iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..akhir-akhir ini berita tentang homologasi helm FIM menyeruak dan menjadi topik hangat gara-gara KYT tidak tercantum dalam daftar helm Motogp yang lolos dirilis oleh penyelenggara. Banyak biker beranggapan bahwa KYT tidak lolos sehingga harus menggunakan helm brand lain untuk rebranding. Namun opini ini ternyata terbantahkan setelah IWB mendapatkan konfirmasi dari KYT bahwa itu tidak benar sebab KYT helmet pastikan sudah lolos homologasi FIM !

Seperti yang kita tahu, Regulasi yang dikeluarkan FIM yaitu FIM Racing Homologation Programme for helmets / FRHP, sudah diberlakukan mulai seri Motogp Catalunya. Artinya, seluruh pembalap yang membalap di MotoGP, wajib menggunakan helm berhomologasi FIM….

KYT sendiri, baru-baru ini juga telah menyelesaikan tes homologasi FIM, artinya, tidak ada yang perlu direvisi kembali soal urusan safetynya. Yang menjadi permasalahan ialah faktor administrasi dan birokrasi yang memakan waktu yang panjang. Itu yang menjadikan KYT belum dapat digunakan di Catalunya GP. Tapi, untuk tesnya sendiri sudah lolos….

iklan iwb

” KYT sebenarnya sudah lolos homologasi atau regulasi terbaru FIM. Namun, kita baru mendapat sertifikat tersebut pada hari Kamis, 13 Juni 2019. Sementara hari Jumat, FIM libur. Label fisik dari sertifikasi yang harus dijahit di strap helm jadi tidak bisa dilakukan, karena keterbatasan waktu. Sehingga, terpaksa pebalap kami menggunakan helm lain untuk sementara..” ujar Henry Tedjakusuma, Direktur PT Tarakusuma Indah….

” Faktor lain yang membuat prosesnya lama adalah karena FIM menuntut setiap helm yang dipakai di MotoGP harus dites uji kelayakan, bahkan untuk setiap ukuran. Sementara, di MotoGP ada banyak pembalap yang menggunakan helm KYT, itu berarti ada banyak ukuran juga yang kami sediakan. Kami juga cukup idealis untuk membuat satu shell untuk satu ukuran,” tambah Henry lagi seperti dilansir Kompas….

Terkait masalah helm yang digunakan, khusus di Catalunya KYT bekerjasama dengan pihak ketiga dan sudah mendapat persetujuan dari pihak ketiga, artinya tidak ada masalah mengenai hal tersebut. ” Tidak ada masalah sama sekali. Semua sudah dilakukan dengan benar…” seru Andrea Dovizioso via MCN. Pabrikan sendiri telah diminta untuk menyerahkan sepuluh helm di setiap ukuran yang digunakan oleh pembalap mereka untuk pengujian independen di Laboratorium Institut Penelitian Teknik Aragon, Universitas Zaragoza. Dan untuk proses ini KYT tetap menjadi helm anak bangsa yang akan tampil di Motogp karena lolos Homologasi FIM…

Last….FIM mengumumkan standar homologasi baru hampir setahun lalu, dengan aturan awal mulai berlaku pada awal musim. Tetapi terus mundur dan kemudian ditunda sampai minggu lalu. ” Justru KYT group menjadi satu-satunya perusahaan di akhir 2018 yang meriset produk helm racing baru, mewajibkan helm menyelesaikan standard Eropa Ece2205 terlebih dahulu dengan baik, kemudian baru dapat mendaftar regulasi FIM yang baru...” seru Simon Mulyadi, Marketing & Communication Manager PT Tarakusuma Indah. Nahh dari sini wis clear to cak. KYT helmet pastikan sudah lolos homologasi FIM sejak 3 hari lalu, tunggu saja pengumuman resmi setelah Catalunya pasca administrasi kelar, ocreeee…(iwb)

HELM sudah mendapatkan homologasi FIM (update)

AGV Pista GP-R
Airoh GP550
Arai RX7X
Arai RX7V
Bell Pro Star ECE
HJC RPHA 01R
Kabuto RT-33
X-lite/Nolan X803RR
Scorpion EXO-R1
Shark Race R Pro GP
Shoei X14
Suomy/KYT SR-GP
NHK GP-R Tech

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

5 COMMENTS

  1. lik iwan gak.wawancara nhk kah? penasaran juga sama NHK bisa njebol aturan FIM dan bisa naik ke Motogp jejeran sama brand helm.kualitas dunia lain .. top KYT NHK deh..

    btw suwun , sudah diberikan kelonggaran kolom.komentar lik…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here