Iwanbanaran.com – Cakkkk…..timpangnya performa Ducati dengan Kawasaki memicu reaksi bos racing Kawasaki. Menjadi pabrikan yang perkasa sejak 2012 membuat KAWI merasa tertantang dengan fakta bahwa Ducati menggunakan motor berbasis pengembangan Motogp Desmosedici. Level yang timpang membuat Kawasaki mempertimbangkan untuk melawan Ducati dengan mesin yang sama yakni superbike produksi masal berbasis Motogp pengembangan dari mesin Motogp ZX-RR. Niat tersebut dilontarkan bos racing Kawasaki Ichiro Yoda yang merasa gerah dengan sepak terjang Ducati. Wihhh makin hottt pakdeeeee….

Kawasaki adalah pabrikan paling sukses di balap WSBK. Pada tahun 2013 mereka berhasil memenangkan kejuaraan bersama Tom Sykes, empat tahun terakhir dengan pembalap Irlandia Utara Jonathan Rea. Kawasaki berinvestasi lebih banyak daripada pabrikan lain dalam teknologi ZX-10RR, hampir setiap tahun, model-model baru dihomologasi untuk mempertahankan kedigdayannya meskipun ada perubahan peraturan tiap tahunnya…

Tapi di tahun 2019 Ducati membuat Kawasaki terkejut. Dengan Panigale V4R dihomologasikan motor ini mampu berkitir hingga lebih dari 16.000 RPM. Basis mesin yang digunakan juga nyomot gen mesin MotoGP modern. Selain itu, versi produksi Ducati adalah satu-satunya superbike yang harganya mendekati 40.000 euro, harga maksimum yang ditentukan. Itulah yang membuat Kawasaki gerah. Menurut bos Kawasaki Ichiro Yoda, tidak ada cara lain untuk melawan Ducati selain menempuh jalan yang sama yakni, Kawasaki Ninja dengan basis pengembangan dari mesin Motogp ZX-RR. Weeihhh…

” Mengejar Ducati musim ini sulit. Mesin mereka berasal dari Kejuaraan Dunia MotoGP, seluruh paket mereka dari MotoGP. Ini adalah motor MotoGP dengan ban Pirelli. Bahkan jika kami diizinkan menggunakan bagian konsesi, kami akan dibatasi. Dengan bagian-bagian konsesi yang homolog, kita tidak dapat mencapai kinerja Ducati. Kami tidak akan dapat mengejar kecepatan mereka. “ seru bos racing Kawasaki via speedweek. Terus gimana solusinya? Apakah ini artinya Kawasaki mempertimbangkan untuk melakukan langkah serupa guna melawan Ducati? yakni meracik motor khusus dengan basis prototype seperti halnya Ducati Panigale V4 yang kemudian diproduksi hanya 500 unit dipasar demi melegalkan homologasi WSBK ?

” Ichiro Yoda (Kawasaki Racing)….”

Tepat, itulah solusinya. Kita harus menjadi lebih kompetitif dan berpikir tentang motor kami dengan basis MotoGP. Motor ekstrem yang kami produksi dalam jumlah terbatas secara seri. Bagi Kawasaki, mudah untuk membangun dan memasarkan 500 motor seperti itu. Tapi masih ragu dengan arah ini. Apakah tindakan ini benar atau tidak? ditahun 2015, biaya telah berkurang, sehingga kinerjanya lebih rendah. Dari 2014 hingga 2015, mesin empat silinder kehilangan 20 hp  dan ini setara dengan mesin Ducati 2 silinder. Namun sekarang berbeda….

” Ducati telah membangun mesin empat silinder yang filosofinya tampaknya berbeda dari pesaingnya. Promotor Dorna harus memikirkan kembali filosofinya. Kamu harus memikirkan ke arah mana akan membawa kompetisi ini. Mereka (Dorna) mengatakan ingin lebih banyak motor di grid. Kemudian mereka mengurangi biaya untuk meringankan tim swasta. Namun sekarang semuanya telah berubah dengan kedatangan Ducati. Sekarang  pertanyaannya…haruskah kita mengikuti jalan yang diambil Ducati, atau kita harus tetap berpegang pada gagasan awal? Dalam sejarah Kejuaraan Dunia Superbike, motor selalu didasarkan pada mesin standar, yang tersedia dengan harga yang wajar….” serunya. Terus kapan Kawi akan memulai progress untuk membangun mesin baru ?

“Sekarang! Kami memiliki banyak pengalaman dari ajang MotoGP dengan mesin empat silinder yang sangat kuat. Mudah bagi kami untuk membuatnya. Secara internal, Kawasaki berpikir bahwa jika Ducati melanjutkan dengan motor ini musim depan, kami membutuhkan mesin seperti itu. Kami tidak ikut balap WSBK hanya sebagai penggembira.  Rea sendiri mengerti situasinya. Ducati telah membawa mesin MotoGP dan hal ini membuat pembalap Motogp tertarik. Nunggang motor seperti ini tidaklah mudah. Bautista memang melakukan perannya dengan sangat baik disaat rider lain kesulitan melakukannya. So…mengalahkannya di mesin MotoGP tidak gampang. ​​Tapi jika kita membawa motor dengan konsep dan senjata yang sama, maka kita bisa mengalahkan Bautista dan Ducati...” tegas Yoda via speedweek. Wihhhh Kawasaki Ninja dilawan, kemebul cak sirahe :mrgreen: ….

Last….kegeraman Kawasaki cukup dimaklumi karena Ninja jadi terlihat inferior dibandingkan Ducati. Padahal dari sisi pengembangan konsep keduanya memang berbeda jauh. Panigale V4 diracik khusus untuk turun diajang balap WSBK dengan basis mesin Desmosedici sedang Ninja ZX10RR diracik lebih berorientasi untuk pasar superbike produksi masal. Dari basis produksi masal tersebut baru dibuat versi racing, ngono cak. So…gimana jika Kawasaki mengembangkan ZX10RR berbasis mesin prototype Motogp ZX-RR ? wihhh bakal seru ki cakkkk. Panasss-panasssss :mrgreen:(iwb)

Advertisements

29 COMMENTS

  1. Lha MotoGP aza g ikut​, trus gen e diambil dari motor mana, hehe, secara ZX RR udah lama g tampil, padahal juga kurang moncer, hehe

  2. hmmm..
    Ok sih yg penting kn gak lebihin harga 40rb
    Nanti team private jg pasti ngikut beli (mau gak mau)
    .
    memang paket Bau+panigale V4 bisa di bilang SEMPURNA

  3. Knpa tidak skalian saza bangkitkan lagi team moto gpny dri pada memfokuskan kwsbk mending ke motogpny ajang yg lbih bergengsi

    • Karena dulu kawasaki jarang bisa maen di barisan depan, jadi lebih milih di wsbk karena lawannya lebih mudah untuk dikalahkan, tapi kedatangan ducati panigale v4r membuat semuanya berubah.

  4. kalo yg dimaksud kawasaki ini ngambil teknologi ZX-RR waktu terakhir ikut motogp, kayaknya sia-sia deh. kawi harusnya ikut motogp dulu, biar tau gimana motogp skrg. lha wong dia aja gatau motogp skrg gimana persaingannya, jangan2 ama suzuki juga nanti kalah. ikut motogp dulu aja sana kawasaki..

  5. Yo gak seru lah lek…wong WSBK mau jadi motogp mini? Yg bener rev ducati di samakan semua 15.000 beres. Kalo semua pada mbangun motor turunan moto gp sejumlah 500 unit..apa bedanya balapan WSBK dengan motogp? Ya sekalian aja WSBK di hilangin fokus ke motogp semua.

    • se7 dgn komen mu bro.. memang seharusnya rev wsbk di limit untuk sama semua pabrikan

    • Masak ducati boleh 16.350rpm kawasaki cuma 14.000rpm… ya pasti kalah lah kawasakinya… sudah mesin inline 4 rpm beda 2000rpm ma ducati yg pake mesin V4. Kabeh gara2 ducati…di motogp di wsbk lakone podo ae ducati…yg lain ikut2an wkwk

  6. KAWI terahir di motogp th 2009. sedangkan ducati v4r udah di generasi motogp zaman now. apa iya msh bisa bersaing KAWI? kemudian dorna pasti akan mengaplikasikan single ecu magneli, KAWI bisa??? perlu waktu lah pati, ky yamaha sama hrc aja klimpungan setahun apalagi kawasaki. sedang ducati tinggal copas dari desmo 19.
    kesimpulanya kawasakii bawa bekas motgp ke wsbk pun akan susah mengalahkan ducati v4r. blm pergerakan yamah dan hrc di wsbk. kawasaki udah cukup disini saja. yg lemah akan semakin tertindas. sedih dah..

  7. kemaren aero deflector ducati di motogp ditiru honda ama fby dibilang tukang tiru fotokopi dan sejenisnya, sekarang mau liat kawasaki tiru strategi ducati di wsbk, akankah fby bilang kawak tukang tiru tukang fotokopi jugakah?

  8. jangan remehkan Kawasaki Bro….pabrikan ini g cuma bikin mesin motor, H2R aja dicangkokin Turbocharger..gimana klo ntar buat ngalahin Ducati dikasih teknologi pesawat tuh ZX RR…

  9. Ini pabrikan terlalu cengeng,kebiasaan menang terus ga menang jd kasoh alesan,teknologi Motogp kawasaki udah ketinggalan kapan tau,lagian kapan kawasaki wkt turun kemarin di motogp masuk podium ?
    Hahaha…

  10. Jadi mlenceng dari kodrat kayak lgbt.. klo kodratnya prototype ya ajangnya di motogp, klo kodratnya pabrikan massal ya di wsbk.. semua pasti akibat napsu jadi nabrak kodrat yg sudah ditentukan..

    Klo alasan hanya jeroan ya sama aja klo orang itu trans gender kodratnya di modif2.. hadeeeh mau menang kok ada aja yg selalu ngakali aturan, mang ajang apa aja jaman now udah ga bisa lagi fair play semua penuh tipu daya.. ampoooon..

    Mending indoprix masih ada balap matic tiap hari motornya bersliweran di jalan klo menang dongkrak kasta di jalan..

    Salam lampu ijo

  11. Bikin juga peak power keluar di 16.000rpm dan limiter di 17.000rpm sekalian wkwkwk biar menang lawan alvaro ducati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here