iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..tertegun saat IWB membaca salah satu surel dari pembaca setia. Surel ini terkesan umum dan tidak istimewa namun jika sampeyan gali lebih jauh….yesss, sangat logis pakde. Pertanyaan yang tidak biasa namun jleb akan menarik untuk kita bahas. Didasari atas rasa penasaran yakni…Berapakah hadiah uang untuk pabrikan dan pembalap yang juara dunia di Motogp ?

Artikel ini lahir dari surel cak Hendrix yang ternyata sangat penasaran, berapa sih hadiah total yang diterima para pabrikan ataupun pembalap yang menjadi juara dunia di MotoGP. Pertanyaan yang mewakili mayoritas rasa ingin tahu para followers tentang MotoGP. Berikut surel dari cak Hendrix ke IWB…

iklan iwb iklan iwb

Assalamuallaikum wr wb

Selamat pagi kang Iwan, semoga sehat dan sukses selalu. Saya Hendrik, pembaca setia blog kang Iwan, follower dan subcriber youtube channel kang Iwan juga

Gini kang aq habis baca artikel kang Iwan yg harga unit motor motoGp, sampe segitu muahaalllll nya, yg jadi pertanyaan ke-2 adalah , dengan biaya semuahaallll itu, emang hadiah buat juara motoGp itu berapa sih kang ? Se fantastis apa sampai pabrikan jor joran dengan harga yg harus di bayar di motoGp.

Itu aja kang,
terimakasih.

Wassalamuallaikum wr wb

Waallaikumsalam wr.wb. Nahhh…menarik to cak. Untuk menjawab hal tersebut sebenarnya cukup gampang karena semua orang sudah tahu. Namun tentu kita perlu menggali lebih jauh apakah betul jawaban yang ada di dalam pikiran kita. Sebenarnya total hadiah yang diberikan untuk para pemenang di MotoGP sejauh ini memang tidak tergali secara gamblang. Namun jika yang kita bicarakan adalah untuk pabrikan bisa dipastikan bahwa tidak ada hadiah apapun yang diberikan oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP kepada The World Championship. Terus apa yang didapatkan oleh pabrikan hingga mereka Sudi mengeluarkan dana miliaran rupiah untuk menjadi pemenang di balap Motogp?

Pride atau kebanggaan ! Ketika menjadi pemenang nama pabrikan tersebut akan diukir dalam sejarah balap paling bergengsi dunia MotoGP. Sejarah tersebut menjadi bukti prestasi dan kualitas yang akan dikenang mungkin tidak hanya satu abad tapi bisa 2-3 abad setelah generasi sekarang hilang. Selama balap MotoGP Terus Berdiri nama pabrikan tersebut akan tetap terukir dalam Tinta Emas balap paling bergengsi. Sebuah sejarah yang tidak bisa dinilai dengan uang… dan itulah cara kerja dari kejuaraan terbaik dunia. Yang kedua adalah branding atau marketing. Secara tidak langsung dengan kemenangan membuat brand atau merk tersebut menjadi idola dan ujung-ujungnya berpengaruh terhadap penjualan produk mereka didunia….

Sementara begitu pula untuk pembalap. Sejauh ini belum ada bukti kuat secara sahih mengindisikan pembalap Motogp mendapatkan hadiah berupa uang dari Dorna. Biasanya hadiah materi atau apapun tidak berhubungan dengan penyelenggara MotoGP, namun lebih kepada sponsor yang menaungi atau mendukung eksistensi sang Rider. Semua bersifat privat mengingat kontrak kerjasama antara sponsorship serta pembalap Hanya mereka yang tahu. Jadi sifatnya tidak wajib alias situasional tergantung kontrak mereka masing-masing…

Last…. dalam balapan MotoGP Uang bukanlah tujuan para pabrikan. Namun mereka mencari hal lain yakni pride atau kebanggaan termasuk prestasi yang akan ditulis dalam Tinta Emas MotoGP serta branding merk yang sangat ampuh. Sebagai contoh sampeyan pikir kenapa Yamaha sudi mengeluarkan uang milyaran menjadi sponsor Motogp Trans7. Nggak ada untung materi cak buat Yamaha namun Tujuannya adalah branding dan marketing yang sangat kuat dengan menjadi sponsorship Motogp. Sebuah kondisi yang tidak bisa dinilai dengan uang. Kuwi hanya satu contoh. Sementara untuk pembalap sendiri juga demikian. Mungkin mereka mendapatkan nilai kontrak pabrikan ataupun sponsor pribadi yang menjadi pendukung setiap karirnya, namun tidak dari penyelenggara MotoGP. Pembalap Motogp bagus mereka akan mencari prestasi ketimbang uang dengan mencari pabrikan bagus untuk menunjang karirnya. Bukti mahalnya sebuah gengsi serta apresiasi dan kualitas dari pabrikan tersebut di dunia racing. Nah…dari sini wis mudeng to cak Hendrix? salam ngopi gedang goreng dipagi hari, juozzzz :mrgreen: ….(iwb)

Advertisements

39 COMMENTS

    • Iyaa Milayaran dikeluarkan Yamaha di Trans 7 buat branding Honda yang selalu jadi juara ?

      Bahkan Ducati Dan sijuki udah diatas yamaha tahun ini,,

      Terima Kasih Yamaha

      Ngoahahahahah

    • dorna sebagai penyelenggara..pastinya mengundang siapapun sponsor yang ingin terlibat disamping jualan hak siar dan tiket masuk sebagai pemasukannya. ‘Misal’ di dorna sendiri biaya-kebutuhan penyelenggaraan 1 race 1 miliar ( sewa ini itu + untuk ini dan itu juga udah termasuk semua gaji2 yang harus dibayar sampe tingkat terendah ). nah jika pemasukan saat itu 5 milliar , maka.. sisanya yang 4 milliar bisa dijadikan hadiah kepada tiap pabrikan yang meraih prestasi, mulai dari pabrikan moto3 moto2 dan moto1? buat pabrikan lowh ya..bukan buat rider.
      Walaupun begitu..yang diterima pabrikan dari Dorna tidaklah seberapa dibanding yang dikeluarkan Pabrikan sendiri ? anggap saja uang hiburan,dengan kata lain..duit yang didapat dari dorna ( kalau dapat prestasi ) akan dijadikan lagi sebagai duit keikutsertaan untuk musim selanjutnya ,jadi..pabrikan2 yang ikut race dalam 1 musim itu selalu membayar Pendaftaran keikutsertaan ? kayaknya nih..pabrikan gak terlalu menggubris hasil /pendapatan dari dorna.

  1. Juara 1 = 1 milyar
    Juara 2 = 600 juta
    Juara 3 = 300 juta

    Atau bisa jadi dapet duitnya bisa si hitung lewat poin di akhir musim,misal 1 poin di hargain puluhan juta

    • Udah di bilang ga ada hadiah… marques kontrak 1 tahun 15 juta euro ato senilai 225 M setahun… butuh hadiah buat apa lagi? Itu cuma dr repsol honda belom dr sponsor pribadi…spt red bull atau jam tangan, helm shoei, alpinestar dll… dia juara lagi nilai sponsor tsb naik dan gaji ikut naik. Jadi ga perlu uang kecil2 hadiah juara bro…

    • Kalau yang kayak gitu bisa sih dari bonus sponsor2..hanya kita gak tau, misal : marc di race esok bisa P1.. maka dapet saham P&B 10 persen ..atau misal : Marc esok P1 .. maka dapat ticket Pp pluz akomodasi kelas 1 untuk 100x Pp indonesia – spain ( berlaku untuk 1 keluarga ) dsb ?

  2. Haiyyyaaaa benar waaa
    Money is nothing

    Owe beli NINJA H2 Carbon hrga pikir ngguri
    Yg penting pride – one and only waaa

  3. kalau saya baca untuk Moto2 tiap seri juara 1 1900euro paling buncit 300euroan. klo motogp g ad beritanya,paling dobel ya cak. so pembalap menang kalah enak dapat hadiah,gaji,endorse sponsor,plus bonus. wahhhh….paling buncit saja dapat banyak. so nikmatin saja tontonannya.

  4. oo ngono to cak, tak pikir dorna selaku penyelenggara juga memberikan hadiah.. ternyata endak to.. makasih info nya cak

  5. waduh… lah hasil jual siaran uangnya kemana Lek…
    sy sih yakin baik team pabrikan dan pembalap semua dapat hadiah dr Penyelenggara motogp… F1 aja dapet dr penyelenggara Lek… lihat aja pembalap yg kategori biasa2 saat race dapat 10 besar aja girangnya bukan main… masa ya cm gitu doank happy… aku yakin poin dan klasemen menentukan hadiah yg diterima juga…
    maaf lek iwb bknnya sok tau, beneran pingin tau jg dan filingku seperti itu… salam

  6. penghargaan dan pengakuan secara fakta dan prestasi. Itu yang dikejar dan diajarkan dalam mengikuti kejuaraan dunia, oleh karena itu semua dipupul dan dibina dari kecil untuk mendapatkan kualitas sda yang unggul. Tidak ada yang instan, dan hasil terbaik hanya bisa didapat melalui, jerih payah, rasa sakit, keringat, darah dan air mata. Semoga bangsa Indonesia bisa mengambil pelajaran dari kejuaraan kejuaraan tersebut, bulan hanya jadi penikmat dan penonton saja.

  7. Sebenarnya ada hadiah yang diberikan Dorna kepada pembalap berupa mobil BMW, Yang diberikan kepada pembalap yang paling bagus di kualifikasi selama 1 musim.

    • Kayaknya bmw award itu bukan dari dorna bro , bmw award tsb hadiah dari bmw sendiri secara langsung kepada rider dg pole terbanyak permusim..yang dimasukkan menjadi pride dorna , keikutsertaan bmw disini adalah memenangkan hak dalam penyediaan safety car.

  8. Pembalap menang atau enggak gajinya ditentukan di awal musim. Bisa pole position ada bonus. Jika menang seri ada bonus. Juara di akhir musim bisa dibayangin kan mesti dapatnya bonus of the bonus.
    Tapi sebaliknya kalo pembalap gagal meraih hasil positif, kemungkinan didepak dr tim dan diganti pembalap lain jg makin besar. Dan hasil negatif jg berpengaruh ke kontrak. Sampe sini paham? Pokoknya semua itu tertulis dlm KONTRAK.
    Kontrak termasuk membahas force majeur yg salah satu isinya terkait kondisi kalo pembalap terlibat kecelakaan yg bikin dia cedera dan nggak membela tim dlm beberapa seri. Pasti ada perubahan kontrak finansial disana. Karena branding perusahaan sponsor nggak dapat ditampilkan oleh tim utk disaksikan penonton kayak kita ini.
    Jadi, gelaran motogp ini.. baik motor, tim, orangnya (pembalap dan pit crew), sampe kotakan paddock itu bahkan, mereka semua adalah media (semacam TV, koran, internet, dll sebagainya) bagi brand untuk mengiklankan merk dan produk mereka.

  9. Lahlah jadi motogp mau cari pret dan berdampak bagus pada merek motor kenapa kawak gak melu malah koar koar wsbk lebih menguntungkan

  10. Setinggi apapun gaji pembalap spanyol, tetep kena pajak tinggi, mo digaji 25M per tahun juga, yang bisa dinikmati mungkin gk nyampe 50%. CMIIW. Tapi segitu tetep banyak juga sih?

  11. Mulai 2018, tiap rider di tim privater dpt alokasi 2jt euro per musim.
    Utk tim pabrikan, 1jt euro per rider per musim dng catatan hrs ada 4 motor pd grid.

  12. Judul sama jawaban sampeyan nggak nyambung cak!!!

    Pertanyaannya berapa hadiah juara MotoGP kok jawabannya soal branding, tinggal cari data kalau juara dpt sekian miliar.

    Kalau soal pendapatan pembalap yg tinggal cari data nilai kontrak dr pabrikan, sponsor dll

  13. bukannya lisensi balap pro itu harus bayar ya. pembalap harus membayar sari setiap point yang mereka dapatkan menggunakan lisensi balap tersebut. masa cuma ngandalin kontrak? atau lisensi balap cuma untuk F1? tp minimal juara motogp dapet mobil kalau ga salah

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama