” Test power Dyno Green Tukijo sebelum diberikan BRQ, menarik ki cak…”

Iwanbanaran.com – Caaakkkk… selamat siang, sugeng enjing, semoga pakde, bude, kangmz, mbak’e selalu dalam kondisi sehat wal’afiat. Cak, sopo sih sing ora gelem motor kesayangan sampeyan bisa melaju lebih kencang, tapi tetap irit bahan bakar? Iwb yakin, pembaca setia iwb menginginkan hal tersebut. Nah, ada salah satu perangkat yang bisa menjawab hal itu, bernama BRQ Fuel Catalyst. Sebuah katalisator murni yang bekerja dengan proses kimia untuk menyempurnakan proses pembakaran pada oto atau mesin bakar. Pengen tahu lebih lanjut, masuk cak…..

Ngomongin sejarahnya, Pada masa perang dunia, tahun 1941, Rusia mendapat 400 buah pesawat tempur Inggris untuk menggantikan armada angkatan udara Soviet yang telah hancur dalam perang. Nah, Pesawat tempur yang digunakan ini adalah Hurricane, yang pada masa itu memang berjumlah cukup banyak. Dalam penerbangan operasionalnya yang pertama kali, empat buah pesawat Hurricane menghilang di ketinggian tertentu secara tiba-tiba dan mesin pesawat mendadak mati…

Setelah tragedi ini, seorang ilmuwan bernama Henry Broquet dan beberapa ilmuwan Rusia lainnya membentuk tim untuk melalukan penelitian dan investigasi terkait peristiwa ini. Ternyata, ditemukan permasalahan, yaitu kualitas bahan bakar yang buruk untuk mesin pesawat Hurricane, yaitu Merlin XX. Kemudian, Tim Ilmuwan yang dikomando oleh Henry Broquet ini berhasil membuat katalisator logam yang terdiri dari campuran platinum, rhodium, paladium dan unsur logam lainnya untuk menaikkan dan menstabilkan karakteristik dan molekul bahan bakar, yang secara praktikal, akan membuat bahan bakar jadi lebih mudah terbakar dengan sempurna….

Nah….jika dulu perangkat ini digunakan untuk menyempurnakan BBM untuk mesin pesawat, saat ini BRQ telah tersedia untuk moda transportasi yang lebih umum cak. Ada beberapa tipe BRQ yang bisa digunakan untuk mobil bensin, mobil diesel, dan sepeda motor. Klaim dari BRQ, katalis ini punya banyak sekali manfaat untuk tunggangan sampeyan, nih IWB beritahu manfaat BRQ dari klaimnya:

1. Penghematan pemakaian bahan bakar (solar / bensin) hingga 15%
2. Meningkatkan kualitas bahan bakar, sehingga memungkinkan menggunakan oktan yg lebih rendah.
3. Meningkatkan tenaga mesin hingga 10%
4. Mengurangi kandungan SO2, NO2 dan Opasitas emisi atau gas buang kendaraan
5. Memperpanjang umur mesin
6. Membersihkan kerak karbon dalam ruang bahan bakar
7. Mengurangi polusi udara

8. Mengurangi biaya perawatan
9. Umur pemakaian hingga 400.000 km
10. Sangat baik bila dikombinasikan dengan Catalytic Converter
11. Dapat dipindahkan ke kendaraan lain
12. Bisa untuk semua mesin yang menggunakan bahan bakar minyak
13. Akselerasi lebih responsif, suara lebih halus
14. Tidak ngelitik

” Green Tujiko di cemplungin BRQ…..kita cek nanti power setelah 150 km pemakain..”

Piye? Mantap tho? Akeh manfaate cak. Tapi iki klaim dari BRQ sendiri dan IWB sudah mengantongi satu buat perangkat BRQ yang dikhususkan untuk sepeda motor. IWB akan membuktikan klaim manfaat BRQ dengan motor tunggangan IWB yakni Green Tukijo alias Ninja 250 Fi 2018. Tentunya kalau hanya cerita dan berdasarkan feeling kurang oke dan kurang puas cak, butuh bukti secara kuantitatif alias angka….

Makanya, kalau sampeyan rajin lihat IG Iwanbanaran, beberapa hari yang lalu IWB sempat melakukan pengetesan Ninja 250Fi – Green Tukijo di mesin Dyno, ini sebelum di kasih treatment BRQ yo cak. Setelah di kasih treatment dari BRQ dan Touring minimal sejauh 150 Km (iki salah satu syarat agak BRQ bisa bekerja sempurna), baru nanti akan di dyno lagi supaya kelihatan hasilnya, ada perbedaan opo ora kiee…

Last, Pengen tahu Hasil Dyno Green Tukijo yang diganti knalpot WRX? Sabar subur yo caak :mrgreen: . nanti sekalian sama hasil dyno setelah dikasih treatment BRQ. Stay tune terus, okreeeeeekkkk….!! (iwb)

 

View this post on Instagram

 

Proses tes Dyno Green Tukijo di bengkel TDR Racing ! . #kawasakininja250 #tdrracing #wrxexhaust #brq

A post shared by IwanBanaran (@iwanbanaranblog) on

Advertisements