Iwanbanaran.com – Cakkkk…… menyambung artikel sebelumnya perihal kepemilikan Haojue-Suzuki, otak IWB langsung berpikir supaya Suzuki bisa membawa motor Haojue berdesain keren seperti Haojue DR160 serta DR300. IMHO desain DR160 atau DR300 tidak perlu di dipoles ulang sebab secara karakter sudah sesuai dengan taste bikers Indonesia. Bayangin aja, desain tersebut ditempel mesin DOHC 4 katup Suzuki GSX dan ditempel logo Suzuki, pasti semua blingsatan. Kira-kira Apa komen pejabat PT SIS saat IWB sarankan membawa DR160 ketanah air? Berikut jawaban mereka…..

Selama dua hari kemarin IWB diundang SuzukiĀ  untuk berpartisipasi dalam event Saturday nite riding bersama para komunitas Suzuki Jawa Timur. Start dari main dealer Suzuki, para komunitas dan segenap pejabat PT SIS kemudian langsung menuju ke sirkuit Bung Tomo sebagai puncak prosesi saturday nite riding. Moment yang luar biasa karena IWB berbaur menjadi satu dengan para Bikers Suzuki di Surabaya dan sekitarnya yang ternyata militan habis. Kebetulan perwakilan PT SIS dihadiri dua pejabat yakni Mr. Ohta dan Banggas Pardede (marketing team PT SIS)…

Sebagai Blogger tentu IWB gatal untuk mengungkapkan apa yang ada di hati. Unek-unek yang IWB yakin bakal sama dengan apa yang ada dalam pikiran sampeyan semua yakni….. harapan supaya Street Fighter yang baru saja dirilis oleh Haojue Cina yakni DR160 atau DR300 bisa dibawa ketanah air. Possibility untuk memasarkan salah satu dari dua varian tersebut ke Indonesia. Dengan alasan yang sangat logis yang sesuai dengan apa yang IWB pikirkan adalah desain. Yup….IMHO desain D160 udah nggak usah diotak atik karena sudah sesuai dengan selera Bikers Indonesia yang menyukai bentuk lancip dan agresif serta banyak sudut dan layer. Apa kata PT SIS ? Simak percakapan IWB dengan Ohta san….

IWB : Ohta san, apa pertimbangan PT SIS membawa Haojue NK150 keIndonesia sebagai dual Adventure bike Indonesia?

Ohta san : Saya juga terkejut karena banyak sekali video serta gambar di blog Iwanbanaran. Kalau menurut Iwan san gimana (NK150) ? (Lahh malah balik nanya :mrgreen: )

IWB : Lumayan keren namun menurut saya jangan diambil mentah-mentah. Harus ada revisi khususnya di bagian headlamp yang terlalu membulat serta Fender depan yang kurang luwes. Bisa diambil contoh bentuk fender depan seperti Benelli TRK 502. Lalu kalau bisa jangan menggunakan tromol. Harus dirubah model double disk brake…

Ohta san : Oo begitu ya (manggut-manggut) Ya….semua masih dalam tahap pengembangan..

” IWB dan Ohta san sedang nongkrong bareng sharing banyak hal termasuk motor baru dan DR160…”

IWB : Ohta san, kenapa PT SIS nggak mempertimbangkan motor Haojue yang sudah jadi dan tidak usah direvisi namun saya yakin akan laris?

Ohtan san : Motor apa itu?

IWB : (IWB ambil HP dan sodorin gambar DR160) nihhh…baru keren!

Ohta san : Ooo ya ya…saya tahu. Haojue 160. Kan saat rilis juga ada Haojue 300 kan (wihhh lebih tahu cak doi)

” Haojue 160, hasil garapan kolaborasi Haojue dan Suzuki….”

IWB : Betul, itu dia. Bawa kesini Ohta san….saya sangat yakin dengan harga bagus kemudian ditempel mesin GSX akan membuat Suzuki kembali menjadi idola. Bikers Indonesia menyukai desain seperti ini. Serba runcing, tajam dan banyak layer. Mending ini daripada NK150 (seru IWB blak-blakan)

Ohta san : Menurut Iwan san ini akan laris?

IWB : Secara desain yaaaa…yakinnnn !!!

Ohta san : Begitu ya (termenung)…

IWB : Coba sampaikan ke SMC (Suzuki Jepang) untuk mempertimbangkan…

Ohta san : Ya…semua memang tergantung SMC (Suzuki Motorcorps). Tiap masukan pasti akan dipelajari namun decision maker memang langsung SMC. Jadi bagus ya menurut anda yang DR160 tadi….

IWB : Absolutely yesss !! gimana kira-kira ?

Ohta san : (Tersenyum) anda tulis saja biar dibaca SMC (tertawa)

Yup…. Itulah sekilas percakapan IWB yang membahas mengenai Haojue DR160 agar dibawa ke tanah air oleh PT SIS. Dari raut muka pejabat Jepang di Indonesia tersebut bisa kita tangkap bahwa sebenarnya doi sangat percaya dengan opini IWB. Namun bukan berarti mudah untuk mewujudkan sebab jalanan terjal menghadang di depan yakni restu dari SMC. Yup….masalah klasik yang dihadapi tim suzuki ditanah air yang seharusnya tidak perlu terjadi jika mereka dipercaya mengelola market di Indonesia…

Haojue DR160 adalah motor garapan bersama antara Haojue dan Suzuki. Perbedaan mencolok dibandingkan dengan murni garapan Suzuki adalah desain yang tidak terlalu Suzuki. Sentuhan designer Tiongkok mungkin tidak sempurna namun harus diakui untuk DR160 benar-benar membuat karakter motor jadi jauh lebih agresif serta bengis. Kolaborasi bersama yang membuat motor ini masuk selera Indonesia. IMHO demikian….

Last…jika mungkin artikel ini dibaca oleh SMC Jepang, IWB sarankan masukkan desain DR160 ke Indonesia lalu cangkokkan dapur pacu GSX Series dan dibanderol diangka mepet Vixion dan CB150R (jangan diatas itu). Karena desain IMHO justru jauh lebih ganteng dibandingkan new Vixion sekalipun. 90 % IWB yakin akan membuat biker tanah air leleh ora karu-karuan. Lampu LED dengan DRL, suspensi USD dan desain agresif…kurang piye jal. So…DR160 ditempel Logo Suzuki ? Menarik ora menurut sampeyan cak ? Monggo tuangkan opininya via kolom komentar dibawah ramai-ramai biar dibaca SMC Jepang. Saran yang bagus akan IWB kasih hadiah helm GIX…..gazzzz ! (Iwb)

” Banggas Pardede dan Ohta san (pejabat PT SIS-kiri) ketika kita ngumpul dan nongkrong di Surabaya….”

” IWB bersama para pejabat Suzuki pusat dan Jatim makan soup buntut cakkkk……”

Advertisements