iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…buanyakkk banget permintaan dari para pembaca agar IWB membedah harga satu unit Motor Motogp. Gara-gara baca artikel IWB yang membahas perkara swing arm karbon Honda RC213V yang tembus 4Milyar. Nah, dari sanalah IWB coba mengumpulkan data dari berbagai referensi agar rasa penasaran sampeyan terjawab. Dan setelah mendapatkan semuanya, asliii cakkkk…..ternyata harga Motogp bike jika dikalkulasi total bisa bikin dengkul sampeyan gemetar. Lhooo emange pirooo ??? intip detil bahasannya dibawah ini…

MotoGP bike memang di bangun khusus dan tidak bisa dipungkiri bahwa tiap Part memiliki harga yang fantastis. Seperti kata Julian Thomas Direktur Komunikasi Ducati. “Semua Motor ini adalah prototipe….satu-satunya alias tidak untuk umum, menggunakan teknologi terbaru yang tersedia dalam industri motor,” ujar Thomas. Setiap motor yang lahir adalah murni Hand Built atau buatan tangan. Mirip dengan Julian, Bob Starr Direktur Komunikasi Yamaha mengakui status Motor Motogp…”Setiap mesin dibuat secara individual,” ujar Bob…

Dan setelah itu mesin masuk Homoglasi persegelan dan di kunci selama musim Motogp berjalan, sehingga tim tidak diizinkan untuk memodifikasi sedikitpun. “Di situlah letak banyak biaya, Mesin harus dirancang untuk memberikan kinerja puncak serta dapat diandalkan selama full musim “ tambah Bob Starr. Jumlah suku cadang yang diproduksi untuk Motor MotoGP ini sangat terbatas cakk dimana hal tersebut juga memengaruhi biaya pengeluaran….

Meskipun tiap pabrikan menggunakan suku cadang dari perusahaan pihak ketiga seperti Ohlins. Namun Beberapa part pada Motor Motogp diproduksi khusus dan disetel dengan baik serta disesuaikan untuk tiap rider. Balapan biasa dapat menghabiskan sekitar 3.000 USD Hingga 15.000 USD atau Setara 42 – 213 Juta Rupiah untuk meningkatkan kinerja Fork depan mereka, baik suku cadang Ohlins atau brand lain. Tapi biaya Fork depan untuk Yamaha M1 MotoGP mencapai 100.000 USD atau Sekitar 1,4 Milyar. Bayangin pakdee itu Hanya garpu depan, ediannn tenan. Cukup sampai disitu ?? Eitt belum nehh masih pemanasan….

Kemudian mesin. Seperti dilansir USAtoday untuk dapur pacu Motogp bike nilainya berkitar 220.000 USD atau sekitar 3,1 Milyar (HRC MotoGP) per-engine. Motogp butuh setidaknya sekitar 4-9 engine dalam satu musim yang ini berarti setidaknya biaya yang dikeluarkan untuk engine total adalah 12,4-27,9 Milyar. Itu belum termasuk seamless gearbox yang konon bisa berkisar 900-1 Milyar/komponen. Tidak sampai disitu…part istimewa lain yang tidak kalah fantastis harganya adalah Swing Arm Carbon seperti yang sudah IWB Laporkan beberapa hari yang lalu dimana Honda Jor-joran dalam pengembangan dengan estimasi nilai 4 Milyar….

Nahh..Untuk menjaga motor agar tetap ringan namun kuat, banyak bahan eksotis dan mahal seperti titanium, magnesium, dan serat karbon digunakan dari mesin ke sasis hingga fairing. Serat karbon berharga sekitar 10 USD per-pound, sedangkan baja dengan harga kurang dari 1 USD per pound. Kemudian plastik, yang harganya seharga 1 Sen per pound dan jauh lebih murah. “Fairing produksi biasa adalah ABS (plastik),” seru pejabat HRC. Sedangkan motor MotoGP menggunakan serat karbon. Mesin menggunakan rotor rem serat karbon-komposit sebagai lawan dari besi cor, yang sering dapat ditemukan pada motor versi masal….

Untuk Teknologi, Pada mesin MotoGP katup yang digunakan adalah model pneumatik bukan pegas biasa seperti motor produksi. Motor MotoGP yang beroperasi memiliki transmisi yang mulus dan memungkinkan pemindahan tanpa kopling yang kini juga diterapkan juga pada Moto3 dan Moto2. Kemudian motor juga memiliki 30 hingga 40 sensor untuk mengumpulkan data, seperti travel suspensi, suhu, rem dan sebagainya. Bandingkan motor biasa yang hanya sekitar 6-7 sensor. Lalu Ketika motor masuk Box setelah race atau sesi Free Practice, informasi tersebut dapat diunduh dan dianalisis. Semua itu nilainya sudah super fantastis. Semua bahkan belum termasuk biaya evaluasi dan pengembangan Motor….

Last….itulah yang membuat harga motor secara eksponensial lebih tinggi. Dalam arti tertentu, menurut Thomas, “Motor ini (Motogp) tidak ternilai harganya.”. Namun...jika dikalkulasi kasar berdasarkan kumpulan komponen yang nempel pada Motogp bike maka nilai sebuah motor Motogp sekitar 2 juta dollar atau jika kita konversi kerupiah berkisar 28,5 Milyar. Ediannn njaran, dengkul gemetar tenan rekkk. Nggak iso bayangin cak mahalnya Motogp. Padahal dana tersebut hanya untuk satu motor…belum termasuk bayar kontrak rider, gaji para kru dll. Nggak heran tidak semua pabrikan mampu bergabung di Motogp seperti Kawasaki contohnya. Nilai satu unit Motogp bike ?? bisa untuk warisan 7 turunan tuh, jenggot sariawan tenan rek-rekkk……(iwb)

iklan iwb
Previous articleATC 2019 : Hadapi race Sepang, Pebalap Astra Honda geber fisik !!
Next articleYamaha Aerox 155 banyak alami masalah Error 12, apa solusinya ?
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

31 COMMENTS

  1. Melihat begitu besar dan mahalnya motogp….saya jadi trenyuh kang lihat motor livery motogp buat muat gabah…saya terpaksa sedih kang….oh

    • Wes mahal…yamaha kalah tok pisan…rugi bandar deh…de indo penjualan seluruh line up nyungseep..pie iki?? Wkwk

  2. Maka dari itu peran fansboy sangat diharapkan oleh para pabrikan motogp. Belilah produk mereka sebanyak2nya utk mendukung biaya riset.. wkwkwk

  3. Sekelas kawasaki heavy industri mosok gk sanggup..aprilia dan ktm aja brani..itumh petinggi di jepun nya aja gk mau kucurin dana,.ntr giliran di wsbk keok,gk tau lari kmna lagi..
    Ayolah kawasaki kl berani turun gunung lg ikut moto gp,suzuki aja bisa nampol

    • bukannya ga berani.. tapi dlm istilah ‘marketing’ itu RUGI.. pengeluaran buuuanyyakkk tanpa ada keuntungan yg berarti..

  4. kecil lah. keuntungn setahun penjualan honda beat jga bsa biayai HRC (Repsol dan LCR) 2 musim. blum vario, scoopy, supra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here