Iwanbanaran.com – Cakkkk….Jorge Lorenzo (Repsol Honda Team) alami nasib sial di Seri ketiga Motogp Austin, Amerika. Ia gagal merampungkan Race karna bermasalah dengan Motornya. Banyak yang menduga, biang kegagalan alias DNF race karena rantai Honda RC213V nya copot di Austin. Namun Lorenzo membantah keras dugaan tersebut. Terus masalahe opo ???

Sebelumnya Pembalap Spanyol tersebut tampil kurang maksimal pada dua Race pembuka (Losail, Qatar dan Termas De Rio Hondo, Argentina). Namun di Austin ia cukup optimis menjalani akhir pekan karna Karakteristik Sirkuit ini cukup bersahabat dengan Honda.

Mengawali Hari pertama (Jumat) Jorge Lorenzo tampil kurang memuaskan dengan hanya menempati urutan ke 16 dalam kombinasi sesi. Namun ia bangkit saat menjalani Qualifiying 1 dan ia berhasil melaju ke sesi selanjutnya yaitu Qualifiying 2. Lagi-lagi ketidak beruntungan menghampirinya dimana pada menit menit awal Qualifiying 2 ia harus berhenti setelah melakukan straight dan harus memarkir RCVnya di sebelah Track dan berlari ke Paddock guna mengganti Motornya. Ternyata oh ternyata masalah Rantai membuatnya harus berhenti. Kasus yang sama juga menimpa Rekan satu timnya, Marc Marquez di seri sebelumnya, Termas De Rio Hondo….

Kemudian Race Day tiba Lorenzo menempati start di Posisi ke 11. Usut Punya usut berniat bangkit dan melaju kedepan Juara Dunia 5 Kali tersebut harus melebar keluar track Tepat di Turn 12 pada Lap ke 11 karna bermasalah dengan Motornya. Dalam masalah kali ini nampaknya cukup misterius cak sebab ada semacam cairan oli keluar mesin diserta asap tipis keluar. Bahkan rantainya juga copot seperti kejadian sebelumnya. Hal itu juga membuat Lorenzo bingung. Ketika ia di wawancara melalui Crash. Ia membantah dan bukan masalah Rantai seperti yang ia alami saat Qualifiying 2 yang membuatnya selesai….

Tidak … Itu masalah yang berbeda dengan kemarin. Sangat mengecewakan, karena dalam tiga balapan ini, tiga hal berbeda terjadi yang mencegah kami mendapatkan hasil yang lebih baik, Terutama di sini (Austin). yang mencegah kami untuk menyelesaikan balapan. Jadi itu benar-benar nasib buruk….” Ungkap Lorenzo dengan kecewa.

Kemudian Lorenzo menceritakan sedikit masalahnya saat Ia menjalani Race di Paruh pertama.

“Pada awal race dengan bahan bakar penuh, sulit untuk mengerem, jadi aku membuat beberapa kesalahan aneh karena biasanya aku tidak membuat kesalahan. Tetapi aku keluar track dua kali karena aku tidak bisa menghentikan motorku. Jadi aku kehilangan satu atau dua posisi lagi...” Jelas Rekan setim Marc Marquez tersebut….

Lorenzo juga mengungkapkan Jika ia tidak bermasalah kemungkinan Ia bisa finish sepuluh besar.

“Kami memiliki terlalu banyak inersia dengan motor baru, dan kami perlu bekerja pada hal itu, untuk membuat motor lebih mudah untuk berhenti. Tetapi ketika aku bisa fokus, kecepatanku lumayan walau tidak luar biasa dibandingkan dengan Marc misalnya. Tetapi aku bisa sedikit lebih cepat di banding Warm Up, dan aku pikir hari ini, jika tanpa semua masalah, posisi kami yang sebenarnya adalah kedelapan atau kesembilan. Jadi itu sedikit lebih baik dari Qatar atau Argentina. Tentu itu akan menjadi balapan yang lebih baik, tetapi kami tidak bisa menyelesaikannya..” serunya…

Namun setelah mengalami Nasib sial selama berturut-turut Lorenzo mengaku siap menjalani Seri berikutnya di Jerez dengan mematok Harapan yang tinggi cak…

“Nasib buruk ataupun keberuntungan, kau tidak bisa merubah. Itu terjadi, atau tidak. Dan Itu terjadi kali ini dalam tiga balapan berturut-turut. Jadi sekarang kami pergi ke Jerez. Yang penting adalah aku cepat di sana untuk lebih kompetitif dan tidak berjuang untuk baris ketiga atau keempat, tetapi untuk baris pertama atau kedua dalam Qualifiying. Kemudian kami akan mencoba untuk membuat hasil yang lebih baik dalam Race. Aku pikir kami bisa melakukannya, kami punya pengalaman lebih banyak akhir pekan ini, dan di track yang lebih baik seperti Jerez, kami bisa kompetitif.” Tukas Mantan Rider Yamaha dan Ducati tersebut…

Kemudian Porfuera menutup dengan kabar baik, Yaitu cedera yang sempat ia alami dari musim lalu hingga awal musim 2019. kini sudah membaik. “ Sudah cukup bagus. [Aku merasa secara fisik] seperti normal, seperti tahun-tahun sebelumnya…”tukasnya.┬áMasalah terkait DNF Jorge Lorenzo nampaknya masih terus di selidiki, tercatat hingga hari Selasa, masalahnya masih belum jelas, manajer tim Alberto Puig mengatakan…”Saat ini kami tidak tahu apa yang terjadi dengan motor Lorenzo, kami sedang menyelidiki dan kami perlu waktu untuk memahami apa masalahnya.” tutupnya…

Last… Dengan gagalnya Jorge Lorenzo menyelesaikan Race di Austin membuat posisinya semakin turun pada Klasemen sementara, kini Porfuera berada di Posisi ke 17 dengan Raihan 7 Poin. So….semangat Jorge !! (iwb)

Advertisements