Iwanbanaran.com – Kecewaaaa cak….rona kekecewaan begitu kuat terpancar dari wajah The Doctor pasca balap Mugello Italia. Trek yang sudah dipenuhi fans Vale dengan kuning ciri khas Rossi berubah mendung karena performa idola mereka terseok-seok tanpa mampu membuat keajaiban. Bahkan puncaknya Vale harus dlosor mencium aspal karena kehilangan traksi ban depan. Saat itu Vale berada diposisi buncit setelah menyenggol rider Suzuki Joan Mir. Rossi menyebut balap Mugello 2019 terparah buat Yamaha !! pertanyaanya apa yang terjadi dan kenapa mantan raja Mugello ini seakan kehilangan sentuhan ?

Valentino Rossi menggambarkan bahwa balap mugelo Italia 2016 merupakan balapan terburuk sepanjang karirnya di Sirkuit Mugello. Di luar pengalamannya saat leading pada tahun 2016 namun kemudian mesin meledak sehingga membuatnya DNF, balap 2019 tidak kalah menyesakkan. Valentino menyebut sejak awal motor seperti susah untuk mendapatkan traksi. Start dari posisi 18 dan mencoba untuk bangkit pelan-pelan Valentino Rossi mengejar Joan Mir yang pada saat itu berada di posisi 14. Namun karena terlalu memaksa untuk overtake Rossi justru melebar dan masuk gravel bersama Mir. Posisinya langsung melorot di urutan 22. Akhirnya pembalap Yamaha ini menyerah karena kehilangan traksi ban depan pada lap ke-8 tersisa membuatnya harus menelan pil pahit di sirkuit Mugello. Sebenarnya apa yang terjadi ?

” Betul-betul akhir pekan yang sangat sulit serta parah sebab sudah cukup lama kita tidak mampu tampil kencang. Kita datang ke sini dan sadar betul bakal sangat sulit kuat disini mengingat kita tidak bisa mengembangkan kecepatan sejak latihan bebas. Aku juga kehilangan semuanya setelah nyenggol Mir. Harus kuakui membalap di posisi belakang selalu sangat sulit apalagi kecepatanku tidaklah istimewa….” seru Rossi kecewa. Yang menjadi pertanyaan…. Sebenarnya apa yang terjadi dengan motor dan kenapa Valentino Rossi begitu sangat kesulitan ketika race?

” Dimana kita mengalami masalah ? Hampir semua sektor. Sejak start aku kesulitan sebab ada tiga hingga empat motor menyalipku. Ini adalah perbedaan terbesar sebab saat akselerasi dari tikungan ke tikungan kita menderita. Tidak hanya masalah top speed tapi akselerasi kita sekarang juga jauh tertinggal dengan lainnya. Dan ketika lambat semuanya jadi semakin sulit. Kami lambat dan benar-benar kesulitan pada saat race karena kami harus melawan motor yang memiliki top speed dan akselerasi lebih baik. Membalap seperti ini sangat sulit. Aku tidak putus asa namun sedih karena kami lambat….

” Kondisi ini terus berulang dan semakin parah (problem M1). Dari 2016….2017…2018 dan sekarang 2019. Menurutku karena lawan kita banyak membawa hal baru. Kemudian mereka terus mampu memperbaiki dan terus berkembang di saat itulah kami Tertinggal. Di awal 2016 Yamaha adalah motor terkuat, namun sekarang kita harus mencoba untuk bekerja. Kalau kalian lihat dari lap time sebenarnya performa kita tidak lah berbeda dibandingkan dengan tahun kemarin. Artinya lawan kita terus mengalami peningkatan sedang kita mulai tertinggal. Inilah yang mengkuatirkan...” tutup Valentino Rossi…

Last…. Valentino Rossi harus menelan pil pahit Karena posisinya kini melorot di urutan kelima dari sebelumnya empat karena DNF. Danilo Petrucci menjadi pembalap yang berhasil mengambil alih posisi Vale. Jika tidak segera diperbaiki dikuatirkan performa Yamaha di tahun 2019 ini bisa saja lebih buruk dibandingkan dengan 2018. Kita lihat saja ikhtiar dari Yamaha. Semangat mbahhhhh…(iwb)

Advertisements

26 COMMENTS

  1. Kalau diliat dr segi rossi walau umur sdh paling tua sebagai pembalap motogp tp kemampuannya masih saja. Sayangnya yamaha kurang berupaya maksimal. Jd bisa bikin pembalap drop semangatnya, lalu membalap sekedar nya

    • Yamaha di pake para rider lemot dengan gaya balap halus aja motornya dah goyang gak seimbang gitu bro,, ni apalagi kalo yang betot marquez bisa patah mungkin tuh as rodanya atau klo gak ya crash.

    • Masalah yg sebenarnya itu mongtor belom di REKAL bero………
      MuuuuUUUuuuuehehehe…….

    • Pintu selalu terbuka untuk fby yg mau bedol desa ke fbh, fbs, dan fbd
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

  2. Kenapa sekarang yamaha kalo nikung juga lemot.?

    Padahal nikung itu dulu rajanya adalah yamaha.

    Aku lihat motor yamaha ini sering goyang2 saat mau memasuki tikungan, padahal dulu yamaha kalo mau masuk tikungan kecepatannya linear aja cepet banget kayak gak kendorin gas.

    Kayaknya m1 2016 gak separah ini deh, kenapa yamaha gak bawa paket motor m1 2016, atau sudah.

    • Semua tergantung rider utamanya bero….
      Mungkin si rider sdng kepengen nyantai, nyaman, karena usia yg sdh usur

  3. Yakin sih, setelah insiden sepang 2015, kayaknya biang bapernya VR itu bukan MM ato pmbalap lain, tp dr yamaha sendiri awalnya.. cm kebetulan aja kemaren2 di triger lg sm MM di argent 2018, udah butek aja isi kepalanya tambah makin butek..

    Pindah sijuki sih boljug itu ahahaha

    • Makanya tuh kalo lagi pas di atas jangan sombong, jadinya kalo pas dibawah jadi malu gak karuan seperti ini.

    • Apa kata gue kemaren kin……
      Lo akan di permalukan di kampung halaman lo sendiri….
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

  4. Aku juga heran.apakah para insinyurnya tidak bisa memecahkan masalah atau tim lain dua langkah lebih maju

  5. lucu aja yg bilang ganti rider ganti rider…jelas semua pembalap yamaha nyusruk dr race 1 juga…biar kata ada ganti2 an tiap race siapa yg paling didepan..tapi gacukup fight buat juara…setiap ganti sirkuit pasti ada aja maslaah baru…berarti ya jelas masalah bukan sama rider..tp ma yamaha itu sendiri…..

    • rasanya cukup logis klo bergnti rider itu jga bisa berpengaruh ke performa… suzuki berganti rider performa membaik.. honda ketika kebuntuan juara dan pedrosa tak mampu berbuat apa apa dengan mengambil marquez berbuah juara… pemahamannya itu bukan hanya sebatas dengan kalimat “ganti” rider saja.. tapi dengan berganti rider diharapkan performa motor lebih baik krna dibutuhkan input yg fresh pengembangan yg lebih baru hal hal yg mgkn lebih relevan dengan perkembangan musuh..

  6. Akselerasi jauh tertinggal???ngga mungkin…apa susahnya buat yamaha bikin motor kencang…lagian rider yamaha yg lain lumayan qo startnya..aku sih netral aja..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here