iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Tiongkok memang banyak menelurkan produsen-produsen berkualitas. Namun disisi lain, negeri tersebut juga menjadi sumber para pengkloneng yang tidak menghargai hak Cipta. Dicopy mentah-mentah desainnya lalu diberi label merk dengan kemiripan yang sangat luar biasa. Itulah yang pernah terjadi dengan Honda. Merk Jepang ini berang dengan salah satu produsen Tiongkok yang nyomot desain Honda Vario atau Click dipasarkan dengan merk  lokal. Kenapa klonengan merajalela?.

Selalu saja ada pabrikan Tiongkok yang melakukan plagiat dengan mencari keuntungan secara ilegal. Lemahnya regulasi yang melindungi merk atau hak cipta membuat aksi kloneng begitu merajalela di China. Seperti yang terjadi pada Honda yang sempet berseteru dengan salah satu merk dagang lokal. Pada bulan Oktober 2016 petugas di sana berhasil mengamankan sejumlah komponen lengkap motor yang ditandai dengan merk dagang berlabel HondaKit. Setelah ditelusuri ternyata merk ini dikeluarkan Taizhou Motorcycle….

Akhirnya Honda melakukan gugatan terhadap pabrik tersebut dengan keputusan dari pengadilan mengatakan bahwa Taizhou bersalah dan harus membayar uang kompensasi sebesar RMB 350,000. Selain itu mereka dilarang menggunakan merk nyerempet nama Honda. Usaha pabrikan Jepang ternyata berhasil meredam usaha Taizhou. Btw…ini adalah cerita lawas yang memang cukup kencang serta menjadi perhatian banyak pihak atas maraknya desain klonengan. Mereka hanya ingin meraup untung dengan dompleng merk terkenal….

iklan iwb
iklan iwb

Geliat pabrikan China juga sempat menerjang tanah air di era 2000-an pasca reformasi tahun 1998. Saat itu cak… sangat mudah sampeyan mencari merk-merk Tiongkok namun memiliki desain yang sama dengan pabrikan Jepang seperti Honda Tiger ataupun Honda Supra. Bahkan kalau sampeyan ingat di masa lalu pabrikan lokal Minerva juga sempat mencicipi gurihnya market yang memiliki desain keren seperti Honda CBR 150R versi Thailand dengan nama R150. Saat itu Minerva menjual produk mereka di angka 14 jutaan disaat Honda CBR150R versi Thailand berada di Kisaran 32 jutaan. Sampeyan bayangin wae cak, laris puolll….

” CBR150 vs Minerva R150…”

Nahh…itulah kenapa sekarang banyak pabrikan melakukan registrasi desain dalam bentuk paten. Baik produk yang sudah dirilis ataupun belum wajib bagi mereka untuk mendaftarkan eksklusif desain dan produk sebagai merk dagang yang nantinya akan berguna ketika ada kasus. Jadi gambar paten memang sangat diperlukan untuk melindungi produk tersebut jika sudah mengaspal di pasar supaya tidak dikloneng oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab jika tidak….siap-siap ndas cekot-cekot cak….

Last….perseteruan antara pabrikan Jepang dengan merk Cina yang tidak bertanggung jawab sepertinya masih akan berlanjut. Baru-baru ini justru Taizhou Xinqiang Motorcycle Co., Ltd mendaftarkan gambar paten dengan desain yang identik dengan Click atau Vario. Cukup mengherankan cak sebab seperti yang kita tahu desain tersebut jelas milik Honda. Dan yang parah mereka masih menggunakan label nama HondaKit dengan detil dimirip-miripin Honda Click bahkan stiker sekalipun (Terlampir). Weleh….edian tenan, tricky bener cak. IMHO…sebuah kompetisi sehat seharusnya kudu terus dijaga karena jujur polah tingkah plagiat tersebut justru akan merusak image dari brand tiongkok itu sendiri. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apa tindakan Honda selanjutnya terhadap diklonengnya new Click atau Vario di Cina oleh Taizhou Xinqiang Motorcycle Co., Ltd. So…cari Vario ? pokoke merknya Honda cak, bukan HondaKIT :mrgreen: . Ono-ono wae….(iwb)

Gambar paten Taizhou Xinqiang Motorcycle Co., Ltd yang mirip Vario dengan label HondaKIT

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

20 COMMENTS

  1. Wajarlah vario kan motor terlaris di dunia setelah beat
    Mana mungkin klonengin miong dkk
    MuuuuUUUuuuuehehehe……

  2. Yang punya boil Tiongkok juga banyak yang dipasangi emblem merek terkenal, mentale sama antara produsen dengan konsumennya…..

  3. sebenernya sudah ada preseden bagus sih, dituntut aja ke pengadilan, (wlpn melelahkan dan hrs keluar uang), terakhir kemaren land rover memenangkan gugatan hukum di china terhadap land wind x7 yang meng copy paste land rover evoque.

  4. Jiplak semua merek dah biasa, tapi mengapa harus Honda yang paling banyak dijiplak ? Karena HOnda laris maniiiiiiiiis

  5. Guendengg…!!! ini sih supercopy namanya. Tapi yg jadi pertanyaan, dengan harga jual yg jauh lebih rendah mereka bisa bikin sama plek gitu ya sampai cover cvt juga identik? okelah yg pasti kualitas material pasti yg abal-abal, dukungan ASS yg jauh beda. Sebenarnya yg original itu berapa sih biaya produksinya?

  6. Wedeehhh……
    Apa2 kok ya diklonengin
    jangan2 wanita jadi jadian juga berasal dri Tiongkok lek
    MuuuuUUUuuuuehehehe…….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here