” Honda Genio tiba didealer Lampung….”

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..jebule AHM sudah start duluan cak. Yup…kendati AHM memastikan akan mulai mendistribusikan Genio dibulan Agustus 2019, siapa menyangka skutik kembaran Scoopy ini sudah mendarat di Lampung. Lhooo koq isooo ???

Konfirmasi kedatangan New Genio ditanah Lampung awalnya datang dari cak Robby yang memiliki warung robydriver.com. Via whatsap, blogger Jawa Tengah tersebut memastikan bahwa Genio Sudah tiba di Lampung. “ Asskum Kang Iwan, pripun kabare? mugi sae mawon, Amin YRA. Secuil info kang….buat display katanya..” seru doi. Dan setelah IWB intip, weeehhh emang Genio cak….

Yup….skutik Honda yang dirilis AHM pada tanggal 22 Juni 2019 kembaran Scoopy ini ternyata sudah dilempar kebeberapa dealer besar tanah air untuk tujuan display. Keputusan yang tepat karena biker butuh wujud asli, bukan hanya via gambar atau video. Untuk Genio yang dilampung warnanya putih dengan akses minimalis striping coklat. Dengan konfirmasi diatas IWB cukup yakin kedatangan Genio didealer Honda lain untuk display hanya masalah waktu…

Sekilas tentang Genio, bisa dipastikan dapur pacu menggunakan basis engine yang sudah eksis yakni eSP 110 namun ada empat perombakan yang cukup signifikan sehingga membuat engine ini lebih powerfull serta ringan. Yang pertama Honda mendesain ulang konstruksi dalam mesin sehingga lebih kompak dan ringan. Clearance lebih rapat membuat komponen saling berdekatan dan memberikan konstribusi terhadap ringannya bobot hingga 10%..

Yang kedua Honda menaikkan combustion atau ruang pembakaran kompresi dari 9,5 menjadi 10:1 untuk Honda Genio 110. Tidak heran secara respon mesin ini juga cukup mumpuni ditambah stroke yang cukup panjang. Yup…dengan 63,1mm long stroke dan bore 43mmm motor ini dipastikan lebih njengat akselerasinya dibandingkan dengan Honda Scoopy ataupun Honda Beat ( sesi test Ride akan kita bahas di artikel terpisah). So…. jika sampeyan bertanya ke IWB tentang climbing ability motor ini pasti jagonya untuk nanjak di pegunungan….

Yang ketiga khusus untuk Honda Genio ini Honda sudah juga membekali V-Belt model W-Cog yakni V-Belt model gerigi dua sisi yang membuat penyaluran tenaga lebih minim friksi serta senyap. Yang keempat frame atau sasis yang kini menganut model terbaru. Model ini proses pengelasan menggunakan laser khusus yang membuat sasis lebih rigid namun fleksibel  dan kuat. Honda menyebut frame tersebut sebagai Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF). Dengan harga termurah 17,2 juta serta termahal 17,7 juta, target penjualan PT Astra Honda Motor terhadap Honda Genio adalah 500.000 per tahun yang artinya per bulan berkisar 40 ribuan. Nyidam Genio ? kayaknya dah mulai dikirim kedealer cak displaynya, monggo sampeyan intip dan pantau saja dealer Honda terdekat dikota sampeyan. Sebagai gambaran seperti apa Genio ? intip saja video review IWB dibawah ini….juozzzz ! (iwb)

FULL REVIEW Genio (Full HD)

Advertisements

20 COMMENTS

    • Yg punya warung posisinya kok kayak salesnya ngahaem,klo dari segi bahasa artikelnya.

    • Saat IVVB bikin artikel
      ‘ Breaking News : Yamaha rilis NMAX versi comfort, windshield keren puol…’

      Boleh dong disebut juga sales Y 😂

  1. Kalau untuk display mending yang ada tulisannya “Fabulous” aja, keren. Tapi balik lagi ke selera masing masing ya…

  2. Jadi teringat thn 90an panasnya Kebut” tan jaman itu.. Gara” Genio
    Honda Genio Mesin D16 vs Toyota Twincam Gti campuran Yamaha, Mesin 4A-GE versi 16 valve..

    Skrng kegarangan Genio tinggal nama.. Ude di rusak Ahm, Genio kok 110 cc.
    Minimal 150 cc lahh aduhhhh.. 110 scoopy aje

    • Hehe…. Sedan udh g zaman bro (kcuali sedan macam Camaro ato Mustang 🤭)
      Nyaman g prlu pke sedan lg, senyaman sedan & selapang MPV… SUV 😅
      G prcya? Tany yg pny warung, SUV Ladder Frame ja nyaman kok… Power lmyn jg 😁

    • Gk bisa baca olang atas owe..
      Padahal owe uda tulisa jelas,,” jadi teringat thn 90 an”
      Masi juga nulis sedan udh g zaman…

      Skrng medium sedan uda berubah ke era hatchback..
      Mobil nyaman ya masi sedan masi mas,, sedan terbagi beberapa kelas pak.. Ada medium, large, medium lux, large lux.
      Civic masuk ke kelas medium sedan…yaa kurang nyaman lahh, org di rancang utk speed.. Medium sedan rata” di buat utk pencari kecepatan.

      Cerita mobil nyaman,, sedan large luxurey atau medium luxurey.
      L LUX di isi s class, crown, bmw seri 7 dll.. M lux ada e class, bmw seri 5, camry, accord, dll… Kulkas, kursi pemijat ac doubel blower di sedan loh.. Kayak rumah dah..

    • Posternya om?..yimm selalu telat dlm mengambil keputusan…org banyak nungguin..brg ga kunjung dijual…giliran org dah ga ngarep..baru dijual..akhirnya udh terlanjur kecewa jd ga laku

  3. “Yup…dengan 63,1mm long stroke dan bore 43mmm motor ini dipastikan lebih njengat akselerasinya dibandingkan dengan Honda Scoopy ataupun Honda Beat ( sesi test Ride akan kita bahas di artikel terpisah).”

    bantu koreksi Lek Iwan. Stroke udah bener 63.1mm, bore piston yg bener 47mm lek, ketemunya 109,x cc. Ngapunten nggih..

  4. Nah LekWan.. udah mau deket2 Giias nih.. ada perkembangan bocoran terbaru gosip Xadv150 gak? 😂

  5. Timing belt tipe w coge minim friksi, tapi kekurangan nya masa pakai nya lebih sedikit, kalau di mesin industri di ukur pakai jam hidup nya karena speednya tetap.
    Kalau di motor ideal nya sih jumlah rotasi nya misalkan berapa juta atau milyar putaran.
    Kalau pakai km terkadang kurang tepat, kalau banyak macet atau jalan tersendat , km tidak bertambah tapi mesin tetap berputar, meakipun sudah pakai iss, kalau jalan padat merayap ternyata juga ga selalu maximal.
    Intinya w tipe untuk timing belt biasanya usia pakai nya lebih pendek.
    Mohon koreksi

  6. Ada yg sdh pakai genio ini?
    Rpm bawahnya bagus, bgmn dg power di rpm atas? 60kpj ke 100kpj brp detik ya?
    Klo dibandingin beat, di rpm atas lbh gesit mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here