iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….jaman wis makin kenthir tenan emang. Teknologi hora umum dan semakin membuat kita berdecak kagum. Seperti yang dilakukan Kawasaki baru-baru ini. Pabrikan geng ijo merilis gambar paten dengan menggunakan simulasi Versys 1000 untuk sebuah sistem teknologi canggih seperti halnya pesawat terbang. Yup….radar cak, jiannn juozz gandozz tenan ! emang seperti apa sih sistem yang diusung ? yuk kita simak sama-sama…

Kawasaki membikin kejutan dengan merilis sebuah gambar paten sistem keselamatan teknologi Radar. Teknologi yang saat ini menjadi hot topic sebab mayoritas pabrikan sedang berlomba-lomba untuk meracik sebuah perangkat keamanan bagi para customernya. Setelah Honda membikin sebuah konsep motor yang dibekali dengan airbag…. kemudian Ducati yang kemungkinan besar juga menurunkan teknologi Radar pada Multistrada family, Kawasaki justru sudah terlebih dahulu dengan merilis paten…

Sebagai pabrikan yang mengusung nama besar heavy industry melengkapi produknya dengan Radar canggih tentu bukan hal yang sulit. Hal ini dibuktikan oleh geng ijo yang secara PD merilis gambar paten Kawasaki versys 1000 yang telah dibekali dengan teknologi Radar. Gambar-gambar tersebut juga menjadi penegas bahwa Kawasaki akhirnya mengambil gagasan tersebut….

iklan iwb
iklan iwb

Cara kerja Radar yang dipamerkan oleh Kawasaki mirip dengan teknologi pesawat yang memantulkan gelombang. Alat tersebut dipasang di bagian fairing serta bagian belakang sehingga mampu mengukur jarak dan kecepatan motor ketika bertemu dengan kendaraan lain. Dikombinasikan sistem gas elektronik termasuk ABS modern yang dikontrol oleh ECM, Radar tersebut akan memberikan kontrol jelajah adaptif pada motor. Hal ini memungkinkan pabrikan menjejali teknologi Cruise control. Sik-sik…kuwi panganan opo ?

Jadi ngene cak. Jika fitur ini diaktifkan maka secara otomatis kecepatan motor bisa dikontrol dari sebuah tombol yang kemudian akan Auto canceling pada saat menemukan kendaraan terlalu dekat dari tunggangan. Ketika Radar dinyalakan gelombang akan dipancarkan dari depan dan belakang yang kemudian akan dikembalikan kepada perangkat sehingga Radar akan mampu mengukur posisi kendaraan di depan dan belakang. Sistem throttle elektronik akan digabungkan dengan pengereman otomatis untuk membantu terjadi tabrakan diluar prediksi….

Fitur ini sudah hadir di mobil namun belum kita temukan pada motor. Radar yang mampu memantau jarak dan perubahan kecepatan antar sepeda motor ataupun kendaraan di belakangnya diharapkan mampu memberikan rasa aman pada Rider. Sebab kendati Radar di belakang tidak terikat dengan perangkat rem atau Cruise control namun sistem Radar bakal mampu memberitahukan kepada kita sejak dini jika ada kendaraan dari belakang yang melaju di luar wajar sehingga memberikan waktu kepada kita untuk menyingkir. Canggih to…

Last….Kawasaki kemungkinan akan menggandeng produsen BOSCH Jerman untuk mewujudkan teknologi tersebut pada Versys 1000. FYI…tidak hanya Kawasaki, Suzuki dan Honda juga telah mengajukan paten dalam beberapa bulan terakhir terkait sepeda motor yang dilengkapi Radar. Artinya di masa depan sepertinya produsen besar berencana akan mencangkokkan teknologi ini sebagai perangkat wajib. Tinggal siapa yang akan betul-betul menelurkan pada produksi massal? Kita lihat saja sepak terjang geng ijo sebab rumornya radar ini baru akan hadir pada produk lansiran 2020…keren nehhh (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

15 COMMENTS

  1. Ketinggalan jaman.. belalang tempur motor satria baja hitam sudah pake duluan radar plus roket2nya.. bisa terbang segala motornya juga bisa jalan sendiri.. wkwkwkwkwk..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here