iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….. Honda sekali lagi membikin gebrakan mengejutkan dengan mematenkan desain sosok prototipe yang pernah dipamerkan di ajang Milan Motor Show. Paten desain ini cukup menarik karena sampeyan akan melihat sebuah desain motor adventure layaknya Honda CB500X namun dengan kubikasi jauh lebih kecil yakni 125 cc. Honda menyebutnya sebagai CB125X konsep yang konon akan dikembangkan di Honda RND Italia. Wahhh…. Apakah ini artinya motor ini segera masuk Mass Production?

Honda diam-diam mematenkan Honda CB125X yang merupakan sebuah desain Adventure bike dengan ciri suspensi depan yang cukup panjang. Gambar paten ini juga dibarengi dengan pendaftaran paten desain Honda CB125M yang menggunakan basis konstruksi sama Namun beda genre. Jika Honda CB125X memiliki basis desain mirip dengan Adventure bike Honda CB500x maka untuk Honda CB125M bisa dikatakan sebagai transformasi motor Street Fighter dengan jok model tandem. Honda CB125M juga dibekali cover suspensi USD di bagian depan seperti layaknya motor adventure….

iklan iwb iklan iwb

Kemudian bentuk headlamp mengkotak didorong sedikit ke bawah dengan moncong reflektor lebih dominan pada bottom position. Sebaliknya untuk Honda CB125X desain yang di usung lebih dominan mendekati Adventure bike yang sudah beredar. Honda CB500X memiliki bentuk windshield menyatu dengan body sehingga ketika setir dibelokkan moncong lampu tetap fix pada tempatnya. Wiss kayak motor fairing cak….

Tidak tergali basis dapurpacu yang diusung namun yang jelas disinyalir motor ini sudah menganut model DOHC 125CC 4 katup. Kemudian yang menarik jika kita perhatikan secara seksama jalinan bentuk rangka, CB ini lebih mirip Honda CB150R Exmotion. Namun untuk generasi Prototype frame cenderung tidak rapat dengan perbedaan di bagian center bawah tangki. Motor ini juga sudah dibekali rem model Radial sehingga secara harga dan tingkat kepakeman kinerja diduga diatas rata-rata…

Last… gambar paten menunjukkan bahwa Honda tidak ingin pabrikan lain nyomot desain ini. Mereka Langsung mengunci lewat registrasi gambar paten sebagai pengakuan hak cipta. Namun gambar paten juga bukan jaminan bahwa produk akan diproduksi massal dalam waktu dekat. Karena dari pengalaman gambar paten kadangkala hanyalah sekedar menjadi gambar paten dan tidak tertuang secara masif dalam versi produksi massal….(iwb)

Advertisements

32 COMMENTS

    • Kalau dilihat versi 5oo nya yang jelajahi alam liar dg berbagai track..hingga terparkir diaspal mulus setelah melewati berbagai kota..nah sama persis peruntukannya ? keren.

  1. Fisik luar mirip mesin sonic 125.. Sohc 5 percepatan pendingin cairan, blok nya mirip banget dah…
    Mesin sonic 125 di eropa di pakai di cbr 125..

    • Dari kemiringan blok sangat mirip sonic 125/ cbr 125…
      Dan bentuk blok nya pun sama… Dan keseluruhan posisi selang radiator pun sama..
      Uda di pastikan itu Sohc… Belum Dohc seperti di asumsikan mas iwan

    • Kalo liat sekilas memang kayak disebutin artikel mesin dohc liquid cooled. Tp setelah diperhatikan lagi blok dan bagian heas sebelah kanan kayak ada lubang buat busi yak, bisa jadi pake kyk mesin sonic sohc ini sih..
      Y ini sekedar menduga2 krn lubangnya jg samar. Kalo dohc sih gk ada lubang ginian..

    • Sah sohch Dah dohc aja. Yang penting itu saat digeber piston bisa naik turun. Mak slog oselog oselog gitu

  2. Trimakasih honda. Akhirnya kamu memberi yang aku butuhkan. Akhirnya terlampiaskan berkat ini produk.

  3. Motor jenis ini yg sebenarnya cocok untuk Indonesia, Tp cuma kawasaki versys yg gen begini dan harganya tdk terjangkau, sayang Suzuki malah ancang2 mengeluarkan motor adventure dr150 yg secara design terlihat ketinggalan zamannya

  4. Mantaaap, Om!
    Kalo HONDA berani bikin ginian mereka bakal jadi first mover di segmen motor adventure dengan mesin kubikasi kecil. bakal enak deh kayaknya kalo pake mesin kecil kaya gitu nanti dia dapet:
    1. Irit bahan bakar – jarak tempuh jadi jauh
    2. Ringan :
    2.a. Gak cepet bikin rider nya capek
    2.b. Kalo jatuh bangunin nya gampang
    2.c. Handling yang lebih bersahabat
    3. Biaya Perawatan tidak akan terlalu mahal
    4. cukuplah segitu aja … ane tau di sini banyak suhu-suhu yg lebih pinter, ane cuma ngingetin aja bukan bermaksud sok tau …

  5. jujur menurut saya desain nya jelek .
    model nya terlalu bumpy aseli bikin sakit mata liatnya

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama