iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….baru jam 1 semalam IWB bisa tidur karena garap banyak poin tentang Honda Genio 110, skutik terbaru Honda yang baru dirilis oleh AHM. Bedah teknologi yang membuat kita jadi tahu bahwa ternyata mesin motor ini beda dengan Scoopy dan Beat. Termasuk video review (akan IWB rilis hari ini) serta mega gallery terlampir dibawah. Yup…..pesona Genio 110 akan coba IWB bedah dalam artikel khusus ini supaya rasa penasaran sampeyan terjawab. Mulai dari depan, samping, atas hingga belakang. Dan tahukah sampeyan bahwa mesin new Genio ini beda dibandingkan Beat serta Scoopy. Nahhh menarik tooo ? yuk IWB akan bedah dibawah ini sambil nyruput kopi serta gedang goreng biar segerrrrrr. Cekidot cakkkk….

Perbedaan mesin Honda Genio ini setelah kita melakukan sesi wawancara dengan Pak Endro selaku Departemen teknis PT AHM. Bisa dipastikan untuk dapur pacu memang menggunakan basis engine yang sudah eksis yakni eSP 110 namun ada empat perombakan yang cukup signifikan sehingga membuat engine ini lebih powerfull serta ringan. Yang pertama Honda mendesain ulang konstruksi dalam mesin sehingga lebih kompak dan ringan. Clearance lebih rapat membuat komponen saling berdekatan dan memberikan konstribusi terhadap ringannya bobot hingga 10%..

Yang kedua Honda menaikkan combustion atau ruang pembakaran kompresi dari 9,5 menjadi 10:1 untuk Honda Genio 110. Tidak heran secara respon mesin ini juga cukup mumpuni ditambah stroke yang cukup panjang. Yup…dengan 63,1mm long stroke dan bore 43mmm motor ini dipastikan lebih njengat akselerasinya dibandingkan dengan Honda Scoopy ataupun Honda Beat ( sesi test Ride akan kita bahas di artikel terpisah). So…. jika sampeyan bertanya ke IWB tentang climbing ability motor ini pasti jagonya untuk nanjak di pegunungan….

iklan iwb

Yang ketiga khusus untuk Honda Genio ini Honda sudah juga membekali V-Belt model W-Cog yakni V-Belt model gerigi dua sisi yang membuat penyaluran tenaga lebih minim friksi serta senyap. Termasuk frame atau sasis yang kini menganut model terbaru. Model ini proses pengelasan menggunakan laser khusus yang membuat sasis lebih rigid namun fleksibel? dan kuat. Honda menyebut frame tersebut sebagai Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF). Dengan sasis baru ini ternyata posisi mounting mesin juga berbeda termasuk baut untuk ngetap oli…..

Jika generasi Honda Beat ataupun Scoopy berada di bawah maka untuk posisi baut pengikat engine dari Honda Genio berada di atas. Begitu juga dengan baut tap oli yang biasanya berada di bawah, untuk Genio ini bisa terlihat dengan jelas akibat posisi mudah terjangkau karena berada di samping kiri. Bahkan untuk filter oli bentuknya juga berbeda cak. Jika sebelumnya menganut model bulat maka untuk generasi Genio ini cenderung lebih mengkotak. Ealahhh….jebule trah banyak yang beda euy. Pertanyaannya apakah bisa kita ingin memasang pelk 14inch dari Honda Genio atau sebaliknya dari 12inch Scoopy ke Genio?

Belakang bisa plug-and-play tapi yang depan tidak karena harus sedikit melakukan tambahan modifikasi...” seru pak Endro. Btw ..Genio sendiri artinya adalah genuine atau otentik serta jenius sebagai ciri khas anak muda. So… Honda sepertinya ingin menyapu bersih market dibawah 20 juta dengan tidak memberikan ruang kepada para bikers untuk melirik produk Rival. Sebuah gebrakan dan tindakan yang tentu bisa dibilang Brilliant karena Honda Genio walaupun memiliki desain bak Scoopy secara umum feel riding ternyata berbeda. Sesi test Ride akan IWB kupas pada artikel selanjutnya…..

Last…….bisa dipastikan Honda menawarkan sesuatu yang berbeda baik dari sisi penampilan ataupun feel riding pada new Genio. Bagi sampeyan yang memiliki tubuh rada Jangkung menggunakan Honda Genio mungkin lebih cocok dibandingkan dengan Honda Scoopy. Artinya market di luar tidak akan tumpang tindih dengan Scoopy karena menurut IWB Honda Genio terlihat lebih maskulin serta bongsor. Dengan harga termurah 17,2 juta serta termahal 17,7 juta, target penjualan PT Astra Honda Motor terhadap Honda Genio adalah 500.000 per tahun yang artinya per bulan berkisar 40 ribuan. Ediannn targetnya sadizzz cak. Nah… Seperti apa sosok Honda Genio 110? Monggo intip beberapa jepretan IWB berikut ini. Genio? Masuk cakkkkk..(iwb)

133 COMMENTS

  1. Desain depan kayak suzuki, desain blkg ya macam scoopy. Misal suzuki yg bikin, dibully keknya
    Dan itu speedometer segede gaban, dptnya cuma seuprit, pelitnyaaa

  2. Kalo dicermati kok banyak skali Sales toko Sebelah yg kejang? ya.
    Kalo asli KONSUMEN mah sreg angkut, ga sreg tinggal. Gitu aja kok repot.
    Konsumen yg punya duit, betulll?

  3. mohon ditampilkan poto honda genuine accesories genio ini bang,
    menurut bang iwan, kelemahan motor ini apa ?

  4. ini kamera lek iwb yg bagus ato motor nya yg cakep y..? sk ato tdk model nya trgantung selera masing2,tp yg menarik y itu td.. mesin over stroke nya, tinggal ganti roller yg lbih berat dr standart. wuuuuzzz…

  5. Cak kalau buat tinggi 170++ gimana cak? dengkul aman ga? Pengen gantiin motor bini tapi yang bisa juga di pake buat jalan2 sama anak.

  6. desain bagus,,,cuma bagian speedo, kurang srek, framenya bulat, tapi tiba2 kok layarnya kotak,,,gak enak diliat, maksa, kurang mengalir…kaya punya Nmax yg baru juga. frame bulat eh speedo kotak. Cuma nyinyir aj kang iwb, blm kuat beli,,,wkwkwk

  7. Yang akan banyak diburu dari motor ini:
    1. Headlamp
    2. Stoplamp

    Udah LED modelnya keren, modern dan tipis. Pas banget untuk modifikasi sport retro modern maupun supermoto. Atau…. malah next matic “adventure” ??! who knows?

  8. Jujur kalo dari sisi engine dah mantab lah, tp pendapat sy design nya kurang oke..dr samping kek Mio Fino..kek burung kutilang (kecil) hehehe

  9. Halus mana mesin genio dibanding nex2 Kang? Getarannya? Saat baru mau mulai jalan biasanya honda agak geger gitu? Terasa gak di genio?

  10. Desain cocok buat anak muda… seperti gw nih hehe. Klo diliat liat ground clearance lebih tinggi ya kang.

Comments are closed.