Iwanbanaran.com – Ediann cak…setelah kita berhasil membongkar sosok yang diduga sebagai new NMax, kini kita menemukan gambar paten lain. Sebuah gambar yang resmi diregister oleh Yamaha Indonesia via Laman Pangkalan Data kekayaan Intelektual (PDKI) Indonesia. Yup….terbongkar gambar paten motor Yamaha bermesin Byson, apakah ini bakal menjadi lawan Verza 150 ?? yuk kita bahas sama-sama…

Gambar paten yang menggunakan nomor permohonan PID201806527 ini di daftarkan Yamaha cukup lama. Jika kita melihat dari registrasi tertera tanggal 28 Januari 2016…. sebuah masa yang tidak singkat sebab jika kita kalkulasi hampir 3 Tahun Lamanya. Namun yang menarik tanggal pengumuman sendiri baru saja dirilis oleh Pangkalan Data kekayaan Intelektual (PDKI) pada tanggal 22 Februari 2019…jadi baru kemarin. Iki maksude piyeee ?

Oke….kalau kita melihat dari gambar dan fokus pada paten yang diregistrasi IWB menemukan sosok motor yang sangat identik dengan Yamaha YS125 (pengganti YBR125). Motor entry level yang sudah dirilis di daratan Eropa tersebut menjadi role model dalam gambar paten. Namun yang juga patut kita cermati pada registrasi paten disebutkan mengenai kendaraan tunggangan yang dilengkapi dengan sistem rem gabungan. Menyimak dari sana dan berdasarkan diskusi dengan sesepuh blogger wak Haji Taufik, kuat kemungkinan mekanisme rem semacam Combi break sistem lah yang di patenkan, bukan produk. Terus gimana dengan motornya ?

Lumayan misterius karena proses registrasi gambar paten sudah cukup lama yakni 3 tahun yang lalu. Mungkin YIMM pernah berniat untuk memasarkan motor sport entry level lawan dari Honda Verza 150 yang akhirnya dibekukan sementara karena kebutuhan. Atau opsi kedua bisa jadi memang orientasi dilanjutkan untuk membantu penjualan Yamaha Vixion yang makin lama makin sulit untuk bertahan dari posisinya? Logis cak sebenarnya karena secara produk sendiri Yamaha YS125 lumayan menggiurkan jika dibanderol miring…

Yup… Yamaha YS125 dirilis sekitar 2 tahun lalu tepatnya 2017. Motor ini di Eropa sudah memenuhi emisi gas buang Euro 4 dengan mesin 125cc. Yang istimewa tangki bahan bakar mencapai 14 liter jadi memang cocok untuk berkendara jarak jauh. Secara mesin menggunakan basis dari Yamaha FZ16 yang kita kenal sebagai Byson namun kapasitas mesin sedikit lebih kecil. Yamaha YS125 menjadi motor yang terkenal sangat irit dan juga tangguh karena dibekali dengan mesin yang bandel. Masih mengandalkan mesin SOHC air cooled sebenarnya motor ini cukup menjanjikan jika Yamaha mampu memasang dengan harga yang miring, 18 jutaan misalnya ?

Last….. sayang hingga detik ini IWB belum menemukan kode Project yang bisa dikaitkan dengan sosok motor sport entry level Yamaha. Apalagi gambar paten juga lebih fokus pada perangkat rem yang disebut sebagai sistem rem gabungan atau biasa kita kenal sebagai combi brake system. So…. jika pertanyaannya Apakah Yamaha akan menyiapkan motor sport untuk melawan Honda Verza berdasarkan dari gambar paten? Dari analisa pribadi masih lemah cak. So.. Mari kita pantau saja pergerakan selanjutnya….(iwb)

Advertisements