iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kenthirrr njaran cicak bin kadal tenan. IWB asli bengong bin mlongo saat mantau pengumuman banderol Honda ADV-150 malam ini olah AHM. Lhaa piyee cakkk….AHM seperti ngamuk. Grup Astra ini membuat kejutan dengan memasang adventure maticnya diangka yang bikin celengan ambrol. Yup…setelah menunggu dari siang tadi, dipastikan Honda ADV-150 dijual AHM diangka termurah 33,5 jutaan. Bikin mumet ndasss rekkkk-rekkk….

Akhirnya Setelah menunggu hampir seharian Astra Honda Motor resmi mengumumkan harga Honda adv 150 yang dijual termurah di angka 33,5 jutaan. Harga ini berlaku untuk tipe CBS-ISS. Artinya dengan harga tersebut Sampeyan sudah mendapatkan perangkat rem combi brake system yang dipadukan dengan fitur idling stop system. Sementara untuk tipe diatasnya yakni versi ABS Honda menjual di angka 36,5 juta on the road Jakarta. Artinya hanya beda 3 jutaan rupiah untuk mendapatkan versi anti lock brake system dan ini sangat menggiurkan….

iklan iwb iklan iwb

Secara fisik Sampeyan sudah tahu secara gamblang karena IWB sudah jabarkan di beberapa artikel sebelumnya. Oleh karena itu kali ini kita akan coba membedah spesifikasi mesin yang diusung oleh Honda adv 150. Motor skutik adventure tersebut ternyata memiliki basis engine dari Honda PCX 150 seperti itu dugaan IWB. Bedanya motor ini memiliki power 14,5 PS pada 8500 RPM yang artinya 0,2 PS lebih kecil dibandingkan dengan Honda PCX 150 yang memiliki tenaga 14,7PS. Namun torsi sebaliknya…

Seperti dugaan IWB sebelumnya karakter dari Adventure bike adalah akselerasi maka pada Honda adv 150 torsinya lebih enak dibandingkan dengan PCX 150. Jika Honda PCX 150 memiliki torsi sebesar 13,2 nm pada 6500 RPM maka untuk Honda adv 150 adalah 13,8 nm. Begitupun sasis ternyata mengambil basis dari PCX 150 dengan beberapa perubahan pada titik mounting baik shockbreaker ataupun komponen pendukung lain. Tipe sasis adalah double cradle. Yang mencengangkan lagi adalah bagasi….

Tidak seperti artikel sebelumnya yang memperkirakan angka 25 liter…bagasi Honda adv 150 mencapai 28 liter dengan tangki BBM sebesar 8 liter. Wowww….nggak akan sering mampir pom bensin cak. Btw…untuk tinggi tempat duduk mencapai 795 MM alias tetap bersahabat buat biker dengan tinggi badan sedang. Lalu bobot motor secara keseluruhan adalah 132 kg tipe CBS dan 133 kg untuk ABS. So…. semua misteri Honda adv 150 sudah terbuka gamblang….

Last….tentunya kurang afdol jika artikel tidak didukung dengan video review secara lengkap. Dan tenang cak…IWB rela nglembur buat sampeyan supaya rasa dahaga dan penasaran sampeyan terjawab. Oleh karena itu Vlog Honda adv 150 sudah IWB racik dan upload di YouTube Iwan Banaran channel….dan inilah video reviewnya. Disclaimer penting…bertahanlah untuk tidak tergoda karena jujur pakde, racunnya ngeriiihhhh. Video yang akan sampeyan tonton didepan mata ini sudah kategori bom nuklir. Aboottttttttt sanggane…lawong IWB wae mumet :mrgreen: . Salam celengan ambrollllll….(iwb)

Video Review ADV150

Foto warna ADV150

Spesifikasi ADV-150

Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan BakarPGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah57,3 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
Rasio Kompresi10,8 : 1
Daya Maksimum10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type

 

ipe RangkaDouble Cradle
Tipe Suspensi DepanTelescopic
Tipe Suspensi BelakangTwin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban Depan110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem DepanHydraulic Disc
Rem BelakangHydraulic Disc
Sistem PengeremanTriple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)
Panjang X Lebar X Tinggi1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk795 mm
Jarak Sumbu Roda1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah165 mm
Curb Weight132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar8 L
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 L ( Penggantian Periodik )

Tipe Baterai Atau AkiMF 12 V – 5 AhSistem PengapianFull TransisterizedTipe BusiNGK MR8K-9

Advertisements

127 COMMENTS

    • Udah Auto beli nih Lek, cuma belum ada tulisan Lekwan yang mengatakan ..silahkan melipir kedealer terdekat untuk Inden ? tapi bener kan Lek ? Dah bisa datang ke dealer untuk Inden kan? Atau inden online?
      ?

    • Secara Desain sih memang mantep bener dan ga bohong ya, kalah nmax kemana”..
      Tp secara engine masih pakai engine pcx yang lemot..
      Menurut saya tidak sesuai dengan karakter yang garang..
      Kalo ada yang bilang mau ngebut dimana? Jalanan macet semua,.
      Lah bagi sya yang suka akselerasi dan kecepatan ya pasti suka motor yang larinya ngacir lah..

    • Agst 19 July, 2019 at 00:11
      Secara Desain sih memang mantep bener dan ga bohong ya, kalah nmax kemana”..
      Tp secara engine masih pakai engine pcx yang lemot..
      Menurut saya tidak sesuai dengan karakter yang garang..
      Kalo ada yang bilang mau ngebut dimana? Jalanan macet semua,.
      Lah bagi sya yang suka akselerasi dan kecepatan ya pasti suka motor yang larinya ngacir lah..

      itu torsinya sudah naik bang,pastinya lebih ngacir bang dibanding pcx.betul gak bang

    • [email protected] makanya baca spek datanya,..
      Ente pikir akselerasi matic² non honda ada yg lbh baik dari maticnya honda di masing² kelas..?? Lu pikir akselerasi nmax lbh kencang dari pcx lokal??
      Demen kecepatan? Belinya jangan matic, paling ga jangan beli matic yg peruntukannya untuk adventure, lu sama aja demen topspeed tinggi tp milihnya trail..
      Jd saran gw kalau mau jelekin ga usah sok² di depan muji² dulu trus endingnya tetep niat jatuhin,khas fby muna bangt itu..
      Liat langsung belum,nyoba langsung belum, liat aja baru dari foto udah sok²an ngomongin kecepatan… wkwkwkwk

    • Untuk mempertahankan eksistensi nemek, silahkan kaum fby somplak bc adv150 ini
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • Tought mate brown ?? saia juga merasakan apa yang Lekwan rasakan… Deg deg an , bikin susah mengatur nafas…. Gak salah lagi Adv150 membuat dunia tersihir ?

    • @bang udin.
      Anda belum pernah coba kedua motor itu kan antar pcx dan nmax?? (Jangan naik beat mulu) wkwkwk
      Makanya belum tau rasa tarikan nya kedua motor itu. Cobain dulu deh baru tau anda bos., Sy ngomong juga bukan asal”an bos,.
      Kalo torsi cuman nambah dikit di oprek ama honda dengan mesin yang ttp sama ya cuman nambah dikit doank ga seberapa rasanya..

    • @agustus,emang itu mesin comotan pcx tapi kan torsinya sudah dirubah,jd jambakanya lebih galak dri pcx,jgn2 anda ga ngerti arti power sama torsi???????

    • Salah kyanya ane komen di sarang penggemar honda prodaknya disinggung dikit udah goblok”in orang.. ??
      mohon maaf kyanya yang balesin komen ane ga pernah ngerasain naik motor bagusan dikit dari Mbeat dkk..
      Sini main ke bali dulu, motor macam nmax pcx aerox vespa matic udah ky kacang goreng.. ?????

    • AGST yaowoh iya iya di tempat lu banyak motor bagus pcx,pespa,namex wkwkwk…itu motor biasa bgt sih soal kecepatan…sini maen tempat gw cobain rx king gw kalo mau rasain kecepatan…cc nya cuma 135

      ngomongin matic 150cc yg dibahas speed…aneh

    • Harga sgini mah ga akan bikin celengam ambrol. Krn ga minat riba blasss. Vario gen 1 saya jg msh uenak tenan, mulus tanpa gredekkkk……hihihi

    • Bukan cc155 yang bikin mesin maxi luar biasa dahsyat…!!! Belajar mesin dulu, jangan hanya belajar cc wkwkwk, mesin macan ompong tiger yang 200cc juga bukan lawan vixion R yang cuma 155 cc karna sudah 4 klep ( 4 core ibaratnya klo di handphone ) nah tiger itu mesin 2 klep ( dualcore ) yg jadul banget wkwwk, sama kya vario dan pcx, jelas bukan lawan 4 klep… Apalagi ditambah vva. Tau gak vva itu apa? Vva itu buatan TOYOTA…(vvt-i) wkwwk paham belum nak, YAMAHA dan TOYOTA itu masih satu grup… Ekekeek

  1. Rearshock doubel JK monoshock lbh mirip kakaknya. Shock 40cm kurus menjulang jd jelek. Ngk tahu review pas dipakai ….saran klw beli tunggu batch 2. Ngeri klw kecewa ngk ada kamus recall di AHM utk mtr berjamah lokal …?

    • Bagaimana bisa ada batch 2 kalo batch 1 aja gak ada yang beli/review apalagi semua orang disuruh nunggu batch 2. Wkwkwkwk. Peduli setan cuk. Siap siap makin ambrol celenganku karena langsung ganti Ohlins. 2019 gagal DP mobil ?

    • nemex udah drop karena hadirnya pcx yang semakin hari semakin kuat dan merajalela hingga sept sekarang ini . Kemudian nemex Y melemparkan bumerangnya dg keluarnya gambar paten ,hmmmm…semakin ngedrop jualan.
      Sekarang muncul si adv ini ,niscaya aliran itu semakin menjauh dari Y.
      Nanti..disaat nemexFL muncul ,antusias sudah jauh berkurang apalagi selang beberapa saat setelahnya akan muncul pcxFL ..walaupun masih sebatas kode dan paten.
      Mungkin kode dan paten pcx tsb akan berimbas ke Pcx sendiri , sama sept yang dialami nemex sekarang ,namun H sudah mempersiapkan backup yang sangat kuat..yaitu si adv150 dalam mengatasi masa transisi penyegaran si pcx ?
      . Nah dg bertambahnya si adv ini dan kedua kubu bersiteru..prediksi saya , Y hanya bisa bertahan 2 tahun saja.
      Solusi Y ? Ya … mau tak mau Mesti new produk lagi sembari nunggu respon ?

    • H sudah mempunyai pengalaman positif terkait produknya yang sekarang gak menjual power atau kencang ? udah dibuktikan..dulu ,dg spek tinggi diatas lawan..dg mudah H kuasai market .kemudian , seolah olah H menyunat urusan power..dengan spek rendah namun memberikan nilai plus dilain sisi sept kenyamanan handling dll , mereka tetap mampu kuasai market dri respon positif .
      Dapat kita bayangkan , jika H kembali membenturkan kekuatan mesin tsb terhadap lawan2nya..maka pertarungan tsb Gak pake lama ? , jadi..biarlah ‘ paket mesin lebih kencang ‘ tetap diberikan ke pabrikan lain sebagai senjata jualan mereka dalam bertahan ( bukan menggebrak low ya ) ?

      Mereka itu saudara sesama jepang ,mereka gak bakal membiarkan saudaranya hancur habis..dibalik perseteruan ,mereka akan selalu menetapkan ‘ balance ‘ sesuai dg kadar..porsi..dan Kasta ?

    • [email protected] pcx yg rame di bully sama fby smp saat ini tetap aja laris,pemilik yg di ceritakan oleh fby katanya ngeluh nyatanya masih pada enjoy pake pcx,..
      Dan yg perlu di ingat oleh kaum fby adalah di mana ada produk honda yg di BC abis²an yg ada produk itu malah jd laris..

  2. Wkwkwkk ,,, ane gak yakin itu shock depan bakal kuat apa tidak buat hajar lobang,, secara shock diameter kecil dengan panjang segitu,, belum lagi AHM desain ini motor maksa banget njengatnya
    tapi entah,, pilihan berada di konsumen
    yang kita tahu,, problema dalam produk pertama kluaran honda, mesti banyak masalah yang berujung tak mau tanggung jawab ,,,

    FBH,, dipersilahkan

    • Di inden saja bro ? biar sampean masuk lingkungan Kasta tertinggi..Bcan kaga mempan…makin di bc makin larizzzz ?

    • Darsono 18 July, 2019 at 23:56
      Wkwkwkk ,,, ane gak yakin itu shock depan bakal kuat apa tidak buat hajar lobang,, secara shock diameter kecil dengan panjang segitu,, belum lagi AHM desain ini motor maksa banget njengatnya
      tapi entah,, pilihan berada di konsumen
      yang kita tahu,, problema dalam produk pertama kluaran honda, mesti banyak masalah yang berujung tak mau tanggung jawab ,,,

      tapi seperti biasa baang,laris manis.karena konsumen jg dah tahu gakda produk yg lebih baik drpada produk H bang…

      diperlukan kualitas produk yg lbh baik untuk meruntuhkan dominasi H bang,maaf ye bang

      FBH,, dipersilahkan

    • Itu R 25 shock gedee tp ringkihh
      Bnyk bukti video kwalitas Y gimana..?
      Jgn ngomong shock keciL lahh
      Liat dulu sesembahanmu ituuu

    • Maksud detailnya yang dihajar dari sebelah apaan bro ? Bukan kah dari jualan kamvaz rem beat saja udah cukup membungkam semua produk tetangga? ?

  3. Lumayan cak iwb, ini lawan yang sepadan buat first mover duo maxi aerox dan nmax vva yang secara harga dan segmen ada dikelas berbeda

  4. Klo pcx memang harus di akui sulit melawan dominasi aerox dan nmax yang keren sejak lahir dan menyandang sebagai first mover bigmatic tentu memang tidak mudah… Last tinggal menunggu review impresi dan playabilitynya cak

    • Dominasi dalam hal apanya bro? Jualan? Kalau jualan sih ..nemex dah tepar dari hampir 5 bulan lalu ? 30 ribuan pcx tiap bulan habis bro.. indennya tetap panjang ?

    • Setau ane, khusus pcx malah diluar ekspektasi dari team marketing ahm, disesuaikan kapasitas produksi di awal”… Krn inden banyak, maknya sblum puasa ditambahin kapasitas produksinya… Silahkan tanya aja ke yg kerja di pabrikan ahm, bukan sales”… Hihihi…
      Dan pcx bukan dipersiapkan utk mengungguli nmax ataupun aerox… Tapi emang utk jualan dan skdar mengganggu pasar nmax&aerox…

      Utk adv ini keren, tapi saat ini cuma tertarik ama motor kopling, terutama isu 4 silinder kelas ekonomi… Wkkk

    • Penjualan bulanan nmax udh di libas oleh pcx bro… cm krn nmax keluar jauh lbh lama jd keliatan di jalanan nmax lbh banyak ketimbang pcx lokal..

    • Udah hampir 5 bulan nemex ditumbangkan pcx . mau miring kek..mau gredex kek..mau barongsai kek kaga mempan , siSumo Pcx indennya gak habis2..itu realita lowh ?

    • @last samurai…First mover big matic???
      Hallo….?? Perasaan PCX sdh ada jauh sebelum nmax..
      Mo ketawa takut dosa..wkwkwk

    • @last samurai, first mover big matic nmax?
      Goblok goblok makanya baca baca sumber sebelum komen

      Ngakak liat orang goblok kaya elu

  5. Peta urutan jumlah jualan udah berubah
    Beat
    Vario
    Skupih dan
    Pcx
    Cb
    Cbr
    ?
    Dibawah cbr masih H bro

  6. Tapi sejujurnya saya butuh matic advance macam pcx, nmax, adv dengan deck rata kaya lexi. Semoga honda mau keluarin saingan lexi

    • Benar sob, secara fungsi lexi lebih fleksibel dgn dek rata dan tampilan premium selain itu dgn mesin 125 cc vva lebih gesit dan irit, buat jarak jauh jg oke powernya bisa diadu dgn metik lain yg sekelas.. Lexi juga semakin banyak dijalanan dan pjadi rimadona baru ,bagi tukang ojek online jg oke.

    • Untuk intern Y… Semuanya bagus, tapi tidak untuk ditandingkan dg big H , apalagi urusan penjualan ? duit jualan kampaz rem beat saja masih banyak ketimbang semua jualan motor tetangga ?
      Pcx dan adv ini bagian dari hasil jualan kampaz rem beat.

    • Lexi mesin berisik lama2 dipakainya
      Mending Vario biar dblng katro tp mesin haluss
      BengkeL2 jg pd komen, klo Y pke oli yg kentalan dibanding H
      Ini realita loh…

    • Apapun itu Y tetaplah Y the mover, sekali lagi jika tidak ada duo aerox dan nmax toh si adv 150 juga ga bakal ada, ini motor cm hasil improvisasi aja.

  7. Mirip aerox. Diadu ngebut juga kalah ne motor, tapi harga nya malah lbh mahal 10 jeti. Belum kualitas plastik masih setara beat n vario cs. Kebangetan ambil margin nya ???

    • Lek…….cukup ngartikel ADV150 nya
      tolong Jgn di bikin lagi
      Kasihan FBY somplak gk bisa bc nih mongtor
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Ngakunya pelopor keselamatan, kualitas plastik helm aja lebih rendah dri pada helm caberg yg 150kan wqwqwqwqwq, tpi karna ada fitur legendaris auto down kaca helm kali makanya utk menekan cost produksi helm dipakai material plastik seperti itu

  8. Harga gak kompetitif sama N max dong…masih bisa bernafas lega tuh N max..berrti dia punya kelas sendiri…klo menurut aku sihhh…aku g bisa bayangin klo harga setara dengan N max ataupun pcx sekalipun…bisa hancur lebur nih pasar skutic

    • Itu murahh x boss..
      Liattt dulu baik2 makanyaa… Jgn asal ngomongf
      Klo dibwh hrga standarny, nasibmu ky R25 ituuuu
      Di Recall2 molooo tuh
      Itu realita Loh,
      Sy bkn FBH, montorku K
      Wkwkwk
      Pengen ketawa takut dosa

    • Kalau soal kenceng, ,tinggal seting ulang sektor cvt dijamin ngacir sampe 130kmpj
      Saya saja 125cc bisa lari 130kmpj, ,,mau lebih kenceng ganti rasio gearnya

    • Mw ngebutt naik kelass ajaaa
      Minimal 250cc lahh…
      Nanggung pke sportt 150cc,

      Nyarii eksis lahh..
      Vespa jaa udh bnyk berkeliarann

  9. Harganya masih masuk akal.. Asli ini beneran bagus, cak IWB, kali ini sampeyan boleh lebay krn emg ediaaann kerennyaa??

  10. Waduh yg nabung nunggu buat nmax anyar tabungannya banyak yg ambrol nih.. haha..
    Honda memang ga pernah pelit masalah fitur..
    Apakah nasibmu (nmax) seperti sang legenda (mio) yang terlupakan??

    • Meracikk ulang mahh
      Tamatt riwayatt
      Harusny udah all new NMAX ituu
      Skrng malah, gk kluar2
      Keduluan ttg sebelahh dehh
      Wkwkwk
      Pengen ketawa takut dosa

    • all new nmax bukan untuk melawan adv150 tapi buat pcx150. adv150 segmen baru seperti di lini sport. vixion vs cb150, r15 vs cbr150, xabre & mt 15 segmen baru, jadi adv150 ini menurut saya seperti mt15. jadi kalo yamaha mau buat pesaing adv150 ya harus buat motor baru bukan all new nmax.

  11. Kang, itu mesinx memang kuat untuk semi offroad atau coverx aja dual porpuse tpi bawahx gk untuk main tanah2an…

    • Ini bukan buat main tanah kang, ,setidaknya nyaman libas jalan semi offroad, ,misal jalan kampung yang belum diaspal, ,dll karna tipenya adventure bukan offroad

  12. Dan gila aja mau main tanah pake matic, ,saya si ga akan berfikir sepolos itu gan, ,
    Yang pnting modelnya cakep
    Btw, ,shock pcx saja sudah berasa empuk banget ini ditambah sama tabung bertuliskan showa, ,apa gak klewatan nyindir sebelah??

    • Itu memperjelas dan konsumen ndri
      Yg merasakan perbedaan2nyaa….

      Maen off road pke montor traiL lahh
      KLX 230 sudah mumpuniii
      Gk ush naik kls klo bkn balapan

      Y mank gk rasional
      Klo tebarr2 iklan

      Wkwkwk
      Pengen ketawa takut dosa

  13. ane kira balik lagi ke selera.
    dan selera orang, ngga semuanya suka yg designnya ribet.
    kaya liat bus aja karoseri adiputro keliatan banyak hiasan lampu macam pasar lampu.
    sebalikny karoseri laksana terlihat pas dan elegant.
    kita liat aja penjualan nmax kalah sama pcx, tapi nte coba hitung di jalan pcx yg berseliweran msih jarang dibanding nmax.

  14. torsi lebih berguna dan efeknya lebih terasa di daily use apalagi advanture. horse-power mah harus tunggu jalanan sepi ato hutan yg punya jalan tol.

  15. Jatuh hati dgn design nya, …?
    Matic 150 yg udah udah ngga bikin baper, tp ini bener” memalingkan dari semuanya…thanks AHM…

  16. Klo masuk jawa timur, pajak nambah 1.5 jeti….jadi sama kyk cbr 150 jadi 35 jeti….sy blm punya mobil, jadi fokus beli innova diesel 2010.

  17. Smartkey ga cak? Abs nya depan doang kayak kasus pcx ga cak? Kasus sasis ga simetris yakin ga bakal keulang lgi cak? Kasus gredek gmna cak? Plastik tipis, cat tipis??????????????

  18. yamahe ngapain aja ini? baiknya si nyiapin nmax model baru, semoga blm nyerah dagang di indo. semoga new nmax gak malu2in modelnya. gas terus.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama