iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..siapa bilang bensin di Malaysia tidak fluktuatif. Hal ini bisa dibuktikan dari berita terbaru yang dimuat media negeri jiran Careta tentang kenaikan beberapa harga BBM disana. Untuk kenaikan memang cukup tipis yakni lima sen. Tapi yang menarik kenaikan hanya pada bensin RON 97 atau jika ditanah air nyaris setara dengan Pertamax Turbo yang dibanderol pertamina Rp 11,200. Emang berapa harga BBM di Malaysia setelah kenaikan ? simak detilnya dibawah ini….

Seperti dilansir Careta, pemerintah Malaysia lewat Kementerian Perdagangan dan Hal Ehwal Negeri (KPDNHEP) telah mengumumkan adanya kenaikan pada jenis BBM Ron 97 per tanggal 13 April 2019 dan disahkan 19 April 2019. Berdasarkan pengumuman tersebut maka dipastikan kenaikan hanya pada bensin dengan nilai oktan tertinggi di Negeri Jiran. Sementara untuk bahan bakar minyak lainnya tidak mengalami perubahan harga….

Artinya kenaikan hanya diberlakukan pada bensin Ron 97 yang jika di tanah air nyaris mirip dengan Pertamax Turbo yang memiliki oktan 98. Pertanyaannya setelah naik 5 sen Berapa harga baru yang diberlakukan oleh pemerintah Malaysia pada bensin Ron 97? Ternyata tidak banyak terkerek cak. Sebab harga terbaru tercatat hanya RM 2.68 perliter…kuwi harga anyar pakde. So…jika kita rupiahkan maka jatuhnya adalah Rp. 7.450 perliter. Ediannn RON 97 mung pitung ewuan rekkkk. Harga cornering kayak Marquez kiieee…

iklan iwb

Sementara untuk bensin di bawahnya yang memiliki Ron 95 dijual oleh pemerintah Malaysia diangka RM 2.08 perliter. So…jika kita konversi ke rupiah berkisar Rp.7.100 perliter.  Sebagai informasi di Malaysia bensin paling kecil memiliki nilai oktan 95 dan tidak ada lagi di bawahnya. Padahal di tanah air kita masih disodori dengan bensin beroktan 92 yakni Pertamax. Hebatnya Kendati memiliki oktan yang cukup tinggi Malaysia Hanya menjual diangka Rp 7000an rupiah per liter. Bandingkan dengan tanah air yang saat ini menjual bensin Pertamax oktan 92 di angka Rp.9.850/liter. Sebagai informasi subsidi BBM hanya berlaku untuk oktan 95. Artinya oktan 97 tidak disubsidi dan dilalah masih juga murah. Waaooooiiiii…

Murahnya BBM tidak hanya pada bensin namun juga diesel. Yup…Bahan bakar diesel setara dengan Pertamina dex di Malaysia dijual hanya Kisaran RM 2.18 atau jika kita konversi ke rupiah maka berkisar Rp 7.455. Maknyuzzz tenan. Sementara diesel diatasnya yang sudah memenuhi emisi Euro 5 dijual diangka RM 2.28 alias Rp. 7.790 perliter. Whaaattttttt ??? Melirik harga Diesel Dex Pertamina dijual diangka Rp 11,700/liter, jelas banderol dinegeri jiran Seger tenan rekkk. Semoga saja negeri kita tercinta bisa mengikuti miringnya banderol BBM dimasa depan. Berikut data lengkap harga BBM terbaru di negeri Malaysia, pantes pada makmur penduduknya disana yo kangbro. Wis Gaji gede, semua murah euy, weleh-weleh…. (iwb)

Harga BBM Malaysia per 19 April 2019

RON95 – RM2.08 per liter (tetap)
RON97 – RM2.68 per liter (naik 5 sen)
Diesel – RM2.18 per liter (tetap)
Diesel Euro 5 – RM2.28 per liter (tetap)

iklan iwb
Previous articleHeboh kode baru Yamaha NMax 155 SG56, benarkah versi facelift ?
Next articleFP1 ARRC AP250 Aussie : Kawasaki mengancam, tim AHRT cari setingan !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!