iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…… menyambung artikel sebelumnya perihal kepemilikan Haojue-Suzuki, otak IWB langsung berpikir supaya Suzuki bisa membawa motor Haojue berdesain keren seperti Haojue DR160 serta DR300. IMHO desain DR160 atau DR300 tidak perlu di dipoles ulang sebab secara karakter sudah sesuai dengan taste bikers Indonesia. Bayangin aja, desain tersebut ditempel mesin DOHC 4 katup Suzuki GSX dan ditempel logo Suzuki, pasti semua blingsatan. Kira-kira Apa komen pejabat PT SIS saat IWB sarankan membawa DR160 ketanah air? Berikut jawaban mereka…..

Selama dua hari kemarin IWB diundang Suzuki? untuk berpartisipasi dalam event Saturday nite riding bersama para komunitas Suzuki Jawa Timur. Start dari main dealer Suzuki, para komunitas dan segenap pejabat PT SIS kemudian langsung menuju ke sirkuit Bung Tomo sebagai puncak prosesi saturday nite riding. Moment yang luar biasa karena IWB berbaur menjadi satu dengan para Bikers Suzuki di Surabaya dan sekitarnya yang ternyata militan habis. Kebetulan perwakilan PT SIS dihadiri dua pejabat yakni Mr. Ohta dan Banggas Pardede (marketing team PT SIS)…

Sebagai Blogger tentu IWB gatal untuk mengungkapkan apa yang ada di hati. Unek-unek yang IWB yakin bakal sama dengan apa yang ada dalam pikiran sampeyan semua yakni….. harapan supaya Street Fighter yang baru saja dirilis oleh Haojue Cina yakni DR160 atau DR300 bisa dibawa ketanah air. Possibility untuk memasarkan salah satu dari dua varian tersebut ke Indonesia. Dengan alasan yang sangat logis yang sesuai dengan apa yang IWB pikirkan adalah desain. Yup….IMHO desain D160 udah nggak usah diotak atik karena sudah sesuai dengan selera Bikers Indonesia yang menyukai bentuk lancip dan agresif serta banyak sudut dan layer. Apa kata PT SIS ? Simak percakapan IWB dengan Ohta san….

iklan iwb

IWB : Ohta san, apa pertimbangan PT SIS membawa Haojue NK150 keIndonesia sebagai dual Adventure bike Indonesia?

Ohta san : Saya juga terkejut karena banyak sekali video serta gambar di blog Iwanbanaran. Kalau menurut Iwan san gimana (NK150) ? (Lahh malah balik nanya :mrgreen: )

IWB : Lumayan keren namun menurut saya jangan diambil mentah-mentah. Harus ada revisi khususnya di bagian headlamp yang terlalu membulat serta Fender depan yang kurang luwes. Bisa diambil contoh bentuk fender depan seperti Benelli TRK 502. Lalu kalau bisa jangan menggunakan tromol. Harus dirubah model double disk brake…

Ohta san : Oo begitu ya (manggut-manggut) Ya….semua masih dalam tahap pengembangan..

” IWB dan Ohta san sedang nongkrong bareng sharing banyak hal termasuk motor baru dan DR160…”

IWB : Ohta san, kenapa PT SIS nggak mempertimbangkan motor Haojue yang sudah jadi dan tidak usah direvisi namun saya yakin akan laris?

Ohtan san : Motor apa itu?

IWB : (IWB ambil HP dan sodorin gambar DR160) nihhh…baru keren!

Ohta san : Ooo ya ya…saya tahu. Haojue 160. Kan saat rilis juga ada Haojue 300 kan (wihhh lebih tahu cak doi)

” Haojue 160, hasil garapan kolaborasi Haojue dan Suzuki….”

IWB : Betul, itu dia. Bawa kesini Ohta san….saya sangat yakin dengan harga bagus kemudian ditempel mesin GSX akan membuat Suzuki kembali menjadi idola. Bikers Indonesia menyukai desain seperti ini. Serba runcing, tajam dan banyak layer. Mending ini daripada NK150 (seru IWB blak-blakan)

Ohta san : Menurut Iwan san ini akan laris?

IWB : Secara desain yaaaa…yakinnnn !!!

Ohta san : Begitu ya (termenung)…

IWB : Coba sampaikan ke SMC (Suzuki Jepang) untuk mempertimbangkan…

Ohta san : Ya…semua memang tergantung SMC (Suzuki Motorcorps). Tiap masukan pasti akan dipelajari namun decision maker memang langsung SMC. Jadi bagus ya menurut anda yang DR160 tadi….

IWB : Absolutely yesss !! gimana kira-kira ?

Ohta san : (Tersenyum) anda tulis saja biar dibaca SMC (tertawa)

Yup…. Itulah sekilas percakapan IWB yang membahas mengenai Haojue DR160 agar dibawa ke tanah air oleh PT SIS. Dari raut muka pejabat Jepang di Indonesia tersebut bisa kita tangkap bahwa sebenarnya doi sangat percaya dengan opini IWB. Namun bukan berarti mudah untuk mewujudkan sebab jalanan terjal menghadang di depan yakni restu dari SMC. Yup….masalah klasik yang dihadapi tim suzuki ditanah air yang seharusnya tidak perlu terjadi jika mereka dipercaya mengelola market di Indonesia…

Haojue DR160 adalah motor garapan bersama antara Haojue dan Suzuki. Perbedaan mencolok dibandingkan dengan murni garapan Suzuki adalah desain yang tidak terlalu Suzuki. Sentuhan designer Tiongkok mungkin tidak sempurna namun harus diakui untuk DR160 benar-benar membuat karakter motor jadi jauh lebih agresif serta bengis. Kolaborasi bersama yang membuat motor ini masuk selera Indonesia. IMHO demikian….

Last…jika mungkin artikel ini dibaca oleh SMC Jepang, IWB sarankan masukkan desain DR160 ke Indonesia lalu cangkokkan dapur pacu GSX Series dan dibanderol diangka mepet Vixion dan CB150R (jangan diatas itu). Karena desain IMHO justru jauh lebih ganteng dibandingkan new Vixion sekalipun. 90 % IWB yakin akan membuat biker tanah air leleh ora karu-karuan. Lampu LED dengan DRL, suspensi USD dan desain agresif…kurang piye jal. So…DR160 ditempel Logo Suzuki ? Menarik ora menurut sampeyan cak ? Monggo tuangkan opininya via kolom komentar dibawah ramai-ramai biar dibaca SMC Jepang. Saran yang bagus akan IWB kasih hadiah helm GIX…..gazzzz ! (Iwb)

” Banggas Pardede dan Ohta san (pejabat PT SIS-kiri) ketika kita ngumpul dan nongkrong di Surabaya….”

” IWB bersama para pejabat Suzuki pusat dan Jatim makan soup buntut cakkkk……”

126 COMMENTS

  1. Secara desain udh pasti mnjual bgt,pling dicari di indonesia…tinggal mslah harga klo bisa rada miring,. Tp market indonesia ujung tombaknya memang desain paling diutamain timbang fitur yg berjibun tpi desain g karuan…semoga suzuki berani menggebrak market indonesia dgn mnghadirkan motor ini..aamiin..mantap

    • Mungkin klo memang suzuki berani mghadirkan motor ini ke indo,pbrikan lain akan kteteran, konsumen lbih melirik desain yg bengis sangar dr szuki ini,mlah jdi barometer desain motor naked,bisa jdi

      • Sangat di sayangkan klo ga jdi hadir di indonesia… smoga aja pihak SMC membaca artikel lekk iwanbanaran ,dan kasih aroma segar buat biker tanah air yg pasti bkalan ngiler liyat desain DR160..

    • bener kang masuk ke segmen mt15, mumpung cbr blm masuk ke segmen ini… nanggung kalau masuk ke segmen vixion kan sudah ada bandit dan gsx… harus berqni tu suzuki… dan benar harus update pakai mesin gsx 150 bukan mesin dr160

  2. Saat ini momennya lagi menguntungkan suzuki. Gsx series yg mendapatkan tempat yg cukup baik di sisi bikers sehingga menaikkan pamor suzuki, akan lebih terdongkrak lagi bila di lanjut geber dengan kehadiran DR160. Ingat, bikers indo udah open minded utk masalah merk, jd kuncinya ikuti selera mereka, maka penjualan jd milik anda! Itu.

  3. Dengan adanya motor ini dengan spek dan harga yg lek Iwan harapkan diatas saya yakin suzuki bakal jadi pabrikan yg semakin besar market share nya. Gak diragukan lagi ini desain keren bangett… Kompetitor harus waspada kalau kalau motor ini beneran dibawa ke Indonesia. Salut suzuki!

  4. Wah klo bener masuk indo pasti laris nih wak … Siap2 ganti nih, apa lagi dengan mesin berkapasitas 160 cc dibarengin harga yg mausk akal. Wah bisa2 ambrol ini celengan wak …

  5. Saat ini engine GSX 150 series sudah cukup dikenal masyarakat, apalagi masyarakat yg paham akan performanya dari DOHC Overbore, engine yang lebih powerfull dari kompetitor, tapi masalahnya adalah masyarakat lebih mengenal lagi desain Suzuki yang kurang garang lah, kurang keren lah, kurang ini itu, tapi untuk DR160 ini pasti akan tampil lebih keren dan garang ketika bersanding dengan CB150 apalagi new Vixion. Semangat Suzuki.

  6. Masalah harga yg bersaing emang paling berat ada di USD, masalahnya dengan desain yg ada trus tanpa USD apa masih menarik? Dan juga pertimbangan orang Indonesia untuk membeli ada lah jaringan service dan harga jual kembali, ini yg harus paling di perhatikan Suzuki apabila ingin berkembang lebih pesat lg

  7. setuju, saya tempo hari mau beli gsx, tp design tanki yg tipis dan body yg kurang macho, saya batal, dan akhirnya meminang cb 150r… suzuki memang perlu berbenah di sisi design… kalo pake design ini dan kolaborasi dg mesin gsx.. mantap tenan

  8. setuju…
    misal downgrade USD untuk mengurangi cost sepertinya gak terlalu masalah asal desain sama
    kalo tinggi motor gimana ya,.,gak kaya mt-15 yang tingginya minta ampun kan?hahaha

  9. di hapus komen lagi, gak apa-apa nyante ae Cak.
    sementara absen ae.
    komentar sebelumnya wis lali je.
    mau dihapus lagi ya gak apa-apa, nyante ae.

  10. Ni baru desain mantab apalagi klo murah,mesin suzuki terkenal powerfull durability g diragukan ..tumbas siji klo brojol tenan ?

  11. yang dilihat oleh bikers :
    1. look
    2. harga
    3. durable + servis part murah meriah
    4. jaringan dealer
    5. fitur tambahan di motor

    kalau bisa semuanya dalam satu paket. ya wajar toh karena untuk rentang harga < 30jt masih harus memikirkan banyak hal lain seperti dapur, popok, alat elektronik, dan gaya hidup. untuk motor biasanya sekali beli yang penting ban bisa gelinding, ora masalah toh servis mau 6 bulan sekalipun walau dirasa motor sudah berat dan berebet bet bet selama ban masih bisa gelinding tetep ngacirrrrr....

  12. Pasti laku lah, emang desain seperti itu yg kami inginkan. Setelah melihat HAJOE DR160 malah terlihat motor buatan & hasil desain orang jepang, sedangkan ketika melihat NK150 malah terlihat seperti Motor murahan Buatan china.

    Suzuki kalau mau sukses dengarkan ini, coba lihat pabrikan rivalmu, memberikan desain yg bagus mesikipun kualitas & spek biasa aja tetapi lebih laku karena semua itu berawal dari pandangan mata.

  13. Mantepppp nie…tapi omong2 skok depan jangan hitam Lek.. ganti labur warna emas makin cuakeeeppp

  14. Untuk Design Yes! Mayoritas Penggemar motor Naked Suka.
    tambah mesin GSX? double YES!
    tapi jelas tidak mudah mencangkokan mesin dengan sasis beda.
    Kecuali, sasis GSX+mesin GSX di pakein Baju DR160.
    mungkin lebih mudah (mungkin loh yaa)
    .
    Kemudian untuk USD, ini yg bakal bikin Harga Meroket..
    Mistahil Untuk mengejar pasar CB vixi dengan Harga yg bakal UP jauh karena USD.
    lebih baik model biasa tapi ganti dengan Shock berdiameter lebih besar.. contoh segede punya byson.
    .
    Jika memang SMC mendengar.. jelas product ini bakal menaikan image SUZUKI kembali ,khususnya di Indonesia.
    Teruji dengan hadirnya GSX series!
    Apalagi Jika Nanti calon GSXR250 di boyong juga. Suzuki Keren!
    Ayo Bangkit!

  15. Bagus kang, tpi perlu revisi sdikit
    Lampu depan d buat agak tirus jdi drlnya gak nyiku bgt, agak tirus headlampnya
    Gantungan spakbor belakang d buat agak kecilan tipis gtu
    Plat nopol d bawah headlamp yak jngan lupa
    Mungkin desain samping perlu d rybah dikit, terlalu banyak plastik nutupin
    Harga set mepet gsxr
    Usd tetep ada
    Mesin pke gsx wuiiihhh
    Gak jadi mimpiin duke nih

  16. It’s gonna be interesting…
    Strong Streamline design from head to toe..
    It’ll be succesfully candidate..rebadge with S brand is an advantage(s)

  17. Secara garis besar sy setuju dengan desain suzuki yg ini(klo jadi masspro) mas iwan, namun sy masi bermimpi indah dengan lampu bulat LED+DRL ada di bagian dpn suzuki di masa depan 🙂

  18. Design pake DR160, mesin pake gsx 150 series, kasih nama All New Bandit 150. Harga dibawah 30jt otr jakarta.

  19. DR160 ? Masuk kang ,,,, setuju sangat

    Sek-sek kang, kui pake USD ? Tembus 30jt ora kui kang ?

  20. Setuju,ini motor pasti laris….,harga ga mslh lbh mahal dikit di ujungnya,soalnya fitur lebih dari kopetitor (shock upside down).

  21. Ini tinggal ganti mesin gsx,cukup lah cak,udah bisa hantem sana sini,ngga perlu keyless.durability nya jgn lupa

  22. Saya sangat setuju lek, tp yg mungkin berat adalah PRICING PT.SIS krn masuknya Import… andai SIS bisa seperti KTM & BENELLI skrg yg entah gmn caranya bisa motor import dgn harga sama dgn produk lokal

  23. kalo saya pribadi sebagai orang retail, kurang setuju sama om Iwan.
    sebab dengan semua type ditempeli mesin GSX kurang ada diferensiasi produk secara uth. Masyarakat bikers akan menganggap, Suzuki cuma bikin bodi mesin mah cuman satu..
    gimana kalo SIS ambil dulu satu ( tapi kata temen saya udah satu di cikarang tambun, tau bener tau kagak dah) untuk dipelajari mesin GSX lawan mesin Haojue ( yg katanya mirip gixxer ) ini bagusan mana. Kalo beda type tapi sama powerfull, sebaiknya gak salah jugsa SIS bikin apa adanya, asal purna jual ( ini kelemahan Suzuki ) dijaga baik2…

    kita lihat aja Bandit ( body keren dan part yg common) aja masih kurang nendang. padahal kata saya pribadi ini motor keren, powerful, dan gampang nyari part nya karena banya yg sama dengan type lain. tapi masih kurang nendang tuh daya serap bikers utk type ini…

    that’s just my opinion, hopefully suzuki read this.. Thansk artikel keren nya kang Iwan…

  24. Klo suzuki serius di Market Indonesia Seharusnya sektor dsain harus jdi fokus utama.. Engine sdh mempuni tinggal dsain yg blm klop sma Market INA.. bsa kita liat lineup moge” nya dri GSX-R series GSX-S series semua keren” contoh GSX-S150 seharusnya comon dsain dri GSX-S750
    bandit150 bsa comot dsain SV650
    GSX-R150 comot GSX-R600 K8

    itayama san knma???

  25. Mantap kalau ini mau mau mau udah DRL terus USD tampang keren kasi mesin GSX 150 R apa gak kelepek-klepek kang lihatnya hadeee ngiler kang kalau yg ini masuk indo la ya. Sama MSC. Lihat tren pasar indo donk baru mantap jg yg lain hehehehehe

  26. Kalau opini saya ,desain Dr 160 keren tetapi perlu sedikit revisi pada headlamp . Kalau boleh kasih saran Lampu utama di bagian dagu dibuat lebih lancip dan bagian lamp drl tetap di pakai, seluruh sistem pencahayaan (lampu) harus led, lalu bagian mesin tetap pertahankan milik gsx r series jgn disunat mesin nya . Kalau Suzuki ingin kuat penjualan d Indonesia harus bsa total dlm hal desain , runcing tajam , berlayer .

  27. Betul kang iwb, coba SMC mendengarkan keluh kesah biker indonesia. Yg jelas2 design Number one. Masalah mesin suzuki ga dipertanyakan.

  28. Desain sbenarnya masalah selera..cuman motor ini sudah mewakili mayoritas selera bikers tanah air.dengan desain lampu belakang yang keren dan mewah,serta di tandemkan mesin gsx series yang sudah teruji bakalan menjadi penantang serius cb150r dan v ixion
    Selain itu tentunya dengan harga yang valuable.

  29. Belakangnya harus direvisi..ndk usah dikasih tanduk,riber kang..mending buat seperti ala vixion, ninja 250..simple..

Comments are closed.