iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…… seperti yang kita tahu Honda Vietnam resmi merilis new Winner 150 2019. Generasi facelift yang berubah total dari gen lawan tersebut cukup menyita perhatian akibat desain yang jauh lebih berotot dan gahar. Tapi kita tidak akan membahas itu. Namun IWB akan coba bedah tuntas spesifikasi generasi terbaru facelift. Apakah motor ini lebih kencang dibandingkan dengan gen lawas? Intip Mega gallery dan bedah Tuntas di artikel IWB berikut ini…..

Honda Winner 150 atau Supra GTR 150 Facelift resmi dirilis di Vietnam. Banyak perombakan dilakukan oleh Honda untuk melawan Yamaha MX King atau Y15ZR di Malaysia ataupun Sniper 155 di Vietnam. Dan dalam pandangan pribadi apa yang dilakukan Honda dalam sisi desain sangat berhasil setidaknya sesuai dengan selera IWB. Asli cak….IMHO padat banget. Kekar serta berotot. Jelas designer Honda memang berusaha membenturkan desain baru ini dengan lawan dekat mereka yakni Yamaha New Jupiter MX King. Perhatikan saja area tebeng yang mekar dan dibuat sepadat mungkin….

Suka atau tidak harus diakui kini bentuk bebek ini memiliki kemiripan yang cukup kental dengan Lawan Mereka yakni MX King. Bebek super Honda seperti menjelma menjadi bebek yang benar-benar siap tempur dalam 3 sisi sekaligus yakni desain, performa ataupun fitur. Lha piye cak…. untuk versi Vietnam bebek ini sudah dibekali fitur anti lock brake system (ABS). Tentu fakta ini membuat bebek Honda menjadi first mover di kelas moped 150cc dengan fitur rem mumpuni. Namun dari sekian poin yang cukup menarik adalah bagian performa tentunya…

iklan iwb

Beda dengan rival, Honda bebek terbaru yang di tanah air disebut sebagai Supra GTR 150 ini dibekali mesin DOHC (Double cam) 150 cc 4 katup. Yang membuat IWB cukup heran ternyata mesin terbaru tidak lebih kencang dibandingkan dengan gen lama. Setidaknya dari spesifikasi yang dirilis Honda Vietnam, Winner 150x memuntahkan tenaga hingga 11,5 KW pada 9000 RPM atau jika kita konversi ke ps setara dengan 15,5 PS. Sementara untuk torsi mencapai 13,5 nm pada 6500 RPM. Padahal untuk generasi lama yang dipasarkan di tanah air power Honda Supra GTR 150 mencapai 12 KW atau 16,3 ps dengan torsi mencapai 14,2 nm di RPM yang sama….

Begitupun dengan bobot. Generasi baru ini ternyata lebih berat sekitar sekitar 4 kg dibandingkan dengan gen lawas. Untuk versi standar bobot dari new Supra GTR mencapai 123 kg sementara untuk gen lawas hanya 119 kg. Semua klaim power diukur dari crankshaft yang artinya klaim power tersebut tidak terpengaruh bobot. Terus gimana jika digeber dilapangan ? Dari kalkulasi power to weight ratio seharusnya gen terbaru memang tidak lebih kencang dibandingkan dengan generasi lama. Hal itu mungkin sudah di kalkulasi Honda mengingat mesin yang dicangkokkan pada Supra GTR 150 memang sudah cukup kencang. So…. dengan turunnya power serta membengkaknya bobot tetap tidak akan mempengaruhi secara signifikan performa di lapangan. Mungkin cak…analisa ini kudu kita tes langsung…

Perbedaan power “nol sekian” memang tidak akan mempengaruhi secara signifikan feeling berkendara. Namun tentu sebagai biker IWB sendiri masih cukup penasaran…. Apakah spek yang dipasarkan di Vietnam akan identik dengan di tanah air? Karena tiap region terbuka berbeda disesuaikan dengan regulasi yang dianut di negara tersebut. Khususnya pengaturan emisi gas buang yang seringkali membuat power terkebiri. Apapun itu kehadiran Honda New Supra GTR 150 generasi terbaru tetap patut kita tunggu….

Last…desain yang jauh lebih maskulin dengan revisi total hingga hadirnya behel tanduk ala Honda Tiger Revo membuat bebek super ini terkesan macho. Apalagi IWB melihat Honda begitu Royal memberikan fitur berlimpah dengan menjejali komponen LED pada semua lampu, ABS dan fitur lain yang membuat motor ini bikin ngiler. Honda Supra GTR150 2019? Berikut foto – foto lengkapnya cak….asli emang berubah total euy. Iki baru facelift….bukan “anjlok lift”, iyo ora :mrgreen: . Piye menurut sampeyan ?….(iwb)

Versi non ABS

Versi ABS

Spesifikasi New Winner 150

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!