iklan iwb
iklan iwb
” Yamaha Sniper aka MX King body terbelah dua di Philipina…”

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB garuk-garuk alis saat hunting berbagai berita online membahas perkara roda dua. Sebab berita ini cukup menghebohkan dan jarang terjadi. Kenapa ? karena dalam gambar dipastikan ada kasus Yamaha Sniper yang ditanah air biasa kita sebut sebagai MX King bodynya patah jadi dua. Berita ini masih hangat dan cukup menghebohkan sehingga banyak dibahas oleh media luar seperti Malaysia contohnya. Hhhmm….koq bisa ya….???

Artikel yang dimuat oleh Careta dan Mekanika termasuk baru banget yakni 2 hari lalu (13/6/2019). Ini artinya kejadian baru anget belum lama. Di sebut Body rangka patah Yamaha Sniper atau jika di tanah air biasa kita sebut sebagai MX King ini banyak menimpa Bikers Yamaha Sniper Filipina. Seperti dilansir mekanika, beberapa kasus yang terjadi bukan karena insiden tabrakan atau penggunaan secara ekstrem. Namun dipercaya karena cacat produksi akibat kurangnya kualitas welding pada frame serta ketebalan rangka yang tidak sesuai standart sehingga membuat sasis rapuh khususnya di bagian center atau tengah sambungan (perhatikan foto dibawah)…

Sisi ini memang bagian yang paling kuat mendapatkan pressure akibat hadirnya mounting untuk menggendong engine. Yup… bagian tersebut adalah Sisi krusial terbesar selain bagian bawah karena bobot mesin ditopang dari sana. Kejadian memang lumayan menyita perhatian mengingat cukup jarang motor produksi massal mengalami kegagalan patah sasis hingga terbelah dua. Apalagi menurut mekanika cukup banyak laporan masuk perihal getasnya rangka Yamaha Sniper di Filipina….

iklan iwb
iklan iwb
” Diawali retak halus dibagian tengah…”

Bisa jadi welding kurang maksimal atau mungkin memang ketebalan Diamond frame yang digunakan perlu diselidiki dengan seksama. Apa yang membuat rangka menjadi sangat rapuh dan gagal menjalankan tugasnya. Apalagi frame merupakan ujung tombak utama dalam sebuah motor. Ibarat manusia rangka adalah tulang sehingga rapuhnya sisi tersebut bisa berakibat fatal. Saat ini beberapa solusi dilakukan oleh para Bikers Philipina salah satunya memperkuat bagian tengah frame. Atau yang sudah mengalami mereka berisiatif melakukan pengelasan sendiri. Btw…las-lasannya koq nggak rapi ya cak…

Last…dari pantauan IWB sejauh ini tidak satu pun dilaporkan MX King ada kejadian patah frame pada produk tanah air termasuk di Malaysia dengan Y15ZR-nya. Jadi seharusnya aman cak…ora usah kuatir. Setidaknya IWB belum mendenger sama sekali. Jikapun terjadi masalah seperti di atas Monggo segera laporkan ke dealer Yamaha terdekat IWB yakin YIMM akan segera merespon untuk memberikan solusi. Kenapa insiden ini banyak terjadi di Philipina ? Bisa jadi tiap region memang memiliki perbedaan standar kualitas pada saat proses mass Production sehingga kendati dalam satu brand kita tidak bisa pukul sama rata. Body patah jadi dua tanpa sebab ? memang tidak ada produk yang sempurna karena kesempurnaan mutlak hanya milik Allah SWT, bener ora cak :mrgreen: . Berikut beberapa foto kejadian rangka patah Sniper 150 di Philipina…...(iwb)

Sumber : Mekanika

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

53 COMMENTS

    • Ia sensitif kalo yamaha aja.. Kalo honda jarang dibahas.. Bisa jd mas iwan punya maksud agar yamaha bis alebih baik dr segala aspek sperti dulu.. Moga moga para petinggi yamaha baca

    • Setuju sama bang Zai, sekarang Yamaha banyak blundernya kaya new vixion&vixion r yg designnya kaya indihe wkwk dan r25 yg facelift separoh doang.. dan untuk quality juga banyak yg bilang masih kalah sama sijuki, padahal penjualan Yamaha lebih besar dr sijuki ;( oh ya sama tambahin saran nih, untuk Yamaha coba dicek deh diler-dilernya.. terutama yg rada besar, karna di daerah ane (bekasi) masa dealer yamaha jualan honda juga (beat sama vario) dan servisnya jelek bgt lagi (dikit2 minta ganti, masa kabel rem belakang kotor doang disuruh ganti, padahal setelah dibersihin fungsi lagi) hehe jd curhat..

    • Kesalahan memasang dan menyetel komstir juga bisa bikin rangka patah, percayalah..karena pernah saya pasang komstir gak sempurna serta penyetelannya saat motor di bawa jalan motor terasa miring-miring kayak mau patah bagian rangka-rangkanya, saat itu saya coba paksain nikung karena emosi motor kok sangat tidak stabil…eh beneran baut swingarmnya langsung kendor sendiri, roda belakang langsung kekiri kekanan mau copot.

    • Ia sensitif kalo yamaha ada salah sikit aja.. Kalo honda jarang dibahas apalagi maslah pcx gredek kmren, itu lebih heboh sampe buat petisi , tp gk ada dibahas..
      Gikiran aerox mati sikit hebohh..
      Hehehehe.. Sukses terus mas iwan

    • Bukannya masalah pcx mulai dri shock hingga gredex beritanya heboh ? Tapi sayaaang…heboh2 ala bc murahan gak mempan sama sekali, terbukti larisnya pcx udah ngikutin sekupih ? sekupi saja masih dikejar2 sama nemex..nah lohhh ?

  1. Baru kenal namanya blog ya?
    Namanya produk bikinan manusia pasti ada minusnya.. masa produk jelek mau dibagus2in.. justru ini biar jadi evaluasi Yamaha.. kalo ga terima ya ga usah dibaca.. kekekek

  2. Kalau gak suka blog ini tutup blog aj bro jangan baca apalagi komen, atau sekalian petisi ?
    Menikmati hidup memang berat, tapi menikmati fakta ( menerima kenyataan ) didepan mata sangatlah berat ?

  3. Saat lek iwan lebih condong memuji sebuah produk Y , mana ada penghargaan yang diberi komentator Y ? ?
    Saat ada tread kayak gini..langsung dah nyari Sendal wkwkwkwk ? ngumpet leeeek

    • Bener bro.. makanya tadi pas liat dijudulnya kaya pernah liatt.. tapi dimana ya, ternyata bener nih yg dr aripitstop.. kok timingnya pas banget ya sama launchingnya gtr facelift (hadehh…)

  4. @Mzwan , sekarang-sekarang blog iwb suka sensitif bro kalo sama Yamaha, misal ada berita jelek atau ada yg rusak pasti langsung di post sama iwb(tapi Yamaha doang), enggak tau juga sih tujuannya apa, tapi kalo positive thingking sih semoga aja bener kata bro Zai, supaya kualitas Yamaha bagus disegala aspek biar kaya dulu lagi hehe

  5. Dulu iwb lbh condong ke yahaha.. artikel sering menyudutkan hodna.. saat itu fbh gak lebay kek fby yg over baper

  6. Speedometer bootlop pakrio, gredek cvt picex&pakrio, sokbreker blakang mleyot picex, klotok cebox150 dikit amat beritanye cak

  7. Wkwkwkkw , kalo di perhatikan baik” ini blog emang lebih condong ke H , yg otaknya masih normal pasti paham dengan yg ane maksud ??

    • ya condong kemana juga gak ada masalah juga sih, kecuali lu penboi

      itu aja sih menurut gw yang otaknya normal

  8. saya dlu jga pernah ngalami cak di mt25, berawal dari baut mesin ke rangka yang patah 1 akhirnya merembet rangka retak dan akhirnya patah.

  9. Mungkin ini yang di sebut gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat.
    Mudah2an mas iwan baca.

  10. Saya pengguna mx king livery movistar tahun 2015.
    Rangkanya patah juga, udah sekitar 1 tahun yang lalu, klaim ke dealer yamaha malah susah, dioper oper terus, akhirnya ngelas sendiri.
    Dan 2 bulan yang lalu patah lagi cuma beda beberapa cm dari lokasi titik patahan pertama
    Payah dah kualitasnya yamaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here