iklan iwb
” Yamaha Sniper aka MX King body terbelah dua di Philipina…”

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB garuk-garuk alis saat hunting berbagai berita online membahas perkara roda dua. Sebab berita ini cukup menghebohkan dan jarang terjadi. Kenapa ? karena dalam gambar dipastikan ada kasus Yamaha Sniper yang ditanah air biasa kita sebut sebagai MX King bodynya patah jadi dua. Berita ini masih hangat dan cukup menghebohkan sehingga banyak dibahas oleh media luar seperti Malaysia contohnya. Hhhmm….koq bisa ya….???

Artikel yang dimuat oleh Careta dan Mekanika termasuk baru banget yakni 2 hari lalu (13/6/2019). Ini artinya kejadian baru anget belum lama. Di sebut Body rangka patah Yamaha Sniper atau jika di tanah air biasa kita sebut sebagai MX King ini banyak menimpa Bikers Yamaha Sniper Filipina. Seperti dilansir mekanika, beberapa kasus yang terjadi bukan karena insiden tabrakan atau penggunaan secara ekstrem. Namun dipercaya karena cacat produksi akibat kurangnya kualitas welding pada frame serta ketebalan rangka yang tidak sesuai standart sehingga membuat sasis rapuh khususnya di bagian center atau tengah sambungan (perhatikan foto dibawah)…

Sisi ini memang bagian yang paling kuat mendapatkan pressure akibat hadirnya mounting untuk menggendong engine. Yup… bagian tersebut adalah Sisi krusial terbesar selain bagian bawah karena bobot mesin ditopang dari sana. Kejadian memang lumayan menyita perhatian mengingat cukup jarang motor produksi massal mengalami kegagalan patah sasis hingga terbelah dua. Apalagi menurut mekanika cukup banyak laporan masuk perihal getasnya rangka Yamaha Sniper di Filipina….

iklan iwb
” Diawali retak halus dibagian tengah…”

Bisa jadi welding kurang maksimal atau mungkin memang ketebalan Diamond frame yang digunakan perlu diselidiki dengan seksama. Apa yang membuat rangka menjadi sangat rapuh dan gagal menjalankan tugasnya. Apalagi frame merupakan ujung tombak utama dalam sebuah motor. Ibarat manusia rangka adalah tulang sehingga rapuhnya sisi tersebut bisa berakibat fatal. Saat ini beberapa solusi dilakukan oleh para Bikers Philipina salah satunya memperkuat bagian tengah frame. Atau yang sudah mengalami mereka berisiatif melakukan pengelasan sendiri. Btw…las-lasannya koq nggak rapi ya cak…

Last…dari pantauan IWB sejauh ini tidak satu pun dilaporkan MX King ada kejadian patah frame pada produk tanah air termasuk di Malaysia dengan Y15ZR-nya. Jadi seharusnya aman cak…ora usah kuatir. Setidaknya IWB belum mendenger sama sekali. Jikapun terjadi masalah seperti di atas Monggo segera laporkan ke dealer Yamaha terdekat IWB yakin YIMM akan segera merespon untuk memberikan solusi. Kenapa insiden ini banyak terjadi di Philipina ? Bisa jadi tiap region memang memiliki perbedaan standar kualitas pada saat proses mass Production sehingga kendati dalam satu brand kita tidak bisa pukul sama rata. Body patah jadi dua tanpa sebab ? memang tidak ada produk yang sempurna karena kesempurnaan mutlak hanya milik Allah SWT, bener ora cak :mrgreen: . Berikut beberapa foto kejadian rangka patah Sniper 150 di Philipina…...(iwb)

Sumber : Mekanika

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!