Iwanbanaran.com – Cakkkk….baru jam 1 semalam IWB bisa tidur karena garap banyak poin tentang Honda Genio 110, skutik terbaru Honda yang baru dirilis oleh AHM. Bedah teknologi yang membuat kita jadi tahu bahwa ternyata mesin motor ini beda dengan Scoopy dan Beat. Termasuk video review (akan IWB rilis hari ini) serta mega gallery terlampir dibawah. Yup…..pesona Genio 110 akan coba IWB bedah dalam artikel khusus ini supaya rasa penasaran sampeyan terjawab. Mulai dari depan, samping, atas hingga belakang. Dan tahukah sampeyan bahwa mesin new Genio ini beda dibandingkan Beat serta Scoopy. Nahhh menarik tooo ? yuk IWB akan bedah dibawah ini sambil nyruput kopi serta gedang goreng biar segerrrrrr. Cekidot cakkkk….

Perbedaan mesin Honda Genio ini setelah kita melakukan sesi wawancara dengan Pak Endro selaku Departemen teknis PT AHM. Bisa dipastikan untuk dapur pacu memang menggunakan basis engine yang sudah eksis yakni eSP 110 namun ada empat perombakan yang cukup signifikan sehingga membuat engine ini lebih powerfull serta ringan. Yang pertama Honda mendesain ulang konstruksi dalam mesin sehingga lebih kompak dan ringan. Clearance lebih rapat membuat komponen saling berdekatan dan memberikan konstribusi terhadap ringannya bobot hingga 10%..

Yang kedua Honda menaikkan combustion atau ruang pembakaran kompresi dari 9,5 menjadi 10:1 untuk Honda Genio 110. Tidak heran secara respon mesin ini juga cukup mumpuni ditambah stroke yang cukup panjang. Yup…dengan 63,1mm long stroke dan bore 43mmm motor ini dipastikan lebih njengat akselerasinya dibandingkan dengan Honda Scoopy ataupun Honda Beat ( sesi test Ride akan kita bahas di artikel terpisah). So…. jika sampeyan bertanya ke IWB tentang climbing ability motor ini pasti jagonya untuk nanjak di pegunungan….

Yang ketiga khusus untuk Honda Genio ini Honda sudah juga membekali V-Belt model W-Cog yakni V-Belt model gerigi dua sisi yang membuat penyaluran tenaga lebih minim friksi serta senyap. Termasuk frame atau sasis yang kini menganut model terbaru. Model ini proses pengelasan menggunakan laser khusus yang membuat sasis lebih rigid namun fleksibelย  dan kuat. Honda menyebut frame tersebut sebagai Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF). Dengan sasis baru ini ternyata posisi mounting mesin juga berbeda termasuk baut untuk ngetap oli…..

Jika generasi Honda Beat ataupun Scoopy berada di bawah maka untuk posisi baut pengikat engine dari Honda Genio berada di atas. Begitu juga dengan baut tap oli yang biasanya berada di bawah, untuk Genio ini bisa terlihat dengan jelas akibat posisi mudah terjangkau karena berada di samping kiri. Bahkan untuk filter oli bentuknya juga berbeda cak. Jika sebelumnya menganut model bulat maka untuk generasi Genio ini cenderung lebih mengkotak. Ealahhh….jebule trah banyak yang beda euy. Pertanyaannya apakah bisa kita ingin memasang pelk 14inch dari Honda Genio atau sebaliknya dari 12inch Scoopy ke Genio?

Belakang bisa plug-and-play tapi yang depan tidak karena harus sedikit melakukan tambahan modifikasi...” seru pak Endro. Btw ..Genio sendiri artinya adalah genuine atau otentik serta jenius sebagai ciri khas anak muda. So… Honda sepertinya ingin menyapu bersih market dibawah 20 juta dengan tidak memberikan ruang kepada para bikers untuk melirik produk Rival. Sebuah gebrakan dan tindakan yang tentu bisa dibilang Brilliant karena Honda Genio walaupun memiliki desain bak Scoopy secara umum feel riding ternyata berbeda. Sesi test Ride akan IWB kupas pada artikel selanjutnya…..

Last…….bisa dipastikan Honda menawarkan sesuatu yang berbeda baik dari sisi penampilan ataupun feel riding pada new Genio. Bagi sampeyan yang memiliki tubuh rada Jangkung menggunakan Honda Genio mungkin lebih cocok dibandingkan dengan Honda Scoopy. Artinya market di luar tidak akan tumpang tindih dengan Scoopy karena menurut IWB Honda Genio terlihat lebih maskulin serta bongsor. Dengan harga termurah 17,2 juta serta termahal 17,7 juta, target penjualan PT Astra Honda Motor terhadap Honda Genio adalah 500.000 per tahun yang artinya per bulan berkisar 40 ribuan. Ediannn targetnya sadizzz cak. Nah… Seperti apa sosok Honda Genio 110? Monggo intip beberapa jepretan IWB berikut ini. Genio? Masuk cakkkkk..(iwb)

Advertisements

133 COMMENTS

    • Lu kira tenaga mesin hanya dari ps…kebut atau tidaknya
      Adeh kerdil sekali sampean tentang pemahaman mesin…

      Dia kira ps gede auto kebut… Adeh

    • Jujur lek…melihat sosoknya yang sederhana, tapi tiap dilirik makin bikin hati bergetar ๐Ÿ˜‚ , walau harganya kaga mahal..namun mesin atm akan bekerja lebih keras nh Lek ๐Ÿ˜‚
      Naik gunung??? Beat skupi yang sekarang saja superior nanjak nanjak lek..apalagi dilihat Spek all new engine Genio ini ๐Ÿ˜‚

    • Kasihan konsumen, buat percobaan pabrikan utk kesekian kalinya

      Tinggal menunggu komplain oli meler, standar tengah ambyar, shock bocor, komstir oblak, mika lampu meleleh, turun mesin ganti piston+ring padahal belum ada 30rb km, mesin ngebul, etc
      yang lain komen dibawah ,,,,,

    • Saudaraku…Tiap produk baru pasti ada kekurangan dibalik kelebihan , kampanye2 hitam akan selalu hadir menyertai disepanjang hidupnya itu simotor..berlaku untuk semua Pabrikan. Nah, alat ukur akan kesuksesan produk2 motor tsb akan berakhir ditangan Market , kesuksesan atau kegagalan ditentukan oleh market.
      Selama ini Kampanye2 hitam banyak berseliweran terutama untuk produk H..namun nyatanya, semakin rame heboh … Semakin inden ๐Ÿ˜‚ semakin heboh semakin ribut , semakin inden ๐Ÿ˜‚

    • Enakan naik maxi yamaha… Maxi yamaha tetap pilihan orang cerdas dan berkelas yamaha semakin didepan

    • Nih motor desain nya kekanak kanakan bgt ciri khas fbh rata2 anak abg labil dungu, hahaha, keluarga maxi yamaha tetap paling value dan premium kelas dunia

    • Revisi spakbor depan…
      Shape belakang enak dituruinin dikit.. dibuat melengkung..
      Bokong pas bodi belakang jok seksi ada lekukan..

    • Asyem yang warna putih menarik dari samping jujur saya tertarik tapi fascia depannya butuh waktu untuk suka btw itu tergantung selera masing2.buat kaki2 saya lebih suka yang pelek besar karena lebih nyaman buat perjalanan jarak jauh

    • Desain nya anak abg labil banget hehehe… Keluarga Maxi yamaha desainya berkelas kelas dunia hehehe

    • Oli meler, standar tengah ambyar, shock bocor, komstir oblak, mika lampu meleleh, turun mesin ganti piston+ring padahal belum ada 30rb km, mesin ngebul, rangka membelah diri ,,, wkwkwk ,,, velg geal-geol, apalagi ya ,,,,

    • Kalem bos
      Jangan mendahului komen yang belum terbukti
      Mesin dan sasis 110cc matik ini bakal jadi standar next produk honda yang indennya mengekor semua. .
      Mesin dan sasis sekarang saja sudah sangat diterima konsumen, ko masih diriset terus dan diberi peningkatan terus sama honda

    • Waduh bagasi dan kiri kayaknya nggak kejepret. Tapi tenang cak, video review sedang digarap

    • Tolong d trawang, Kang…
      K dpan gmn kira2 smua varian Mentok Hondut dg base sasis & kilikan mesin baru tuh, jd gmn dg keunggulan kompetitor yg slma ni mgandalkn 4 Klep d ats kertas?
      Turun bobot, power & torsi naik plus handling lbh rigid… ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ

    • Sbg pengamat mesin, sya rasa mesin sohc 4 valve adl mesin yg paling ideal buat motor harian, karna power nya besar tp tetap irit dan ramah lingkungan, sesuai dgn standar motor dan mobil eropa…. Salam green heart

  1. Bakal jadi acuan mesin dan sasis entry level berikutnya nih, meninggalkan mesin dan sasis beat,scoopy dan vario absolute yg skrng utk kedepannya.

  2. Strategy yg berbeda sm yamahe…mungkin keuntungan bikin skutik bongsor dikit.. untungnya gedean yg gini… hee

  3. ternyata model sasisnya mirip body mobil. plat lempengan dibentuk, demudian di las dijadikan satu, wajar klu ringan… tapi klu crash kuat gak ya??

    • Sekali nubruk, langsung ganti motor baru ,,,, alias gak bisa di perbaiki

      Pinter nih AHeM, strategi biar always beli motor baru

    • Prnh naik mobil yg brsasis Monoque, bro? Captiva ato CRV Turbo? G prlu nyinggung soal pke Suspensi Independen ato Double Wishbone dl.
      Prnh rasain bedany dg yg Ladder Frame?
      Jgn bandingin dg sasis gerobak sayur loh, gmn nyaman & rigiditasny… Smga phm ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿคญ

    • ini roda 2 bukan roda 4 ,,,,, semoga paham

      you know, roda 2 klo crash kyk apa

    • ini buat gantiin scoopy di segmen 110cc
      scoopy mau naik kelas ke 150cc, liat aja ntar.

      pinter ngahaem, karena nama scoopy kadung disukai makanya mereka mau scoopy naik kelas tapi tetap ada penggantinya

  4. Waduh saya gagal fokus sama foto sebelahnya genio.. ganteng banget..

    Foto bagasi kiri dong lek Iwan, sama itu strokenya kok cuma 47mm, bukannya beat esp udah 55.1mm ya, salah tulis 57mm mungkin?

  5. desainnya simpel dan seimbang (gak terlalu sporty dan gak terlalu elegant)
    lampunya asemmm tenannn… bahan kustom buat street bike ala KTM wkwkwkwk
    posisi aki msh di dek bawah ya kang ?

  6. Apik mas.
    Coba ini produk yamama uda pasti dikasih sticker motogp wkwkwk kan jadi puyeng masak motor buat emak emak dikasih sticker motogp.

    Mas wb da keliatan menua tapi tetep seger plus ganteng(apalagi kalau gw dapat sopenir) gantengnya malah ++๐Ÿ˜€

    • Iya…nabrak 40thn otw kisut cak๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
      * souvenir sandal swallow mau?๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

  7. lampu hazard sdh ada belum cak ?
    eh tapi mending gak ada deh, soale para rider di Indonesia pada gak ngerti fungsi lampu hazard.
    kondisi gak darurat dinyalain, mau belok yg nyala lampu hazard ๐Ÿคฆ

  8. Keren sih. Tapi kalo lekuknya ini (maskulin) dibawa ke lekuk body GTR150, akan lebih strong nampaknya. Geris desain GTR nya ok. Lekuknya yg pengen seperti genio ini.

  9. Fino ny h, ngapain coba hobi h ini psti ada masanya bikin produk desain wagu & ga laku, cthny, beat pop, spacy, supra helm in ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kbanyakan duit opo, makane desain produk wagu, jg ngikutin y lah..
    Dan lagi, 2019 blm keyless, licik koe ya

    • Sesuai dg harganya saudaraku ๐Ÿ˜‚ tunggu versi FL nya beberapa taun kedepan ..yakinlah bakal ada apa yang sampeyan mau.

  10. oalahhh cakkkk… paham cak paham…Setelah melihat foto KERANGKA/FRAMEnya, saya jadi paham bahwa motor ini dibuat dengan biaya semurah mungkin untuk mengejar untung sebesar mungkin… rangkanya itu lo cak, haduh cakkk, jangankan rangka pipa bulat/tubular, ranga kotak yg kualitasnya lebih rendah saja bukan.. terutama area komstirnya itu..haduh biyung… ternyata kerangkanya model PELAT PRESS yang di las..murahan sekali cak seperti kembali ke jaman honda cub c70.. alamak…

    • Menunggu Kejutan H selanjutnya Untuk produk yang bertulang tengah ๐Ÿ˜‚ siapkan sensor celenganmu…..

  11. Yen spion e ganti bulat jadi tambah retro… ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜

    ,mesin baru feel serta konsumsi BBM e piye Cak…???

  12. Aduh sasis nya tipis nya..
    Ya wajar laaah motong bajet, supaya bisa jual murah..
    Kayak mobil merek jepang, makin lama, kalengnya makin tipiss pis pis

  13. Strokeny cak gak nguati, efekny bore jadi kecil. Sampe” produk kompetitor kalah dalam hal stroke yg bisanya jadi andalannya

  14. design dari samping ama belakang sip dah.. especially joknya wow gimana gitu artistik tapi funsionality nya tetep empuk kan..??? entah klo tampak dr depan seperti ada yg kurang apa gitu.. (selain plat nomor wkwk)

    • Samping kaya fino tp bagus fino, belakang kaya fino dan lets tp bagus fino.. Depannya jelek.. Kepada iwak beneran coba namanya diganti jd tikus beneran sesuai dengan gambar motornya..

  15. Jos lek…
    Genio headernya lebih panjang, jadi lbh bertenaga dan irit bbm.
    lumayan buat inspirasi modif beat series.

  16. Waduh bagus tenan kangbro. Ngomong-ngomong nasib nya scoopy gimana kangbro? Apakah scoopy diprediksi naik kelas? 125/150?

  17. Desain depan kayak suzuki, desain blkg ya macam scoopy. Misal suzuki yg bikin, dibully keknya
    Dan itu speedometer segede gaban, dptnya cuma seuprit, pelitnyaaa

    • Lumayanlah bro, speedometernya hnd Rebel yang larisnya gak ketulungan ๐Ÿ˜‚

  18. Kalo dicermati kok banyak skali Sales toko Sebelah yg kejangยฒ ya.
    Kalo asli KONSUMEN mah sreg angkut, ga sreg tinggal. Gitu aja kok repot.
    Konsumen yg punya duit, betulll?

  19. mohon ditampilkan poto honda genuine accesories genio ini bang,
    menurut bang iwan, kelemahan motor ini apa ?

  20. ini kamera lek iwb yg bagus ato motor nya yg cakep y..? sk ato tdk model nya trgantung selera masing2,tp yg menarik y itu td.. mesin over stroke nya, tinggal ganti roller yg lbih berat dr standart. wuuuuzzz…

  21. Cak kalau buat tinggi 170++ gimana cak? dengkul aman ga? Pengen gantiin motor bini tapi yang bisa juga di pake buat jalan2 sama anak.

  22. desain bagus,,,cuma bagian speedo, kurang srek, framenya bulat, tapi tiba2 kok layarnya kotak,,,gak enak diliat, maksa, kurang mengalir…kaya punya Nmax yg baru juga. frame bulat eh speedo kotak. Cuma nyinyir aj kang iwb, blm kuat beli,,,wkwkwk

  23. Yang akan banyak diburu dari motor ini:
    1. Headlamp
    2. Stoplamp

    Udah LED modelnya keren, modern dan tipis. Pas banget untuk modifikasi sport retro modern maupun supermoto. Atau…. malah next matic “adventure” ??! who knows?

  24. Jujur kalo dari sisi engine dah mantab lah, tp pendapat sy design nya kurang oke..dr samping kek Mio Fino..kek burung kutilang (kecil) hehehe

  25. Halus mana mesin genio dibanding nex2 Kang? Getarannya? Saat baru mau mulai jalan biasanya honda agak geger gitu? Terasa gak di genio?

  26. Desain cocok buat anak muda… seperti gw nih hehe. Klo diliat liat ground clearance lebih tinggi ya kang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here