Iwanbanaran.com – Cakkkk….masalah seperti tidak henti-hentinya menimpa gen Yamaha YZF R3 yang juga memiliki basis produk identik dengan YZF R25. Setelah tahun lalu Yamaha melakukan recall terhadap varian R25 dan R3 bahkan MT25 didunia, kini kabar terbaru kembali datang dari pabrikan garputala yang terpaksa melakukan recall pada generasi terbaru YZF R3. Namun bukan masalah pegas torsi serta selang radiator seperti masa lalu, komponen yang berpotensi membahayakan keselamatan adalah tuas rem yang rapuh. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) recall harus dilakukan karena tuas rem berpotensi patah ketika ditarik secara ekstrim. Waduh….

Komisi keselamatan berkendara di Amerika yakni National Highway Traffic safety administration (NHTSA) mengeluarkan perintah resmi recall terhadap Yamaha YZF R3 dengan nomor kampanye 19V341000. Pemanggilan ulang tersebut khusus untuk Yamaha YZF R3 versi terbaru 2019 karena berpotensi membahayakan pengendara. Dalam recall tersebut mereka menemukan bahwa perangkat atau komponen yang digunakan pada tuas rem motor buatan Indonesia tersebut Rapuh dan berpotensi patah….

Dari hasil investigasi bisa disimpulkan bahwa bahan atau metal untuk handle rem yang digunakan ditemukan adanya porosit atau gelembung udara di dalam metal. Komposisi tersebut membuat susunan metal dalam menjadi kurang Solid dan berpotensi patah jika mendapatkan tenaga besar. Karena dianggap berbahaya serta bisa mengancam keselamatan jiwa bikers ketika melaju kencang dan braking…. Recall wajib dilakukan setidaknya pada 198 unit di Amerika…

Komponen tersebut akan diganti secara gratis tanpa dipungut biaya. Recall sendiri secara resmi akan dimulai pada tanggal 16 mei 2019. Tuas rem Yamaha YZF R3 yang kena recall menggunakan kode komponen K3 9A 16 serta K4 9A 16. Btw… bisa dipastikan bahwa Yamaha YZF R3 Amerika ini buatan Indonesia cak….

Last….recall memang merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan terhadap konsumen. Oleh karena itu kita patut acungin jempol. Namun sebagai biker normal tentu kita juga merasa was-was atas banyaknya recall terjadi produk tersebut. Wajar to cak lek kuatir.  Mulai dari pegas torsi dapur pacu, selang radiator dan sekarang tuas rem. Apalagi tuas rem sangat vital untuk keselamatan. Semoga saja ada kejelasan dan konfirmasi resmi dari PT YIMM terhadap new R25 di tanah air biar kita merasa tenang. Semoga saja….(iwb)

 

Sumber : NHTSA

Advertisements