Iwanbanaran.com – Sugeng enjing cakkkkk…..selamat pagi dimanapun sampeyan berada. Pakde, sebagai biker dan penikmat MotoGP siapa sih yang nggak antusias dengan wacana akan digelarnya MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok. Rencana yang konon akan mulai dilaksanakan pembangunannya pada 2020 dan targetnya 2021 MotoGP akan datang ke Indonesia. Tapi sebagai fans Motogp, IWB mencoba membandingkan Berapa biaya nonton MotoGP Lombok vs Sepang Malaysia. Perbandingan awal hanya menyoroti tiket pesawat serta hotel di sekitar lokasi. Dan disinilah IWB tertegun cak. Lho koq…..emang kenapa ?

Simulasi komparasi IWB lakukan hanya menyoroti harga tiket pesawat dari Jakarta ke Lombok serta Jakarta ke Kuala Lumpur Malaysia. Karena lokasi Sirkuit Sepang memang sangat dekat dengan Kuala Lumpur alias selemparan batu. Nah untuk tiket sirkuit tentu saja belum IWB masukkan karena kita belum tahu berapa banderol Tiket yang akan dipasang oleh penyelenggara sirkuit Lombok Mandalika nantinya. Kita fokus dulu pada tiket pesawat ke Malaysia. Untuk melihat harga pesawat IWB coba simulasikan keberangkatan pada tanggal 3 Mei 2019 ini….

Dari situ terlihat, Tiket pesawat ke Kuala Lumpur Malaysia paling murah ditawarkan oleh maskapai penerbangan Malindo Airways. Tiket termurah yang mereka pasang adalah 799 ribu rupiah. Harga yang lumayan namun kalau sampeyan memesan jauh hari sebelumnya biasanya harga juga bakal jauh lebih murah (400-600 ribuan). Bisa juga lewat Air Asia yang justru berkisar 300-400 ribuan. Sementara untuk penerbangan menggunakan pesawat Garuda jauh lebih mahal yakni termurah Rp 1.271.000. Beda nyaris 400 ribu cak. Terus gimana jika terbang ke Lombok?

Ini yang membuat IWB terkejut. Dengan penerbangan yang sama pada tanggal 3 Maret 2019 ternyata dari Jakarta ke Bandara Internasional Lombok Praya ternyata jauh lebih mahal. Tarif termurah tetap ditawarkan oleh Lion Group yakni Lion Air. Nama lain dari Malindo Airways di Malaysia, Lion Air memberikan harga termurah Rp 1.064.400. Hmmm….lebih mahal dibanding ke Malaysia cak. Lalu ketika IWB mengintip tiket pesawat jika menggunakan Garuda Indonesia harga lebih mencengangkan. Harga termurah yang ditawarkan oleh Garuda adalah Rp. 1.934.600 alias nyaris Rp2.000.000. Lho koq…jauh bener bedanya. 1,2 vs 1,9 jutaan…..Wowww ??

Yup… jauh lebih mahal. Perbedaannya hampir tembus Rp 800.000 sekali berangkat ke Malaysia. Mungkin karena Jarak Antara Jakarta ke Kuala Lumpur lebih dekat dibandingkan Jakarta-Lombok. Tetapi seharusnya tiket pesawat domestik bisa lebih murah agar denyut ekonomi terkatrol secara otomatis. Namun faktanya tidak. Pesawat ke negeri jiran malah lebih murah khususnya untuk warga Jabar dan Jabodetabek. Bahkan untuk urusan akomodasi seperti tempat menginap sekali lagi Malaysia juga unggul karena ternyata biaya menginap disana lebih murah…

Ketika IWB intip harga hotel bintang 3 Malaysia rata-rata ditawarkan pada kisaran 270-an ribuan. Di Negeri Jiran juga cukup bervariasi. di KL banyak bertebaran hotel-hotel kecil yang juga di Kisaran 300 hingga 400 ribuan rupiah. Sementara di Lombok harga hotel termurah berada pada kisaran yang sama. Namun nggak banyak cak….jumlahnya sedikit. Perbedaan mendasar lain, bentuk dari hotel di Lombok yang ditawarkan rata-rata model Resort bukan building tinggi ke atas. Jadi jika ingin menggelar balap MotoGP nantinya memang seharusnya seluruh fasilitas dan akomodasi ditingkatkan…

” Harga tiket Motogp Sepang 2019…”

Dari beberapa fakta dan data di atas jelas nonton MotoGP Lombok ternyata tidak lebih murah dibandingkan dengan Sepang Malaysia. Mungkin akan menguntungkan bagi para Bikers atau penonton yang berdomisili sekitar Lombok. Atau pulau yang berdekatan dengan Lombok seperti Jawa Timur, Bali dan sekitarnya. Tapi untuk para penonton yang mayoritas berdomisili di Jabar, Jabodetabek belum tentu Lombok akan menjadi daya tarik untuk para penonton yang memiliki uang pas-pasan. So…kudu jadi pertimbangan penyelenggara kuwi…

Last…. harga tiket MotoGP Sepang Malaysia juga tidak terlalu mahal. Bahkan untuk Motogp 2019, tiket termurah Bisa Sampeyan beli pada kisaran USD 15 alias 210-an rupiah. Tiket ini berlokasi di K2 Hillstand. Sementara harga di atasnya berkisar USD 27 atau setara dengan 370 ribuan. Di harga tersebut Sampeyan sudah berhak mendapatkan kursi grandstand F1. Jadi emang miring cak. Semoga saja nantinya penyelenggara MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok bisa mempertimbangkan harga tiket sekompetitif Sepang. Sebab jika tidak bukan tidak mungkin Keinginan mereka mendapatkan audiences besar meleset karena penonton lebih memilih nonton di Sepang Malaysia. Motogp Lombok? Kuncinya harus revisi harga tiket pesawat domestik biar lebih menarik…bener ora cak…(iwb)

Tiket Malaysia

Tiket Lombok

Advertisements

59 COMMENTS

    • Ekekekek……
      Kalo kepengen ngirit tidurnya di trotoar aja lek
      MuuuuUUUuuuuehehehe…….

    • warga lokal butuh uang, lihat saja nanti akan banyak muncul “home stay” dadakan untuk 2 hari…dengan tambahan fasilitas free pakai motor bolak balik ke sirkuit (kayak sewa matic di bali).
      tapi klo pengelola udah sampai level akut dalam hal monetize semua nya, dijamin motogp mandalika gak akan di perpanjang kontraknya.

  1. tiket garuda cgk – xkla sama dengan harga cgk – jog…. jadi bukan jarak yg jadi pathokan besaran harga, tapi rumus Jari dan Velg setiap rute.

  2. Para fans motogp, para pembully markes, dan para pembully rossi, wajib nonton langsung. Udah dibikinin sirkuit yg super duper mahal tp kalian msh nonton di tv? Tuman

  3. Josgandos bangat ya kang bro….. Pokoknya Syurga Khatulistiwa Noswantara Khayaraya Gemah Ripah Loh Jiniwa Kerta Raharja Ayom Ayem Tentrem Kalis ing Rubeda

  4. Mewakili kaum kere Indonesia jaya raya, saya mengajak untuk mensyukuri tayangan live motogp di trans7

  5. Harusnya sama Thailand juga cak krn jarak kira2 sama dari jakarta-lombok, biaya pun pasti mirip2.
    Lagian kayaknya lombok dipilih buat menarik turis asing + lokal berduit buang duit mereka ke lombok, bali, raja ampat dan daerah sekitar sana.

  6. enakan turing solo lek, capek,minggir dulu ke warung kopi. kisaran alas roban bakul’e kopi huayu” lek..

  7. gak mahal kok cak, saya dari rumah naik motor cuman setengah jam beli bensin 50rb bolak balik. nginep gampang banyak temen disana wakakakaka peace

  8. Numpak kapal laut lebih murah cak Iwan, soal nginep mah gampang bisa di perko,pos kamling, spbu sing penting ada atapnya?

    • 2021 tol merak ketapang sudah tersambung cak, nyebrang jawa ujung ke ujung 12 jam saja

      2025 tol lintas sumatra dah nyambung, nyebrang sumatra ujung ke ujung 24 jam saja

      Jalur darat via bus akan murah, nyaman, dan cepat

  9. dari Sepang masih bisa lanjut ke Bangkok ato Singapore. kalo dari lombok, bisa lanjut ke mana ? Australy ? New Zealand ?

  10. Klo di bandingkan dgn sepang mah ga Fair dong! Sepang bisa di blg uda balik modal secara Sepang uda lama ada, uda 20thn. Yg fair bandingkan dgn Buriram sama2 sirkuit baru. Coba bandingkan Sepang dgn Buriram jelas Buriram jauh lbh mahal karena blum balik modal!

    • Nahh, setuju.. ini perbandingannya gak apple-to-apple. Btw ya wajar2 aja sih yg punya warung mau bikin artikel apa aja bebas

    • ini masalah aksesibilitasnya. buriram juga jauh banget dari bandara. antah berantah.

  11. kayanya ini perhitungan biar adanjuga turis luar ngeri bisa sekalian mampir kebali trus hari minggunya nonton motogp…

  12. Yaa ngeliatnya jangan cuma dari view orang jakarta dan jawa barat dong, jelas lebih mahal lah dari sisi transport..

  13. Sya dari sumbawa cma 140 naik travel smpe mataram…klo motoran pp gak sampe 300 unutk 2 orang..klo jdi di lombok alhamdulilah bisa nonton mtogp setiap tahun????

  14. Tapi, bangha dong kita bisa mengadakan balap GP di rumah sendiri?
    Perputaran uang juga buat negara sendiri, sodara sendiri, walaupun lebih mahal juga.

    • Mental terjajah tidak pernah meyakini usaha bangsa sendiri. Biasanya kebanyakan tidur dgn Kepala di bawah

  15. itu hotel di gili, kalau di deket bandara beda harga & beda jarak ke lokasi sirkuit..
    gili itu jauh dr bandara, ujung ke ujung

  16. mnurut ku ini taktik yang disengaja Kang IWB, biar MotoGP tetap terkesan mevvah… coba bayangkan kalau sirkuit motoGP di jabodetabek, gag kebayang berapa banyak alay2 yg akan memenuhi jalan dan skitaran area sirkuit, yg ada bs2 lbh chaos wkwkwkwkwk.. maap yah no offense.. dengan di selenggarakan di Lombok yg notabene jauh dr pusat keramaian ibukota, jd tetap yg akan hadir disana orang2 dari kalangan menengah ke atas..
    tapi biar pun bgtum di jamin hype nya akan tetap sangat besar kog.. hehe
    saya pribadi niat touring motor kesana hahahaa

  17. Yowes berarti sing nonton wong sugeh2 tokk..wong menengah kere sing pulau jawa opo sumatra mung ndlongop lan doweh…ng tv tokk..

  18. Lha emang gitu lek
    Contoh aja
    Jakarta-singapura
    Lebih murah dari jakarta-bali

    Jakarta – kuala lumpur jauh lebih murah dari jakarta – papua
    Padahal domestik lho ya

  19. Untuk kami yang tinggal di Kepulauan Riau, lebih dekat nonton di Sepang. Biaya transportasinya juga lebih murah ?

  20. mantab analisisnya. gak kepikiran soal akomodasi sebelumnya. (maklum sobat missqueen , hampir ga pernah trapeling.. wkwkwk)

  21. Dari jawa timur juga masih sekitaran 700 wak, beda tipis ke kuala lumpur yg sekitar 900. Intinya pesawat domestik masih mahal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here