Iwanbanaran.com – Cakkkk… di pagi buta ini IWB wisss horaa sabar ingin ngeshare sebuah kabar yang cukup panas mengenai Project Kawasaki Ninja 250 versi 4 silinder. Kabar yang membikin IWB sendiri terkejut karena bisikan datang justru bukan dari internal Kawasaki ataupun sosok yang berhubungan dengan geng ijo. Namun bisikan ini malah datang dari tamu IWB yang datang kerumah, nggak sengaja keceplosan. Edannya cak…doi bekerja dibagian divisi komponen pabrikan salah satu pabrikan besar tanah air yang sepertinya juga tidak sengaja keceplosan menyebut progress Kawasaki Ninja 4 silinder. Doi menyebut 21 komponen sudah dikirim ke Jepang untuk mendapatkan treatment. Weeihhhh….

Rumor tentang Ninja 250 4 silinder memang selalu menarik untuk kita bahas karena merupakan Project pertama pabrikan Jepang setelah mereka mendiskontinue konfigurasi mesin 4 silinder pada 250cc. Apalagi di beberapa media asing Sekelas asphaltandrubber juga membahas walau mereka sedikit ragu mengingat proses investigasi mereka mentok tidak mendapatkan petunjuk yang menguatkan tentang rumor ini. Itulah kenapa media-media tersebut seringkali mantengin terus berita dari para Bloggers Indonesia yang menjadi referensi perihal Kawasaki Ninja 250 4 silinder….

Dari sisi kita sebagai Bloggers khususnya IWB yang memang sering mantau pergerakan para pabrikan, rumor Kawasaki Ninja 250 konfigurasi 4 silinder sebenarnya juga sempat bikin ragu. Sebelum pada akhirnya pada titik puncak investigasi IWB berhasil mendapatkan bisikan dari telik sandi yang cukup sahih namun tidak bisa IWB keshare ke artikel ini. Bisikan yang datang dari geng ijo serta beberapa dealer penyokong Kawasaki yang begitu yakin bakal hadirnya Ninja 250 4 silinder. So…… sejauh ini bocoran memang banyak berpatokan dari jaringan yang berada di tubuh Kawasaki. Sebelum akhirnya kemarin IWB kedatangan tamu….

Yup…lebaran cak, biasa selalu kedatangan banyak tamu. Maklum namanya wae Bloggers tuwo….wis sepuh jadi IWB-lah yang disamperin (ojo ngguyu, sampluk sandal njepat sampeyan :mrgreen: ). Nah…. pada saat itulah tamu yang bekerja di salah satu pabrikan besar tanah air dan menjadi orang penting karena proses impor ekspor komponen hingga status trial produk baru ataupun motor lama dipegang oleh doi buka suara. Berikut kata doi….

” Gilaaa ya Kawasaki, bakal seru neh kedepan. Ninja 250 4 silinder. Sudah ada 21 komponen yang dikirim ke Jepang mendapatkan treatment, itu si.….” serunya terputus. Doi nyaris kelepasan sebuah nama dan baru sadar kemudian berhenti ditengah jalan. IWB tertegun, wihhhh koq tahu ya mz X (sebut saja demikian). “ Lho…koq sampeyan tahu perkara Ninja 250 4 silinder? Kok sampeyan tahu ada 21 komponen yang dikirim ke Jepang? Bukannya produksi Ninja 4 silinder tidak di Indonesia? “ uber IWB penasaran. ” Yahhh…kita kan orang pabrik mz, pasti kan sering kontak-kontakan sesama teman. Disanalah kita banyak ngobrol….” seru doi tersenyum. Sayang doi enggan menjelaskan lebih jauh perihal 21 komponen yang dimaksud. Rahasia tenan kayaknya…..

Doi sempat menerangkan proses treatment yang dimaksud. Ternyata merupakan proses dimana komponen yang dibuat berdasarkan spek yang dipatok diperiksa dan di tes ulang di Jepang untuk mendapatkan spek yang sesuai. “ Proses treatment ini bolak-balik karena tidak langsung oke, Lumayan melelahkan….” serunya. Dari perbincangan itu IWB bisa tarik kesimpulan ternyata Indonesia tetap memiliki peranan penting dalam hal supply komponen otomotif dunia. Begitu juga beberapa produk yang diproduksi di luar negeri seperti Thailand ternyata mereka tetap tidak bisa lepas dari komponen buatan Indonesia. Entah perangkat rem, wiring, engine assy atau komponen lain. Sumbangsih Indonesia tetap ada cak. Wealahhh jebule ngono to…

Dengan beberapa trend yang terus menuju kepada status Confirm, ditambah bisikan dari sosok yang sangat tahu dengan dunia komponen Supply dari salah satu pabrikan besar non Kawasaki bisa kita simpulkan bahwa Kawasaki New Ninja 250 konfigurasi 4 silinder bukan isapan jempol belaka. Jadi kalau sampeyan salah satu Bikers yang mungkin merasa ragu dengan setiap tulisan artikel Kawasaki Ninja 250 4 silinder Monggo pelan-pelan coba digeser dengan cara mempertebal celengan. Karena hingga detik ini sebagai Blogger tuwo yang sering mencari bocoran produk baru, IWB percaya bahwa Kawasaki Ninja 250 4 silinder hanya tinggal masalah waktu….

IWB juga percaya Kawasaki akan menjadi first mover pabrikan yang menelurkan mesin 250cc 4 silinder di era modern setelah mesin ini rata-rata di diskontinue pada kisaran 2003. Sebuah harapan yang cukup besar dan jelas akan merubah peta persaingan mesin 250 cc di masa depan karena tidak menutup kemungkinan jika Kawasaki sukses pabrikan lain juga akan mengikuti. New Ninja 250 4 silinder ? 21 komponen opo yoooo iki cakkk? asyem IWB wae penasaran kiiiieee, emang kenthirrr neh Kawasaki..horaaa umumm !!!!! (Iwb)

Advertisements

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here