Iwanbanaran.com – Cakkkk….. siapa menyangka knalpot racing produksi lokal tidak kalah dengan knalpot-knalpot branded yang bertebaran di tanah air. Seperti yang IWB temukan pada knalpot buatan Bie Hua yakni Prospeed. Diracik khusus untuk beberapa motor sport 250cc salah satunya adalah Kawasaki New Ninja 250, IWB ngetes langsung varian prospeed Viper yang menawarkan shape keren dengan cover carbon serta ujung silincer full karbon pula. Hasilnya? Seperti mencicipi knalpot rasa import, gaharrrr cakkkkkkk…..

Tidak banyak yang tahu bahwa Prospeed memiliki produk yang lumayan baik untuk produk lokal. IWB sendiri baru kali ini jajal dan ngetes langsung salah satu produk Prospeed untuk tunggangan si Green tukijo. Alasan waktu itu adalah model yang keren dan sepertinya cocok dengan desain Kawasaki New Ninja 250 FI yang tebal. Pilihan jatuh pada prospeed Viper full system yang menawarkan bahan stainless steel premium dengan cover carbon termasuk ujung silinder yang juga dibalut dengan material carbon…

Proses pemasangan juga sangat mudah sebab knalpot ini plug n Play. Pada paket pembelian kita akan mendapatkan tiga pcs bagian knalpot mulai dari header kemudian center dan silencer. Bahannya ringan dan yang paling istimewa menurut pandangan IWB adalah bagian silincer. Material sangat bagus untuk ukuran lokal mulai dari bending serta welding tiap sisi yang nyaris identik dengan knalpot terkenal dunia. Diraba juga tidak ditemukan adanya wrinkle atau gelombang. Ini artinya material yang digunakan memang di atas rata-rata sehingga memudahkan produsen saat melakukan bending. Terus piye suara dan pertorma?

Nahhh…ini yang menarik cak. Ternyata Prospeed Viper memiliki DB killer yang memungkinkan kita menekan desibel suara agar sehalus knalpot standar walaupun tentu tidak bakal seanyep OEM exhaust. Sampeyan bisa pasang dan copot sesuai keinginan. Ada baut di bagian samping yang memudahkan kita untuk melepas dan memasang. Pada pengetesan suara dengan DB Killer IMHO kurang nendang karena dicekik oleh lubang pipa yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan tanpa DB killer. Sementara saat IWB lepas DB killerrrr….nahhhhh iki baru segerrrr cakkkk, gaharrrrrr…

Suara yang dihasilkan knalpot prospeed Viper tanpa DB Killer ternyata empuk dan ngebas. Kinerja silencer sangat baik dan memberikan kesan adem. Sebenarnya tidak mengejutkan jika kita melihat desain dari silencer yang cukup gemuk. Namun jangan salah, kalem nya suara langsung berubah saat sampean geber dan RPM melengking diatas 7000. Serak dan bulet tidak pecah…..wihhhh darah muda kembali tercolek euy. Mulai dari middle up dorongan terasa ngejambak tanda knalpot bekerja dengan baik. Sisi positifnya lagi kita tidak perlu setting mesin sudah klop. Nihil nembak ataupun brebet baik pada low dan high RPM. Judule puassss…

Sayang banderol knalpot prospeed Viper tidaklah murah untuk knalpot lokal. Menurut punggawa Prospeed yakni koh Bie Hua, tingginya harga memang dikarenakan Semua material yang dicangkokkan pada Prospeed masih berstatus import. “ Knalpot Prospeed RND lokal mz, tapi seluruh material kita masih impor untuk menjaga kualitas. Memang cukup berat dengan kondisi dollar yang semakin naik. Tapi kita ingin tegaskan Prospeed berbeda dengan lainnya. Kita adalah premium lokal produk. Contohnya untuk material Titanium pun kita impor langsung dari Jepang sementara produsen lain rata-rata mengambil dari Cina….

Konskwensinya memang mahal tapi Kelebihan Titanium dari Jepang kualitasnya bagus. Bisa terlihat dari material yang sangat konsisten tidak ditemukan gelombang saat proses bending. Kehalusannya berbeda jauh….” seru koh Bie Hua saat melakukan interview singkat dengan IWB. Ealaahhhh panteeeesss cak. Emang beda banget diraba seperti memegang knalpot seharga 8 hingga 9 jutaan. Artinya harga tersebut seimbang dengan kualitas yang kita dapatkan. So…. judule kayak knalpot lokal rasa import, juozzzzz….

Last…. Prospeed Viper merupakan knalpot racing lokal yang cukup baik dalam pandangan IWB. Harga yang ditawarkan seimbang dengan yang kita dapatkan menjadi Nilai plus yang tidak akan membuat sampeyan kecewa. Ketimbang kita harus mengeluarkan uang untuk membeli knalpot import yang tembus di kisaran 8 hingga 9 jutaan. Material mirip dengan harga bisa kita beli separuhnya. Knalpot Prospeed Viper ini dijual di pasaran dengan Harga kisaran 4,5 hingga 4,7 jutaan. Seperti apa sosok Prospeed Viper dan gimana suaranya? Intip beberapa foto dan videonya dibawah ini….piyeee juozz to? (Iwb)

Full Youtube Review IWB

Advertisements

19 COMMENTS

    • Yg penting punya merk sendiri boss
      Bukan merk ngaku2 kek kasus peluncuran perahu rawa kemarin …

      Hahhaa

  1. D forum sih taunya prospeed produksinya tidak d indonesia

    Banyak yg bilang produksinya di taiwan utk prospeed

  2. Istilah full system itu bukannya satu paket dengan ECU juga ya? Kalau hanya knalpot bukan full system kayaknya.

    • Full System di knalpot mah : Slincer + Header, kalo Slincer doang namanya Slip on.
      #cmiiw

  3. Pendapat saya, model knalpotnya cocok dengan ninja 250, lekukan knalpot sejajar body, tutup karbon juga menambah kesan padat & rapi. Jadi penasaran sama tampilannya kalau dipasang dimotor GSX-R150, R25, R15, MT15 & CBR250RR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here