Iwanbanaran.com – Cakkk…..kini Yamaha kudu waspada dengan sepak terjang Marc Marquez yang perkasa hampir diseluruh trek. Sirkuit Le Mans yang secara tradisional menjadi trek Yamaha, kini kondisinya berbalik. Rossi hanyalah satu-satunya rider Yamaha yang mampu masuk 5 besar. Selebihnya terlempar dibelakang. Menurut Rossi sulit untuk mengejar Honda-Ducati karena masalah mereka adalah mesin. “ Masalah utama adalah mesin, kami kalah top speed” seru Rossi. Weihhh..

Rossi mengakui Le Mans adalah mimpi buruk buat mereka karena gagal meraih podium. Setidaknya ada dua faktor yang membuat mereka sulit bertarung. Apa itu ?

” Masalah terbesar saat ini adalah Marc Marquez. Coba kalian bayangkan seandainya ia tidak jatuh di Austin dia berarti sudah menang 4 race dari 5. Dia saat ini adalah satu-satunya pembalap terkencang yang tangguh disegala track dan kondisi. Tentu ini berat untuk semuanya. Yang kedua kita mengalami defisit top speed. Dalam sejarah sejak 2004 Yamaha memang kurang fantastis di lintasan lurus. Tapi sepertinya tahun ini kita banyak Kehilangan dari sisi itu…

” Aku tidak yakin bisa meningkatkan top speed tahun ini. Namun itulah situasinya. Kita harus berjuang keras karena kita bisa bertarung masuk podium. Sebenarnya motor ini menyenangkan dikendarai. Kami punya beberapa hal bagus tapi inilah realita nya. Kita harus lakukan sesuatu khususnya pada sisi akselerasi karena di sanalah kami banyak Kehilangan. Kita akan lihat ke depan seperti apa…” seru Rossi…..

” Memang betul saat ini kami sudah bisa memperbaiki satu poin penting yakni mencegah motor wheelie Dengan hadirnya sayap tambahan. Namun kita kehilangan banyak pada sisi top speed. Dan ini jelas sangat sulit khususnya ketika race. Kalau kalian lihat Maximum speed di balapan ini aku mungkin yang paling buncit. Dengan beberapa alasan entah kenapa kenapa top speed ku juga paling rendah dibandingkan pembalap Yamaha lain….” cetusnya. Terus gimana soal jalannya balapan ?

” Aku sudah berikan apapun namun tidak cukup sebab kami kehilangan banyak pada sisi akselerasi serta lintasan lurus. Mungkin kita bisa memperbaiki sedikit dan masih ada ruang untuk improvement. Kalau tidak sangat sulit bagi kita untuk bertarung. Sebenarnya ini cukup disayangkan karena M1 memiliki handling yang cukup baik. Kita juga berhasil meningkatkan kemampuan pengaturan ban dan pengereman. Kita lihat saja nanti….” tutup Rossi…

Last… Valentino Rossi finis di posisi kelima pada balap Perancis. Pembalap Yamaha ini berusaha keras untuk menyalip Jack Miller namun Justru malah semakin Tertinggal pada last lap. Dengan kondisi tersebut Valentino Rossi masih berada di posisi keempat dengan 72 poin atau Tertinggal 23 angka dari Marc Marquez. Sementara itu Andrea Dovi kini naik 1 posisi alias 8 poin di belakang Marc Marquez. Sementara Alex rins karena Start dari posisi belakang pembalap Suzuki ini turun di posisi ketiga. So…apakah Yamaha bakal mampu memperbaiki kekurangan sisi top speed? Kita lihat saja nanti cak….(iwb)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here