iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Yamaha akan Memulai langkah baru dengan memilih Motor Listrik untuk Project selanjutnya, Yups kali ini Yamaha menggandeng salah satu Produsen besar yang berbasis di Taiwan yaitu Gogoro. Mengusung kode EC-05, inilah sosok skutik kolaborasi Yamaha-Gogoro….

Telah dikenal sebagai salah satu Produsen Skuter Listrik yang selalu meluncurkan Produk-produk menarik yang ternyata kian banyak diminati Konsumen, membuat Yamaha tertarik mengembangkan Produk baru dan berkolaborasi dengan Gogoro Inc, proyek ini sebenarnya mulai dibicarakan dan dirancang sejak tahun lalu yang memiliki platform kuat di pasar EV, Taiwan. Hingga akhirnya Yamaha mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan skuter listrik “EC-05” di Taiwan pada tanggal 1 Agustus mendatang.

Nah..Sistemnya dalam proyek ini di Rancang Yamaha dan akan diproduksi oleh Gogoro. EC-05 dirancang oleh Yamaha berdasarkan platform kendaraan Produksi Gogoro dan akan dipasarkan dengan merk Yamaha jadi bisa dibilang Re-Brand juga iki cak, sedangkan penjualan produk ini akan disaluran melalui anak perusahaan lokal Yamaha Motor yang juga berada di Taiwan….

iklan iwb
iklan iwb

Seperti generasi Skuter Gogoro sebelumnya, EC-05 Menerapkan hot-swappable atau batrai yang bisa dilepas dan dipasang, agar mempermudah konsumen dalam kenyamanan berkendara mereka tidak perlu berhenti dan mengisi ulang baterai. Mereka cukup mendatangi GoStation atau semacam vending machine dimana konsumen bisa menukar baterai yang sudah habis dengan yang sudah terisi penuh. Konsumen diberi kebebasan memilih paket berlangganan terbait sistem hot-swappable ini pakder. Sejauh ini GoStation telah tersebar di Taiwan lebih dari 1200 Titik yang dimonitori langsung oleh Gogoro Energy Network.

Yang menarik ketika Sampeyan melihat kendaraan ini adalah kaliper rem depan, dengan 4 pot radial atau skuter dengan penggerak rantai yang tidak biasa dan dudukan plat belakang dibikin berbeda dengan menyatu dengan Swing Arm dan tentunya untuk lampu juga sudah mengusung LED cakk. Nah Sekilas keunikan pabrikan Taiwan dalam mengembangkan kendaraan “ofensif” yang peka terhadap tren.

Dalam visi jangka panjang dan rencana manajemen jangka menengah yang diumumkan pada akhir tahun lalu, Yamaha mengidentifikasi ‘Masalah lingkungan dan sumber daya’ sebagai salah satu masalah sosial penting yang dapat diselesaikan dengan meningkatkan kekuatannya, dan pada tahun 2050 Yamaha berniat mengurangi emisi CO2 dari produk-produknya hingga 50% dibanding tahun 2010 silam. Sebagai solusi, Yamaha memiliki kebijakan untuk mempromosikan pembuatan dan penjualan produk bermotor berukuran kecil, dan EC-05 ini adalah produk pertama dalam jangka menengah yang sejalan dengan strategi produk bermotor, dan akan terus diluncurkan di masa depan….

Last…EC-05 merupakan Motor listrik kelima yang diluncurkan Yamaha Motor. Dimana pertama kali Motor Listrik Yamaha hadir pada tahun 2002 dengan nama Passor, diikuti oleh EC-02 (2005), EC-03 (2010), dan E-Vino (2014). Dengan gebrakan ini Yamaha sepertinya akan terus melakukan ekspansi motor listrik keseluruh dunia jika memang dibutuhkan….(Cc for iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

42 COMMENTS

  1. Lumayan menarik sih.. tapi kalo masuk indo mending yg model gambot aja dehh terutama bannya.. dan untuk motor listrik ya mending model gini aja.. buat kendaraan sehari2, kalo model sport mah mendingan bensin ajaa

  2. Beda selera desain Indonesia dgan taiwan.

    Bntuknya kurang mewakili jiwa2 yg di Indonesia. Kurang elegan, hanya terjesan mungil aja.

  3. saya sih minat motor listrik tapi hanya untuk sekedar sekitar rumah atau anter sekolah yang radiusnya dibabwah 70-80 km. walaupun kekuatan baterainya mampu diatas 100 km sekali charge selama masih ada pilihan motor bensin klo untuk perjalanan jauh tetep pilih motor bensin.
    Antri bensin yg cuma 10 menit aja dah gusar apalagi suruh antrian Charge Aki 1 40 manit / 1 jam….oalah

  4. Klo ngecas aki motor aja bisa 40-1jam bagaimana klo mobil, suruh nunggu 2 jam…, atau pake sistem tukar baterai, ia klo dapet baterainya yang bagus klo yng jelek trus baru 50 km soak…..

    • Ane juga sebel klo disuruh beli gas melon dapat yang buluk item dekil. Mana karet perpak bermasalah. Masih harus iket regulator pula. Karena ngeses n baunya kek apa gitu dehh brooo

  5. Klo motor listrik sulit tapi klo mobil listrik mungkin iya, Baterai mobil listrik pengisiannya sistem tukar baterai, nah untuk antisipasi hal buruk tentu diatur setiap kendaraan mobil wajib membawa Baterai cadangan kayak bawa ban serep. mobil bisa diterapkan krn dimensi mobil besar, klo motor bawa baterai cadangan tarok mana

  6. Negara yang produsen motor aja belum secara nasional terapkan regulasi migrasi ke Motor listrik, masak yang masih Import duluan terapin ke motor listrik, mereka negara yang buat pasti lebih paham mengenai kendala-kendalanya jika mau pindah ke motor listrik, klo cuma sekedar sekitar lingkungan aja g masalah, klo bepergian jauh apalagi yg radius jauh dr mana-mananya bisa ratusan kilo, belum ada track recordnya mobilitas motor listrik bisa jabanin motor bensin.

  7. Motor listrik dan mobil listrik itu sudah diperkenalkan 100an tahun silam dan perkembangannya lambat, para ilmuan justru tak memilih opsi motor/mobil listrik, para ilmuan justru lebih ke opsi motor bahan bakar Bio dari jarak, singkong dll.
    Analisanya :
    1. bahan untuk pembuatan Baterai mahal dan masuk kategori bahan tambang langka dan keberlangsungannya mengkhawatirkan untuk masa yang lama.
    2. Perawatannya sulit karena penyimpanan arus di Baterai sulit di cek secara fisik / kasat mata.
    3. Radiasi dari listrik tegangan tinggi juga tak bagus untuk kesehatan (11 12 sama gas buang karbon dr motor bensin).
    4. Limbah baterai sulit untuk dinetralisir dan akan menimbulkan pencemaran air, tanah dan udara.
    ILMUAN PASTI SUDAH MEMPERTIMBANGKANNYA.
    Opsi Motor/Mobil listrik hanya untuk mengimbangi perkembangan motor bensin dan opsi pilihan untuk daerah perkotaan yng radius mobilitasnya kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here