Iwanbanaran.com – Cakkkk…buanyakkk banget yang nanya ke IWB perihal progress Kawasaki Ninja 250 4 silinder karena para media besar kembali menggoreng isu tersebut. Berita mereka menghiasi diberbagai laman dan sosial media. Sebuah isu yang tidak mengejutkan karena sempat membuat geger sebelum meluncur new Ninja 250FI. Pertanyaannya kenapa sekarang nongol dan booming lagi, apakah kelahirannya sudah dekat ?

Isu perihal Ninja 250 4 silinder sudah muncul sejak tahun 2016. Sampeyan intip wae artikel lawas IWB. Berikut beberapa artikel IWB….

– Kawasaki tetap akan rilis Ninja 250R 4 silinder
– Bocoran tentang Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini bikin heboh. Benarkah ??
– Menganalisa harga dan posisi calon Kawasaki Ninja 250 4 silinder…..!!!!
– DLL (artikel perihal Ninja 4 silinder cukup banyak)

Nahhh, jadi wis ora gumum alias heran cak. Artinya isu ini sudah bukan hal baru buat Bloggers, wis suwe rek. Pertanyaannya, apakah isu ini hanya gosip murahan mengingat 3 tahun sudah berlalu dan nggak ada suara apapun setelahnya ?

Kawasaki is Kawasaki. Mungkin kata-kata tersebut berlebihan. Namun kalau sampeyan tarik sejarah kebelakang nggak juga cak. Pabrikan ini memang termasuk berani dan nyleneh. Ora perduli namanya pasar…mau laku atau nggak yang penting kita jalan. Geng ijo seakan ingin menegaskan bahwa kami adalah brand berbeda. We are premium dan biarkan kami jalan dengan pemikiran sendiri. Intip wae diera jaman muda Rano Karno…

Kawasaki berani merilis Binter Merzy disaat pabrikan lain berkutat pada mesin cc kecil. Tren pasar ditabrak lewat sport turing dengan kubikasi 200cc satu silinder membuat semua terhenyak. Lha piye cak….motor waktu itu rata-rata masih bermain diangka 100-125cc alias 150cc kebawah baik 2 atau 4 tak. Dengan mesin 198cc SOHC 2 valve, power Binter Merzy memiliki power [email protected] dan torsi 16,[email protected] Dijamannya?. Sadis wis kayak moge cak..

Waktu berjalan dan beberapa tahun setelah kembali ke Indonesia, geng ijo kembali melakukan gebrakan dengan lahirnya mesin 2 tak 150cc Ninja dilanjutkan engine 2 silinder 250cc lewat Ninja 250. Pasar premium yang sebelumnya enggan disentuh pabrikan lain digarap ora perduli dengan tren pasar. Payu ora payu urusan keri…kira-kira demikian. Dilalah Kawasaki Ninja 250 langsung mendapatkan respon luar biasa hingga pabrikan lainpun ngiler mengikuti nyemplung dikelas tersebut….

Alhasil Eksistensi Ninja 250 digerogoti. Isu pun menyeruak santer bahwa Kawasaki akan menggebuk dengan Ninja 250 4 silinder. Sebuah isu yang sepertinya terbantahkan atas kelahiran new Ninja 250FI. Apalagi market sang ninin ternyata tetap digdaya. Dari sana kita langsung berpikir, apakah Ninja 250 Fi akan cukup hanya sampai disitu?. Terus apakah Ninja 250 4 silinder hanya hoax belaka??. Jawabannya….

Disinyalir tidak cak. Setidaknya dari olah TKP kiri-kanan arahnya demikian. Siapa bilang Kawasaki batalkan rencana Ninja 250 4 silinder??. IWB mendapatkan bocoran, Kawasaki akan memasukkan 4 silinder dalam project jangka panjang next Ninja 250. Maksude??. Nama Ninja 250 harus tetap berkibar dan masuk sebagai motor 250 premium. Oleh karena itu perlu adanya Ninja 250 dengan status flagship…best of the best 250cc fairing bike in the world. Dan jalan yang paling ideal adalah pencangkokan mesin 4 silinder 250cc….

” Rumornya sih akan dikembangkan di Jepang langsung dan tetap jalan (project)...” seru telik sandi IWB waktu itu. Sayang cak, 3 tahun telah berlalu namun IWB belum menemukan tanda-tanda kelahiran sang Ninin 4 silinder…setidaknya dalam waktu dekat. So…IWB sendiri masih berpatokan selama IWB belum mendapatkan info sahih dan mendengar dengan kuping sendiri, semua isu yang ditulis diberbagai kanal media masih IWB anggap rumor masa lalu. Lawong wis dari 2016 cak….

Last….2-3 tahun sebenarnya memang waktu ideal untuk menelurkan sebuah produk anyar. So, idealnya jika Kawasaki serius, Ninja 250 4 silinder seharusnya sudah siap. Mungkin karena perkembangan pasar 250cc yang melemah membuat tekad Kawasaki maju mundur. Ditambah eksistensi current Ninja yang cukup baik dibandingkan para rival mereka. Satu hal yang patut IWB informasikan, kendati brojol jangan anggap Ninja 250 4 silinder ini bakal murah. Karena dari beberapa estimasi dan diskusi, perkiraan bandero; bisa tembus 135-150 juta. Nah…masih tertarik untuk menunggu ? monggo IWB serahkan kemasing-masing individu. Namun yang jelas jika sampeyan nanya, apakah kelahirannya sudah dekat ? jujur cak, dalam kacamata IWB masih negatif. Mungkin kita perlu pantau lagi pada semester dua 2019. WIss ora usah galau pakde, santai wae cakkk :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements

44 COMMENTS

  1. ngapain lg sih bikin motor aneh aneh… menuh menuhin antrian pertalite aja… rider 250 2 silinder yg skrg aja kebanyakan cocotnya doang gede “motor laki motor laki” ngantrinya di pertalite jga pake bikin yg 4 silinder lg.. saya selama ini jarang skali ketemu diantrian pertamax yg pke 250 even cbr sekalipun, tapi klo tengok keantrian pertalite disebelah sering skali melihatnnya… udhlah g ush sok ngebela “dasar miskin”, klo emang kaya bukan 250 mainannya klo emang kaya bukan di pertalite ngantrinya… bikin produk yg mayoritas penggunanya mampu beli tapi kemampuan pakainya rendah…

  2. Tapi motor jaman binter . yg cc kecilnya bnyak 2 silinder
    Salah satu Rx 125 Twin ada yg tangki gede dan Kecil, tangki gede ada cover buntut kayak cafe racer.. 125 cc 2 silinder … Buyutnya Rx king..ehh SI KING brojol jadi 1 silinder ..
    Sayang jaman skrng 150 Twin belum ada

  3. Kalo kawak mo rilis 250 4silinder ane mah seneng2 aza…bosen liat matik mulu dijalanan…sekalian bikin eliminator v engine ..biar jalanan penuh warna☺

    • Sama bro.beda rasanya pas macet ada pemandangan(moge dan mobil mewah).

  4. Kok feeling saya akan agak lama sekali ya….maksud saya itu pabrikan sebesar 4 sekawan Jepang gak akan melakukan sesuatu yg gak efisien kecuali sebuah technological demonstrator semacam H2/H2R. Seharusnya akan ada terobosan besar disini. 250CC 4 silinder + motor listrik misal nya?? Utk apa bikin 250cc 4 silinder begitu saja, Lha wong 600cc 4 silinder aja sdh banyak yg males bikin (setidaknya dengan apa yg terlihat saat ini).

    • Nah bener banget 600 cc 4 silinder aja susah tembus regulasi apa lagi 250 cc 4 silinder
      Karakter booyo dan boros

    • Nah betul tuh, gsx r600/750, cbr600rr dan beberapa 600cc+ merk lain udah di suntik mati di eropa dan jepang gara2 gak lolos emisi euro 4. Malah lagi jaman silinder di kurangin tapi di kasih turbo/supercharger kayak mobil jaman sekarang.

    • kawasaki cari lubang pajak 250cc ppnbm, masuk akal klo 4cyl cc terkecil (honda cb400 misal) susah penetrasi.
      pun 4cyl 250cc tahun 90an juga udah ada, honda dengan 250rr mc20 up, kawasaki suzuki juga ada kan… tinggal nunggu principal ketuk gong

      namanya produk blue ocean pasti gak pasang target banyak, dya secondary product dgn misi rahasia naikin pamor dan rubah mindset. biarkan era motor listrik jalan seperti mobil yg udah duluan, tapi produk “special” juga ttep harus brojol…

    • Yakin biyaya riset yg d sedikit cuma d asia tenggara dan asia selatan ??
      G sesuai kebiasaan kawak yg brani kluarin biyaya riset untuk pasar seumprit

  5. Isu yg mengada2
    250cc 4 cilinder tanpa supercarger ?
    Ngimpi tembus regulasi euro 4
    Apalgi bicara produk global yg sudah bersiap dengan euro 5

    Kalau pun kawak nekat pasang supercarger d 250 cc mau d bandrol berapa ? 200 jt up ?
    Moge d atasnya aha masih maen 2 cilinder
    Yg pakek supercurger juga klan h2

  6. Bagus begitu, area mesin dan head cylinder nampak…lebih kelihatan muscle..dan mengurangi overheat juga kali ya…?

  7. sebenernya kawasaki udh ngasi solusi ninja 400, 400cc harga murah desain keren.. namun krna skema pajak di indo gini jd proporsi harga pasar g ideal. 4 silinder sndiri manufakturingnya bs jauh lbh mahal drpd 2 silinder dengan cc 2x nya..apalagi jaman skrg harus bs sharing platform agar rnd dan penjualan bs tercover

  8. 135-150jt dapet 250cc? Walau pake embel2 4silinder mending naik kelas aja ke 650 lah

    • Mas kaya ga tau aja masyarakat +62 negri ini, gaya digedein giliran bayar pajak ngumpet alesan missquenn giliran dijalan petantang petenteng bak raja yg berkuasa dijalanan, masih mending beli pertalite lah ini mongtor 2 silinder ngantri beli premium skitaran SPBU tenjo

  9. 250cc 4 silinder buat harian pasti boyo dan boros banget banget, jaman dulu kan rpm nya bisa sampai 20000, mungkin torsinya baru keluar di rpm 15000.

  10. Masih aja mau di boongin tagline prett,
    Ingat 2021 semua mongstor yg akan export ke benua biru itu harus lulus Euro5, jngn hp aja yg smart tpi otak jga harus smart hp jga harus sering di update otak jga sama, ingat negri ini masih berotak mending ini mending itu
    Jadi pliss jngn halu klo ingin mongstor 250 cc 4 silinder jika kalo bilamana tetek bengek lainnya ujung2nya jga belum ada duit

  11. Mungkin seperti nasib Tiger, kita hanya merasakan angin2 surga saja, dan lama2 hilang termakan waktu

  12. Tambahan sedikit cak…sebelum masuk ninja di era 90an ,ad satu motor sport kawasaki di era 80an kalau ga salah thn 84 Kawasaki AR 125,hehehe

  13. Ada 2 sisi dari isu ini.
    1. Harapan
    – 250 2 silinder dirasa mentok, maka peningkatan produk menjadi 4 silinder, kembali ke jaman baheula, motor 250 cc punya 4silinder.
    – Ninja 250 emang andalan di asia, yang market motor lebih besar dari eropa dan amerika. jadinya gak rugi kalo main habis2an di kelas ini.
    – Andalan kawasaki di sirkuit WSS300 adalah ninja 400. Bukan lagi Ninja 300, bisa jadi ini adalah tanda say goodbye ninja 250 dan ninja300 2 slinder.
    2. Kenyataan
    – Finansial masih menjadi prioritas bagi kawasaki, lha wong turun ke MotoGP aja masih mikir.
    -Finansial masih menjadi prioritas bagi kawasaki, lha wong impian USD di Ninja 250 aja hanya sebatas mimpi di siang bolong.
    -Kalo bener2 rilis, apa mungkin masuk ke Indonesia, lha wong nyeret Z125 dan Z250 kemari aja ngos2an.
    -Andai bisa bawa ke Indonesia, apakah tidak takut makan kue Ninja 250 ? Sedangkan ninja 250 masih jadi andalan di sirkuit Asia.

  14. ninja rr mono di gas penjualannya biar nanti si ninja 4 silinder 250cc brojol stok rr mono kosong dan digantikan. #hmmm

  15. ninja rr mono di gas penjualannya biar nanti si ninja 4 silinder 250cc brojol stok rr mono kosong dan digantikan. #hmmm

  16. Kalo memang mau dibuat Ninja 250 4-silinder patok harga 100jt auto inden panjang bukan cuma karna merknya Kawasaki tapi juga karna unik, yakin bakal banyak yang beli buat disanding sama CBR250RR (atau malah dijual CBR nya kwkwkwkw)

    Ngayal: Ninja 250 4-silinder plus supercharger harga 150jt, auto collector’s item

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here