iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..cukup banyak pertanyaan mampir ke warung IWB perihal gaji para pembalap ataupun kru Motogp di 2019. Sebagai balap roda termahal didunia rasa ingin tahu tersebut cukup wajar mengingat ujung tombak kejuaraan ini juga tidak lepas dari konstribusi kru serta pembalap. Nahhh….dalam artikel ini IWB akhirnya secara khusus mengumpulkan data yang akan membuat sampeyan terbuka kenapa tim kecil tidak mampu menyewa rider terbaik didunia seperti Marc Marquez. Sebab siapa menyangka dari data gaji terbaru di 2019, pembalap Honda ini sudah jauh meninggalkan Valentino Rossi yang kudu puas menempati posisi kedua. Emang berapa gaji Marc ? berikut Daftar lengkap gaji pembalap Motogp 2019…

Artikel ini lahir berawal dari surel kang Dikdik asal Tasik yang ternyata penasaran dengan gaji para kru Motogp. Berikut surel lengkapnya…

iklan iwb iklan iwb

Assalamualaikum bang Iwan,
Salam josss gandozzzz…

Saya dikdik dari Tasikmalaya. Sehubungan dengan paruh musim moto gp sekarang, ada yang mau saya tanyain nih. Kita kan sudah tau berapa gaji para rider di MotoGP. Nah yang saya masih penasaran, berapa sih gaji para tim di MotoGP? Dari mulai mekanik, tim riset dan lain lainnya. Dan apakah tiap pabrikan gajinya sama atau tidak? Itu saja mas iwan, mohon di balas ya, Terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barokattuh

Waallaikumsalam wr.wb. Sebuah pertanyaan yang sangat bagus karena perkara ini jarang ditanyakan dan tentu membuat IWB mengerutkan dahi sebab hingga detik ini belum ada satupun info sahih yang bisa kita jadikan patokan berapa gaji perorangan untuk para kru Motogp karena sifatnya sangat confiendetial. Namun dari hasil hunting dan beberapa referensi bisa IWB ambil satu contoh dari tim Pramac Ducati dimana mereka memastikan gaji para kru dengan jumlah kisaran 23-25 orang berkisar 15 % dari budget…

Persentase tersebut bisa saja berbeda antara satu tim dengan yang lain. Artinya semakin besar tim seperti Honda dan Yamaha maka gaji tim juga pasti lebih besar. Sebagai informasi ditahun 2018 KTM Motogp yang disokong penuh Red bull memiliki budget kisaran 40 juta Euro di Motogp. Jika kita konversi kerupiah jatuhnya adalah 634 Milyar rupiah/tahun. 15 % dari sana lumayan gede walaupun dibagi hingga 23-25 kru (tim besar dipastikan budget lebih besar ). Tapi ingat cak…jika dibandingkan gaji pembalap Motogp, kru tim jauhhhhh…

Intip saja daftar gaji para pembalap MotoGP di tahun 2019. Marc Marquez adalah pembalap yang memiliki nilai kontrak fantastis karena tembus 13,3 hingga 16 juta Euro. Jika kita konversi ke rupiah maka jatuhnya pada kisaran 205 hingga 250 miliar rupiah. Sementara Valentino Rossi yang sebelumnya terkenal dengan gaji kelas kakap namun di musim 2019 pembalap Yamaha ini hanya mengantongi nilai sebesar 8,9 juta Euro atau berkisar 140 miliar per tahun. Artinya Marc Marquez sudah jauh meninggalkan Valentino Rossi…

Jika kita bandingkan gaji pembalap Suzuki seperti Alex rins jelas nilai kontrak Marc Marquez bak langit dan bumi. Pembalap utama Suzuki mendapatkan nilai kontrak 1,8 juta Euro. Maka jika kita konversi ke rupiah Alex rins hanya mendapatkan gaji 28 miliar per tahun. Status ini menjadi penegas Kenapa tim dengan budget kecil tidak mampu menarik pembalap terbaik di MotoGP. Masalahnya tentu dana. Nggak heran Honda yang memiliki uang berlimpah bisa dibilang sebagai pabrikan paket komplit Sebab mereka mampu menyewa pembalap terbaik di dunia sekaligus menciptakan motor terbaik di dunia pula dan the best crew in the world. Tim kecil nyengir cak…

Last… Itulah sekilas gambaran beberapa analisa gaji para kru dan tim Motogp serta pembalap yang menjadi ujung tombak kemenangan tiap musim. Angka tersebut berdasarkan beberapa referensi dan rumor mengingat tidak satupun tim Sudi membeberkan secara gamblang nilai kontrak masing-masing Rider ataupun kru yang membela mereka. Yang pasti, memang edan cak nilai uangnya. Btw…untuk memberikan gambaran berapa gaji tiap pembalap Motogp ditahun 2019? berikut daftar lengkapnya. Angka ini belum termasuk sponsor pribadi yang sering nempel dimasing-masing riders. Marc ? tajirrrr benerrrr nehh bocahhhhh….(iwb)

Nilai kontrak pembalap Motogp 2019/tahun

1 – Marc Marquez13,3 – 16 juta Euro Rp 205-250 Milyar
2 – Valentino Rossi8,9 juta Euro Rp 140 Milyar
3 – Andrea Dovizioso6,2 juta Euro Rp 89 Milyar
4 – Maverick Vinales4,45 juta EuroRp 70 Milyar
5 – Jorge Lorenzo4,2 juta EuroRp 66 Milyar
6 – Danilo Petrucci2,5 juta EuroRp 39 Milyar
7 – Johann Zarco2,2 juta EuroRp 34 Milyar
8 – Cal Crutchlow2,2 juta EuroRp 34 Milyar
9 – Alex Rins1,8 juta EuroRp 28 Milyar
10 – Joan Mir1,11 juta EuroRp 17,5 Milyar
11 – Andrea Iannone1,1 juta EuroRp 17,4 Milyar
12 – Pol Espargaro890 ribu EuroRp 14 Milyar
13 – Aleix Espargaro800 ribu EuroRp 12 Milyar
14 – Hafizh Syahrin800 ribu EuroRp 12 Milyar
15 – Miguel Oliveira669 ribu EuroRp 10,5 Milyar
16 – Franco Morbidelli656 ribu EuroRp 10,3 Milyar
17 – Jack Miller534 ribu EuroRp 8,4 Milyar
Advertisements

55 COMMENTS

    • Dari sponsor wear pack dan lainnya. Gogel adsenz berapa tuh? Sugih sekali. Bisa bangun sirkuit internasional buat rental anak anak monasco.

  1. yah jelas aja marq digaji besar wong juara terus koq.. rossi dengan keterpurukannya selama hampir 10tahun ini msh syukur digaji besar mengingat jasa jasanya dan prestasinya saja dimasa lalu yg msh membuat dia dibayar begitu besar…

    saya akui suka nonton GP dulu krna rossi tapi harus diakui masanya sdh habis dan yg muda dan jago selalu ada masanya jga..

    yg sakit tu ducati dh 5 tahun tu dovi disitu gaji doang minta nambah tapi prestasi nyangkut segitu gitunya aja???

    • Boleh aja gaji mm paling gede tapiii, penghasilan dr Endorse dan penjualan merchandise masih kalah jauh sama Rossi! ? dulu aja penjualan merchandise mm aja numpang sama tokonya rossi ? tp sejak Sepang clash udah putus hub bisnis ? jd tetap lbh Hebat rossi lah! Uda 10th ga jurdun aja masih pny penghasilan yg sgt besar apalg dia bisa jurdun 2,3x ? masa rossi belum habis itu karena performa mtrnya yg ga bagus. Mm gara2 dibantu sama dorna dan honda aja dia bisa jurdun 5x ??

    • Udah basi merchandis rosi ? udah kalah sama pendapatan sampingan Marc ? puluhan tahun dimotogp buat raih gaji tergede..cukup dijabani marc dg 5 tahun ?

    • @henry
      Kalo mau kaya kayaan mah lebih kaya hamilton gaji kontrak per tahun (blm termasuk sponsor) aja udah ngalahin kontrak rossi+sponsor ga ada apa apanya tuh markes ama rosso ada lagi yg lebih gila si jef bezoz 2000T lebih per tahun hehe

    • @Henry
      Halu bae, gak pake fakta, bentar bentar dorna bentar bentar dorna, dengki amat fbr liat marques juara

  2. Gaji pertahun besar, tapi coba hitung bisa turun balap hingga berapa tahun?
    Ini belum cerita soal potongan pajak di eropa yg luar biasa, biaya tim manajemen dan asuransi

  3. Ya ea..honda gaji marc tinggi…
    Krn hanya marc yg bisa bawak honda.. Lirik honda selain marc di moto gp sampai ke sbk, keliatan Payahnya Honda…

    Jadi Sangat Pantas..marc di gaji tinggi…

    • H dimotogp terbanyak kemenangannya, bahkan sebelum ada Marc
      ..Sbk masih banyak jurdunnya H dibanding Y ? jangan pusing

    • Bodo amat sama yamaha…
      Jgn cerita dulu dulu dulu… Skrng nyatanya? Hanya marc uda itu aja…

      Cocot sales merek ke jamban aje

    • Kok jadi ke vr sihh pada tak paham kontek sihhh..
      Padahal gk ada jelekin merek.. Sales pada tegang…

      Yg sering podium H cuma marc mala bisa di bilng marc doang…
      Point cc pun kurang bagus,, padahal motor sama dgn marc…
      Point cc masi di bawah vina, fabio dan vr… Padahal yamaha lagi lemot lemotnya…
      Smlm cc pun gk mampu motong vina,, mala di tinggal jauh vina lap terakir…

    • Terbanyak kemenangannya semenjak ada Marquez Om. Dulu sebelum ada Mick Doohan, Yamaha yang paling banyak juara seri dan juara dunia. Setelah era Doohan, Yamaha juara seri dan juara dunia dunia terbanyak berkat Rossi dan Lorenzo. Barulah Honda banyak menang lg saat Marquez gabung ke MotoGP

    • @imam: mau rossi ampas kek,

      Raja toge cuma komen secara umum “honda” dan “marquez”

      yang bahas rossi juga siapa? Zlub x99

      Knapa kalo komen honda selalu otomatis dianggap FBY? Kalo komen marqes dianggap FBR?

    • Ini namanya bos beneran alias owner, biar kelas bawah tapi dia sendiri yg gajiin tim nya, bandingkan dengan pabrikan laen, marc pun gaji paling gede masih kehitung “karyawan” bro, dgn status pebalap hrc team motogp.
      Jadi disini siapa yg hebat ya? Hehehe

  4. Bentar lagi Marc bikin konveksi ala pabrik buat si vale ,biar kapasitas produksi emblem 93 makin banyak ?

  5. Foto menjulurkan lidah dengan jari 10 ,,, menagtakan Rossi juara dunia ke 10 ,, Ah mana mungkin Ngihihihi ,,, sambil ngece

    • aslinya ya gk lain krn dia menang bertutut2 jadi sachsenKing 10x masbroo..
      Jgn bikin cerita2 baru,ntar ada yg kalap.. hehehe

  6. sek cak, kalau g salah gaji petrucci per musim setelah kenaikan sekitar 700rb euro per musim, lha iku kok sampai 2,5 jt euro per musim

  7. Gawe artikele kurang mikir..
    Rossi mendapat presentase dari sponsor yang seharusnya menjadi milik yamaha… Coba tanya wak haji….
    Wkwkwkwkwe

  8. Meski gaji Rossi di MotoGP masih kalah dari Marquez, tapi VR46 tetap sebagai pebalap MotoGP dengan pendapatan tertinggi per tahunnya.

    DRossi bisa meraih pendapatan hingga €25 juta atau setara Rp421 miliar per tahun dari gaji sebagai pebalap dan sponsor. Sedangkan Marquez dan Lorenzo diklaim maksimal hanya akan mendapatkan €20 juta atau setara Rp337 miliar per tahun.

    • Kalo mau kaya kayaan mah lebih kaya hamilton gaji kontrak per tahun (blm termasuk sponsor) aja udah ngalahin kontrak rossi+sponsor ga ada apa apanya tuh markes ama rosso ada lagi yg lebih gila si jef bezoz 2000T lebih per tahun hehe

  9. Gak perlu adu argumen..
    Nantinya juga Marq ada yg ngalahin gajinya, seiring dengan umur dan munculnya pembalap muda berbakat baru. Dan nilai mata uang yg terus naik. Sama seperti pemain sepak bola termahal, pasti akan selalu ada yg termahal setiap tahunnya.

  10. Pesan moralnya..

    Bergabung dengan yang besar pasti cipratannya juga besar…
    Kalau gabung dengan yang kecil pasti cipratannya juga kecil…

    Rak yo ngunu Kang Iwan…

  11. Rugi besar Yamaha bayar Gajinya Rossi, g pernah Juara seri, yg kasihan malah Dovi, masa kalah sm Rossi, gmn ini Ducati.. padahal sdh ngasih banyak juara Seri.. sedangkan rossi selama 2 tahun g pernah juara seri…

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama