iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Dalam beberapa kurun waktu akhir akhir ini ada empat Negara yang berniat untuk masuk dalam Kalender MotoGP. Sejauh ini ada 4 Negara (Indonesia, Finlandia, Brazil dan Meksiko). Nah…siapa menyangka status Meksiko masuk tahap makin serius. Konfirmasi ini membuat kitapun bertanya, apakah Meksiko akan menjadi cadangan jika ternyata Mandalika meleset ?

Diantara empat Negara tersebut Indonesia sudah mengamankan Tiket untuk menyelenggarakan MotoGP di Mandalika, Lombok pada tahun 2021 Nanti walaupun sirkuit belum di bangun, Mandalika berniat ngebut dalam pembangunan dan target 2020 Akhir sirkuit sudah siap sehingga bisa melakukan Test Official MotoGP, pembangunan ini rencananya akan dilaksanakan November nanti.

Sedangkan untuk Finlandia yang mendaftarkan Sirkuit Kymi Ring juga sudah bersiap hadir dalam salah satu seri MotoGP tahun depan, dimana Pada bulan Agustus nanti Semua rider MotoGP akan melakukan test disana. Nahh untuk Brazil dengan Sirkuit Spa Francorchamps seperti yang sudah IWB Laporkan beberapa waktu lalu jika mereka siap berbenah dalam aspek keamanan sirkuit guna masuk dalam kriteria yang di harapkan.

Kemudian untuk Meksiko mulai muncul lagi sebagai kandidat dengan sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez. Meksiko Bisa saja masuk dalam kalender musim depan namun mereka harus sigap dan berbenah layaknya Brazil karena sirkuit yang notabenya di pakai Formula One ini masih belum masuk standart dalam kutip ‘safety’ untuk MotoGP….

Sejak tahun lalu Meksiko selalu menekan agar mereka bisa masuk Kalender MotoGP namun banyak sekali yang mengecam dengan alasan terlalu berbahaya termasuk beberapa rider MotoGP terhadap Track sepanjang 4,3 Km yang memiliki karakter cepat dengan 17 Tikungan. Ungkapan pertama datang dari Juara dunia 7 Kali Marc Marquez (Repsol Honda Team)

Kami tahu bahwa kami memiliki beberapa kesempatan untuk segera pergi dan tentu saja kami akan sangat senang akan balapan di Meksiko, tetapi pertama-tama sirkuit perlu [memperbaiki] masalah keamanan, Mereka bekerja dengan Komisi Keamanan. Kurasa cepat atau lambat kita akan pergi ke sana.” Tukas Marquez…

Kemudian Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) mengutarakan ia senang jika Meksiko masuk Kalender MotoGP, namun senada dengan Marc Marquez  masalah keamanan harus diperbaiki. “Meksiko adalah tempat yang hebat dan sangat menyenangkan, Tetapi bagi kami sangat penting untuk membuat lintasan menjadi lebih baik, terutama tingkat keamanan agar ditingkatkan. Jika disana kelar, pasti kami akan datang kesana…” Ujar Rider berusia 40 Tahun tersebut.

Sedangkan Cal Crutchlow (LCR Honda Team) juga antusias menyambut Meksiko, bahkan dengan kondisi seadanya ia pun siap cakkk….

“Aku ingin sekali pergi ke sana. Apakah kami berbicara tentang trek yang sama dengan Formula 1? Aku menyukainya. Aku pikir kami harus pergi seperti itu (Seadanya) dan melihat siapa yang ingin balapan disana. Tentu saja, jika mereka dapat meningkatkan keselamatan itu akan baik. Aku menikmati saat melihat race di sirkuit Meksiko pada Formula 1. Selalu menghibur last cornernya menantang. Aku pikir bakal sangat keren. Aku tidak tahu apakah [MotoGP] akan pergi kesana atau tidak. Semoga mereka melakukannya.” Harap Rider berkebangsaan Inggris tersebut

Last… sirkuit meksiko terbuka menjadi sirkuit Motogp dimasa depan. Dengan balapan yang dibatasin maksimal 18 (sekarang) dan terbuka dikembangkan menjadi 20 seri membuat kita bertanya apakah Meksiko bisa mengancam Mandalika atau hanya sebagai cadangan jika Lombok meleset ? sejauh ini jika diperhatikan memang belum ada korelasi antara keduanya cak, semoga saja tidak….(Cc for iwb)

Jadwal MotoGP 2019

10 Maret 2019: MotoGP Qatar, di Sirkuit Losail

31 Maret 2019: MoroGP Argentina, di Sirkuit Termas de Rio Hondo

14 April 2019: MotoGP Amerika Serikat, di COTA

5 Mei 2019: MotoGP Jerez, di Sirkuit Jerez de la Frontera

19 Mei 2019: MotoGP Prancis, di Sirkuit Le Mans

2 Juni 2019: MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello

16 Juni 2019: MotoGP Catalunya, di Sirkuit Catalunya

30 Juni 2019: MotoGP Belanda, di Sirkuit TT Assen

7 Juli 2019: MotoGP Jerman, di Sirkuit Sachsenring

4 Agustus 2019: MotoGP Republik Ceska, di Sirkuit Brno

11 Agustus 2019: MotoGP Austria, di Sirkuit Red Bull Ring

25 Agustus 2019: MotoGP Inggris, di Sirkuit Silverstone

15 September 2019: MotoGP San Marino, di Sirkuit Riviera, Misano

22 September 2019: MotoGP Aragon, di Sirkuit MotorLand Aragon

6 Oktober 2019: MotoGP Thailand, di Sirkuit Buriram

20 Oktober 2019: MotoGP Jepang, di Sirkuit Motegi

27 Oktober 2019: MotoGP Australia, di Sirkuit Phillip Island

3 November 2019: MotoGP Malaysia, di Sirkuit Sepang

17 November 2019: MotoGP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo-Valencia

iklan iwb
Previous articleVlog & Foto IIMS 2019 : Ngintip Booth Kawasaki, pesona Ninja ZX-10R dan adiknya tebarkan racun!
Next articleNgetrail di Jatim dalam tajuk CRF Day East Java Expedition !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

  1. Ngutang, tapi ga mampu bayar? Tarik pajak lebih besar dan iuran ke negara lebih besar.. Masih belum cukup buat bayar? Jual aset negara. Gitu aja ko repot ?
    Ini contoh yang dialami Negara Wasweshwosh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here