iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkkk.. akhirnya cak, yang IWB tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Emange nyapo tho? Jujur cak, sudah sebulan ini IWB sebenarnya penasaran dengan impresi berkendara motor garuk tanah terbaru dari Kawasaki yakni Kawasaki KLX230. Nah, beberapa hari yang lalu, bertempat di Gading Serpong, IWB dan beberapa teman blogger, vlogger, dan Jurnalis akhirnya bisa mencicipi secara langsung bagaimana impresi berkendara dengan KLX230…? simak review IWB dibawah ini….

Bisa dibilang, test ride Kawasaki KLX230 kemarin adalah test ride premier alias pertama di Dunia! Lha piye? Kawasaki KLX230 adalah motor Global yang basis produksinya di Indonesia, bahkan launchingnya wae pas bulan Mei lalu pertama di Indonesia di PRJ. Kawasaki KLX230 adalah motor yang benar-benar baru, fresh dari Kawasaki. Sebagai motor trail murni yang punya value lebih, tentu test ride-nya akan lebih menarik dan menantang. Oke IWB jelaskan satu per satu per variabel yo cak….

iklan iwb

Ergonomi

Sebagai motor trail yang notabene motor jangkung, Kawasaki KLX230 sudah dibekali tinggi jok yang bagi sebagian orang pasti merasa terintimidasi. 885 mm alias 88,5 cm, pasti membuat rider dengan tinggi 170 dipaksa untuk jinjit balet. Beruntung, IWB sendiri punya tinggi lebih dari 170 cm dan bobot 89 Kg cak, jadi motor rada amblas pas IWB duduki, ojo guyu ae sampeyan, tak sampluk swallow kiiii :mrgreen:

IWB tetap jinjit, tapi masih dalam taraf ditoleransi dengan baik. Posisi riding tegap, sigap. Khas motor trail. Dengan tangki rata dengan jok, IWB jadi lebih leluasa untuk memilih posisi jok, mau agak ke depan, atau tengah, atau belakang. Setang lebar dan tinggi, wah, ergonomi trail murni iki cakkk..

Performa Mesin

Mesin KLX230 seperti yang sudah IWB singgung di atas, menggunakan mesin baru. 230 CC, berpendingin udara, SOHC. Menghidupkan Kawasaki KLX230 podo wae koyo motor lain cak, tekan stater dan yakin pasti hidup dengan mudah. Gak perlu lagi buka tutup choke, karena motor ini sudah menggunakan injeksi bahan bakar. Suara mesinnya halus, tapi suara knalpot standarnya lumayan galak cak…..berasa banget kalau motor ini memang punya torsi yang bagus…..

Geber di jalanan aspal, mesin Kawasaki KLX230 ternyata sangat responsif. Mesin dengan mudah revving dan mencapai limiter. Gigi 1 dapat melaju hingga 38 km/jam, gigi 2 dapat sentuh 58 Km/jam, gigi 3 dapat sampai 78 km/jam, gigi 4 dan gigi 5 IWB sudah gak perhatikan, fokus ke jalan cak. Torehan top speed terbaik kemarin adalah 101 Km/jam, lumayan untuk motor trail. Yang pasti ledakan bawah menengahnya bikin lupa diri..njengattt !!

Saking laju-nya, IWB sampai lupa kalau ini adalah motor trail, soalnya motor juga lumayan antep dan stabil pas digeber di jalanan aspal. Dari diam ke 80 km/jam dapat diraih dengan mudah. Memang getaran mulai terasa di tangan ketika engine sudah berkitir di rpm tinggi, tapi tetap aman pakdee. Untuk stop and go, untuk commuter, bahkan untuk touring, mesin Kawasaki KLX230 benar-benar mumpuni dan dapat diandalkan….

Handling dan Suspensi

Kawasaki KLX230 bisa IWB katakan sebagai motor trail yang nimble, ringan, dan nurut. Lha piyee? Ngikuti Denwal yang ngawal dengan menggunakan BMW K1600 Badger, IWB kudu muntir gas lebih dalam dan meliuk atau cornering dengan kecepatan sedang :mrgreen: . ada rasa canggung pertama kalinya cak, karena feel ring 21 di depan dan 18 di belakang cukup unik dan lumayan berpengaruh sama handling. tapi diluar dugaan, motor tetap antep diajak cornering, padahal ban juga ban dualpurpose :mrgreen: .

Yang paling menarik adalah suspensi-nya. Di awal, IWB selalu menghindari jalanan rusak atau lubang. Biasa cak, namanya juga lebih sering menggunakan motor sport atau matic ketimbang motor trail, template-nya wis koyo ngono soale pakdhe :mrgreen: . tapi begitu ingat ini motor trail plus bersuspensi teleskopik dan jangkung, IWB malah langsung nyari jalanan yang enggak rata. Hasile emang sesuai ekspektasi, lubang atau jalan rusak dapat diredam dengan baik lewat suspensi dan konstruksi sasis Kawasaki KLX230, cenil-cenil wae kangmzz… :mrgreen: .

Pengereman dan lain-lain

Kawasaki KLX230 dibekali oleh rem cakram depan dan belakang. Performa rem-nya bisa IWB katakan sangat baik. Motor tetap stabil ketika diajak hard braking, kombinasi rem depan dan belakang bisa diandalkan untuk berdeselerasi. Speedometer full digitalnya bisa dipantau dengan baik dan mudah. Tuas kopling juga empuk, lalu yang membuat IWB terkesan adalah gearbox dan motor ini, halus, dan shiftingnya juga halus, ringan, dan empuk. Kaki kiri gak butuh effort lebih untuk pindah gigi, well done Kawasaki!

Area belakang juga bisa dipantau dengan baik di kaca spion. Satu sorotan IWB adalah jok-nya, khas motor trail kebanyakan, gak terlalu empuk tapi juga enggak keras. So far…seger dan emang bikin celengan goyang-goyang tenan. Apalagi banderol sekarang masih promo yakni berada dikisaran 39 jutaan….

Last, dengan segudang fitur yang ada plus identitasnya yang memang motor trail murni, Kawasaki KLX230 hemat IWB adalah motor trail yang multi-guna. Untuk harian oke, untuk fun off-road atau menjelajah juga oke. Btw, gimana dengan impresi berkendara di lintasan off-road? Tunggu report IWB cak, soale kudu diet dulu iki untuk bisa lihai dan terbang di lintasan off-road. Buat yang jiwa dan passionnya adalah motor trail, IWB saranin untuk intip dan jajal jalan Kawasaki KLX230, dijamin celengan sampeyan bakalan ambroolllllll…(iwb)

Advertisements

26 COMMENTS

    • Mobil lgcc, mobil apa an….

      Yg ada mobil lcgc…..

      Macam mana, Tan Anton.. Lu ngetik

    • ” tapi begitu ingat ini motor trail plus bersuspensi teleskopik dan jangkung, IWB malah langsung nyari jalanan yang enggak rata”

      Gak ada tulisan USD kayak nya…..

  1. Banyak laaagh produk motor yg bikin lupa diri. Lupa istri baru mantap tuhhh… Mak slog oselog oselog gitu pistonnya.

  2. hmmm… trigger yg akan munculkan ,
    yamaha 230cc & honda 230 .. dengan harga sama atau lebih murah…
    masing2(ymh n hnd) sdh punya base mesin 230 nya toh?!! ada Ttr225, crf230 cmiiw n imho ..

  3. Ya nmax dah tau lah kualitasnya kek gmn. Keluarin versi baru dah pasti berbenah dr kekurangan yg lama. Good lah

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama