iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….. sepertinya momok jalur pegunungan Pacet Mojokerto memang cukup terkenal karena banyak korban akibat rem blong. Namun yang unik kali ini tidak terjadi pada matic melainkan motorsport. Yup… sebuah Kecelakaan terjadi menimpa salah satu Bikers yang menggunakan Honda CBR150R. Kecelakaan tersebut membuat boncenger belakang mengalami patah tulang. Dari informasi diperoleh keterangan bahwa Honda CBR150 mengalami rem blong sehingga biker tidak bisa mengendalikan motornya dan meluncur hingga nabrak karung pengaman. Dari sini IWB sudah cukup heran dan bingung, Bagaimana bisa rem sepakem CBR150R tidak mampu mencegah Kecelakaan terjadi? Dilalah rasa penasaran terjawab setelah melihat penampakan foto-fotonya. Lhooo koq ???

Grup Facebook kemarin Dihebohkan dengan kejadian yang menimpa salah satu biker Honda CBR150R di sekitar Pacet Mojokerto. Boncengan dengan pasangannya, biker tersebut mengalami kecelakaan akibat tidak mampu mengontrol kecepatan motor saat turun gunung di daerah Pacet Mojokerto. Akibat kecelakaan dua pengendara mengalami cedera dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Untungnya turunan yang cukup terkenal banyak memakan korban tersebut sudah diberikan karung pengaman sehingga biker tidak langsung masuk ke jurang melainkan tertahan oleh karung. Tapi yang menjadi pertanyaan bagaiman bisa Honda CBR mengalami rem blong ??

Pertanyaan tersebut langsung terjawab setelah IWB melihat foto-foto yang di share di grup Facebook. Ternyata motor ini sudah mengalami modifikasi besar-besaran atau jika kita boleh sebut lebih kepada pelucutan perangkat standar yang sudah dipasang oleh pabrikan. Intip saja bagian velg yang kini menganut model cacing. Dengan ban yang jauh lebih kecil tentu traksi karet bundar ke aspal jauh lebih minim sehingga potensi sliding terbuka lebar. Tidak hanya itu….ke peko-an sang owner berlanjut pada keputusan melepas diskbrake depan. Weeihhhhh…..dari sini IWB terngowoh-ngowoh cak, jebule nggak ada rem depannya pakdee. Lhaaaaa piye ora kon jungkellll….

iklan iwb

IWB Nggak paham kenapa biker ini melepas rem depan yang notabene merupakan nyawa utama untuk menghentikan Laju kendaraan. Betul cak….sebagai informasi porsi perangkat rem 80% bekerja di bagian depan sementara rem belakang hanya sebagai balancing dengan porsi Kisaran 20%. Artinya jika sampeyan memutuskan membuang rem depan ini berarti kinerja rem mengandalkan 20% dari 100 % kekuatan braking. Lhaaaa piyeee ora ngeblong pakdeee. Apalagi pada saat kejadian motor digunakan berboncengan yang ini artinya beban perangkat rem jadi jauh lebih. Wiss hanya 20 %…..abot maneh…dlosor wisss…

Last…. jika sampeyan memandang mencopot rem depan terlihat gagah sampeyan perlu diperiksa. Sah-sah saja jika ingin tampil keren, tapi Monggo jangan melenceng dari lazimnya modifikasi serta membahayakan diri sendiri atau pengendara lain. Padahal engineering pabrikan sudah menghitung sedemikian rupa setiap jengkal komponen yang dicangkokkan pada motor agar produk mereka aman, nyaman serta awet saat digunakan di jalanan. Lha ini…ban model cacing, jok ditipisin dan rem depan diilangin….tepuk pramuka tenan rek-rek. Kenapa nggak sekalian ban diganti kotak biar makin nyleneh :mrgreen: . Kalau sudah begini tidak ada satu pun yang bakal simpati atas kejadian namun mayoritas malah nyukurin, opo ora nelongso jal. So…say no to modifikasi pekok Seperti di atas, jangan dicontoh lho cak…(iwb)

9 COMMENTS

  1. Disana tempatnya BEAT VARIO POKONYA YANG CBS BLONG SEMUA. ..rata rata sebulan sekali dua kli pasti MATIC HONDA

  2. kok yo cewek e gelem mbonceng :'( aku sing ra sepekok kui duwe r15 v3 yo ra nde cewek2 terus :'( ya Allah, aku salah opo, kadang dunia itu tidak adil

    • Adil cak. Sampeyan luwih pinter + pikiran e waras.
      Bukti ne ban motor e sampeyan ora diganti karo ban sepeda polygon. ?

  3. Human dummy yg sebenarnya, ada video test nya kah … bisa dituntut ngk cowoknya klw tuh cewek koit ? kabarnya patah tulang tangan ?

    • kalo kayak gitu, yang salah udah jelas drivernya. apalagi motornya nggak standar.

  4. Klo org waras modifnya disc brake di upgrade
    Master rem di upgrade
    Klo org peko rem di lepas ban di kecilin spion di lepas knalpot di bocorin
    ?????

Comments are closed.