Iwanbanaran.com – Cakkk…Ajang FIM Endurance World Championship (EWC) adalah ajang ketahanan balap roda dua nomer wahid di dunia. Dimana para rider benar-benar di tuntut dalam segi fisik, biasanya 1 musim dalam kalender di selenggarakan sekitar 5 sampai 6 seri, nahh total jam race yang di tempuh dalam ajang ini ada 2 macam, yaitu 24 Jam dan 8 Jam. Disini Kawasaki ternyata tertantang untuk menghentikan dominasi Yamaha sejak 2015 dengan membentuk dream team. Wihhh ikiiiii….

Oke kali ini IWB akan fokus bahas salah satu dari Seri EWC yaitu Suzuka 8 Hours. Kabar pengumuman Line up tim pertama datang dari peserta Wildcard tahunan yaitu Tim Green Kawasaki. Untuk tahun ini mereka akan menempatkan 3 rider terbaik dari Ajang World Superbike yaitu Duo Kawasaki Racing Team Jonathan Rea dan Leon Haslam serta Toprak Razgatlioglu dari Puccetti Racing Team. Pabrikan Jepang ini membentuk Green Team setelah beberapa tahun terakhir mereka selalu menempatkan satu rider Jepang dalam timnya.

Setelah Empat tahun terakhir Suzuka 8 Hours di dominasi Yamaha (Menang sejak 2015 hingga 2018). Nahhh…Dengan Spek Full Factory juga di perkuat rider tangguh target kemenangan jelas di patok Team Green Kawasaki, mengingat mereka sudah Puasa kemenangan selama 26 Tahun, terakhir menang lewat duet Rider Kawasaki World Superbike Scott Russell dan Aaron Slight dengan mengendarai ZX-7R Pada tahun 1993 Silam. Kemenangan tersebut juga menandai kemenangan satu satunya Kawasaki dalam Suzuka 8 Hours….

Sebagai catatan Jonathan Rea dan Leon Haslam cukup berpengalaman di Suzuka 8 Hours. Jonathan Rea pernah menang dengan Honda pada tahun 2012. Begitupun juga Leon Haslam pada 2013 dan 2014 dengan Honda. Namun untuk Turki Toprak Razgatlioglu akan menjadikan kiprah pertamanya di Ajang EWC.

Mengulik Suzuka 8 Hours tahun lalu, Saat itu Team Green Kawasaki mencetak Pole Position. Tampil mendominasi sepanjang race dengan beberapa kali memimpin dan bergantian dengan Yamaha Juga Honda. Namun Race yang berjalan 2 kondisi (Sesi Awal Dry dan Pertengahan Sesi Wet) tersebut tetap memunculkan Yamaha [Katsuyuki Nagasuga, Michael Van der Mark, Alex Lowes] sebagai pemenang di ikuti Honda [Takumi Takahashi,Takaaki Nakagami, Patrick Jacoobsen] Dan Kawasaki [Jonathan Rea,Leon Haslam, Kazuma Watanabe]. Honda Asia Yang salah satunya di perkuat Anak Didik Astra Honda Racing Team, Andi Farid Izdihar merampungkan race di posisi ke tujuh….

Last…Suzuka 8 Hours akan di gelar pada 26 hingga 28 Juni 2019. Kawasaki berharap dengan mengerahkan Green team trio riders top akan menghentikan dominasi Yamaha diajang ini. Apakah mereka mampu ? kita lihat saja sepak terjang geng ijo di Suzuki 8 Hours…seru neh ! (iwb)

Advertisements