 2009 dan 2010, yamaha mengimbangi (tapi blm mengalahkan) market share honda di persentase 40 persenan kecil. Menghitung foresight 2010 dan seterusnya bhw ada optimisme penjualan yamaha akan mendekati 4 juta unit pertahun, maka yamaha jepang berinvestasi besar2an (dlm bilangan T) hingga yamaha indonesia mampu produksi 4 juta ++ unit pertahun menjadikan pabrik di indonesia adalah pabrik yamaha terbesar di dunia.

    Yang terjadi kemudian 2011 dan seterusnya, sangat mengecewakan, bukannya mendekati 4 juta pertahun, malah gagal mempertahankan prestasi sebelumnya, hanya 2,9 juta dan konsisten menurun di tahun2 berikutnya. Tahun kemaren bahkan hanya di kisaran 1,5 juta unit saja.

    Udah invest Trilyunan dan hasilnya hancur lebur sangat mengecewakan jepang, yamaha jepang merasa dikhianati konsumen indonesia dan janji2 manis manajemen di indonesia.

    Sejak saat itu yamaha pusat kapok, indonesia terbukti bukan lagi pasar yg menarik, itulah mengapa development dan investasi baru di indonesia menjadi mandeg, produk2 baru gagal bersinar dan tidak berhasil menarik konsumen baru, kalopun ada produk yang kelihatan bersinar (nmax, mxking dll) itu hanya karena kompetitor belum benar2 serius menggarapnya.

    Yamaha indonesia, dlm jangka pendek hopeless deh, kecuali ada miracle yg bener2 radikal.

  21. Bodoh amat emang gue pikirin.. toh sama sama jepun punya. Mau H.Y.S.K… Mereka orang orang jepun gk bergeming meski nantinya di jalan cuma ada satu merk saja.. toh merknya masih punya dia..

  22. Motor disini yg laris tu yg model desainnya cakep. Dan di Yimm era tersebut habis setelah era mio karbu, jupiter burhan, new vega r, vixion. Udah gitu aja.

  23. Opini saya. .yamaha cm ketawa lihat agresif mendadak dr ahm, lagian motor nmax makin bnyk kok dijalanan. .mskipun blm kluar yg facelift. Yg jlas honda ga mau persentase market share ny turun. Malu gitu dah capek2 bayar media. .masa ms ga mnngkat. .
    Mungkin mksd artilkel iwb tumbang nya pcx lokal hanya mslh waktu? .ini saya yakin. .krna apa model pcx bnyk PR nya, dr pd diserang sm yamaha dluan mnding ahm ngmbil gbrakan scpat nya. .yaitu mngluarkan adv. Krn apa sekilas adv ini lbh ke desain aja. .ga ada woww nya gitu. .cm pake ban baru biar keliatan adventur bnget. .cm gitu aja. .kita lihat saja nanti adv menumbangkan nmax? 100% mimpi. .muehee.

  24. Tendang manajemen Yamaha sekarang, mereka seperti musuh dalam selimut.
    Membiarkan penjualan terus turun merupakan bunuh diri terencana.
    Yamaha butuh Revolusi, bukan Evolusi.
    Honda tidak mau berjalan sendiri, persaingan harus tetap ada.

  25. Menurut Saya ADV150 bukan musuhnya Nmax, beda segment lah Kan sudah Ada PCX150 lokal.
    ADV150 adalah senjata yg akan melibas Aerox 155 & Xride 125 !!!

    Kita lihat saja 3 bln – 6 bln ke depan hehee….yg jelas Saya yy akan nambah omset AHM soalnya ADV150 yg Saya nanti2 Kan selama ini. Bravo AHM!!!

  26. Ngomongin Yamaha Honda …Sama aja kartel …Mereka berdua mah udh lagi pesta pesta dan sebentar lagi nmax baru akan keluar ibaratnya sama sama saling memberi utk meraup untung bagi konsumen +62

  27. bersyukur kalau gak ada nmax gak muncul pcx n adv… gak ada vixion gak muncul cb150r,,, salutttt yamaha pioneerrr

  28. Aja pada gelut!

    Inget pesen Kang IWB bahwa persaingan 2 “penguasa” roda dua di Indonesia itu baik buat kita, masyarakat. Tinggal pilih. Selesai.

    Duit-duitmu, mau beli atau mau nyicil yg mana yo sak karepmu! Betol?

    NB:
    Saya belum pernah beli/kredit merek Honda. Wkwkwkwk.

Comments are closed.