Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. ajang balap MotoGP memang kenthirrrr tenan. Semua komponen kelas Wahid berkumpul pada kompetisi balap roda dua terbaik dunia tersebut. Contohnya fakta bahwa swing arm karbon yang dipakai oleh Marc Marquez ataupun Cal pada Honda RC213V harganya membuat kita bergidik. Seperti dilansir speedweek, pembalap LCR Honda mengatakan bahwa harga satu buah swing arm karbon tersebut mencapai 250,000 Euro atau jika kita konversi ke rupiah maka jatuhnya pada kisaran 4 miliar. Ediannn setara dengan 8 unit Kawasaki Ninja H2 cakkkk….

Kalau sampeyan perhatikan, Sudah beberapa kali Honda menggunakan swing arm berbahan karbon yang digunakan pembalap mereka seperti Marc Marquez dan Cal Cruthlow. Namun berbeda dengan Marquez yang menggunakan secara full support pabrikan, pembalap LCR Honda tidak demikian. Alasannya satu karena harga dari perangkat ini sangat mahal. Selain itu jika terjadi crash maka swing arm atau lengan Ayun karbon tersebut harus langsung dikirim ke Jepang untuk pengecekan mencegah adanya defect akibat benturan. Maklum cak secara kekuatan menghadapi impact benturan ekstrim karbon tidak sesolid aluminium. Apakah terjadi retak halus atau tidak perangkat ini kudu dicek di laboratorium Honda. Dan itu butuh waktu yang nggak singkat…..

” Marc menerima perlakuan istimewa jika kekurangan bahan karena dia adalah ujung tombak dari Repsol tim. Selain itu harga swing arm ini cukup tinggi yakni mencapai 250.000 Euro maka kita tidak selalu bisa menggunakan perangkat tersebut….” seru Cal membuat geger para media. Kenapa ? Karena jika kita kalkulasi dan konversi ke rupiah ini artinya untuk satu harga swing arm karbon yang digunakan oleh Honda pada RC213V jatuhnya pada kisaran 4 Milyar rupiah. Ediannn pakdee…lengan ayun wae bisa untuk membeli 8 unit Kawasaki Ninja H2 yang di Eropa dijual pada kisaran 400 jutaan….

Kelebihan perangkat karbon memang sedikit berbeda dibandingkan dengan swing arm aluminium. Material ini rigid namun fleksibilitasnya bisa diatur. Kekakuan material bisa diadjust sesuai keinginan saat pembuatan….sebuah kondisi yang tidak bisa dilakukan pada material dengan bahan aluminium. Namun masalah utama dari tim saat ini adalah cost produksi yang memang sangat mahal. Dari material, riset serta pengembangan membuat nilai sebuah perangkat swing arm bisa tembus hingga 4 miliar rupiah. Sampeyan bayangin wae cak…4M iso beli es cendol bisa buat renang tuh….

Honda RC213V swing arm Karbon

KTM Swing arm Karbon (Beda komposisi)

Mirip dengan Honda, Red Bull KTM saat ini juga sudah mengembangkan dan menggunakan perangkat swing arm karbon yang dikembangkan oleh KTM Technologies di Salzbug. Makanya jangan heran jika Pol Espargaro ataupun Johann zarco beberapa kali terlihat menggunakan lengan Ayun model karbon. Tapi beda dengan Honda untuk biaya perangkat tersebut KTM lebih memilih tutup mulut. ” Biaya hanya untuk konsumsi internal...” seru David Tasch dari KTM Technologies….

Last…. ongkos dan biaya produksi swing karbon tiap pabrikan memang berbeda. Seperti halnya Ducati dimana pramac konon menghabiskan dana 100,000 euro atau nyaris separuh dari biaya swing arm karbon Honda. Menurut Alex Giussani dari technical director Suter Industries, kemungkinan angka 200.000 Euro merupakan biaya pengembangan dan riset secara keseluruhan. Sementara untuk nilai dari karbon swing arm tersebut perkomponen hanya pada kisaran 20,000 Euro atau 323 jutaan rupiah. So….mana yang benar? Apapun itu untuk harga sebuah swing arm mencapai 300 jutaan jelas tetap muahalllll rekkkkk, edian tenan..pabrikan sugih cakkkkk, satu komponen lengan ayun udah dapat Honda Beat satu Truk, kenthirrrrr Motogp !!…..(iwb)

Advertisements

34 COMMENTS

    • Setara Velar euy… 😍
      Oh iyo, nek ono sing ktmu Darmo & klonengane yo tolong sampekno yo salamq, nek skian taun jek luwe ae kongkonen moro nang Al Gembel… D wenehi kupon makan grtis 😂🤭

    • Riset ini dikembangkan nanti bukan hanya buat arm motogp H ,tapi juga bisa buat produx2 lainnya.. sekali mendayung..10 pulau terlampaui 😂 kalau kita terkungkung dg 1 misi saja..maka jadi orang yang salah kaprah , lagian yang mahal itu risetnya..bukan carbonnya.
      Makanya.. hasil riset masing2 pabrikan berbeda, tegantung capaian riset itu sendiri 😂

    • Salah 1 alasan pabrikan lain gak sanggup kontrak marc ya yang sept ini 😂 harus siap ngorbankan motor untuk dihancurin ,apalgi pake part2 hasil riset mahal 😂

  1. Asssiyaap, sdh ga pake disqusss lagiii. Yesss..!!! Dunia perkomenan di warung iwb pasti bakalan kembali hidup…, dipastikan dedengkot beye dan beha beserta kroni”nya pada bakalan turun gunung semua…..!!!!, sy harap editornya juga neutral dan berlaku adil. Ga sprti warung sebelah yang terkesan tebang pilih…….!!!

  2. Haiyyaaa swing arm ninja h2 owe punya malah seharga 1 unit rcv213
    Maklum swing arm emas 24 karat 10kg waaa

  3. hmmmm bau artikelnya wak haji nih. Bedanya cuman kalo wak haji swingarmnya dibandingkan dgn panigale, kalo iwb sm h2 wkwkwk.

  4. ini pelecehan, apa mungkin motor H2-nya kemurahan?
    harga H2 besok naik 12x swingarm karbon rc213v… xixixi

  5. Wiih, gak pake disqus lagi. Yang mau komen tolong jangan rusuh, gak usah cakar cakaran lah, udah pada tua banyak banyakin pahala, yang muda gak usah provokasi.

  6. lek iwan, nick yg udh dikandangin mendingan jgn dilepas lg, syg warung sampeyan udh kondusif nnti tercemar lg 🤦

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here