Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Selamat pagi Sugeng enjing kepada para pembaca Setia iwanbanaran dimanapun sampeyan berada. Di pagi yang masih segar ini IWB ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Dan bagi yang mudik pulang kampung hati-hati di perjalanan, selalu berdoa semoga diberi keselamatan sehingga berkumpul dengan keluarga di rumah dalam keadaaan sehat walafiat. Amin YRA. Cakkkk…. pada tema artikel kita kali ini IWB ingin coba menjawab kegalauan para follower ataupun Reader iwanbanaran yang masih terombang-ambing dengan rumor ataupun berita perkara Kawasaki Ninja 250 FI 4 silinder. Pertanyaan mereka rata-rata sama yakni…. Apakah Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini adalah hoax atau memang ada ?

Banyak sekali berita membahas perkara Kawasaki Ninja 250 4 silinder. Baik dari luar negeri ataupun media lokal yang cukup getol mengumbar isu perihal sosok produk Kawasaki yang kemungkinan besar akan dirilis dengan mesin yang cukup Superior di kelasnya. Namun kegalauan dan rasa ragu begitu kencang perihal berita Kawasaki Ninja 250 4 silinder di atas. Apakah isu tersebut benar atau hanya hoax belaka? Berbagai pertanyaan tersebut mampir ke warung iwanbanaran via surel ataupun DM. Tidak berlebihan sebab isu ini begitu luar biasa di mata para biker era sekarang….

Yup…. mesin 4 silinder 250 cc bukan hal yang lazim di era ini. Alasannya satu efisiensi serta tren pabrikan yang sudah mendiskontinue hampir semua mesin varian 250cc 4 silinder. Jika kita membahas tema tersebut di awal 2000an mungkin masih logis kita menerima berita dengan keyakinan yang sangat besar. Namun di era sekarang sepertinya cukup sulit untuk kita percaya. Hal ini karena sekali lagi hampir semua pabrikan enggan melangkah ke sana. Walaupun sebenarnya nya Honda pun sempat mempelajari mesin ini untuk dicangkokkan pada K64A Honda CBR250RR. Ah mosokkk? Lhooo serius pakde. Lawong IWB sempet interview Presdir PT AHM Iinuma san saat peluncuran CBR250RR dikisaran 2016….

” Kita sempat mempertimbangkan beberapa konfigurasi mesin pada Honda CBR250RR. Termasuk mesin 4 silinder. Namun kita melihat bahwa mesin 2 silinder adalah yang paling tepat untuk produk ini karena kita akan mendapatkan efisiensi serta performa ideal di kelas tersebut. Jadi inilah new engine dan produk terbaik serta paling balance menurut kita….” seru Iinuma san saat itu. Doi juga sempat membahas perkara sasis yang mempertahankan model teralis bukan twin spar deltabox. Menurutnya twin spar justru akan membebani dari segi harga.  So…ini paket terbaik dan sudah diperhitungkan oleh Honda. “ Twir spar lebih mahal. Kita harus memberikan Balance serta keseimbangan antara produk dan harga….” tuturnya waktu…

Dengan keterangan presiden direktur PT Astra Honda Motor bisa kita simpulkan bahwa pabrikan Jepang ternyata tidak serta merta menutup rapat potensi mesin 4 silinder 250cc. Bahkan untuk ukuran Honda sekalipun. Artinya apa? Kawasaki terbuka juga melakukannya. Dan Kawasaki merupakan satu-satunya pabrikan yang seringkali berani mengambil resiko dengan langkah atau gebrakan melawan arus market. Trend yang belum terbentuk di pasar diciptakan dengan perhitungan yang cukup matang. Dan dari pandangan pribadi pabrikan ijo ini memang tidak takut jika pun market yang akan dihadapi merupakan niece market dengan porsi kecil alias kurang menjanjikan. Dilalah sejauh ini gebrakan mereka justru banyak yang ngikuti….

Intip saja segmen trail, retro serta sport 250cc ditanah air. Siapa yang menciptakan ? Kawasaki cak. Kehadiran Kawasaki Ninja 250 pada tahun 2007….. kemudian KLX Series dan yang terbaru adalah Kawasaki W175. Ketiga produk tersebut seharusnya bisa memberikan gambaran ke sampeyan Apakah rumor Ninja 250 4 silinder hoax atau fakta? Apakah isu akan lahirnya Ninja 250 bermesin 4 silinder hanyalah kabar burung atau memang akan ada? Yup….IWB berani katakan semua bukanlah hoax. Walau mungkin terkesan sudah basi sebab bocorannya berhasil kita endus sejak 2016 namun bakal lahir nya Ninja 250 4 silinder bukanlah hoax. Kenapa lama? Karena saat itu kita terlalu prematur mencium gelagat Kawasaki yang melakukan survei dibawah tanah. Makanya jadi sulit percaya cak….lawong suwe puolll….

Last…. jika sampeyan bertanya ke IWB Apakah Kawasaki Ninja 250 4 silinder hoax atau fakta? Maka secara tegas IWB berani katakan bahwa rumor ini adalah fakta. Koq fakta…kan belum nongol cak IWB ? Wisss to cak…sampeyan catet wae. Namanya aja yakin, mosok nggak boleh. Untuk sementara prediksi mengatakan kemungkinan besar Kawasaki New Ninja 250 4 silinder akan di perkenalkan sekitar Oktober 2019 di ajang Tokyo Motor Show 2019 sebagai tempat ideal untuk proses reveal. Yup…Oktober cak. Lalu untuk tanah air biasanya tidak perlu lama dan mengikuti proses setelah diperkenalkan di luar negeri. So…paling tidak awal 2020 motor ini Seharusnya sudah dirilis oleh Kawasaki di tanah air. Kuwi prediksine, kalau meleset jadwalnya…mohon dimaafkan. Tapi kalau temanya hoax atau fakta ? Jawabannya tetap sama yakni…fakta !!!! Wisss celengan dipertebal wae rek jangan banyak mikir abot-abotttt :mrgreen: ……(iwb)

Bonus motor bikin mumet ndas 😆

Advertisements

14 COMMENTS

  1. Antara 50:50 bisa dipercaya apa enggak ni Kawak. Di zaman regulasi yang super ketat ini makin susah bikin mesin tenaga gede tapi rendah emisi. Entah sampe euro berapa lagi mesin bahan bakar bisa bertahan sebelum punah dicekik regulasi dan digantikan mesin listrik.

  2. vulcan 250cc 2 silinder aja, ngga ada lawan nya, rebel 500 muahal, harley street 500 muahal, beneli 250…gimana ya? kurang yakin aja….kalo ada vulcan 250 cc 2 silinder bisa buat pemuas dahaga pecinta motor cruiser hahahaha

  3. Beli aja Z800 bekas….150jeti dah dapat. Kalau sudah merasakan ini….gajk akan ngefek berita 250 4 silinder atau 8 silinder. Jambakan nya dahsyat pooolllll

  4. Saya pribadi kok lebih seneng kalo Kawasaki mengembangkan 2 tak direct inject yo lekk wkwk. So far pabrikan KTM yang masih berani bermain di kelas 2tak. Tapi ya gitu hargane garai mumet ndass haha. Saya pribadi lebih suka lengkingan rpm atas 2tak drpd 4 silinder ini. Ada yang sependapat? 😁

  5. gak usah dibahas lek, itu cuma gimik kawak aja,, ujung2 nya php,, beda lagi kalo uda ada spyshoot atau bukti otentik lainya

  6. Yaelah kalo cuma nyari suara tapi larinya segitu2 aja mending gak usah. Yg dulu rata2 45PS, yakin nanti bisa di atas 50PS dgn regulasi emisi yg sangat ketat?
    Ninja 250 2 silinder tahun 80-90an aja bisa 38PS, lah yg sekarang ini udah mesin baru cuma 39PS.

  7. Haiyyaaa drpd lu ouwlang berandai andai 250 4cyl…
    Owe jual z800 mahar cm 230jt nego bensin waaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here