Iwanbanaran.com – Sugeng enjing cakkkkk…..selamat pagi dimanapun sampeyan berada. Pakde, sebagai biker dan penikmat MotoGP siapa sih yang nggak antusias dengan wacana akan digelarnya MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok. Rencana yang konon akan mulai dilaksanakan pembangunannya pada 2020 dan targetnya 2021 MotoGP akan datang ke Indonesia. Tapi sebagai fans Motogp, IWB mencoba membandingkan Berapa biaya nonton MotoGP Lombok vs Sepang Malaysia. Perbandingan awal hanya menyoroti tiket pesawat serta hotel di sekitar lokasi. Dan disinilah IWB tertegun cak. Lho koq…..emang kenapa ?

Simulasi komparasi IWB lakukan hanya menyoroti harga tiket pesawat dari Jakarta ke Lombok serta Jakarta ke Kuala Lumpur Malaysia. Karena lokasi Sirkuit Sepang memang sangat dekat dengan Kuala Lumpur alias selemparan batu. Nah untuk tiket sirkuit tentu saja belum IWB masukkan karena kita belum tahu berapa banderol Tiket yang akan dipasang oleh penyelenggara sirkuit Lombok Mandalika nantinya. Kita fokus dulu pada tiket pesawat ke Malaysia. Untuk melihat harga pesawat IWB coba simulasikan keberangkatan pada tanggal 3 Mei 2019 ini….

Dari situ terlihat, Tiket pesawat ke Kuala Lumpur Malaysia paling murah ditawarkan oleh maskapai penerbangan Malindo Airways. Tiket termurah yang mereka pasang adalah 799 ribu rupiah. Harga yang lumayan namun kalau sampeyan memesan jauh hari sebelumnya biasanya harga juga bakal jauh lebih murah (400-600 ribuan). Bisa juga lewat Air Asia yang justru berkisar 300-400 ribuan. Sementara untuk penerbangan menggunakan pesawat Garuda jauh lebih mahal yakni termurah Rp 1.271.000. Beda nyaris 400 ribu cak. Terus gimana jika terbang ke Lombok?

Ini yang membuat IWB terkejut. Dengan penerbangan yang sama pada tanggal 3 Maret 2019 ternyata dari Jakarta ke Bandara Internasional Lombok Praya ternyata jauh lebih mahal. Tarif termurah tetap ditawarkan oleh Lion Group yakni Lion Air. Nama lain dari Malindo Airways di Malaysia, Lion Air memberikan harga termurah Rp 1.064.400. Hmmm….lebih mahal dibanding ke Malaysia cak. Lalu ketika IWB mengintip tiket pesawat jika menggunakan Garuda Indonesia harga lebih mencengangkan. Harga termurah yang ditawarkan oleh Garuda adalah Rp. 1.934.600 alias nyaris Rp2.000.000. Lho koq…jauh bener bedanya. 1,2 vs 1,9 jutaan…..Wowww ??

Yup… jauh lebih mahal. Perbedaannya hampir tembus Rp 800.000 sekali berangkat ke Malaysia. Mungkin karena Jarak Antara Jakarta ke Kuala Lumpur lebih dekat dibandingkan Jakarta-Lombok. Tetapi seharusnya tiket pesawat domestik bisa lebih murah agar denyut ekonomi terkatrol secara otomatis. Namun faktanya tidak. Pesawat ke negeri jiran malah lebih murah khususnya untuk warga Jabar dan Jabodetabek. Bahkan untuk urusan akomodasi seperti tempat menginap sekali lagi Malaysia juga unggul karena ternyata biaya menginap disana lebih murah…

Ketika IWB intip harga hotel bintang 3 Malaysia rata-rata ditawarkan pada kisaran 270-an ribuan. Di Negeri Jiran juga cukup bervariasi. di KL banyak bertebaran hotel-hotel kecil yang juga di Kisaran 300 hingga 400 ribuan rupiah. Sementara di Lombok harga hotel termurah berada pada kisaran yang sama. Namun nggak banyak cak….jumlahnya sedikit. Perbedaan mendasar lain, bentuk dari hotel di Lombok yang ditawarkan rata-rata model Resort bukan building tinggi ke atas. Jadi jika ingin menggelar balap MotoGP nantinya memang seharusnya seluruh fasilitas dan akomodasi ditingkatkan…

” Harga tiket Motogp Sepang 2019…”

Dari beberapa fakta dan data di atas jelas nonton MotoGP Lombok ternyata tidak lebih murah dibandingkan dengan Sepang Malaysia. Mungkin akan menguntungkan bagi para Bikers atau penonton yang berdomisili sekitar Lombok. Atau pulau yang berdekatan dengan Lombok seperti Jawa Timur, Bali dan sekitarnya. Tapi untuk para penonton yang mayoritas berdomisili di Jabar, Jabodetabek belum tentu Lombok akan menjadi daya tarik untuk para penonton yang memiliki uang pas-pasan. So…kudu jadi pertimbangan penyelenggara kuwi…

Last…. harga tiket MotoGP Sepang Malaysia juga tidak terlalu mahal. Bahkan untuk Motogp 2019, tiket termurah Bisa Sampeyan beli pada kisaran USD 15 alias 210-an rupiah. Tiket ini berlokasi di K2 Hillstand. Sementara harga di atasnya berkisar USD 27 atau setara dengan 370 ribuan. Di harga tersebut Sampeyan sudah berhak mendapatkan kursi grandstand F1. Jadi emang miring cak. Semoga saja nantinya penyelenggara MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok bisa mempertimbangkan harga tiket sekompetitif Sepang. Sebab jika tidak bukan tidak mungkin Keinginan mereka mendapatkan audiences besar meleset karena penonton lebih memilih nonton di Sepang Malaysia. Motogp Lombok? Kuncinya harus revisi harga tiket pesawat domestik biar lebih menarik…bener ora cak…(iwb)

Tiket Malaysia

Tiket Lombok

Advertisements