Iwanbanaran.com – Cakkk.. piye kabare cak? Semoga sampeyan semua dalam keadaan baik-baik saja dan sehat wal afiat, amiin. Masih ingat artikel IWB tentang BRQ? Sebuah alat atau perangkat yang berfungsi sebagai katalis yang mampu “menyempurnakan” kualitas bahan bakar dan hasilnya bisa nambah power serta bikin mesin lebih awet? Monggo, kalau lupa sampeyan KLIK atau nang kene Cak. Nah, melanjutkan artikel tersebut, sekarang IWB mau sharing ke sampeyan semua mengenai hasil uji coba BRQ di tunggangan kesayangan IWB, Green Tukijo, Kawasaki Ninja 250 Fi 2018, yuk lanjut cak…

Pengujian ini, seperti yang sudah IWB katakan sebelumnya, bukan pengujian berdasarkan feeling atau rasa belaka, ini ada pengujian berdasarkan data kuantitatif berdasarkan angka. Betul pakdhe, Green Tukijo harus di dyno baik itu sebelum ataupun sesudah mendapatkan treatment dengan BRQ. Berangkat dari situ, IWB akhirnya menggelandang Green Tukijo ke TDR Technology Center di Pulogadung. Di sini ada alat dyno cak, sejamnya dikenakan biaya 300 ribu rupiah, bisa ngegas berkali-kali pakdheee, ganti motor juga diperbolehkan.

FYI, mesin dyno milik TDR adalah mesin dyno yang “pelit” untuk ngeluarin angka power dan torsi, jujur, iwb sempat ketar-ketir juga ikii :mrgreen: , tapi untunglah ada Vandra MMBlog dan Irwan Gilkunters yang menemani IWB, jadi IWB agak tenangan (kok koyo perawan yo? :mrgreen:) . Oke Cak, running akhirnya dilakukan, gak tanggung-tanggung, tiga kali running agar didapat hasil terbaik dan bisa dilihat konsistensi powernya.

Powere piro? Dengan kondisi standar ting-ting, bahan bakar pertamax, dan knalpot WRX Full System di dapat tenaga maksimal green tukijo adalah 32,3 HP! Wah, juoozzz tenan ternyata, gak nyangka IWB, ternyata powere gede juga euy. Oke, sudah dicatat cak, sebelum diberi treatment BRQ, power Kawasaki Ninja 250 Fi 2018 milik IWB adalah 32,3 HP. Selesai IWB, Vandra ternyata gatal pengen dyno Mas Moel alias Yamaha FZ6 Fazer S2, hasile? Piro tenagane? Tembus 79,7 HP! Empat silinder 600 CC, ya ora ngapusi :mrgreen: .

BRQ untuk sepeda motor adalah tipe BRQ B4 Intank . cara pakainya adalah di rendam di dalam tangki bensin. Agar lebih OKE, IWB menyarankan agar BRQ ini diikat dengan kawat kecil dan di kaitkan di tutup tangki, agar apabila sampeyan pengen service tangki, lebih mudah untuk mengeluarkan BRQ dari dalam tangki, dan inilah yang IWB lakukan di Green Tukijo. Selesai pasang, harus diajak jalan sejauh 150 Km dulu paling sedikit, lebih dari itu lebih baik.

Nah, IWB selesaikan misi ini dalam waktu satu hari pakdhe, sekalian ngajak jalan Green Tukijo agak jauhan, IWB melakukan short trip bareng Vandra dan Irwan ke Puncak. Irwan bawa KTM SMC690R dan Vandra bawa Yamaha MT25 full modif dengan Blok Yamaha MT-03. Caaakk, suwer tekewer-kewer cak, Kawasaki Ninja 250 Fi ternyata nyamane puooolll untuk short trip 150 Km sekali jalan! Ora ono sing arane lelah, blass!I love this bike so much!

150 Km telah IWB bukukan di Trip A, selanjutnya, IWB bawa lagi Green Tukijo ke TDR Technology center untuk melakukan dyno ulang. Tempat yang sama, mesin dyno yang sama, tukang ngegasnya pun sama, hasilnya? Setelah dilakukan treatment BRQ ternyata power Green Tukijo adalah 32,5 HP alias naik 0,2 HP, dan torsi malah turun. Wah piye ini? Kok pengaruhe cuma sak incrit cak? (padahal iwb sudah melakukan semua syarat yang harus dilakukan agar perangkat bekerja sempurna, ada yang salahkah? ternyata memang benar cak…..(Bersambung-iwb)

Advertisements

25 COMMENTS

    • 32hp gede ya.. ninin4silinder 60hp loh.. kabur… Eh cak di tali kawat nanti karatan loh

  1. Nah misal motor kita 250cc trus dipakein blok 300 atau 400cc, nanti pas bayar pajaknya bakal naik atau tetap cak?

    • Bicara worthed ato gak itu bukan cuman lihat harga vs power. Tapi juga harus lihat FC nya. Bahkan kalo perlu lihat hasil uji emisinya.
      Dan butuh berapa bulan agar FC tersebut mengembalikan modal untuk pengeluaran alat penghemat tersebut.

  2. Wuu..dasar perawan. Lagi enak-enak baca tau-tau bersambung.
    Ibarat lagi sayang-sayangnya tiba tiba ditinggal ngilang 😂😀😁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here