iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….agresifnya Honda ternyata juga tidak lepas dari pantauan followers dan pembaca IWB. Mereka-mereka yang juga mampu menganalisa mencoba urun rembug memberikan opini. Namun dari sekian komentar yang masuk kenewsroom, IWB cukup tertarik dengan opini cak Azka yang tajam dan kritis. Dan dari opini tersebut IWB bisa menangkap poin yang diutarakan doi yakni Honda Agresif, Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? intip detil surelnya dibawah ini….

Assalamu’alaikum kang iwb. Salam joss gandos sebelum nya. Sbg silent reader sya hny sdkit menanggapi kelahiran ADV 150. Seperti kita tahu sosok ADV mencuri perhatian luar biasa biker lokal maupun internasional, mungkin bahkan dunia gaib. Hahaha

Buat sya ini menarik tentang ahm yg skrg, seperti kita tahu. Skrg kita tdk bisa melihat data penjualan ATPM dr AISI. Seperti kita tahu penjualan ahm luar biasa kentir cak. Bahkan saat PCX lokal lahir inden luar biasa melebihi espektasi ahm. Nah ini menarik buat sya yg pernah bekerja d sana selama 3.5 tahun, d 2 departemen berbeda, assy unit dan die casting. Kita tahu ahm sdh pny 5 plant. Baik utk produksi lokal maupun ekspor…

iklan iwb

Yg menarik buat sya adlh kelahiran segmen baru skutik genio dan ADV. Yups bulan lalu ahm menargetkan penjualan genio sekitar 50rb/bln. Jelas bukan angka yg sedikit, angka tsb bisa d capai 1 line produksi. Dlu 1 line produksi perhari 2250. Mungkin skrg sdh lebih dr 2500/hr. Itu artinya ahm perlu menambahkan 1 line up produksi baru, krna ini segmen baru, sedangkan line up yg lain produksi nya pun sya yakin tetap kentir terutama varian keluarga beat dan Vario. Aplg seminggu yg lalu honda jg mengeluarkan new winner, sbg mn kita tau unit tsb buatan ahm jg.

Dan yg makin menarik lahirnya ADV tnyata ready stok unit jg byk, bahkan siap distribusi awal bln dpn. Ini mirip strategi d masa lalu dmn sblum launching unit motor sdh siap d distribusi kan. Klw dlu biasanya produk kelas menengah bawah. Nah utk ADV ini produk premium tp ahm berani mengambil langkah tsb, ini menandakan ahm sgt yakin produk ini akan laris bak kacang goreng. Ambisi ahm memang luar biasa cak, selain kekuatan modal yg bisa dibilang tanpa batas, dipercayanya ahm oleh honda Jepang dalam hal r&d (dlu thailand lebih d utamakan).

Berubah mindset ahm yg skrg jelas mendengarkan ap kta konsumen. Belajar dr persaingan tahun 2009 yg mna ahm hampir d kalahkan yamaha, wkt itu ahm sengaja nyetok 50000 unit demi brand no 1 tdk direbut cak. Sejak saat itu kita lihat ahm berambisi menjadi raja d semua segmen. Tepat 10 tahun mungkin tahun ini ahm bisa meraih penjualan 80% Nasional. Jelas ini mengerikan buat ATPM lainnya, aplg mereka lama utk berbenah dan byk melakukan inovasi, aplg lambat dalam hal pengembangan.

Yes skrg skrg keluarga nmax msh leading. Tp dgn keluar nya PCX, Forza, dan ADV, tdk menutup kemungkinan kejadian mio dan vixion bisa terulang. Ahm tdk hny menggempur pasar yg d kuasai yamaha saja, bahkan Suzuki dgn satriany sdh d kalahkan, kawasaki dgn KLX ny pun lewat. Next mungkin ahm akan mulai berambisi menguasai d segmen retro clasic/modern d kelas sport. Yup bisa kita lihat ahm sdh menjual monkey secara resmi dr thailand.

Besar kemungkinan ad ke depan ad kejutan dr segmen trsebut, wlpn segmented tp kelas tsb jg laris cak, bisa kita lihat w 175 melenggang kangkung tanpa lawan, utk kelas 250 mngkin byk pilihan selain royald Enfield dkk. Yess utk sementara utk clan cb seperti sengaja ditahan, hnya utk fokus d segmen big scootik. Kita bisa lihat segmen big skutik, retro clasic dan adventure perkembangan nya benar-benar menggiurkan. Zaman wis kentir cak, jualan motor lbih laris ketimbang jualan kacang goreng. Ngono wae cak. Maju terus buat iwb. Joss gandos pokoke – Azka Muslim

Juozz gandozz cak. Opininya dowo bin panjanggg banget namun tajam setajam cutter (hiayahhh). Dari penjabaran yang cukup panjang satu poin menarik yang bisa kita ambil adalah, Honda Agresif, Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? yupp…poin dari beberapa kalimat cukup jelas cak Azka menyebut kejadian mio dan vixion bisa terulang. Ahhhh nggak mungkinnnn, masih leading coyyyyy…mana mungkin penjualan NMAx 155 tumbang karena produk ini disukai dan sangat larisss. Pertanyaannya….bagaimana kita bisa tahu penjualan maxi skuter ini masih leading disaat data diatas kertas sudah tidak lagi diumbar ? ….

Dengan ditutupnya data AISI memang memberikan keuntungan bagi beberapa pabrikan yang marketnya terus menciut sebab image yang terekam dipublik adalah masa lalu saat data AISI masih diumbar. Oleh karena itu memang sulit bagi kita untuk menyimpulkan…siapa raja sesungguhnya dikelas maxi skuter saat ini ?? tidak ada bukti cak. Apapun itu, Yamaha memang tidak boleh terlalu santai diam ditempat. Harus melakukan gebrakan kecuali mereka siap semakin tertinggal jauh dari rival….

” Masa lalu Yamaha selalu menjadi raja diberita online…”

Lha piye, Blogger wae sampe bingung mau bahas Yamaha karena saking ademnya. Nggak ada tema cak. Celingak-celinguk di GIIAS 2019, welehh nggak ono pakde. Hanya 3 pabrikan Jepang yang eksis yakni Honda, Kawasaki dan Suzuki. Padahal dua terakhir market sharenya hanya kisaran 1 %…gurem lah dibandingkan garputala. Tapi mereka tetap konsisten eksis guna menyapa konsumennya. Sedang garputala ? diam dalam sangkar. Toh GIIAS hanya setahun sekali sayang tidak digunakan sebaik-baiknya. Iyo ora cak…

Last..hasil tidak akan mengkhianati usaha, kuwi wis hukum alam cak. Ibarat ada petani…satunya rajin nyangkul disawah serta memberikan pupuk tanamannya tiap saat, petani satunya leyeh-leyeh tiap hari rokokan dan ongkang-ongkang kaki, pasti hasilnya berbeda. Nggak mungkin hasil panen sama. Wisss hukum sang pencipta kuwi cak. Sama kayak IWB aja. Kalau IWB males-malesan ngetik artikel, mana mungkin warung ini laris…iyo ora. Kuwi hanya contoh. So…Yamaha NMAX tumbang hanya masalah waktu ?? apakah sampeyan salah satu yang setuju dengan opini tersebut ??…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

167 COMMENTS

    • Selamat datang mongtor impian masyarakat smart
      Selamat tinggal mongtor fitur jadoel body kulkas
      MuuuuUUUuuuuehehehe….

    • ahm mulai bangkit dari tahun 2015 cak lewat rentetan produk desain kerennya di vario gen 4 led, new cb150r dan sonic 150r

    • Pinternya Yamaha, saat penjualannya mulai menciut melobi AISI agar data penjualan tidak diumbar.

      Menurut pengamatan pribadi, penuualan NMAX udah kalah sama PCX.

      Cek aja di jalanan, hampir ga pernah lihat NMAX baru.., beda dgn PCX baru yg makin banyak berseliweran di jalanan.

    • Gak perlu data aisi .
      -Lihat dg kasat mata yang berseliweran.. Bisa lihat Perbedaan itu ada.
      -ada kenalan di beberapa perusahaan leasing? Bisa dapat data dan gambaran.
      – bisa juga dari data tnkb

    • Yang tumbang duluan yg beli motor karena pingin bukan karena butuh. Ga bakal berhenti nyicil dan nyicil lagi….hihihi

    • Masih ada 2 Slot kosong di meix H
      _ antara Vario150 (. ) Pcx
      _antara Pcx150 (. ) Adv

      – antara Vario150 (. ) Pcx
      Bisa saja tow..Skupi 150 yang makin retro modern? ?
      Bisa saja tow ada Adv125 paket ekonomis? ?
      Bisa saja tow Vario150 versi advance dg disain baru yang lebih dibenturkan ke kompetitor nherox? ?

      Antara pcx (. ) Adv150
      Silahkan ditebak2 ?
      Ayooo…maunya yang mana?

    • Gak usah lagi teriak nemex Facelift nherox facelift..karena itu lahir tahun depan..apakah tahun depan H diem dan nyatai?
      Selain Slot yang diatas..udah ada Program pcx Facelift ( tergantung S n K ) bakal ada 1 new lagi dimetik150 dan tentu angin2 metix250 lokal yang pernah terhembuz ?.
      Tunggu saja terawangan LekWan dg ilmu kanuragan Mlumah murep mingkep nya?

    • akhirnya, Gak sido nyales nmax seken cak,
      piye maneh sing anyar ae TUMBANG opo maneh sing seken,
      ancur sak ancur-ancure.
      mending ke lain ati ae 🙂
      daripada tumbang sak tumbang-tumbange.
      masuk rosokan bisa-bisa, duh piye-piye rasa iki 🙂

    • Ingat dosa bro semua…!!! Lu jelek jelekin nmax yang laris manis bak kacang goreng kemudian lu ikut ikutan jualan maxi adv biar viral…( tradisi ngekor dan nyontek desain sambil ngebully ) boleh jualan asal jangan menghina apalagi yg lu hina itu produk yg kalian copy…kan lucu saya dengarya, ingat akhirat, lu semua anak beat ya ?

    • Market semua dikuasai honda hahaha !!! Lu semua mustinya mikir, klo ga ada yamaha saya yakin mesin kuno cb/gl masih nemplok di megapro dan tiger di 2019 ini…dengan fitur tangki bocor dan mesin 2 klep ecek ecek dirantai. Salam jembatan runtuh dari komeng…jupiter z

    • Ini opini atau penggiringan opini? Inovasi YAMAHA: xmax, nmx, aerox, freego… Siapa yg berinovasi dengan maxi skutik? Yamaha…!!! Sebelah? Cuma ngikut, ngekor bahasa kerennya yaitu improvisasi…. Sudah tradisi AHM dengan desainer lokalnya cuma bisa ngekor dan ngekor. Setelah itu ngejelek jelekin produk yg dijiplak mentah mentah, salam yah bedanya cuma segeini by. Deddy mizwar jupiter z

    • @last samurai
      strategi ahm itu wait n see, ahm jarang “babat alas” masbro mereka emang sengaja liat kompetitor dulu gimana respon pasar terhadap suatu segmen motor kalo positif baru ahm ikut terjun dengan produk yang lebih oke ketimbang yimm ibarat kalo pertandingan sepakbola main counter attack nggak ada yang salah itu salah satu strategi cerdas kok dan terbukti berhasil ambil contoh beat nabok mio, cb nabok vixion, 250rr nabok r25
      ahm ngekor nggak cuma ngekor tapi mereka kasih lebih makanya mereka mimpin penjualan
      thanks to yimm juga karena beberapa kali menjadi pioneer.
      Sekarang kamu mau teriak” ahm ngekor, yimm first mover ya percuma semua kembali ke realita mana yang lebih banyak diterima di masyarakat gitu aja.
      #salamwaras
      NB : pcx sama nmax duluan pcx

    • @last samurai
      pakai logika juga bisa, kalau ahm kamu katain tukang copy dan tukang ngekor eh ternyata produk ahm lebih laku dan diterima masyarakat jadi kesimpulannya gimana?
      produk junjungan kamu yang kurang bagus atau produk copyan ahm yang memang lebih bagus?
      ah katanya “boleh jualan asal jangan ngehina” dicek lagi komentarmu yang ke 1, eh komentar selanjutnya kamu malah isinya menghina
      jadi kamu kan yang lucu wkwk

    • Yg gak waras itu yang ngekor, nimbrung ngikut ngikut, setelah itu ngejelek jelekin yang jadi patokan….. Salam tangki bocor

  1. Hanya waktu yg bisa menjawabnya
    Tapi sepertinya sudah dekat didepan mata
    Selama yimm masih “arogan” dalam menentukan langkah
    Desain yg mundur harga yg tinggi dan tidak mendengar masukan konsumen pasti kolabssss

    • iya, para petinggi YIMM seperti tutup mata & telinga terhadap masukan konsumen,
      kayanya yg didengar petinggi YIMM cuma ‘masukan’ (baca: puja puji) dari blogger2 binaan mereka sendiri.

    • Adv 150 muncul, harga diatas 33juta
      Nanti Nmax muncul, harga bisa diatas 30juta

      Adv 150 semacam jadi gerbang, untuk membuka harga matic 150 diatas 30jutaan

      Katrol terus harganya,,,dan kita makin nekad beli dengan cara kredit,

    • Betul bgt cak, secara tersirat honda menebarkan virus 30juta buat matic premium 150. Mending tahan diri sodara-sodara, kalau belum mampu ya jangan nyicil dulu. Syukuri yg ada dan rajin menabung. Lama-lama bisa tembus 40jt nih metik 150cc

    • Tapi, gak mungkin juga Y dg nemexnya yang facelift ( penambahan fitu spek dll ) diharga yang masih sama bro . Mau tak mau…penyesuaian ( menambah harga ) adalah jalan yang harus di tempuh.

  2. Adv bisa mengejutkan krna bocorannya minim banget, pas launching dan tau harganya segitu semuanya langsung berasa hype. Klo nmax mau launching new nmax, kyknya ga perlu kaget lg sih krna udh oada tau semua modelnya

    • Jup MX dan NMax.. tahta terakhir…
      Masih gitu2 aja…
      diserang bertubi2 belom ambrol..
      Maih gitu2 aja…

      Giliran pasukan Winner n Adv150…
      Ambrol kah…

  3. Yamaha pun hanya masalah waktu juga hingga akhirnya mereka bangkrut dan hengkang kaki dari sini kalau begitu terus modelnya. Hancur karena kelakuan sendiri, banyak sekali contoh produk dari yamaha ya mio, ya jupiter z, ya vixion, ya scorpio. Sebentar lagi nmax lalu aerox 155 yang akan tumbang. Dan akhirnya nama yamaha hanya tinggal kenangan..

    Semoga honda bisa lebih menguasai lagi hingga 90% lebih market di Indonesia, supaya pabrikan lain sadar dan makin gercep.

    • bisa sih 90%, asal perbaiki kualitas cover knalpot maticnya, kualitas cat, ke rigid an cover body dan getaran cvt di rpm bawah. That’s all i guess. Sebelum disangka sales, proclaim dulu, saya pengguna kedua merk ?

    • Sebenarnya sih biarin aja yamaha jangan smpek tumbang nanti gak ada moment2 kayak gini lagi neh hiya-hiya-hiya ?

  4. Idem cak, betul sekali pendapatnya. Saya dulu ngarep bgt facelift nmax keluar dan mungkin bukan saya aja. Tapi apa daya, marketing nya tidak bisa mendengarkan konsumen… akhirnya banyak beralih ke honda. Apalagi saat ini keluar adv 150, dari bentuk nya ae ganteng bgt……

  5. Yimm sepertinya sdh putus asa,mo kek gimana juga ahm dgn kekuatan dana yg tdk terbatas susah untuk.ditaklukkan…akhirnya mo rilis nyu enmek aza maju mundur..apalagi setelah liat respon adv150 yg luar biasa makin ciut aza nyali yimm….akhirnya kekuasaan n max akan tumbang dgn sendirinya?

    • Urusan nemex itu sebenarnya urusan jepang..karena global.
      Tapi emang , jepangnya Y selalu memonitor gerak gerik H indo n thai

    • Punya tmax dan xmax gak dibuatkan yg versi kecil ya. Mt07 ditahan terus pdhl merk lain gencar jualan moge.

    • Sampai detik ini gue msih belum sreg sama desain lexy,kk udah punya nmax tp begitu lexy brojol langsung beli…tiap saat melototin body lexy desainnya kok gd bagus2nya….knp ga brojolin smax ato force aza yg jelas2 desainnya keren bgt..

  6. Intinya Yamaha over confident, model product sedikit kurang varian dan hanya mengandalkan varian terlaku sebagai tulang punggung penjualan. Beberapa tahun kebelakang Yamaha terlalu santai ini kayak khasus atau dejavunya Suzuki. Padahal urusan spartpart Yamaha lebih unggul karena tidak sulit mendapatkan entah slowmoving / fastmoving. Sudah berkali – kali dari beberapa tahun kebelakang konsumen mengkritik dan memberi saran Yamaha cuma didengar dan woles dengan alasan kita menang di ekspor.

    Sampai suatu ketika saya sendiri datang ke salah satu dealer Yamaha di jawa tengah dan ada pernyataan yang bikin garuk – garuk kepala dari mekanik dan sales dari dealer tersebut. Mereka bilang sales pada pindah ke Honda karena Honda banyak varian dan gampang laku, beda kayak dulu pas jaman Mio, Vixion dan Nmax awal” jika satu sales tiap bulan bisa menjual 40 unit, 2 tahun kebelakang 15-20 unit / sales aja udah syukur mas.

    Salah satu konsumen yg kebetulan sedang service pun jadi target bahan pertanyaan juga. Dan jawabannya pun sama, Yamaha kurang varian jd banyak konsumen lama pindah haluan ke Honda.

    Opo ora suek cak, Yamaha seakan beberapa tahun mengabaikan saran konsumen. Padahal jika Yamaha mau menambah varian produk bisa pakai satu basic frame yg sama tinggal ganti bodi. Mau produk sport jangan salah jika Yamaha menghadirkan kembali Scorpio/ FZ25 yg asal India bakal bak kacang goreng. Lupakan soal segment trail menengah (150cc), Yamaha bisa masuk langsung di segment dual purpose (touring) atau bahkan membuka segment baru.

    Sekian unek – unek saya cak. Gemes sakjane sama Yamaha gak gercep. Kalo masih gini – gini saja tidak dapat dipungkiri nasib Yamaha di Indonesia tinggal menunggu waktu menggantikan Suzuki!!!

    • Keputusan eksport jadi bumerang untuk yamaha sendiri,line produksi yang harusnya bisa buat produksi model lain jd ga bisa bisa karena udh di pake buat produksi eksoprt nya, sudah seharusnya yamaha buka plant satu lagi supaya varian motor bisa lbh banyak…

  7. Saya bukan fans boy,tapi yamaha sebenarnya punya mesin lebih unggul. Cuma honda mulai membidik desain yang lebih baik belakangan ini. Terlepas dari merk yang melekat dimasyarakat akan honda. Yamaha harusnya jgn mengulur” produk berkaca dgn mio ataupun vixion. Bahkan isu moge lokal MT07 seakan menunggu hingga bikers yang nunggu bisa kelain merk atau nunggu ninja 4 silinder.

  8. Dulu ketika honda terpuruk dan hampir dikalahkan yamaha, apakah honda mereformasi manajemen kmd bangkit? Jgn2 yamaha juga perlu ganti manajer spy bangkit?

    • Dulu sering banget para blogger posting produk review motor barunya Yahama.. biasanya dipenjemin untuk dites n review.. Entah setahun dua tahun atau tiga tahun terakhir gak pernah lagi lihat postingan review produk Yahama dari unit yg dipinjemin..
      Kayaknya memang manajemen YIMM ada perubahan.. Skg malah AHM yg getol dengan komunitas blogger dan lebih ngedengerin “noise” yang diinginkan konsumen..

  9. Bagian marketing, R&D dan desainer Yamaha mesti di ganti…
    Ga ada terobosan yg berarti..
    Prediksi sy, akhir Tahun ini, MS nya Yamaha di 10-12% dan bakal terus menurun.

  10. motor makin mahal makin banyak begal motor makin kesini motor bukan sbg motor kerja kebanyakan motor hobi yg dipakai harian sparepart makin susah sy tetap revo 100 aja ma mx king sbg hobi dan mobil karimun tuk keluarga

    • biarin, tinggal nunggu metic 150 cc seharga 50 juta. konsumen Indonesia mah pada sultan, metic 34 juta dibilang murah ? sukurlah

    • Memang jamannya yang sudah gitu, ,
      Selagi upah buruh naik tiap tahun ya semua harga pun ikut naik,,
      Sekarang saja GP buruh 4,8jt tertinggi, ,

    • Memang jamannya yang sudah gitu, ,
      Selagi upah buruh naik tiap tahun ya semua harga pun ikut naik,,
      Sekarang saja GP buruh 4,8jt tertinggi, ,

  11. Dan waktupun berputar lebih cepat,
    Dari roda yang berjalan lambat…
    Selamat datang buat Sang Pemenang..!

  12. “Y” gak sda di di GIIAS!??

    …dan fby hanya bisa nyinyir gigit jari karena produk Y gak ada yg bahas…

    Apanya yg mau dibahas… Org gak ada yg baru ???

    • bener Cak.. ngandalkan product lawas! orang sudah bosan dengan product “Y” yang lama.. g ada inovasi blass… wkwkwkwk..

    • [email protected] yup dan tanpa sadar makin buat orang penasaran bukan sekedar melihat demi bukti akhirnya pembacanya ngeloyor ke dealer Honda buat buktikan dan ternyata sebagian mungkin merasa nyaman(murtad jadi fby)kalau terulang mungkin bisa jadi banyak yg murtad opo ora jadi blunder.

  13. maaf cak, sya bukan fan boy yamaha, jga honda, ymha dulu beda sm skrang soal kualitas mesin, sya pengguna mio, mbit, dan ymaha jadul RX 100. dan untuk saat ini honda lebih baik sosl kualitas mesin menurut saya.. maaf cak ini opini saya

    • Ya itulah pabrikan yang bagus, ,
      Ada kasus gredeg ya diselesaikan, ,visual bengkok ya terselesaikan, ,
      Klothok?? Masih ada kah kasus klotok di CB gen 2 atau gen 3??

  14. Setuju dengan komentator lainnya Cak Iwan, “naik”-nya Honda bukan hanya karena desainnya tambah ciamik, tapi juga karena desain pesaing terdekat semakin “turun”.
    Bahkan desain lama produk sebelah jauh lebih bagus dari desain barunya ataupun produk barunya, penurunan desain diawali dari Scorpio klingon, Byson terbaru, New Vixion, dan sekarang Lexi. Jangankan FBH, FBY pun saya yakin mumet lihat desain Yamaha sekarang, hanya NMAX dan MX yang desainnya masih ciamik dan penjualannya cukup bisa bertahan (sementara) dari gempuran Honda.

    • Desain bobroknya yamaha itu dimulai kala era jupiter z 115 cc bro..makin kesini makin hancur desain produk yamaha… Sorry no offesense buat fby atau sales.. gue juga pengguna yamaha maupun honda

  15. Cak.. Tampan bener diatas mio J.. Itu umur brp cak.. Awet muda.. Aku yg laki ampe gk bosen mandangin.. tp aku bukan LGBT cak.. Hahahah

  16. pertanyaan saya:
    sampean sudah kerja di AHM kok keluar,padahal kata penumpang kereta yg duduk belakang saya,kerja di Astra (entah Astra yg mana) itu ‘gak enak’ , la wong bonusnya 17x gaji ..opo ga enak ? ?

    • true story, dulu ada saudara yg kerja di salah satu perusahaan Astra.
      gaji gede, bonus gede, tapi work environment kurang enak.
      apalagi kalau sudah mencapai level jabatan tertentu, para bos grup Astra rada rasis, mereka cenderung memihak kelompok ras tertentu.
      karena gak betah, akhirnya dia keluar dan sekarang jadi wiraswasta dengan duit tabungan selama kerja di grup Astra.

    • jangankan karyawan, teman kuliah ane sendiri adalah anak direktur utama astra, yang notabene juga pemegang saham terbesar, sering ditanyain dosen kenapa ga ke astra, atau nerusin bapaknya, jawabanya simpel, etos kerja sangat profit sentris bahkan terkesan merusak lingkungan, demi profit. kebetulan anak akuntansi dia sering lihat catatan atas laporan keuangan perusahaan bapaknya, pajak yang dibayarkan ke pemerintah ga setimpal sma dampak ekspansi perusahaan. akhirnya wiraswasta beneran gamau nyentuh perusahaan bapaknya.

  17. turunin harga NMAX dibawah 20 pasti ga ada tempat buat ADV dan motor2 metik lain…wkwkwkwk analisa barbar

  18. Saya setuju cak, YIMM sekarang bener2 sepi dan ngga masif di media, padahal pencitraan tuh memegang porsi penting dalam persaingan, hahaha…

  19. Mungkin yg membuat Yamaha Indo “budeg” ya karena apa2 harus lapor dulu sama Yamaha Jepang. Atau dengan kata lain, kepemilikan Yamaha Indo itu sepenuhnya punya Jepang. Beda jaman YMKI beberapa saham masih punya orang Indo, makanya desainnya orang indo banget. Produk2nya juga longlasting macam Old Vixion 3C1, Jupiter Z burhan/MX 4speed, Scorpio Old, dan banyak lagi. #CMIIW

  20. Bagi saya dominasi honda bukannya berita bagus, justru jadi berita buruk buat konsumen. Saat persaingan tidak ada, pelaku monopoli bisa seenaknya matok harga. Konsumen juga yang dirugikan. Mirip kejadian tenggelamnya prosesor AMD dulu saat Intel berkuasa.

    • pada seneng kok konsumen Indonesia. mereka pengen harga motor terkerek terus. mungkin biar dikata hebat bisa beli metic 150 cc 2 klep 34 juta ?. mungkin lho ya ?

    • Yg salah bukan Honda yg mendominasi bro, tapi kompetitor kenapa ga bisa buat produk yg menarik dibanding Honda?

      Coba klo kompetitor punya produk yg bagus dan menarik, Honda ga bakal mendominasi.

    • ya ttp slah dua dua nya kalau bisa murah kenapa ga? ingat kan kasus kartel? saling melengkapi harga si anu matok harga segini saya naruh harga segini biar harga segitu jadi harga yang lumrah, wong sudah diputuskan bersalah kok ketuk palu di pengadilan. ya ttp namanya sma sama perusahaan jepang berkomptisi tp saling melengkapi. orang indonesia mah begitu asal keren beli wkkw.

  21. Setuju si kang.
    Klo petani jarang kasi pupuk, pngen subur darimna ?
    Laiyo setahun 1x aj, apa susahnya, buat di liput.
    Kolom komen biarin sperti ini kang.
    Sy lbih suka, n rame pastinya

  22. Yamaha kayaknya lengah lagi….brand awarness yang sudah kuat (hampir setara honda) bisa turun terjerembab lagi nich.
    Mio series dan Nmax adem ayem, fino yg 11 12 …design yg kurang nggigit ( lexy yg aneh dan freego di sektor buritan yg ga nendang) …tinggal nanti kembali saat orang bilang: nggak beli motor tapi beli “honda”.
    Imho

  23. Tetap pilih Yamaha karena Durability lebih bagus dr produk AHM saat ini. Model hanya masalah kemasan dunia. Yg penting naik motor gak pake buat sombong

    • betul. komstir obrak itu sudah jadi trademark yamaha sejak jaman rx-king sampe sekarang. motor baru dipake setahun lebih itu sudah minta bongkar komstir.

    • Tak kasih tau sampean bro, ,
      Sebagus bagusnya kualitas, ,kalo yang pakenya ga bener sama saja bakal ancur, ,
      Yang penting gimana cara ngerawatnya, ,perawatan motor buat kerja beda sama motor buat sore hari, ,kualitas??
      Saya si mending milih motor yang nyaman dan minim getar
      Lagian jaman sekarang semua pabrikan kualitasnya podo wae, ,alias sami mawon, ,

    • Sepertinya memang benar bro. Saya beli vario esp 125 baru 6 bulan pake sudah gredek gredek. Bengkel resmi juga gak tau penyebabnya. Padahal itu motor gak pernah dipake lebih 10kilo sehari, maklum saya domisili di kota kecil.

  24. Disaat kwalitas honda ahm makin meningkat setara produk global thailand, nanti akan terbiasa motor 150 harga 45 jt, itu juga hanya masalah waktu krn tuntutan konsumen sendiri, tidak ada yg bisa koreksi… Karena kompetitor tidak punya taring dan tempat di tiap segmen… Jadi “downgrade” nanti jadi nostalgia andaikata, jikalau dulu bla.. Bla. .. Blaa…
    Atau justru akan ada motor bermesin asli brand Indonesia, ….

    • Ya jangan ambil yang 30jt kalo gak sanggup, ,
      Banyak yang 16-20jt dan bervariasi, ,kalo pun ga ada BC ya gausah menggiring opini bahwa semua harga motor direntan harga 30jt
      Nyatanya yang 15jt juga ada, ,
      Atau mungkin penjenengan yang kurang wawasan?

  25. Kalo opini saya itu yamaha modyar karena R&Dnya sndiri yang entah berpatokan ke konsumen dunia sebelah mana. Produk yamaha itu setelah di facelift biasanya modelnya makin (maaf) ancur. Itu yg bikin market lebih melirik atau setidaknya compare dengan Honda. Karena biasanya orang beli motor itu karna jatuh cinta pada pandangan pertama. Saya sendiri sampai saat ini penikmat Yamaha dari tahun 2012 (Mio J CW 2012, Soul GT 2014, Nmax 2017) berdampingan dengan Honda Revo dan Vario sampai skrg dan saya benci untuk mengakui kalo Nmax itu enak. Harapan saya, setelah Nmax difacelift nanti jgn jadi ancur dari bentuk maupun performanya. Jangan sampai produkmu sendiri yang menjadi pembunuh dirimu sendiri di pasar roda dua Indonesia. Semangat Yamaha !

  26. Mio vs beat terulang lagi sih, yamaha secara desain gamau agresif entah kenapa, padahal mesin mereka juoss. Emang sih yamaha terkenal dengan ke ciamikan bikin mesin bisa dilihat mesin mesin kelas dunia lahir dari yamaha (yang terkenal 2JZ, 4AGE, 1LR-GUE). Kalo kaya gini mendingan yamaha ambil pasar segmented aja macam Ducati, Aprilia, KTM jadi secara development desain bisa ngeluarin budget banyak, daripada berusaha jualan kelas kecil susah mulu desain telat update. Idealis banget yamaha, ibarat orang disuruh beli kacang dengan duit 10rb, honda beli kacang murah tapi bisa beli air buat ngebersihin + belu bungkus rapi, sedangkan yamaha beli kacang bagus tapi ga bisa dibersihin dan hanya dibungkus oleh kertas putih polos

  27. Yamaha… entahlah akhir? saya seperti melihat bukan melihat yamaha lagi..
    Giias yang jelas? dapat perhatian dunia bisa begitu saja di lewatkan,ini saya bener? melihat yamaha sedang sakit, petingginya banyak yang ngga bisa kerja,moment? penting banyak tidak di manfaatkan oleh yamaha,malah bikin acara dangdutan sendiri yang kalau di liat manfaatnya sama sekali ga ada buat produknya,berharap penonton dangutnya peduli dan ingin tau produk yamaha?? Kagaa.. yg ada mereka dateng cuma pengen joget dan menikmati mulusnya artis? panggung nya,selesai acara yg ada di pikiran penonton bukan produk yamaha tapi paha artisnya yg terngiang di otak penonton tersebut….
    Mau sampai kapan yamaha berkutat dalam kebodohan sprti ini terus?
    Blogger? papan atas di jauhi dan sok?an miara blogger ecek? macam permana triaz, yang ada cara itu makin menjauhkan yamaha dengan calon konsumen nya..

  28. kalo melihat sepak terjang AHM 2-3 th terakhir yang berani keluar dari zona nyaman, mencoba beberapa desain yg bisa dikatakan bukan seperti AHM yg dulu.
    nyatanya membuahkan hasil. terlebih sumber daya yg cukup besar dibanding pabrikan lain. ibaratnya kalo mau mungkin AHM bisa main di pricing killer untuk menjatuhkan penjualan pabrikan lain.
    YIMM mungkin terkesan “adem” tanpa pergerakan yg signifikan seperti AHM, bisa jadi karena “target penjualan” sudah tercapai. atau masih banyak amunisi yg disimpan. namun cepat atau lambat persaingan akan kembali bergairah bila YIMM kembali seperti di era kejayaan MIO & Vixion dulu. berani mengeluarkan produk yg bagus (luar dalam) dgn harga yg kompetitif.
    masih banyak celah yg bisa dimainkan YIMM di segmen matic low (MIO series) mid (new X-Ride 125/150 ?) high (aerox 250 ?)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here