iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Honda memang luar biasa soal pengembangan. Pabrikan yang memiliki divisi independen didunia racing dengan label HRC tersebut terus bergerak lebih maju dibandingkan para rival. Nggak heran Honda selalu mampu menjadi pabrikan dengan prestasi segudang soal balap. Termasuk Motogp. Beberapa kali Honda ngetes sasis karbon untuk RC213V. Lumayan bikin penasaran cak seperti apa sih performanya ketika dites diatas trek. Nah….Marc Marquez secara khusus blak-blakan perihal sasis karbon ini. Menurutnya sasis karbon memang mampu membuat lebih RC ngacirrrrrrr. Tapiiii….nah ada tapinya neh cak. Simak detil opini Marc dibawah ini….

Marc mengakui, sasis karbon memang mampu membuat RC213V makin ngacir dibandingkan sasis aluminium. Namun menurutnya komponen ini belum siap dibawa turun balap di Sachsenring karena mereka butuh data lebih untuk mengkonfirmasi konsistensi performa dari frame karbon…

Kami mencoba sasis baru (karbon). Kami sudah mencoba di Montmelo dan potensinya ada. Kami mencoba lagi di sini dan potensi tetap menjanjikan.Tetapi kami masih perlu memahaminya lebih jauh. Memang benar dengan sasis tersebut kami bisa lebih cepat tetapi kami tidak tahu apa yang terjadi saat balapan jarak jauh. Kami membutuhkan lebih banyak informasi, kami membuat perbandingan secara detil (dengan sasis aluminium), Dan kami melihat potensi sasis baru sangat baik sehingga kami perlu menganalisis lebih banyak….

iklan iwb
iklan iwb

” Kami tahu reaksi dari sasis aluminium vs karbon memiliki beberapa hal positif dan negatif. Hal-hal negatif ini terkadang bisa membuat crash. Maka kami mencoba menghindari hal ini. Mungkin dengan sasis baru aku bisa lebih cepat tetapi aku tidak merasa cukup aman untuk melakukan 30 putaran berturut-turut. Sudah waktunya untuk menganalisis secara mendalam dengan fokus pada sisi keamanan sebab hal ini berpengaruh dengan kejuaraan…” tutup Marc via crash…

Dengan pernyataan Marc tersebut bisa disimpulkan bahwa sasis karbon memang cukup menjanjikan. Namun Marc sepertinya ogah mengambil resiko cak. Timbang dlosor. Ngacir diawal jungkel ditengah balapan kan nggak lucu. Oleh karena itu HRC akan menganalisa lebih dalam sebelum memutuskan menggunakan sasis karbon dan meninggalkan Aluminium. Sasis karbon sendiri memiliki kelebihan rigid namun juga lentur dimana tingkat kekakuan bisa diatur sesuai keinginan pada saat pembuatan. Namun resikonya karbon jauh lebih ringkih dibandingkan Almu sebab sekalinya dlosor bahan karbon harus dianalisa untuk menghindari adanya micro crack. Btw…Marc akan start terdepan pada balap Sachsenring hari ini. Kita lihat apakah Marc kembali menguasai balapan seperti tahun lalu? IWB sih optimis, piye dengan sampeyan ?…(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

30 COMMENTS

    • Sedari awal pun sebenarnya sudah dibilang, bahwa sicarbon ini kaga dipake di musim ini.. tahun depan mungkin dicoba dalam balapan.

    • Nanti buat failure hingga mlorot pas didepan Rossi VR46. Rossi jadi terpicu sampai mampu overtake mm93. Baru separo lap Rossi disalip balik. Trus ga terima. Nahh drama sepang dimulai lagi.
      Mantab Gandhozzz Djiwa Seponk

    • honda pernah di tinggal Rossi, doohan, apa jadinya? tetep jadi pabrikan paling banyak pialanya…nonton dan nikmatin aja brooh

    • Kira2 jadi apa ?
      Tanpa si a H banyak menangnya.
      Tanpa si b H banyak menangnya.
      Tanpa si c H banyak menangnya.
      Tanpa si Marc H akan selalu banyak menangnya ? 700 lebih kemenangan yang ditorehkan..butuh waktu 50 tahun bagi rival terdekat menyamakannya, itupun kalau H kaga ikut balapan lagi ?
      Tanpa Marc ? H akan tetap ada dengan kenmenangannya.

  1. Nanti klo poin ny sdh aman utk kejuaraan mgkn marq akan cb pakai utk full race. Misal race sblm valencia sdh jurdun, valencia dijadikan full race rc213v dgn sasis carbon trsbt..

  2. Gak juga, paling krn gayanya yg overlimit brani nikung 66°. pembalap v4 lain mana bisa konsisten.

  3. kita tunggu kejutan Yamaha
    Rossi akan dapat sasis dari bahan Vibranium yg didapat dari sahabatnya di Wakanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here