iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… akhir-akhir ini cukup banyak menerima keluhan adanya masalah pada Yamaha Aerox 155. Awalnya IWB tidak terlalu pedulikan hingga keluhan cukup Masif masuk ke newsroom IWB. Sebab error-12 ini membuat motor mogok tidak mau jalan. Yup… Betul cak pada speedometer sampeyan akan menemukan adanya kode error 12 yang membuat motor stall ogah jalan. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana solusinya ?

Error 12 merupakan momok yang cukup menakutkan bagi para bikers karena sebelumnya rata-rata tidak ada tanda-tanda motor bermasalah. Tidak ditemukan gejala engine brebet namun tiba-tiba mesin mogok ogah jalan. Sebenarnya masalah ini bukan hal baru sebab kalau sampeyan buka beberapa berita kode error 12 sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tapi sepertinya akhir-akhir ini cukup masif dan banyak dikeluhkan para Bikers baik lewat sosial media ataupun surel. Tak Ayal kondisi tersebut membuat para penunggang Aerox  155 yang belum mengalami masalah jadi was-was. Seperti email yang dikirimkan cak Herdymansyah ke IWB berikut ini…

Assalamualaikum kang iwan

Saya pembaca setia kang IWB, saya yakin dengan ilmu sakti yang kang iwb miliki, mlumah murep, kayang kayang serta buka aura dan mata batin, hayaahh.. bisa mengulas terkait error 12 yang kian masif pada yamaha aerox.
Di grup facebook yamaha aerox 155 sangat heboh terkait error ini, ada yang sudah ganti socket waterproof, lakban lakban kabel dan segala upaya dilakukan untuk mencegah error 12 yang sebenarnya belum diketahui darimana sumbernya berasal.
Salah satu penghuni grup tersebutpun menyatakan sudah meng email pihak yamaha terkait error tersebut namun belum ada jawaban yang memuaskan, mohon kiranya kang iwb bisa menyambungkan aspirasi kami agar sampai ke petinggi Yamaha agar ada solusi bagi kami agar tidak menjadi korban dari error 12 tersebut.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Oke…. sebelumnya mari kita kenalin dulu apa arti dari kode 12. Kode error 12 sebenarnya memiliki arti adanya masalah pada crankshaft position sensor atau CPS. Namun dari sekian banyak informasi yang IWB kumpulkan ternyata pada faktanya tidak demikian sebab komponen CPS seharusnya sangat jarang rusak cak. So…error 12 kali ini lebih tepat kita sebut adanya masalah dengan sistem kelistrikan. Celakanya error 12 ini akan datang secara tiba-tiba tanpa diundang. Bisa saat motor melaju maka motor mogok. Runyamnya ketika error-12 nongol, dipastikan motor tidak bisa distarter. Terus pertanyaannya sebenarnya apa sih error 12 dan gimana solusinya?

Jika kita mencari beberapa referensi, mayoritas error-12 dicurigai datang dari soket kabel spul yang terbakar. Soket ini tidak kedap air sehingga ketika hujan datang air masuk ke dalam sela-sela soket membuat dua kabel yang seharusnya tidak boleh bersentuhan teraliri listrik. AlHasil soket terbakar lalu leleh dan puncaknya membuat motor mogok. Lha konslet cak. Solusi awal Mungkin sampeyan bisa memberikan sealent pada soket sebelum error 12 datang menghampiri. Pertanyaannya Gimana jika sudah kita sealent error 12 tetap terjadi ? Bisa jadi sealent kurang rapat. Sebab biang kode error 12 hampir 90 % dari sana cak….

Last….. dengan kejadian yang cukup masif Mungkin ada baiknya pabrikan segera menyelidiki agar tidak membuat image Aerox 155 turun. Mungkin pada produk selanjutnya hugger karet dibuat lebih panjang dan lebar supaya air tidak nyiprat langsung kedalam socket yang letaknya di bawah jok persis dekat kolong atas mesin. Jika tidak, mungkin Yamaha bisa mencangkokkan kualitas soket spul yang lebih baik. Untuk sementara jika sampeyan salah satu biker yang belum mengalami masalah error 12 ada baiknya mengganti soket kabel spul bawaan dengan soket mobil. Atau coba pilihlah sealent yang bagus untuk memastikan soket kabel spull terlindungi dengan baik. Jika masalah tetap terjadi, mending bawa ke bengkel Yamaha untuk bahan penyelidikan sebab biasanya jika ukuran masif sudah tidak wajar, data-data tersebut dikirim ke pusat sebagai perbaikan. Nahhh…kira-kira ngono cak wis paham to dari sini ? (iwb)

iklan iwb
Previous articleMengintip harga motor Motogp, bikin dengkul gemetar !!
Next articleABS (Anti Blong Sistem) karya anak bangsa, mencegah motor jungkel ke jurang !! Keren neh
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

68 COMMENTS

    • Ati2 lho leeek

      Entar akan banyak pemuja garpu yg ga terima.

      Pokoknya KLO merk garpu itu ga boleh nulis kekurangannya atau masalahnya.

      Harus yg baik2 aja

      KLO merk sebelah harus kebalikannya.

    • Contoh simple dri dulu, dimotor Y hanya punya 1 sekring buat semua..sementara di motor H sekring itu dibagi2 sesuai peruntukannya..dari sini kita bisa lihat perbedaan..
      Mungkin secara kelistrikan , Y juga membuat model sendiri ,sedangkan pabrikan2 yang lain nyaris sama.. makanya punya error sendiri ?

      • yak ane juga barusan kena di kalimalang arah jakarta. lagi macet2 ane matiin motor bentar, pas kontak on eh nongol tuh kode kramat, panik juga sih tp ane coba stater eh nyala normal ane jd was was

    • Yamaha kok $$$$$$. Paling kayak Honda Picex. Dibenerin diem2.

      Pabrikan motor Indonesia memang kayak gitu… Dah budaya kartel.

  1. all new scoopy juga kang. (udah 2th) km 9000an.. mendadak mati sendiri.. tapi kunci di off d hidupin lagi langsung nyala.. ga tau sebabnya apa

    • Ech iya koq sama kasusnya mas bro, punya q juga malahan baru 8rban km, tapi y gt aq cb off kontak trs nyalain bisa lagi, tpi setelah service ke AHASS alhamdulillah. Sdh tdk ada masalah lagi.. ini juga masih misteri…

    • Bukan diam ,ada skala prioritas untuk dilakukan..bukan karena ramenya bc an ? disamping itu .. $$$$$$ adalah hak paten Y

    • Merekal produk bermasalah itu mulia
      Tpi klo terus menerus dg tipe motor berbeda
      Perlu dipertanyakan kualitasnya

    • Itu karena maksa nyalain sebelum perintah dimulai..makanya yang injeksi itu tetap ikuti aturan, jangan kayak motor karbu main starter trus loncat ?

    • Bisa jadi bahan bakar ga mengalir lancar
      Banyak sebabnya,
      Salau satunya filter ktor. .atau kalau mau starter nunggu bunyi beeeeppp di fuelpump ilang. .

  2. gasut memang…materialsoket yg $$$$$…….kalau masalah kongklet menkongslet….motor lainnya di grujuki bany yo ga masalah….disinyalir iki bukan karna banyu….iki material soket elek…jadi masangx ga bisa kentjang…terjadilah konlset….

  3. itu krna dicuci steam main tembak pake tekanan tinggi. pabrikan sudah menyarankan untuk tidak menggunakn air tekanan tinggi di wilayah kolong

  4. klo sy di NVA sampe skrg masih sering error, nyalakn kunci kontak lampu indikator nyala smua bersamaan sejak awal beli 2015. NVA keluaran bnyk ditemukan kek gini… saran mekanik ganti spido komplit, tapi mahal. jd sy biarin aja tohh gak ada efek apa2 kok aman aja ?

  5. Mungkin itu yang di sebut kode…Buntut…maaf lho ya kata buntut gk selalu identik dengan mbingha….ekekkkkkkkkkk

    • Sebaik apapun pabrik H dan Y diluarnegri percayalah disini tidak akan seperti itu, ,
      Nunggu ada kasus dulu baru $$$$$$ berjamaah..

  6. Haiyyaaa kemaren wkt isi pertamaX TURBO
    owe liat beat terbaru dikerumunin bnyk ouwlang waaa
    Jok macet gk bs dibuka waaa
    Ternyata yg laen jg sama waaa

  7. Kayaknya percuma di sealant juga..soketnya meleleh karena kena panas berlebih..nah sumber panasnya bisa dari Sepul yg konslet,kemungkinan seal konslet karna kena rembesan oli dari seal Kruk as yg bocor..imho ya

  8. Penyakit Klotok2 XMAX yang belum ada obatnya. Di forum juga sering banget bahas itu. Bahkan bengkel Yamaha saja tidak bisa menyembuhkan penyakit klotok2nya. (saya korban klotok2 xmax)

    • Itu tandanya oli mesin ikut dalam proses pembakaran, pantau terus olinya jgn sampai habis..
      Solusinya turun mesin, jgn bengkel asal karena bener2 harus presisi ngerjainnya…

  9. ah ini mah bukan cuma di aerox..

    xeon rc saya beberapa waktu lalu gtu jga pnyakitnya.. beberapa kali di jalan tiba tiba mati yg paling parah pernah saya lg perjalanan luar kota lg laju lajunya tiba tiba brebet gtu terus mati, di stater electric gmw di engkol jga sampai bengkok kaki baru mau nyala.. pernah cek mesin di bongkar bersih aja pistonnya krna saya jga selalu pakai pertamax dan oli rutin saya gnti tiap bulan makanya saya ga ngerti knp begitu..

    terakhir 2 bulan kemarin gtu lgi brebet brebet terus mati..

    kacau bener dh

    • Mungkin kurang perawatan.. saya masih ada Xeon 2011 non-injection.. dr baru beli sampai skrg cuman service karbu & CVT, terakhir ganti motor starter yg di cvt karena udh loss.. dr baru belum pernah pakai starter engkol, karena masalah di motor starter akhirnya terpakai engkol.. tp masalahnya termasuk wajar dgn usia pakai masuk 9thn, kilometer udh balik lg skrg jd 20rban lg.. setiap hari dibawa kantor, rute 60km pp.. service records komplit dan selalu di yamaha as always.. motor masih ada skrg lbh sering pakai ke masjid karena saya udh pakai lexi

  10. Di $$$$ ini cuma ada masalah y doang yg di up, masalah nihill coeyyyyy padahal fakta lapangan masalah h bejiboeen wkwkwk

  11. Old Cb150r, Cbr150 K45, New Cb150r
    Aerox

    Penyakit SOKET kena air, Spull Kebakar, pokoknya Kampret jangan di beli tuh motor2 brengsek

  12. listrik di CPS itu arusnya kecil tak bisa membuat soket meleleh. kerusakan CPS ini terjadi di matic Honda versi awal juga tapi sudah direvisi kualitas CPSnya. yamaha harus $$$$$$ mengganti CPS di matic2 SMGnya yg pakai sistem seperti Honda ini. untuk matic SMG berikutnya, lebih baik Yamaha mengadopsi SMGnya freego.

  13. new Scoopy lampu belakang banyak yg mati kenapa ya ? punyaku new Scoopy jan 2018
    baru 4 bln mati ganti di bengkel biasa sampai sekarang masih nyala

  14. Sya pengguna aerox juga keluaran tahun 2019 bulan 5 kemaren..
    Waswas juga kalau tiba” motor mati saat perjalanan jauh,.
    Sy jadi sangat hati” saat cuci motor.
    Terakhir sy lihat di grup facebook ada aerox th 2019 juga udah ada yang kena eror 12.

    Konyol aja masa gegara nyuci motor abis itu mogok!!
    Konyol juga baru beli motor sebulan udah mogok!!
    Sekalian aja ga usah sy cuci motor kalau begitu, kalau hujan ga usah pakai motornya.

    Harusnya dari pihak yamaha segera carikan solusi untuk masalah ini jangan cuma tinggal diam!!

  15. Terus apa solusinya nih dari pihak YAMAHA?? APA HARUS GUE BILANG KALO PRODUK YAMAHA ITU GAK BAGUS DAN HARUS GUE JUAL NIH MOTOR YANG BARU 1 BULAN GUE BELI BIARPUN BELUM LUNAS???

    AYO DARI PIHAK YAMAHA ADA YANG MAU TANGGUNG JAWAB KALO NANTI MOTOR GUE TIBA TIBA MATI KENA EROR 12 PADAHAL CUMAN KARENA KESIRAM AIR DOANG???

  16. Terus piye iki ? Aerox 155 ada lampu peringatan atau error atau apa ga ngerti ngeri aja tiba² mogok dijalan, apa harus diservice bawa ke bengkel ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here