Iwanbanaran.com – Cakkkk…buanyakkk banget yang nanya ke IWB perihal progress Kawasaki Ninja 250 4 silinder karena para media besar kembali menggoreng isu tersebut. Berita mereka menghiasi diberbagai laman dan sosial media. Sebuah isu yang tidak mengejutkan karena sempat membuat geger sebelum meluncur new Ninja 250FI. Pertanyaannya kenapa sekarang nongol dan booming lagi, apakah kelahirannya sudah dekat ?

Isu perihal Ninja 250 4 silinder sudah muncul sejak tahun 2016. Sampeyan intip wae artikel lawas IWB. Berikut beberapa artikel IWB….

– Kawasaki tetap akan rilis Ninja 250R 4 silinder
– Bocoran tentang Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini bikin heboh. Benarkah ??
– Menganalisa harga dan posisi calon Kawasaki Ninja 250 4 silinder…..!!!!
– DLL (artikel perihal Ninja 4 silinder cukup banyak)

Nahhh, jadi wis ora gumum alias heran cak. Artinya isu ini sudah bukan hal baru buat Bloggers, wis suwe rek. Pertanyaannya, apakah isu ini hanya gosip murahan mengingat 3 tahun sudah berlalu dan nggak ada suara apapun setelahnya ?

Kawasaki is Kawasaki. Mungkin kata-kata tersebut berlebihan. Namun kalau sampeyan tarik sejarah kebelakang nggak juga cak. Pabrikan ini memang termasuk berani dan nyleneh. Ora perduli namanya pasar…mau laku atau nggak yang penting kita jalan. Geng ijo seakan ingin menegaskan bahwa kami adalah brand berbeda. We are premium dan biarkan kami jalan dengan pemikiran sendiri. Intip wae diera jaman muda Rano Karno…

Kawasaki berani merilis Binter Merzy disaat pabrikan lain berkutat pada mesin cc kecil. Tren pasar ditabrak lewat sport turing dengan kubikasi 200cc satu silinder membuat semua terhenyak. Lha piye cak….motor waktu itu rata-rata masih bermain diangka 100-125cc alias 150cc kebawah baik 2 atau 4 tak. Dengan mesin 198cc SOHC 2 valve, power Binter Merzy memiliki power [email protected] dan torsi 16,[email protected] Dijamannya?. Sadis wis kayak moge cak..

Waktu berjalan dan beberapa tahun setelah kembali ke Indonesia, geng ijo kembali melakukan gebrakan dengan lahirnya mesin 2 tak 150cc Ninja dilanjutkan engine 2 silinder 250cc lewat Ninja 250. Pasar premium yang sebelumnya enggan disentuh pabrikan lain digarap ora perduli dengan tren pasar. Payu ora payu urusan keri…kira-kira demikian. Dilalah Kawasaki Ninja 250 langsung mendapatkan respon luar biasa hingga pabrikan lainpun ngiler mengikuti nyemplung dikelas tersebut….

Alhasil Eksistensi Ninja 250 digerogoti. Isu pun menyeruak santer bahwa Kawasaki akan menggebuk dengan Ninja 250 4 silinder. Sebuah isu yang sepertinya terbantahkan atas kelahiran new Ninja 250FI. Apalagi market sang ninin ternyata tetap digdaya. Dari sana kita langsung berpikir, apakah Ninja 250 Fi akan cukup hanya sampai disitu?. Terus apakah Ninja 250 4 silinder hanya hoax belaka??. Jawabannya….

Disinyalir tidak cak. Setidaknya dari olah TKP kiri-kanan arahnya demikian. Siapa bilang Kawasaki batalkan rencana Ninja 250 4 silinder??. IWB mendapatkan bocoran, Kawasaki akan memasukkan 4 silinder dalam project jangka panjang next Ninja 250. Maksude??. Nama Ninja 250 harus tetap berkibar dan masuk sebagai motor 250 premium. Oleh karena itu perlu adanya Ninja 250 dengan status flagship…best of the best 250cc fairing bike in the world. Dan jalan yang paling ideal adalah pencangkokan mesin 4 silinder 250cc….

” Rumornya sih akan dikembangkan di Jepang langsung dan tetap jalan (project)...” seru telik sandi IWB waktu itu. Sayang cak, 3 tahun telah berlalu namun IWB belum menemukan tanda-tanda kelahiran sang Ninin 4 silinder…setidaknya dalam waktu dekat. So…IWB sendiri masih berpatokan selama IWB belum mendapatkan info sahih dan mendengar dengan kuping sendiri, semua isu yang ditulis diberbagai kanal media masih IWB anggap rumor masa lalu. Lawong wis dari 2016 cak….

Last….2-3 tahun sebenarnya memang waktu ideal untuk menelurkan sebuah produk anyar. So, idealnya jika Kawasaki serius, Ninja 250 4 silinder seharusnya sudah siap. Mungkin karena perkembangan pasar 250cc yang melemah membuat tekad Kawasaki maju mundur. Ditambah eksistensi current Ninja yang cukup baik dibandingkan para rival mereka. Satu hal yang patut IWB informasikan, kendati brojol jangan anggap Ninja 250 4 silinder ini bakal murah. Karena dari beberapa estimasi dan diskusi, perkiraan bandero; bisa tembus 135-150 juta. Nah…masih tertarik untuk menunggu ? monggo IWB serahkan kemasing-masing individu. Namun yang jelas jika sampeyan nanya, apakah kelahirannya sudah dekat ? jujur cak, dalam kacamata IWB masih negatif. Mungkin kita perlu pantau lagi pada semester dua 2019. WIss ora usah galau pakde, santai wae cakkk :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements