Iwanbanaran.com – Cakkkk…. gosip perihal kehadiran Kawasaki New Ninja 250 dengan konfigurasi mesin 4 silinder terus mencuat. Hal ini tidak lepas dari antusiasnya para pembaca serta follower yang tetap setia mantengin perihal gosip Ninja 250 4 silinder tersebut. Seiring dengan perjalanan gosip yang terus menguat beberapa analisa muncul perihal basis mesin yang akan digunakan oleh Kawasaki untuk New Ninja 250 4 silinder. Ada dua opsi yang bisa saja dilakukan oleh Kawasaki yakni menggunakan mesin lama atau benar-benar bakal meracik atau mengembangkan mesin baru. Sik maksude piyee kiiii?

Kawasaki bukanlah pabrikan kemarin sore yang tidak memiliki basis mesin 250cc 4 silinder. Tidak cak…. secara teknologi meracik mesin tersebut seperti membalikkan telapak tangan. Sebab pada sejarahnya Kawasaki sebenarnya sudah memiliki Ninja 250 4 silinder yang dipasarkan secara global Kendati pada saat itu Kawasaki hanya memasarkan via Japan Domestik Market (JDM) di beberapa tipe. Dari sana banyak importir umum berinisiatif memasarkan kemasing-masing negara mereka. Siapa lagi kalau bukan Kawasaki ZX-R250. Motor dengan konfigurasi engine DOHC 4 silinder 249cc 16 katup tersebut pertama kali diperkenalkan Kawasaki sekitar tahun 1988…

Kemudian pada tahun 1990 mereka melakukan minor update dan mendesain ulang pada tahun 1991. Jika kita melihat dari sejarah, Kawasaki tidak banyak melakukan perombakan hingga tahun 1993. Motor ini terus bertahan hingga tahun 2004 dan dibranding ulang dengan nama Ninja ZX-2R di Malaysia dan Ninja ZX RR di Australia. Kawasaki juga sempat merilis versi SP (sport Production) pada tahun 1990-1993 dengan kode model B1, B2 serta D. Model ini dibekali karburator Keihin 32mm, knalpot yang lebih besar, CDI tanpa limiter dan RPM mampu teriak hingga 19,000RPM…ediannn !!

Pada mesin lawas tersebut Kawasaki ZX-2R mesin 4 silinder mampu memuntahkan tenaga hingga 45 [email protected],000 RPM dan torsi 24,[email protected] Nahhh cadaz to cak. Monggo sampeyan bandingkan dengan Kawasaki Ninja 250 sekarang yang hanya memiliki power 39HP. Bahkan muntahan tenaga Kawasaki Ninja ZX-2R mampu jabanin current Ninja 400 yang memiliki tenaga pada kisaran 44-46HP. Istimewa to cak. Artinya apa? Diluar gelegar letupan knalpot, secara power mesin konfigurasi 4 silinder memang beda kelas. Kendati torsi tidak akan setangguh mesin 2 silinder akan tetapi lengkingan atas empat silinder bukanlah lawan 2 silinder. Lha piye cak…19,000RPM euy…

Tidak heran banyak yang percaya bahwa Kawasaki akan kembali menggunakan mesin tersebut pada generasi Next Ninja 250 4 silinder. Beberapa media bahkan mengulas kemungkinan ke arah sana. Namun secara pribadi IWB sendiri sedikit meragukan. Kenapa ? Alasannya satu karena kondisi dulu dan sekarang jauh berbeda. Kita tidak bisa menyamakan karena regulasi Global yang mengatur tentang emisi gas buang saat itu belum hadir. Tentu tidak mudah bagi Kawasaki jika akan menggunakan mesin yang sudah pernah mereka godok di masa lalu. Sebab engine tersebut diracik untuk lahir dieranya..

Mesin yang dikembangkan untuk mendapatkan performa optimal dengan pengabut bahan bakar karburator. Jelas mesin ini tidak bisa digunakan kembali di era modern seperti sekarang karena tuntutan yang semakin Kompleks khususnya terkait emisi gas buang serta aturan Euro 4 yang juga fokus pada tingkat kebisingan. Intip saja beberapa produk yang tumbang akibat aturan tersebut seperti Honda CBR600RR yang terpaksa di diskontinue. Atau beberapa produk dan brand lain. So…. dengan beberapa fakta di atas IWB sangat yakin bahwa Kawasaki akan meracik mesin yang benar-benar baru untuk calon Ninja 250 4 silinder…

Last…. basis mesin mungkin masih bisa dijadikan acuan. Namun basis pengembangan engine bukan berarti adalah mesin yang sama. Kawasaki dituntut mampu meracik sebuah mesin baru yang lebih efisien, powerful serta ramah lingkungan. Dan jika genk ijo berhasil melakukannya maka sejarah akan mencatat bahwa Kawasaki adalah satu-satunya pabrikan yang berhasil menghidupkan kembali mesin 4 silinder 250CC di dunia. IWB yakin, potensi Ninja 250 4 silinder tetap terbuka menjadi idola. Hal ini karena secara pride atau gengsi dan sensasi yang diberikan bakal jauh berbeda dibandingkan dengan mesin 2 silinder. So….new Ninja 250 FI 4 silinder? Kita lihat saja perkembangan dan gebrakan Kawasaki di kelas 250cc setidaknya 1 hingga 2 tahun kedepan. Eh..btw kalau dijual 140 jutaan sampeyan mau beli nggak cak ? ojo mung jaz joz terakhirnya ngedoboz pakdeeee :mrgreen:  (iwb)

Contoh suara Kawasaki Ninja ZX2R

Advertisements

44 COMMENTS

    • kebeli kalo cuman 1 – 2 biji yo gak nutup biaya produksi. kawasaki mau bikin produk spesial cuma untuk kelas ini ? mending duitnya buat ningkatin performa zx10 yang dah diketekin ducati v4

    • Masuk nya ranah big bike, segmented, sekarang aja 250cc 70 juta penjualan nya gk seberapa, apa kawasaki mau bikin masterpiece yg cuma laku di Indonesia? Karena di luar negri hampir sulit laku, ongkos produksi nya bisa bisa mirip 600cc yg berimbas ke harga jual. Kalo harga mepet rasa rasa nya orang luar akan ambil 600cc sekalian, karena pajak nya ga segila di sini.

  1. napa sih masih pada ngarep ninja 4 silinder..?
    emang klo ada pada mampu beli..? hahaha
    paling biker2 yg tajir dan hobby koleksi motor aja yg bakal beli.. sisa nya nikmatin di yutub ajah hahaha
    tapi ane doain deh semoga yg pada ngarep ninja 4 silinder bakal bisa beli semua, aminnn

  2. hmmm.. laku pasti! (laris belom tau)
    Indonesia Kaya Kaya Kok,, wong zx10r jg banyak ?
    .
    Mungkin jika harganya hanya 120jt an, bisa lah di pertimbangkan..

  3. Petinggi honda pernah bilang, bikin motor 600cc ongkos produksi nya mirip bikin motor 1000cc. Tp konsumen mau harga lebih murah, makanya cbr 600 discontinue, 600 cc sekarang juga devlopmen nya mentok, gk ada yg bener bener baru dr r6 atau zx636. Sekarang 250cc 4 cylinder ongkos produksi nya bisa mendekati 600cc. Tp tuntutan harga jauh lebih murah, kayak nya sulit terealisasi lek, apalagi secara global 250cc cuma sebagai entry bike.

    • iya ya bro.. makanya paling perbedaan harga jual antara motor2 4 silinder 600 dan 1000 cc ada di perbedaan fitur2 aja kali yah..
      makanya pabrikan jepun mulai banyaknya bikin motor2 2-3 silinder aja untuk kelas 600-700 cc

  4. ga akan kawasaki ambil resiko. secara regulasi motor listrik dan mobillistrik sudah ada. skrng eranya Listrik, masih Ngotot di Konfigurasi 4 silinder dengan cc kecil? kayaknya ga Mungkin, walau segmented jg mikir uang balik modalnya gmna. regulasi Udah mau Euro 5 Loh Indonesia. Eropa aja udah mau Euro 6. mau jualan dimana dia. Lebih baik Bkin Motor Hybrid, mobil Hybrid udh banyak kayak EQ Boost d Mercy yg membuat torsi tmbahan ketika mau masuk turbonya biar ga ada Turbo Lag.

    • Motor listrik itu teknologi jadul ,,,,, klo pabrikan mau, tuh motor dah nongol 40 tahun lalu boss

    • Bill Gates lagi funding proyek nyedot CO2 langsung dari udara, kalau semuanya berlangsung baik bisa memperpanjang eranya kendaraan BBM.

    • Bakal di jegal mafia migas bos.. klo mau serius kendaraan listrik udah ada dari dulu tapi dunia pertambangan bakal mati makanya itu lama terealisasi.. banyak negara yg tergantung dari migas dan ketergantungan dunia akan migas.. so bbm sampe kurun 50 th kedepan masih jadi primadona..

  5. Ongkos produksi 250cc 4cyl memang bakal mepet dengan 600cc or 1000cc 4cyl karna yg mahal tuh teknologi, jauh diatas harga material. Betul kata yg lain, jualan 250cc twin mepet 70jt aja sepi, mau nambah 250cc i4 harga 150jt? Kliatan kayak gimmick saja jadinya.

    Nambah dikit bisa dapat moge beneran cak? Power dapat, torsi jg nambah signifikan. Idaman saya tuh MT09, harga masih masuk, mesin ganas inline triple 849cc perfect balance antara torsi dan tenaga.

    • Lha 250cc 4cyl prediksi 150juta? Nanggung lah gan. Nambah 100jt lagi dapat moge yg beneran mesin besar. Gak mahal selisihnya dengan extra spec yg didapat

    • 100 jt bwt sultan mah eces,la emang yg diincer konsumen kelas kakap dwg yg udah biasa pk moge?ini pasar bwt user 250 inline yg pengen ngerasain motor 4silinder harga terjangkau

    • Hehe bisa jadi. Saya juga belum level sultan, karna 150juta buat aye juga gakmurah. Kebetulan aye juga pake 250cc twin. Kalo mau ganti motor sepertinya harus nambah cc, agak segan kalo cuma nambah piston. Terlebih dengan harga above 100juta.

    • Biar sama2 4silinder tp beda cc,jelas ngaruh di pajak masbro…600 cc 4silinder yg masih murah cuma benelli bn 600 kalo ga salah 160jtan

    • Yoi pasti pajak lebih mahal, kan harga on the road juga mahal. Setau aye kalo harga OTR sama, maka pajaknya juga sama walopun beda cc. Kita ngomongin pajak tahunan kan? Kalo PPNBm kan cuma bayar sekali pas beli.

    • Kalo udah bicara pride sama sensasi harga segitu gak bakal digubris sama sultan. Beda yg masuk pasukan mending2 (kayak ane, wkkwk) mending buat beli MT07 kalo punya uang segitu mah :v

  6. ya mesti mahal, klo murah bertebaran nanti?sering banyak kecelakaan ky di luar negri gitu..

  7. Ini isu kalo gak salah dari taun 2014 udah rame,realita nya masih nol.
    ok lah kawak mau realisasiin,tp harga jangan sampe tembus 100jt. pasti gua usahain ambil satu.

  8. Semoga sasisnya parameter almu,swing arm almu,usd..jgn kek sekarang,,liat ninfi sasisnya ngeri bnget…demi ngejar bobot ringan,sasis kek tusukan sate..yg jelas2 mengurangi kegantengan 50%

  9. Dapatkan BONUS Rp.10.000 di Edenpoker,bet :
    ~ Bonus New Member Rp10.000
    ~ Bonus Next Deposit 5%
    ~ Minimal Deposit Dan WithDraw Rp15.000
    ~ Bonus Rollingan 0,3 – 0,5% Untuk Semua permainan
    ~ Bonus Referral Up 10% ( Seumur Hidup )
    kesempatan menang kamu setiap harinya pasti lebih besar.
    web unggulan hanya di Edenpoker,co .

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

  10. #Ngabubur-ride
    Klo ada yang bernyali ngelakuin ngabubur-fast-ride, boleh diliput donk yak?

  11. mentok biyaya riset mentok harga jual
    Yg paling susah d gedor mentok regulasi
    Mau pasang super carger atau vva ?
    Mau maen harga 200jt ?
    Yakin mau kejar image eksklusif ?
    Yakin brani rugi demi jaga pamor ?
    G yakin lah
    Finansial kawak g moncer2 amat
    G bakal jor joran untuk motor yg kurang menjual
    Beda cerita kalau mau buat 400cc supercarger untuk pasar global dan 250cc untuk pasar asean
    Cuma harga bakal d atas 150 jt
    Dengan spek full macem cbr 250 rr bisa mepet 200 lebih

  12. Agaknya bakal sulit karena toh kawasaki tidak hanya jualan di indonesia, tapi di seluruh dunia karena yg diusung adalah produk global. Barangkali kawasaki bisa ambil jalan tengah dengan membuat mesin 3 silinder misalnya. supaya kompromi biaya produksinya tidak terlalu berat.

    • Kalau motor ini memang mau diproduksi lebih baik 4-silinder karena 3-silinder tanggung mahalnya, dan karena motor ini segmen pasarnya benar-benar niche kalau harga jual sampai 120jtan atau bahkan 140jt seperti yang digagaskan pemilik warung ya wajar-wajar saja.

  13. Lek.. coba di terawang harganya berdasarkan Harga faktur motor.

    Sekelas zx6r saja. Harga faktur off the road 150Jt ( baru ) begitu jadi bpkb stnk. 300jt karna PPNBm dan melebihi 250Cc .. tapi jika 250 4 silinder ini.. harga off the road nya tidak akan 2 kali lipat jika ingin di on the roadkan. Karna tidak melebihi 250CC . . Coba di racik lek perkiraanya.. masa harga faktur off the road 250 4 silinder ini bisa tembus 80 – 100jt.

  14. Hmm….tergantung ledakan power nya brp dulu. Kl bisa derestricted hmm….saya tertarik. Hehehe apalagi tahun 2021 pajak kendaraan akan berbasis pada emisi, bukan pada kubikasi nya.

  15. Ngakak saya klo bahas angin surga gini, dah bodohnya masih bnyak yg percaya bakal lahir motor murah 250 Cc 4 silinder. Trus lebih gila lagi ada yg ngbandingin dengan mobil???
    helloww situ waras mas, orang beli mobil ntu pasti tau apa yg paling dibutuhkan untuk keluarga dan pastinya pretttnya lebih dapet ketimbang motor apalagi yg suka mudik, ente mau show of pas mudik pake motor 250cc 4 silinder ?? Ngekek saya jadinya
    Orang beli mobil sudah pasti mampung beli motor , sebaliknya orang mampu beli motor belum tentu bisa beli mobil dan satu lagi orang mampu beli mobil belum tentu mau beli motor apalagi 250cc 4silknder, kemungkinan terbesar paling beli mobil lagi mas

    #salamprett

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here