Iwanbanaran.com – Cakkk….Setelah tampil cemerlang di awal musim ini, Suzuki berniat turunkan Tim satelit sebelum tahun 2021. Rumor tersebut sebenarnya sudah gencar beberapa musim lalu dan kini kembali mencuat. Kuatnya niat diungkapkan manajer Motogp Suzuki Ecstar Davide Brivio yang memberikan sekilas rencana target kelahiran dari tim Satelit tersebut. Wihhh seru nehhhh….

Di MotoGP memang sangat penting akan adanya Tim Satelit untuk masing-masing pabrikan guna memperoleh lebih banyak data dan juga memaksimalkan pengembangan Motor seperti yang sudah di terapkan oleh Honda, Ducati. Dan musim ini Yamaha juga KTM menerapkan strategi yang serupa yakni tim satelit spek factory…

Target Suzuki menurunkan Tim satelit awalnya muncul sejak 2016 silam dan kala itu ada beberapa kerumitan yang membuat Suzuki mengurungkan niatnya. Mengulik musim lalu.. Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Team hampir sepakat bergabung dengan Suzuki namun mereka menemui kendala terkait Durasi Minimum Kontrak yaitu 3 Tahun…

Terlebih lagi masalah sakral Tim Marc VDS adalah Sang Manager Michael Bartholemy dituduh pemilik tim (Marc van der Straten) melakukan penyelewengan dana tim asal Belgia tersebut. Tentu itu menjadi faktor utama gagalnya Proyek tersebut, bahkan Marc VDS Memilih hengkang dari Kelas MotoGP musim ini. Alasan lain selain penyelewengan dana adalah Biaya yang di keluarkan Tim tidak sebanding akan hasil yang mereka capai musim lalu..Mumet tenann ora cakkk??…

Namun hal itu tidak membuat Suzuki mundur. Manager Suzuki Ecstar Team Davide Brivio mengatakan pada awal tahun ini mereka berencana untuk membuat kemajuan lebih cepat dalam mendapatkan tim satelitnya di tahun 2020. Namun saat ini doi mengakui mendapatkan sedikit kendala dari bos Suzuki di Hamamatsu, dimana mereka lambat merespon proyek tersebut..

“Tim satelit bukan tidak mungkin akan hadir sebelum 2021, kami sedang dalam pembicaraan dengan Suzuki, untuk mendapatkan semua yang di butuhkan pada tingkat logistik dan juga material untuk mengcover dua motor tambahan tersebut (Satelit), tetapi semuanya berjalan cukup lambat.” Tukas Brivio..

Peluang Suzuki untuk mendaftarkan tim satelit menjadi rumit karena fakta bahwa sebagian besar tim satelit di MotoGP sekarang memiliki hubungan kuat dengan masing masing pabrikan. Misalnya saja LCR Team, Tech3, Pramac dan Petronas SRT semua memiliki hubungan dekat dengan pabrikan mereka. Artinya cukup berat bagi Suzuki untuk menarik mereka gabung dengan tim Hamamatsu….

Last…Hanya satu Tim yang tidak terlalu bergantung dengan pabrikan yaitu Avintia Racing Team. Peluang terbesar yang bisa berduet dengan Suzuki mengingat Kontrak Avintia dengan Ducati akan habis akhir tahun ini. Suzuki sendiri akui siap turunkan tim satelit jika semua kendala bisa dilewati. Patut di tunggu proyek menarik ini pakdee…semoga bener-bener terealisasi soale bakal seru kieeeeee….(iwb)

Advertisements