Iwanbanaran.com – Cakkkk….kembali dunia roda 2 dikejutkan oleh sukses terjualnya sebuah motor Honda Nova Dash yang terjual dengan harga yang sangat fantastis. Jiiannn kenthirrr tenan cak karena banderol yang dipasang tembus 100 juta. IWB wae tepuk pramuka berkali-kali saking bengongnya. Nah….emang siapa yang punya motor ini dan gimana spek motor hingga bisa melejit tembus tembok 100 juta plus siapa buyernya?? Sik-sik IWB tak ngombe sik…..kering nih tenggorokan gara-gara dengar motor 125cc terjual 100 juta :mrgreen: . Ok….yuk kita intip cakkkk…

Berita ini awalnya datang dari cak Joe Fais yang nge DM IWB karena berhasil menjual Honda Nova Dash 125 dengan harga yang sangat fantastis. Motor 2tak pengganti dari generasi Honda Nova Tena tersebut berhasil terjual dengan harga yang sangat fantastis untuk ukuran motor 125cc. Konfirmasi ini datang dari Cak Faiz yang sekaligus memberikan beberapa foto proses penjualan serta sosok dari bebek 2 tak legendaris di zamannya tersebut….

” Jumat kemarin laku 100 juta cak….” serunya via DM sambil menyodorkan beberapa foto sosok ayago 2 tak Honda yang Kondisinya masih sangat baik. Informasi tersebut jelas membuat IWB masih belum percaya hingga harus mengulangi kalimat singkatnya. ” Serius sampeyan cak? Mosok cakkk? Motor punya sampeyan kuwi? ….” uber IWB saking penasarannya. ” Serius cak. Aku bantu jual aja cak punya temen anak Bintara..” serunya sambil menyodorkan foto kwitansi pembelian. Hmmm…tanpa materei kangbro. Tapi bisa jadi memang kwitansi sementara….

Honda Nova Dash 125 memang termasuk sebagai salah satu collector item. Bebek ayago Honda ini adalah generasi 2 tak yang bisa dibilang legendaris karena memiliki kisah cukup panjang dalam mempertahankan nama besar Honda di Asia. Ketika motor sportnya kala itu diwakili oleh NSR 150 maka untuk bebek di kawasan Asia Honda Nova Dash-lah yang menjadi representative sebagai bebek racing. Hal ini dipertegas dengan bentuk motor yang sporty habis di masanya….

Sebagai informasi Honda Nova Dash 125 hadir untuk menggantikan Honda Nova Tena RS. Pada Generasi ini Honda memperbesar kapasitas mesin dari sebelumnya hanya 110 menjadi 125 cc. Mekarnya kubikasi juga dibarengi dengan upgraded spesifikasi sehingga pada generasi tersebut Honda sudah memberikan transmisi 6 speed. Untuk menjaga kestabilan suhu mesin Honda Nova Dash 125 juga telah dibekali dengan perangkat oil cooled. Penasaran powernya?

Dengan kapasitas mesin 125 cc dan kompresi 7,0:1 muntahan tenaga bebek ini termasuk sangar. Pada spek standar Honda Nova Dash 125 mampu memuntahkan tenaga hingga 22PS. Mungkin kalau kita melihat dari spesifikasi terkesan biasa. Namun yang sampeyan harus perhatikan tenaga tersebut diperoleh dengan bobot motor ini hanya 102 kg. Yup…power to weight ratio Honda Nova Dash 125 tembus 0.2157hp/kg. Angka ini sudah mepet dengan tenaga Honda CBR250RR yang mencapai 0.2317hp/kg. Bahkan secara PWR Honda Nova Dash bisa mengalahkan Kawasaki Ninja 250SL yang memiliki PWR 0.1854HP/kg. Nahhh..sangar to cakk….

Nggak heran motor ini pantas dijuluki ” The King of ayago bike” dijamannya. Nggak mengejutkan sebenarnya jika Dash 125 membuat banyak biker yang mengerti motor kepincut. Hanya saja 100 juta ki lho…koq edian tenan emang speknya gimana sih? ternyata memang nggak kacangan cak. Lawong part akseseroriesnya nggilani tenan plus seluruh komponen ori masih disimpan. Berikut spek Honda Nova Dash 2001 yang laku terjual 100 juta rupiah sesuai penuturan cak Faiz…

-Spek os 0
-Body asli abu2 ada orisinil buluk skrg pakai body copy ori putih merah
-Radiator besar thailand (ori ada)
-Caliper brembo dpn ‘belakang (ori ada)
-shock yss tabung
-Master rem brembo (ori ada)
-Kopling accosato (ori ada)
-Velg jari2 tk excel (ori ls)
-Knalpot kolong silincer tyga carbon (ori ada)
-Cakram depan pake moge (ori ada)
-Cakram belakang floating (ori ada)
– Arm belakang dash thailand (ori ada)

Nahhh serem to. Pembelinya konon bikers Bekasi….mantappp kangbroo. Btw…Mesin 2Tak memang kenthir. Kalau sampeyan lahir dan hidup dimasa muda era 1990-an pasti merasakan bagaimana liarnya ledakan tenaga mesin 2Tak. Jujur cak, selama IWB ngetes motor hingga usia sekarang, rasanya belum menemukan mesin 4tak 250cc produksi masal terbaik yang mampu menandingi sensasi engine 2Tak 150cc terbaik dimasanya. Lengkingan atasnya serta riak-riak letupan power yang sangat berlimpah membuat akselerasi mesin 2Tak 150cc seperti Suzuki RGR150 ataupun NSR150 bukan lawan CBR250RR sekalipun. Haram hukumnya sampeyan gaspol pada low gear karena ban depan gampang ngangkat. Stang wae iso ucul cak kalau nggak pegangan erat…..

Baca juga :

– Sengsaranya memakai Ninja 150
Tidak diragukan…..accelerasi Ninja 150L bukanlah lawan Ninja 250R!!

Last…mungkin hanya generasi awal Ninja 150 yang masih menyisakan sensasi mesin murni 2 tak. Catat cak….gen awal dibawah 2000-an. Selebihnya Ninja 150 bukanlah mesin 2Tak sensasional akibat tuntunan emisi gas buang dan efisiensi. Alhasil mesin mereka seperti dicekik kurang lepas. Kondisi yang tidak kita temukan di era 1990-an karena filosofi RND pabrikan hanya memikirkan murni tenaga bukan hal lain. Sementara RGR150 ataupun NSR150 yang bertebaran sekarang sudah renta dan kehilangan taji mesin aslinya. Lek boso jowone wis ngempos cak. So…harus diakui engine 2Tak memang nggak ada matinya. Honda Nova Dash 125 terlampir menjadi bukti bahwa rare items 2Tak bisa menjadi collector product dengan harga mengerikan jika kondisinya terjaga sangat baik dan jarang yang punya. Honda Nova Dash 125 laku 100 juta ? Ediann rekkk, RX King wis ditempel ki. Padahal Luwih tuwo dan kubikasinya juga lebih kecil. Sadizzz euy !! (iwb)

Spesifikasi Honda Nova Dash 125

Engine : 2-Tak, Single-Cylinder, Liquid Cooled, Crankcase Reed Valve
Bore x Stroke : 55 x 52 mm
Kapasitas Silinder : 123,5 cc
Sistem Penyuplai BBM : Karburator Keihin PE 24
Rasio Kompresi : 7,0 : 1
Transmisi : 6 Speed
Ignition : Electronic CDI Unit
Max Power : 22 PS (21,56 HP) @ 9.000 RPM
Max Torsi : 1,83 Kgf/m (18,3 N.m) @ 8.000 RPM

Panjang x Lebar x Tinggi : 1833 x 650 x 966 mm
Jarak Sumbu Roda : 1355 mm
Berat Kosong : 102 Kg

Frame : Alumunium Twinspar Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Monoshock, Swingarm
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Ban Depan : 70/90 – 17
Ban Belakang : 80/90 – 17

Advertisements