iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..kalau sampeyan menjadi salah satu owner dari KIA sepertinya harus baca kabar terbaru perihal pabrikan Korea ini. Karena setelah beberapa kali diterpa isu kurang sedap, pabrikan Korea yang tidak secemerlang rekan senegaranya tersebut kabarnya tumbang dan rumornya jatuh ketangan Indomobil Group. Weihhhh….

Penjualan KIA memang cukup terpuruk dari waktu ke waktu. Kalau sampeyan memperhatikan sepak terjang pabrikan Korea ini nasibnya jauh dibandingkan dengan Hyundai yang lebih mentereng. Jika Hyundai berhasil menjual ribuan unit mobil maka KIA hanya tembus ratusan. Intip saja raport mereka tahun 2017 di mana KIA hanya mampu menjual sebanyak 837 unit setahun. Nasib buruk juga ditunjukkan mereka pada raport 2018 di mana mereka hanya mampu menjual sebanyak 122 unit mobil. KIA sendiri sempat membantah bahwa mereka menyetop penjualan dibulan Februari 2019 lewat marketing communication Manager PT KIA mobil Indonesia Ridjal muljadi. Namun menginjak bulan ke-6 akhirnya nasib KIA terbongkar….

Pabrikan Korea tersebut tidak mampu bertahan dan akhirnya melalui keterbukaan dokumen informasi pasar modal Bursa Efek Jakarta diperoleh kepastian bahwa KIA jatuh ke tangan Indomobil Group. Dalam dokumen terkuak PT Indomobil sukses internasional Tbk yang juga menguasai pabrikan Suzuki, Nissan, Audi, Volkswagen, Volvo, Hino serta Datsun ini bersama PT Sari Mitra Kusuma Eka Jaya membentuk usaha patungan bersama dengan nama PT Kreta indoartha dengan kepemilikan saham 60:40 persen terhadap KIA. Upaya akuisisi KIA tidak dibantah oleh presiden komisaris Indomobil sukses internasional subronto Laras yang mengatakan….” belum deal… Nanti ketahuan nya kalau sudah jadi..” serunya via CNN. Weihhh serius tenan berarti cak…

iklan iwb

Last…. semrawutnya bisnis KIA tidak lepas dari penjualan mereka yang terus terpuruk dari tahun ke tahun. Inovasi yang cukup minim dan tidak mampu mengikuti pasar membuat pabrikan Korea tidak lagi bersinar. Puncaknya KMI akhirnya juga memutuskan keluar dari Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada bulan Maret 2018. Pasca keluar dari gaikindo penjualan mereka tidak terekam secara transparan. Jika benar KIA dikuasai Indomobil grup diprediksi akan membuat pabrikan Korea ini lebih baik. Apakah demikian ? biarlah waktu yang akan membuktikan….(iwb)

26 COMMENTS

  1. Kirain KIA global. Secara model KIA lebih keren dari Hyundai. Lagian 2 merk korea ini jg dah jd 1 grup jg di negara aslinys

  2. Om Soebronto Laras pernah bangun mobil nasional dengan nama Mazda MR th 90’an. kalo dia mau bisa aja KIA jadi Mobnas versi baru,… tapi kayaknya beliau masih sakit hati dengan pemerintah yg suka seenak udel ganti2 aturan..
    apalagi kalo denger LCGC, beliau langsung muntah2.. heheeee…

  3. Semoga membaik, Kia mobil yang bagus disegi disain dan performa mesin, ini mobil dengan bahasa disain unik “tiger nose”

  4. rada pesimis kalau dipegang Indomobil.
    tapi coba kalau Kia Morning atau Picanto didaftarkan ke program LCGC mungkin bisa laku,
    karena desainnya keren kalau dibandingkan desain LCGC yg ada saat ini

  5. Salah satu tulang punggung penjualannya di Indo yakni Kia Rio.. Jelek desain Rio yg baru.. Telalu biasa2 saja.. Sama skali tdk ada futuristiknya..

    Apa kabar jg seri Carens? Kok ilang pdhl nama Carens udh lumayan dikenal. Ya walau bkn sebanding dgn penjualan mopang

  6. Masih jauh lebih baik WULING dan DFSK! kenapa? Karena mereka pertama masuk ke Indonesia langsung BERANI bangun Pabrik! Hyundai dan kia yg udah belasan tahun jualan mobil di indo Gak Mau bgn pabrik! ??

  7. Indomobil ? Ngga janji deh….. Indomobil focus Di Suzuki Roda 4 Dan 2 saja… Mazda lepas , Volvo cars lepas, Renault lepas, Nissan ketolong Mitsubishi , Datsun Ya gitu

  8. KIA klo yg udah pernah coba pasti ketagihan, korea standard eropa…sparepart banyak di online

Comments are closed.