Iwanbanaran.com – Pakdeeee….siapa sih yang nggak demen motor kinclong. Sopo yang nggak seneng kalau melihat tunggangan kemilau bak pipi kembang desa. Namun ketika kemilau tersebut mahal harganya, sampeyan juga kudu hati-hati. Sederhana dan simpel namun bikin celaka. Ngeri cak, ini biang dlosor jika tidak awas. Emange opo ???

Kendati sampeyan lelah pasti tetap risih kalau melihat tunggangan kotor. Bawaannya mendung cak, sumpek tenan apalagi kalau lumpur sudah nempel pekat akibat hujan yang turun tiap hari. Namun apa daya, lelahnya badan membuat kita tidak bisa melakukan sendiri. Ujung-ujungnya cak, kita akan melipir ketukang cuci steam. Simpel, gampang dan tidak menguras tenaga. Yahhh..memang nggak murah sih. Di Jakarta sendiri untuk nyuci motor sampeyan harus mengeluarkan uang 20 ribu. Angka yang lumayan karena kita sudah mendapatkan 2 liter bensin alias cukup untuk menjelajah jalanan hingga 60 km. Tapi lek mikir ngono cak, motor sampeyan bakal kotor terus…iyo oraaa…

Tukang cuci steam selama ini banyak membantu. Tapi bukannya tanpa kelemahan… kalau Sampeyan tidak awasi kadang proses cuci seenak udele dewe. Lawong IWB pernah cak…mosok crankcase engine disikat pakai sikat ban…kepala cekot-cekot rasane. Alhasil cat crankcase cover scratch semua. Ditegur sih nurut, tapi bibir manyun semeter. IWB juga pernah saat nyuci Green Tukijo, motor dimiringi sampe njengat dengan mengandalkan standar samping untuk menahan beban motor yang mencapai 164 kg. Cara itu ditempuh karena mereka tidak memiliki standart paddock sehingga untuk memudahkan membersihkan ban motor mereka miringi. 5 detik mending lha ini kadang bisa sampai semenit…

” Mz… nggak usah terlalu bersih nggak apa-apa untuk bagian ban. Nggak usah di miringin-miringin begitu. Karena bobot motor cukup berat saya takutnya standarnya patah..” seru IWB sopan. Tebak…apa jawaban mereka. ” Ahh…udah biasa om, motor-motor lain juga kita giniin nggak ada kasus patah (motor lain mayoritas matic dan bebek)…” celetuknya. Lhoo ngeyel, IWB hanya bisa menahan bibir agar nggak naik intonasi. Soale mulai emosi ki judule. ” Beda mz…matic bobot hanya 125kg…motor fairing kayak gini kisaran 164 kg. Standart samping tidak didesain untuk menahan bobot motor dengan cara begitu...” hardik IWB. Doi diam dengan muka manyun…weleh-weleh…

Sebagai informasi besi standar samping rata-rata kopong bagian dalam. Jadi bukanlah besi gelondongan paten yang tahan patah. Standar samping tidak didesain untuk menahan bobot secara total namun hanya menahan kemiringan motor saat di standar. Patah sih emang jarang terjadi. Tapi kalau pas kena apesnya apa nggak nyesek. Oleh karena kalau sampeyan menemukan tukang cuci steam memiringkan motor lebih dari 1 menit mending ditegur. Patah sih nggak mahal, tapi indennya cak iso jenggoten sampeyan. Karena standar samping termasuk komponen slow moving parts Yang pastinya tidak semua dealer nyetok komponen tersebut….

Kasus lain yang cukup berbahaya adalah pengetahuan tukang cuci steam terhadap keselamatan pengendara. Karena tugas mereka hanya membuat motor kinclong jika tidak diawasi sering terjadi semir ban blepotan hingga ke permukaan luar. Seperti yang IWB alami berikut ini. Tidak selalu melototin kerja mereka, ban Green tukijo dilabur semir hingga permukaan luar. Padahal secara teknis dilarang keras semir menjamah bagian tersebut karena akan mengganggu traksi pada saat sampeyan belok pada kecepatan tinggi. Pada high speed biasanya motor akan dipaksa rebah dan….bisa ditebak cak. Dlosorrrr pastiiii…

” Mz aku tibo (jatuh). Gara-gara ban motorku tak semir kabeh (semua). Untung nggak kenceng…” seru salah satu teman IWB Doni Slendrosa menceritakan pengalamannya perkara semir ban. Hhmmm…lek iki sih emang pekok cak, mosok ban disemir semua. Pasti licin dan lost traction :mrgreen: . Nah…jadi ngono yo cak. Jangan pernah meremehkan hal kecil karena potensinya sangat berbahaya. Selalu awasi tukang cuci membersihkan motor kita. Jika mereka mengerjakan tugasnya dengan baik jangan sungkan berikan TIP nama sebaliknya jika seenak udele dewe jangan sungkan pula untuk menegur. Terutama semir ban, kudu diawasi pakde. Wis ngono wae IWB mau bersihkan ban dulu neh…ngeriiiii (iwb)

 

Advertisements

36 COMMENTS

  1. Kasus semir ban bikin ngepot emang bukan cerita baru, drpd ngepot mending gk usah di semir aja..

  2. Kalo ane sih mending cari tempat cuci yg ada hidroliknya, bayar 15-20rb tapi hati gak was was dan pastinya bersih pake banget.

  3. Dulu th 2009 pas nyuci ninin 250 karbu,motor ditunggingin diganjel kayu,saya tegur mas ga usah bersih2 bgt bannya sedapatnya aza,eh pemilik steam malah ngotot,kalo jatuh saya ganti,kalo ngga ditunggingin motor ga bersih kasian pekerja saya jd malu…

    • Gak mok bales ae cak, “opo o kkok ruwet ngunu, timbang ngganteni spedah rusak mending duitmu gawe tuku paddock opo’o cak”.. ngunu ae kan lak enak.. duh jd esmosi saya..

    • Yg punya steamnya mantan preman ,malu diliatin konsumen lain,hati mah was was aza plat no aza blm keluar..mosok iya kalo kepeleset trus baret2 tu” preman” mo ganti?

  4. Lagian klo mtr dipake harian gak perlu di semir! Karena setengah jam dipake itu ban pasti kotor, debu pd nempel. Kecuali buat kontes ga masalah.

  5. Waduh..ngaruh juga y lekk semir ban nyampe segitunya… ngeri euy,..brrti klo nyeteam mtor hrus di awasi nih tukangnya biar g ngawur.

    • Maksud lek IWB disini adalah, pas kita bawa motor kan gk melulu jalan lurus terus kan (jalan tol aja masih belok kanan-kiri gmn jalanan biasa ya kan). Nah pas motor jln lurus kan pinggiran ban gk kesentuh aspal tuh, jd msh tetep kinclong sama semir yg licinnya minta ampun (yg paham ginian biasane dipake oknum nyemir jok motor biar pacarnya mrusut kedepan mulu, hayo ngaku hayo wkwkwk). Itu kalo kita pas belok otomatis miring, dan ban yg td ada jejak semir basah otomatis nyentuh aspal, nah disini petakanya.. kalo kena tanah ato pasir msh mending lgsg kering, kalo kena beton apalagi jalanan plesteran basement perkantoran, haduuhh bisa kepleset tuh.. ane pernah iseng2 pake semir semprot di kantor (krn kantor punya dn ane minta dikit niatnya biar ban kinclong),, ehhh pas bawa motor jd kepleset2.. untungnya masih rezeki ane gk sampe jatoh,, tp bikin ane shock bin spot jantung cak.. sekian curcol ane

    • Kalau saya lebih baik gak miring2 pecicilan koyok sing duwe warung!
      Ekkkkkkk

  6. klo saya cuci sendiri lik, lebih menjiwai karena milik sendiri, mulai spray tipis untuk meluruhkan lumpur, spray kenceng untuk merontokkan lumpur, diusap dengan kain cotton sambil disiram air terus…..dijamin kinclong, apalagi klo tlaten….habis mandi di wax make meguiars… josss

  7. ban ga usah di semir ,,, body ga usah di poles silikon ,,, gae opo … marakno cet bulak ,,marakno ban gampang retak retak nek di semir ,,, cukup di umbah ae beres ,,, mas di poles ga ,,,, ??? ,,, ga usah mas ,, diumbah biasa ae sing penting ilang kotorane

  8. Dulu pernah nyuci di tanjung barat jaksel, motor dipaksa rebah kur dibantali ban mobil.. sumpah kapok.. gak tau sekarang masih begitu nggk.

  9. Permisi mas mau cerita pengalaman cuci steam nih, dulu tahun 2011 saya punya cbr 150 r injeksi .. Karena males cuci hehehe

    Singkat cerita motor di cuci dengan biasa namun pas nyemprot radiator si operator nyemprot pake tekanan air yg paling tinggi, otomatis sirip sirip radiator jd bnyak yg bengkok.. Cuma bisa tepok jidat ternyata pegawainya anak di bawah umur.. Lbih parah lagi piringan cakram ikut di poles rem jd agak blong untuk beberapa saat ngerii cak.. Hati hati kalau cuci motor di tmpat cuci motor umum

  10. Ya begitu lah mas. Makanya skrg saya kalo cuci pilih yg bener2 deh. Apalagi buat motor kesayangan. Nyari yg professional, mahal dikit tp hati puas. Mana bobot motor saya juga 180kg, warna doff pula. Pake shampoo sembarang, ajur hahaha

    • Kan udah di ciptain mas, sabun/sampo motor ya khusus motor, masaa dikasih sabun colek
      Saya jha belum pernah tuh sabun/sampo motor di pake cuci piring ,klo sabun colek pake nyuci motor pasti udah ketebak doi gak mampu beli ato ngirit

  11. mending cuci sendiri sih kang, sekalian cek kondisi fisik motor, ada lecet di bagian mana2 nya saja, pengalaman cuci sendiri juga biasanya lebih bersih dari ke tukang cuci

  12. aq selalu minta jangan disemir sama sekali… karena opo lik? mergo sudah ada yg pernah bahas, bahwa bahan semir itu sendiri disinyalir dapat bersifat merusak ban karena reaktif terhadap karet ban…

  13. Satu lagi Cak. cakram kadang ikut diberi silikon atau kena semprot solar pas bersihin rantai. rem jadi blong

  14. aku yo tau cak.. motorku di rebahno demi nyemprot bawah mesin. lgsung tak parani tak tegur.. gendeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here