iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……IWB tahu betul cukup banyak para bikers yang cukup penasaran dan ragu dengan status posisi charger lighter 12V dibawah jok pada motor. Kendati bukan hal baru sebab cukup banyak motor dipasaran juga menawarkan fitur dan posisi serupa, kini Honda Genio juga memiliki fitur ini. Pertanyaannya…apakah aman nge-charge HP dibawah jok ?? gimana dengan panas mesin yang akan menyerang HP dibagasi ? ketimbang ragu IWB langsung tanyakan hal ini pada ahlinya yakni pak Endro selaku teknis division AHM dan berikut jawabannya….

Selama ini cukup banyak pabrikan yang menawarkan fitur DC outlet charger yang berada di posisi bagasi atau tepatnya di bawah jok. Bahkan pabrikan Eropa seperti Lambretta serta pabrikan Korea Kymco juga memiliki fitur ini. Kendati lumayan banyak pabrikan yang sudah memberikan fitur tersebut, ternyata cukup banyak yang bertanya mengenai keamanan posisi HP dibawah jok pada saat ngecas. Dilalah IWB bertemu dengan salah satu punggawa teknis Training department PT Astra Honda Motor pada saat peluncuran Honda New Genio 110 yakni pak Endro. Kesempatan yang tidak bisa IWB sia-siakan mengingat Honda juga menghadirkan fitur tersebut pada generasi matic kembaran Scoopy. So…amankah kita ngecas HP di bawah jok ?

” Aman, semua sudah melalui pengetesan dan sangat amat tidak masalah. Karena di dalam bagasi pada saat motor dikendarai suhu mencapai kisaran 30 hingga 40 derajat maksimal. Suhu tersebut untuk HP sendiri pun sangat aman. Itu yang pertama, yang kedua Kemudian kami sarankan sebaiknya untuk ngecas handphone posisi HP mati. Kemudian pastikan juga charger yang dipakai charger orisinil atau dari kualitasnya sudah Tidak diragukan. Baik kabelnya ataupun soketnya harus yang bagus. Dikawatirkan kalau komponen abal-abal output listrik yang keluar tidak stabil naik turun...” seru pak Endro…

iklan iwb

Nah…gamblang jelas dan lugas cak jawabannya aman jaya melegenda. Artinya Sampeyan tidak perlu takut ngecas HP di bawah jok atau tepatnya di bagasi. Tidak ada ceritanya meledak kecuali Memang ada masalah dari handphone itu sendiri baik pemakaian baterai yang tidak orisinal pabrikan ataupun kabel charger di pasaran yang memiliki merk kurang baik. Lawong dicolokin di listrik rumah aja bisa meledak jika kabel ataupun baterei kurang bagus. Jawaban tersebut tentu membuat kita menjadi yakin dan terasa aman jika bepergian sambil ngecas handphone di bagasi. Judule horaaa masalah cak…wis gamblang tooo ! (Iwb)

86 COMMENTS

    • Suhu 30? – 40? lumayan panas karena nyamber dari suhu mesin.ane naro baju kaos di bagasi aja langsung anget kaya abis di setrika

    • Harga Motor Honda Genio Murah Karena Sasisnya Aneh dan Pertama Dipakai di Indonesia – (dari medya Montorpelus onlen)

    • 108cc yg kemaren aja bisa ngalahin yg 125cc larinya apalagi yg ini bisa ketinggalan 5 kecamatan

    • Ah tidak juga, ,
      Saya ada vario 2012 cat body masih normal, ,cuman busam di body kulit jeruk parkir ya diluaran tanpa atap
      Isu gak berdasar

    • Kalau ragu ,gak usah ngecas ..kecuali lagi istirahat buka jok ? toh..tanpa colokan tsb , kayaknya siGenio bakal laris juga.

    • Berharap pengguna sadar tentang cara pakai charger di jok itu ora mungkin, ini matic sejuta umat yg belinya cukup modal dengkul udah bisa bawa pulang, berharap target konsumer seperti itu aware? Lucu! Charger mau seberapa pun harganya pasti panas, anker aja berasa anget, itu kondisi normal, sekarang ditaroh di jok, ditambah negara tropis, ya mantep kan suhunya? Fitur “yg penting ada” ya gini.

    • Marketing biar gede kemumgkinan mleduk wekwekwk, jdi beli motor bru dahh
      Taroh hp posisi mati di jok aja motor jalan stengah jam aja suhu skitar 40? apalagi kalau smbil ngecas, ini fitur killing consumen slowly paling terbaik

    • Bagasi Honda Genio aman kok gan, udah ada lapisan pelindungnya dan pastinya udah ngelewatin pengecekan kualitas standar AHM. Jadi menurutku ngga perlu dipermasalahkan desain tempat charger alias Power Chargernya.

  1. Dengan adanya mesin dan sasis baru, sudah bisa kita pastikan kalo akan ada produk2 baru dari honda di lineup matic mereka, mulai dari scoopy, beat series, vario series bahkan bisa sampai ke pcx

    • Varian produk matic akan segera dirapatkan mengisi celah celah harga seperti pabrikan sebelah yang lebih dulu menerapkan strategi ini.

    • Pertamax diamankeun..
      InshaaAllah aman walau ribet di dalam jok drpd di samping saku matik. Tp untuk keamanan pengendara sendiri ane lbh sreg taruh cas hp di dalam bagasi biar gak ribet sama hapenya pas berkendara, bahaya

    • Tp pada kenyataaannya contoh sy pakai beat. Kondiai bagasi cukup panas. Kalo panasnya bagasi genio sm ky beat dan hp dalam kondisi dicas sy sndiri khawatir mbledos hpnya cak

  2. Bukannya banyak kejadian yg hp meleduk itu kalau di cas nya di dalam bagasi yah?
    Panasnya dobel kan, udah panas lagi cas tambah panas disimpan didalam bagasi yg dari mesin.
    Kalau dicas nya di kontainer depan saya belum nemu kejadian meleduk walau pake konverter biasa.

    • Sssttt jangan keras keras komennya. Kamu itu nggak bela yang bayar. Terlalu lugu kamu.

    • Yang dicas dirumah dan ditinggal tidur juga ada bro ? yang salah hp nya atau tempat ngecasnya?
      Ikuti saja aturan .. maka semua aman ? aturan udah diikuti.. tapi masih kena? Itu muzibah ?

    • @Tak ada yang bisa
      justru itu kang, kejadian mbleduk yang di rumah atau dimana pun itu karena panas yang dihasilkan melebihi batas toleransi batre dan akhirnya batre bocor dan cairan Li-Po yang kena panas mbleduk.
      nah ini udah disimpan didalam bagasi yang notabene panas na berlebih karena dapat panas dari mesin.
      coba akang juga sama-sama cari info jangan karena akang membela suatu produk malah bikin blunder yang lain.

  3. Pakai powerbank aja bisa mleduk klo kualitas jelek… Yg tidak aman ngecas sambil maen hp di saat motor berjalan pula..

    • Harus dikoco-koco mas biar keluar…. Komentar nya
      Dikoco-koco komennya dikoco-koco
      Banyak ikan nya Kecil-kecil pada mabok
      Gitu mas

  4. yg selalu ingin charger di depan itu driver OJOL atau anak alay yg sambil riding sambil main HP..
    heheeee.. just kidding…

  5. Tp pada kenyataaannya contoh sy pakai beat. Kondiai bagasi cukup panas. Kalo panasnya bagasi genio sm ky beat dan hp dalam kondisi dicas sy sndiri khawatir mbledos hpnya

    • Mesin beda dari beat mas….. Jadi panas juga beda. Bisa kurang bisa lebih drpd beat. Kudu ditest ride.

  6. Percuma hape kudu posisi mati. Mending dichaz di rumah klo gitu. Jaoh lebih aman di rumah Wkwkwkwkwk asyemmm

    • Safety & Marketing itu beda. Safety pasti / cenderung ribet. Marketing nonjolin nyaman praktis.
      Ini produk lebih murah dari vario bro.

    • Biar gak ribet ,putusin aj arus di kabelnya bro ? maka ente gak bakal bisa ngecas dibagasinya .. aman kan? ? Pizzs

  7. Kalo lagi berhenti aman… Tu
    Selagi jalan, gk pas lahh,,,
    Kalo mesin mirip scoopy ring 12..
    Scoopy ring 12, ane masukkan sepatu di bagasi nya.. Ane jalan jarak 60 km,, udah anget tu sepatu, ( kaki aja terasa panas hawa mesin).. Kalo utk Hp,, tak rekom lahh kalo, sekalian jalannin motor.

  8. Ngecas batery hp/laptop emang idealnya kondisi mati, itu kan yg disarankan pabrikan. Biar batyery pada saat di cas tidak panas berlebihan. Konsumen aja yg ngeyel ngecas sambil maen game. itu berlaku ngecas dimana pun.

    • Maaf bro klo boleh tau pabrikan hp mana yah yg menyarankan klo mau charger hrus dimatikan dlu hp nya? Berarti itu udah sop dong, ngecas hrus dimatikan?
      Boleh ane tau pernyataan pabrikan mana?

    • Emang kayaknya pabrikan gak berikan keterangan waktu ngecas hp mati bro ? barangkali aplikasi bawaan hp itu nyaris aman semua , yang dikhawatirkan adalah aplikasi2 tambahan..mendownload apalagi aplikasi2 ( eksternal ) sept game yang berat2 dll ?
      Apalagi sekarang yang kutu hp , semua aplikasinys aktif.. hingga waktu ngecaspun gak sadar atau malah cuek ?

  9. Ini yg komen ndablek kuabeh.

    Hodna iku motor paling aman dan canggih. Koe ora percoyo? Liat MS Hodna…

    Vario 150 q juga iso ngepruk ngaerox di jalan.

  10. Hallo AHM, tidak semua manusia paham.. ini sungguh bahaya, jangankan sedang di cas tanpa di cas pun bisa sangat panas smartphone tersebut.. karna kondisi ruangan tertutup, sangan tidak rekomended, kalau keadaan mati benar aman tapi apa ya semua paham? Kalau bisa pindahkan ke tempat terbuka seperti di bawah setang,

    • Nah..yang perlu ditekankan adalah kesadaran si Manusianya ? terkadang perlu menyadarkan manusia dg kejadian2 ?
      Tiada tempat yang aman untuk colokan listrik tsb…semua ada risk nya ,diluar kalau aktf bisa kena air dan bahkan bisa dijahilin ( sebagian contoh )..semua bersumber dari manusianya ?
      Motor2 sekarang sudah canggih.. semua udah pada pke ecu ,gak sembarangan kalau memperlakukan bagian kelistrikan dri motor, atau konsekuensi fatal .
      Kesimpulannya.. banyak respon dan tanggapan bahwa : colokan cas hp sept lebih penting darimotornya sendiri ?.
      Kalau gak suka dg colokan dibagasi..ya gak usah pake ,atau mau beda? Beli online ,gak sampe 50 ribu udah bisa ditaro dimana ente mau ? itu fitur – bonus kecil yang hanya diperuntukkan dg cara yang Bijak ? bicara bijak..bicara tentang kualitas si manusia yang menggunakannya .pizzz ?

  11. Suhu dibawah jok luar biasa ada potensi meledak. Ya jelas ngomong aman lah. Masak produk uda Jadi mau dibilang gak aman. Gak usah ngecas nyimpen hape di jok aja gak pernah. Emang mau rusak.

  12. Mosok mas Iwan banaran blogger yg sudah gak diragukan lagi ketenarannya sampai segitunya.. haduh.. dikritisi sedikit saja gitu mas..

  13. Yg bilang ngecas hp ga aman brarti blm pernah punya supra 125 fi ya ?? Saya sebagai pemilik supra 125 fi mulai dari tahun 2014 sampe sekarang kalau ngecas hp di bagasi aman” saja kok, asal socket charger nya yg bagus sm kabel jgn yg abal” sekian ripiu dari pengguna supra 125 fi, salam

  14. Ngapain diributin toh, kalian aja kan belum nyobain. Panas mah ya wajar, jadi orang kok pada lebhay. Semua tuh udh diriset sebaik mungkin, lha ini cuma sekedar liat sok”an menilai.

  15. Gini aja sih, lw pada ga usah ribut mikirin aman atau ga nya charger di dalam jok. Logika aja, honda buat fitur itu pasti udah dilakukan uji coba/ kelayakan apakah fitur itu membahayakan atau ga untuk penggunanya. Smua prosesnya pun diawasi, skarang gini aja apa pernah ada kasus motor yg punya fitur didalam jok trus meledak?? Ga ada kan.. jd ga usah ribet. Klo lw fiturnya lw beli, klo ga suka yg ga usah dibeli. Gitu aja kok repot ?

  16. Kalo ngecas mah gak dimana2, lebih aman di matiin kali bro hpnya, batre keisi lebih cepet juga

  17. Honda Genio bangus banget, suka desainnya. Anak muda banget. Siap upgrade hijrah dr BeAT eSP ?

  18. Yang bilang ngecas di Honda Genio ngga aman apa ngga liat di Supra X 125 FI yg udah duluan pake. Ngga mungkin Honda ngeluarin produk yg keamannya jelek. Pastinya udah lolos lah uji keamanan. Be smart!

  19. Aku udah liat displaynya Honda genio di IIMS, asli keren banget. Sepertinya aq mau ganti motor lama aku sama genio deh

  20. Ngga sabar pengen cepat2 tersedia di dealer. Honda Genio yang warna hitam suka banget. Ngga peduli masalah charger yg dibilang ngga aman. Lebih percaya AHM pastinya ngeluarin produk ini ngga main2 dan keamanannya pasti 100% aman.

  21. suhu bagasi 40*, suhu hp kalo lagi di charge bisa 40* dan butuh pendinginan.
    Lu bayangin kalo badan lu uda panas nih ya, di tambah suhu ruangan panas, efek ke badan lu gimana? Apa lagi ini barang elektronik, batre yang sensitip sama panas. Siap2 mleduk….

    Mikirrr…

    Jangan mau ketipu marketing honda ngoahahahaha…….

Comments are closed.