iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…… seperti yang kita tahu Honda Vietnam resmi merilis new Winner 150 2019. Generasi facelift yang berubah total dari gen lawan tersebut cukup menyita perhatian akibat desain yang jauh lebih berotot dan gahar. Tapi kita tidak akan membahas itu. Namun IWB akan coba bedah tuntas spesifikasi generasi terbaru facelift. Apakah motor ini lebih kencang dibandingkan dengan gen lawas? Intip Mega gallery dan bedah Tuntas di artikel IWB berikut ini…..

Honda Winner 150 atau Supra GTR 150 Facelift resmi dirilis di Vietnam. Banyak perombakan dilakukan oleh Honda untuk melawan Yamaha MX King atau Y15ZR di Malaysia ataupun Sniper 155 di Vietnam. Dan dalam pandangan pribadi apa yang dilakukan Honda dalam sisi desain sangat berhasil setidaknya sesuai dengan selera IWB. Asli cak….IMHO padat banget. Kekar serta berotot. Jelas designer Honda memang berusaha membenturkan desain baru ini dengan lawan dekat mereka yakni Yamaha New Jupiter MX King. Perhatikan saja area tebeng yang mekar dan dibuat sepadat mungkin….

iklan iwb iklan iwb

Suka atau tidak harus diakui kini bentuk bebek ini memiliki kemiripan yang cukup kental dengan Lawan Mereka yakni MX King. Bebek super Honda seperti menjelma menjadi bebek yang benar-benar siap tempur dalam 3 sisi sekaligus yakni desain, performa ataupun fitur. Lha piye cak…. untuk versi Vietnam bebek ini sudah dibekali fitur anti lock brake system (ABS). Tentu fakta ini membuat bebek Honda menjadi first mover di kelas moped 150cc dengan fitur rem mumpuni. Namun dari sekian poin yang cukup menarik adalah bagian performa tentunya…

Beda dengan rival, Honda bebek terbaru yang di tanah air disebut sebagai Supra GTR 150 ini dibekali mesin DOHC (Double cam) 150 cc 4 katup. Yang membuat IWB cukup heran ternyata mesin terbaru tidak lebih kencang dibandingkan dengan gen lama. Setidaknya dari spesifikasi yang dirilis Honda Vietnam, Winner 150x memuntahkan tenaga hingga 11,5 KW pada 9000 RPM atau jika kita konversi ke ps setara dengan 15,5 PS. Sementara untuk torsi mencapai 13,5 nm pada 6500 RPM. Padahal untuk generasi lama yang dipasarkan di tanah air power Honda Supra GTR 150 mencapai 12 KW atau 16,3 ps dengan torsi mencapai 14,2 nm di RPM yang sama….

Begitupun dengan bobot. Generasi baru ini ternyata lebih berat sekitar sekitar 4 kg dibandingkan dengan gen lawas. Untuk versi standar bobot dari new Supra GTR mencapai 123 kg sementara untuk gen lawas hanya 119 kg. Semua klaim power diukur dari crankshaft yang artinya klaim power tersebut tidak terpengaruh bobot. Terus gimana jika digeber dilapangan ? Dari kalkulasi power to weight ratio seharusnya gen terbaru memang tidak lebih kencang dibandingkan dengan generasi lama. Hal itu mungkin sudah di kalkulasi Honda mengingat mesin yang dicangkokkan pada Supra GTR 150 memang sudah cukup kencang. So…. dengan turunnya power serta membengkaknya bobot tetap tidak akan mempengaruhi secara signifikan performa di lapangan. Mungkin cak…analisa ini kudu kita tes langsung…

Perbedaan power “nol sekian” memang tidak akan mempengaruhi secara signifikan feeling berkendara. Namun tentu sebagai biker IWB sendiri masih cukup penasaran…. Apakah spek yang dipasarkan di Vietnam akan identik dengan di tanah air? Karena tiap region terbuka berbeda disesuaikan dengan regulasi yang dianut di negara tersebut. Khususnya pengaturan emisi gas buang yang seringkali membuat power terkebiri. Apapun itu kehadiran Honda New Supra GTR 150 generasi terbaru tetap patut kita tunggu….

Last…desain yang jauh lebih maskulin dengan revisi total hingga hadirnya behel tanduk ala Honda Tiger Revo membuat bebek super ini terkesan macho. Apalagi IWB melihat Honda begitu Royal memberikan fitur berlimpah dengan menjejali komponen LED pada semua lampu, ABS dan fitur lain yang membuat motor ini bikin ngiler. Honda Supra GTR150 2019? Berikut foto – foto lengkapnya cak….asli emang berubah total euy. Iki baru facelift….bukan “anjlok lift”, iyo ora :mrgreen: . Piye menurut sampeyan ?….(iwb)

Versi non ABS

Versi ABS

Spesifikasi New Winner 150

Advertisements

83 COMMENTS

  1. Versi lokal winker depan ilang lek, powernya malah lebih tinggi yg baru alias bertumbuh lek. Ini soalnya kompresi juga naik lek

    • Yang pasti klo ngahahem plastik tipis sambungan renggang bercelah, yang doff hitam gampang baret. Kek maenan anak anak depan SD. Bagus di foto doang.

    • Betul. Kamu sensitif terhadap desain. Bentuk dasar design nya mainstream banget. Cuma maen di detail saja. Yang over. Sekilas sih wow. Tapi cepet eneg ngeliat nya. Beda sama mxking karakter nya outstanding. Keknya didesign dari nol gitu.

    • Selera pasaran memang gitu. Lebay. Full gincu. Mewah tapi ichikiwirrr…. Mo gimana lageee…..??? Manggut2 saza

    • Cak usulin ke ahm buat bikin metic maxi dong kya yamaha, bair kami fansboy honda tidak minder klo lagi nungkrong dan parkir di indomaret tiba2 datang aerox, apalagi yg warna merah… Sungguh mata kami tidak bisa menyangkal sosok aerox yg tinggi besar, gagah, sporti dan mewah, cat nya tebal banget…! Apalagi mesin nya cak 4 klep + vva, sungguh kami rasanya pengen nangis, masa mesin kami cuma 2 klep kan jadul bgt cak!! Dah gitu modelnya kebanting sm maxi. .usul ya cak iwb. Nuhun

  2. Honda gak belajar dari pengalaman Blade dulu yg gak laku, percaya deh motor bebek dengan lampu bego gak bakal laku disini… ditambah desainnya yg jelek, jauh lebih ganteng MX King lah

    • mungkin memang bukan ditujukan utk pasar indonesia mas bro, apalagi pasar bebek di indonesia makin lama makin mengecil

    • Gak laku itu tergantung dari sisi mana melihatnya masbro ?
      Gak laku dan gak laris itu berbeda , kalau diindo si gtr versi kemaren itu kurang nendang kalau tolak ukurnya dari level / target ngahaem , tau sendiri kan..ngahaem bikin target itu selalu tinggi , jauh dari target rival. Nah…kalau ditimbang dari levelnya pabrikan sebelah..jualan sigtr bisa dibilang sangat bagus.
      Apalagi eksportnya melebihi target eksport yang ditetapkan ngahaem ?

  3. jenenge hora ganti yo cak, dadi opo ngonoh blade, opo zardan opo opo ngonoh ???

    trus, plate kiro2 di pasang neng ndi yo cak,
    jangan jangan neng bathuk cak, haduhhhh

    • Mungkin karena vario dah jutaan umat jumlahnya dibawah beat ?
      Kalau ada yang mirip2in ngorox ,itu hanya cari tebengan saja biar dapet peruntungan ngangkat Kasta ?

    • Memg desain nya seperti vario pake rante koq. .mau model apapun slm mm di atas honda rcv ttap laku,, ambrooll celengan neh. Mueheehee

    • Segala kekurangan tsb membuat kelarisan bro ? justru itu senjata H.
      Disaat rival sudah mentok dg apa yang jadi andalan untuk dijual , perlahan H kembali mengeluarkan dan mengupdate secara bertahap kekurangan tsb ?

    • Kekurangan tsb hilang seketika krn the legend motogp si mm93 msh diatas rcv. Klo ga siapa yg mau desain sprti itu. .kaya vario dikasih rante. Muehehe. .

    • Jgn bandingin vario150. Cmn orang banyak gaya yg pilih koplingan bensin seiprit. Mending vario150 lah, bagasi dapet, bensin mayan, bawa galon, gas…
      Grandtouring paan. Bensin cmn seiprit. Gw yakin body bagong ini jg gak bakal dipake d ajang balap.
      Dimanamana touring pake motor laki. Gagah dapet, bensin dapet.
      Tuh sekenan cb150 udah bejibun d olx.

      Gw sih curiganya ahm bikin ni motor biar value for money vario150 makin naik tanpa ubahan apapun, pdhl udah diserang kasus gredeg kampas kopling otomatisnya.

  4. Fitur yg di harapkan dari bebek adalah bagasi, minimal bisa nyimpen jas Hujan/ Jaket. ini dari semua bebek/underbone yg katanya super gak ada 1 pun yg ngasih bagasi.

    • Bebex kalau diembel2in seport..pasti kaga utamakan bagasi bro ? ntar dikasih bagasi yang semua barang masuk ,dikatain pulak motor ape bemo? ?
      Lagi butuh bawa barang banyak ada box plastik .. tas .. kantong kresek .. terpal ?

  5. Bahasa yang lebih sopan dari copy paste, follower, ikut-ikutan, meniru, jiplak adalah membenturkan design….jozzz

  6. Padat cak desainnya gak kayak current gen, lampu depan mirip old R25 yang notabene memang gahar tampilannya. Cuman alisnya yang menjulang sama fake intake di batok sedikit merusak pemandangan

  7. Sepertinya pelabelan supra 150 kurang tepat, sy lebih stuju klo dkasi label new honda CS1,dan lagi bakal berbenturan dgn yg sdh ada ; supra125 dan sonic,,,lebih lanjut lagi perlu diingat market share motor bebek yg smakin sdikit krn sbagian besar masyarakat lebih mengutamakan kepraktisan yg didapat di motor matik,terlihat di jalan raya hampir 80% pengguna matik,,,salam dari bali

    • Buat kuras stock mesin, dibikinin baju mirip metic bro. Soale market metic terus bertumbuh. Sisan ngampleng aerox.
      Tenang topspeed tetep 157kmj. Bisa salip new mxking klo track nya panjang. Sukur lurus. Bisa dicheck di yutup. Monggooo…. ?

    • Versa retro lampu bulat saja. Yang ini tahun depan ude berasa mengebosenin bro.
      But you do decide anyway

    • Klo ane tergantung kebutuhan. Klo mw gaya, power. Boleh lah yg pake radiator. Tp klo jarak jauh, dipake kerja, mending cbverza lah…. Gak jelek jg…kapasitas bensin banyak. Apa vario150 aj, bagasi ad, bawa galon bisa, tangki 5,6lt. tp ndredeg. Wkwkwwk. Cb150 sekalian drpd supra. 4,5liter doank. Pfffttt… Itu solo purwokerto jg gak sampe.

    • Mxking didesign dari nol. Aura, karakter & basic design / bentuk dasar beda. Klo ini overall kayak blade n supra. Cuma detail lekukan n pernak perniknya bejibun. Lebay jadinya.
      Mxking lebih outstanding with strong character

    • Yess… Sense of design kamu hidup. Mxking didesign dari nol. Jadi karakter nya kuat outstanding beda dari bebek umum/kebanyakan.
      Yang ini basic bentuk dasarnya masih mainstream bebek biasa. Cuma diramekan dengan detail. Kesan lebay sangat terasa.
      Klo kualitas material solid n cat yg tebal kek yamaha sih jadi mantab.

  8. Telat dari dulu kemana aja bikin motor bebek jelek semua, yang namanya grand touring harus bagasi luas, tangki bbm dipindah ditengah atau di depan tebeng plastik, bisa ngecharge hp dan ada laci depan

  9. Bebek sekarang nyeleneh-nyeleneh
    Bebek kok pake kopling, bebek kok tanpa bagasi, bebek kok dibikin segmen adventure, sport, dsb? Lah opo motor sport adventure asli kuwi ora ganteng?
    Bebek cakep tuh yg original, yg transmisi rotari 4 gear. Improvisasi desain dan fitur gak masalah, tapi yo jangan menyalahi kodrat.. wkwkwkwk

    • Bener bro. Kan geblek, beli motor bebek mahal absen bagasi, bensin cmn 4,5liter. Mending sekenan cb150 udh bejibun d olx. Gagah udah pasti. Diajak touring, ayo.
      Body kyk bagong gt, ane yakin gak dipake d ajang balap.

  10. Entah kenapa saya liat motor ini lebih mirip BLADE FACELIFT… Design lebih ke Arah Brade…. Tapi Jujur Jauh lebih baik ketimbang Supra GTR saai ini, terutama bagian belakang, nah klo tampang depan bair udah full LED, kyky Tampang masih Gahar punya MX King Lek IWB, itu Opini prbadi ya… secara keseluruhan , Design emang Selera, tapi klo bisa diniilai
    1. Design MX King 90 , GTR 85
    2. Fitur MX King 70, GTR 90

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama